SupportStartup

Pangsa Pasar Adalah Hal yang Harus Anda Perhatikan Juga, Mengapa?

Apabila kita membahas dunia bisnis ini sendiri, tentunya kita juga akan membahas berbagai persaingan dengan perusahaan dan bisnis lain. Dengan begitu, kita pun dapat melihat siapa yang nantinya akan berhasil dalam memimpin sebuah pasar ini dalam bidang bisnis tertentu. Kemudian, dengan bertambahnya perusahaan dan bisnis lain yang mengikuti persaingan tersebut. Maka, tingkat kompetisi pun otomatis juga akan meningkat juga. Nah, dalam hal ini sendiri, para pelaku bisnis pun juga akan mengenal lagi sebuah istilah yakni pangsa pasar. Singkatnya, market share adalah kekuatan dari suatu bisnis dalam menguasai pasar ini.

Contohnya, Google saat ini memegang pangsa pasar hingga pada 92.50 persen dari seluruh persaingan market share search engine. Lalu, sisa 7.50 persen ini pun akan terbagi bagi dalam perusahaan lain yang ikut berjuang dalam pasar search engine ini. Karena itulah, market share ini merupakan salah satu hal penting yang wajib diketahui juga oleh para pelaku bisnis saat ini. Terlebih lagi karena market share ini adalah banyaknya total penjualan yang perusahaan tersebut terima dari sebuah pasar. Maka, market share ini pun juga senantiasa berperan dalam membangun brand dari sebuah perusahaan ini. Misalnya saja Google yang menyentuh 92.50 persen. Hal ini mengakibatkan jasa profesional seperti konsultan SEO pun beramai ramai mempelajari algoritma dari mesin pencari ini karena penggunanya yang sangat banyak.

Bagaimana Pendapat Para Ahli Terhadap Pangsa Pasar Ini Sendiri?

Karena pangsa pasar adalah salah satu hal yang dapat membuat sebuah brand dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat luas. Sepeti pada kasus konsultan SEO ini yang ramai mempelajari algoritma Google karena banyak yang menggunakan. Maka, hal ini pun juga menarik perhatian dari beberapa pemasar profesional sendiri. Seperti:

Griffith dan Reenen

Griffin serta Reenen sendiri berpendapat. Bahwa, pangsa pasar adalah sebuah rasio perbandingan menyeluruh dari beragam penjualan dari perusahaan. Yang kemudian dibandingkan lagi dengan total penjualan dari perusahaan lainnya yang tergabung dalam bidang yang sama dengan sebuah perusahaan tersebut.

Business Dictionary

Kemudian, ada juga pendapat Business Dictionary yang berpendapat bahwa market share adalah. Sebuah persentasi dari seluruh kapasitas penjualan yang terjadi pada sebuah lahan pasar. Mulai dari brand, produk, jasa, ataupun suatu bisnis dan perusahaan sendiri.

Philip Kotler

Terakhir namun bukan akhir, ada ahli pemasar Philip Kotler yang berpendapat juga bahwa. Pangsa pasar adalah sebuah persentasi dari tingginya tingkat penjualan yang terdapat dalam pesaing binsis pada bidang pasar yang sama dengan suatu bisnis tersebut.

Jadi, menurut pendapat dari berbagai ahli pemasaran ini. Tentunya dapat disimpulkan juga bahwa pangsa pasar ini adalah bagian keseluruhan dari suatu keinginan akan suatu jasa ataupun produk dari suatu golongan. Lalu, golongan ini pun juga nantinya akan memiliki proses pembagian lagi yang memiliki beberapa aspek tersendiri. Seperti gender, tingkat penghasilan, usia, minat mereka, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, pengertian ini pun juga menimbulkan suatu kesimpulan lagi bahwa market share ini adalah banyaknya persentasi proses penjualan dari sebuah produk ataupun jasa. Yang nantinya akan anda bandingkan dengan produk dan jasa yang berasal dari brand lain dalam pasar yang sama ini. Misalnya saja apabila kita lihat dari ilustrasi akan jasa konsultan SEO ini.

Dalam negara Indonesia sendiri, anda memutuskan untuk membuka jasa konsultan SEO untuk mengembangkan sebuah website. Namun, tentunya karena Indonesia ini sangat luas. Anda bukan satu satunya orang yang mendalami peran seorang konsultan SEO ini. Kemudian, dari seluruh penggunaan jasa ini, anda pun dapat memperhitungkan. Berapa banyak penggunaan jasa konsultan SEO ini pada wilayah Indonesia. Serta berapa banyak penduduk Indonesia yang menggunakan jasa SEO dari kompetitor anda.

Akan Tetapi, Sepenting Itukah Peran Dari Pangsa Pasar Ini? Apa Saja Sih Perannya?

1. Dapat Mengukur Langsung Keberhasilan Dari Brand Bisnis Anda

Pangsa pasar adalah salah satu acuan untuk anda yang dapat anda gunakan dalam mengetahui langsung tingkat keberhasilan dari bisnis anda. Singkatnya, perusahaan yang memiliki market share yang jauh lebih besar daripada kompetitor mereka. Pastinya akan memunculkan sebuah anggapan bahwa perusahaan ini lebih unggul dari perusahaan lainnya pada bidang bisnis yang sama. Baik itu dari pelayanan, ataupun dari produk yang mereka ciptakan langsung.

2. Menjadi Pembanding Langsung Dari Kedua Pihak Perusahaan

Kemudian, peran lain dari pangsa pasar ini adalah menjadi sebuah pembanding langsung antara kedua pihak perusahaan. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya. Apabila sebuah perusahaan ini berhasil dalam menguasai market share dari perusahaan lainnya. Maka, pendapatan dari perusahaan yang lebih unggul ini pun akan otomatis mengalami peningkatan juga.

