SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 19 Agustus, 2022

Digital Marketing Untuk Pemula, Kenalkan Diri Dengan Teknik Ini!

Apabila anda pemula dalam dunia dan pembahasan teknik digital marketing ini. Maka, anda pun juga tentunya harus memulai pembelajaran dari teknik digital marketing ini. Yaitu, perkenalan terhadap teknik digital marketing untuk pemula ini sendiri. Nah, teknik digital marketing ini merupakan sebuah usaha dan juga aktifitas yang seringkali pelaku bisnis. Serta, tenaga profesional seperti konsultan digital marketing manfaatkan untuk memasarkan sebuah produk, jasa, ataupun brand pada dunia digital ini.

Sebelumnya, teknik pemasaran ini sendiri mungkin akan bergantung pada berbagai macam media cetak yang mungkin hingga sekarang ini dapat anda temukan dengan sangat mudah pada beberapa wilayah sendiri. Seperti baliho, poster, spanduk, flyer, dan lain sebagainya. Kemudian, seiring berjalanannya dan berkembangnya jaman inilah, berbagai macam media cetak tersebut berubah bentuk menjadi proses pemasaran dengan memanfaatkan teknologi internet. Dengan begitu, proses penyampaian informasi akan suatu bisnis pun akan berjalan dengan lebih mudah dan cepat lagi daripada sebelumnya. Terlebih lagi jika anda menggunakan jasa profesional seperti konsultan digital marketing ini

Kemudian, sebagai pelengkap anda dalam memahami teknik digital marketing untuk pemula. Ada beberapa hal lain lagi yang membuat teknik ini sangat populer seperti sekarang ini. Tak hanya itu, beberapa alasan ini pun juga ikut serta dalam meningkatnya permintaan atas konsultan digital marketing juga loh. Nah, alasan mengapa anda harus mempelajari teknik digital marketing untuk pemula ini adalah :

  • Semua bidang bisnis dapat ikut serta menggunakan teknik digital marketing ini.
  • Terbilang efektif untuk meningkatkan dan menambah jumlah profit dari suatu bisnis.
  • Lebih mudah dalam memperluas target pasar dan menemukan konsumen yang sesuai dengan bisnis.
  • Kemudahan akses yang ditawarkan oleh teknik digital marketing ini sangat menggiurkan.
  • Membantu pengguna internet untuk lebih mengenal lagi brand binis anda.
infografis digital marketing untuk pemula

Ingin Segera Meningkatkan Bisnis Anda? Berikut Adalah Taktiknya!

Apabila anda ingin mempelajari teknik digital marketing untuk pemula. Maka, anda pun tentunya juga harus memahami taktik yang harus anda gunakan pada digital marketing ini layaknya seorang konsultan digital marketing. Dengan begitu, anda pun dapat dengan mudah mencapai target dari bisnis anda walaupun anda hanya mengetahui ilmu dasar dari digital marketing untuk pemula tersebut. Kemudian, anda pun juga harus memperhatikan juga strategi yang tepat yang sesuai dengan dana dan sumber daya dari suatu bisnis.

1. Google My Business

Pertama, strategi digital marketing untuk pemula adalah Google My Business. Google My Business adalah salah satu dari sekian banyaknya layanan Google yang berguna untuk memberikan informasi langsung terhadap sebuah bisnis melalui mesin pencari Google ini. Karena itulah, Google My Business ini dapat menjadi awalan untuk anda dalam mempelajari teknik digital marketing untuk pemula ini. Karena, beberapa konsultan digital marketing pun juga ikut serta dalam menggunakan layanan ini juga loh. Tak hanya itu, Google My Business sendiri juga dapat memberikan berbagai macam informasi penting suatu bisnis kepada pengguna internet. Seperti : alamat dan lokasi, review dan tesimoni, informasi kontak, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan layanan Google My Business ini, pengguna internet pun akan lebih mudah lagi dalam mendapatkan sebuah lokasi bisnis dengan sangat cepat. Tak hanya itu, berbagai macam ulasan dan review yang sebelumnya ditinggalkan oleh konsumen pun. Juga dapat meningkatkan reputasi bisnis anda juga loh. Karena itulah, dalam pembelajaran digital marketing untuk pemula ini. Anda pun juga harus mengetahui manfaat langsung dari penggunaan layanan Google My Business Ini.

2. Whatsapp Business atau WA Bisnis

Selanjutnya, strategi digital marketing untuk pemula yaitu dengan Whatsapp Business. Perlu anda ketahui juga, pengguna dari platform aplikasi chat ini terbilang sangat luas loh dalam wilayah Indonesia sendiri. Dengan begitu, anda pun juga dapat mempunyai sebuah peluang untuk memanfaatkan platform chat ini sebagai media pemasaran yang optimal dan efektif. Akan tetapi, anda pun juga tentunya harus menggunakan versi khusus dari aplikasi WhatsApp ini juga. Jangan hanya menggunakan aplikasi biasa saja apabila anda berfokus pada pengembangan sebuah bisnis ini.

Selanjutnya, anda pun mungkin akan bertanya tanya mengapa Whatsapp bisnis ini juga muncul dalam panduan digital marketing untuk pemula. Karena, aplikasi ini sendiri terbuat dengan berbagai macam fitur khusus yang dapat memperkuat branding dari sebuah bisnis loh. Mulai dari menampilkan sebuah produk katalog, pesan otomatis, dan juga profil dari sebuah bisnis. Karena itulah, banyak dari konsultan digital marketing yang juga memanfaatkan aplikasi Whatsapp Business ini.

3. Website Resmi Bisnis

Beberapa dari anda mungkin juga telah mengetahui bahwa poin ini akan muncul pada panduan digital marketing untuk pemula ini. Benar, website sendiri saat ini masih saja memegang peringkat pertama sebagai media digital marketing yang sangat bermanfaat. Tak hanya itu, website pun juga dapat meningkatkan profesionalitas dari sebuah bisnis loh. Kemudian, apabila anda benar benar pemula dalam mempelajari panduan digital marketing untuk pemula ini. Ada beberapa CMS atau Content Management System yang dapat membantu anda membuat sebuah website tanpa perlu ilmu koding dan komputer sama sekali.

4. Optimasi Website Pada Mesin Pencari atau SEO

Strategi SEO ini sebenarnya tidak terlalu jauh dengan website tadi. Singkatnya, SEO atau Search Engine Optimization ini akan anda terapkan pada sebuah website. Kemudian, website tersebut pun akan dapat tampil pada halaman pertama dengan proses optimasi SEO yang benar benar optimal, dan maskimal ini. Selanjutnya, teknik SEO sendiir juga mempunyai berbagai macam cabang teknik yang harus anda pahami juga. Sebagai alur anda dalam memahami teknik digital marketing untuk pemula ini. Mulai dari pembangunan link, pembuatan sebuah konten, optimasi kecepatan, riset keyword, dan lain sebagainya.

5. Email Marketing

Apabila anda mempunyai sebuah bisnis yang tidak hanya mempunyai pelayanan yang bagus. Namun, juga terlihat profesional di mata para konsumen anda. Maka, penggunaan dari teknik email marketing ini dapat anda jadikan salah satu step dari panduan digital marketing untuk pemula anda. Dengan email yang lebih teratur lagi seperti halnya [email protected] Tentunya konsumen akan lebih merasa nyaman apabila anda bandingkan dengan [email protected]

Tak hanya itu, dengan email marketing ini juga, anda pun juga dapat menggabungkan database dari email calon konsumen anda dengan mereka yang telah melakukan sebuah pembelian pada bisnis anda sebelumnya. Kemudian, anda pun nantinya juga berkesempatan untuk memberikan berbagai macam email promosi yang telah mendaftarkan email mereka pada database anda tersebut.

6. Menggunakan Platform Sosial Media

Terakhir namun bukan akhir, adalah penggunaan platform sosial media. Perlu anda ketahui juga, sosial media sendiri merupakan sebuah platform yang mempunyai banyak sekali pengguna loh. Bahkan, sebuah penelitian dari salah satu penyedia tools sosial media marketing Hootsuite sendiri mengatakan bahwa Indonesia mempunyai hampir dari 170 juta penduduk yang menggunakan sosial media ini. Karena itulah, sosial media sendiri merupakan sebuah platform dan media pemasaran yang tidak boleh anda lewatkan dalam pembelajaran digital marketing untuk pemula anda.

Kemudian, Mari Kita Bedah Langkah Pembelajaran Digital Marketing Untuk Pemula Ini!

1. Segera Tentukan Target Konsumen dan Produk Maupun Jasa Untuk Bisnis Anda

Pertama, adalah menentukan target konsumen dan juga produk ataupun jasa untuk bisnis anda. Dengan mengetahui berbagai macam hal tersebut, anda pun dapat lebih mudah lagi dalam menentukan strategi digital marketing untuk pemula apa yang nantinya dapat sesuai dengan situasi dan kondisi anda. Tak hanya itu, penentuan ini pun juga merupakan taktik yang sesuai dalam pembelajaran digital marketing untuk pemula untuk mengetahui kompetisi bisnis anda.

2. Pastikan Bahwa Produk ataupun Jasa Anda Dapat Menjawab Permasalahan Konsumen

Kedua, dalam mempelajari digital marketing untuk pemula ini. Pastikan bahwa produk ataupun jasa yang anda tawarkan ini nantinya akan dapat menjawab langsung permasalahan yang sedang konsumen anda hadapi pada kehidupan mereka. Dengan begitu, anda pun dapat dengan mudah menarik perhatian mereka tanpa menggunakan teknik pemasaran yang kompleks.

3. Membuat dan Mengembangkan Sebuah Website Bisnis

Ketiga, pembuatan dan pengembangan sebuah website bisnis dalam mempelajari digital marketing untuk pemula. Apabila anda telah memutuskan produk atau jasa serta target pasar bisnis anda. Maka, website adalah langkah selanjutnya yang tidak boleh anda lewatkan. Anda mungkin masih bisa menggunakan media seperti marketplace ini. Akan tetapi, anda tidak akan merasa lebih bebas apabila anda bandingkan dengan sebuah website bisnis anda sendiri.