3. Pangsa Pasar, Secara Tidak Langsung Dapat Menjadi Tolak Ukur Dalam Proses Evaluasi

Terakhir namun bukan akhir, fungsi dari pangsa pasar ini adalah mereka dapat berperan langusng dalam menjadi tolak ukur dalam evaluasi strategi perusahaan. Maksudnya, dengan membandingkan market share anda dengan kompetitor bisnis. Maka, anda pun dapat memperhitungkan lagi beberapa hal. Seperti : kekuatan dari produk yang anda tawarkan, alasan dari konsumen lebih memilih produk dan jasa kompetitor, serta cara yang dapat anda lakukan untuk mengejar ketertinggalan tersebut.

Lalu, Bisakah Kita Menghitung Secara Langsung Pangsa Pasar Dari Bisnis Sendiri?

Jawabannya adalah iya, anda pun juga tentunya mempunyai sebuah cara untuk mengetahui langsung pangsa pasar dari perusahaan. Selanjutnya, dalam memnghitung langsung market share, anda pun dapat menghitung beberapa hal. Seperti :

Mendalami Pasar dan Konsumen dari Bisnis Anda Langsung

Pertama, apabila anda ingin mengetahui langsung dari market share anda. Maka, anda pun tentunya harus mendalami langsung pasar dan konsumen dari bidang pasar anda. Dengan cara, anda dapat melakukan berbagai riset dan Analisa terlebih dahulu untuk mengetahui beragam informasi tersebut.

Memahami dan Mempelajari Langsung Para Kompetitor yang Ada Pada Bidang Bisnis Anda

Kemudian, agar anda dapat mengetahui market share langsung dari bisnis anda. Maka, anda pun juga harus mengawasi terus kompetitor dari bisnis anda tersebut. Tak hanya itu, anda pun juga dapat memperhatikan langsung strategi yang digunakan langsung oleh kompetitor bisnis.

Membangun dan Mengembangkan Langsung Strategi Pemasaran Bisnis Anda

Terakhir namun bukan akhir, adalah anda dapat membangun sebuah strategi yang dapat anda gunakan dalam berbagai macam hal. Seperti: perencanaan, pengembangan strategi, dan segmentasi produk. Dengan begitu, anda pun dapat mempermudah bisnis dengan menyempurnakan. Antara kekuatan bisnis dan permintaan dari masyarakat terhadap bisnis anda.

Lalu, Bagaimana Kita Mengetahui Langsung Nilai Pemasaran Bisnis Kita?

1. Pilih Konsumen Pasar yang Sesuai Dengan Bisnis

Pertama, untuk menentukan pangsa pasar, adalah anda harus terlebih dahulu memilih konsumen pasar yang sesuai dengan bisnis anda. Baik itu wilayah, produk yang mereka inginkan, hal favorit mereka, dan lain sebagainya. Dengan menentukan konsumen pasar ini lebih rincian lagi. Maka, hasil yang anda dapatkan pun akan lebih baik lagi dari sebelumnya.

2. Gunakan Teknik Pengukuran yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Untuk menghitung pangsa pasar dari bisnis anda. Maka, anda pun memiliki dua macam pilihan untuk mengetahui market share tersebut. Pertama, anda dapat mencoba untuk menghitung langsung penjualan bisnis anda melalui jumlah penjualan produk dari perusahaan. Dengan penjualan dari perusahaan lain juga. Kedua, anda pun juga dapat melakukan perbandingan langusng dari total penghasilan dari perusahaan anda. Dengan pendapatan keseluruhan pada bidang pasar tersebut.

3. Menghitung Penjualan Perusahaan Anda Dalam Kurun Waktu Tertentu

Menghitung proses penjualan dari suatu perusahaan ini pun dapat menggunakan beberapa metode yang sering digunakan. Yaitu, anda dapat mencoba untuk menghitung langsung pendapatan serta penjualan dalam kurun waktu tertentu.

4. Gunakan Rumus Perhitungan Pangsa Pasar Perusahaan Anda

Perlu anda ketahui juga, ada juga loh rumus perhitungan market share ini yang dapat anda terapkan. Dengan rumur :

Pangsa pasar = Penjualan / Seluruh Penjualan x 100%

Misalnya, seluruh penghasilan dari suatu perusahaan pada tahun 2020 ini mencapai nilai Rp50.000.000. Lalu, untuk penghasilan dari seluruh bidang industri dari perusahaan ini, total nilanya mencapai hingga angka Rp300.000.000. Jadi, dengan menggunakan rumus yang telah kita bahas tadi. Jumlah market share dari suatu perusahaan ini adalah:

Pangsa pasar = (35.500.000/275.000.000) x 100%

Kemudian, Pangsa pasar = 0, 1666666666666667 x 100%

Jadi, Pangsa pasar = 16,66%

Nah, dengan menggunakan perhitungan tersebut inilah, perusahaan ini ternyata menghasilkan market share yang mencapai nilai sebesar 16,66% pada bidang bisnis tersebut. Kemudian, apabila anda dapat menghitung secara benar. Maka, hal ini pun akan dapat menunjukkan kualitas kinerja dari perusahaan yang anda kembangkan ini tadi. Tak hanya itu, market share ini adalah salah satu teknik yang dapat anda terapkan untuk mengetahui langsung. Baik dari keunggulan dan juga kekurangan dari perusahaan anda tersebut. Karena itulah, market share ini adalah salah satu hal yang wajib anda perhatikan untuk memantau langsung kinerja perusahaan anda.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang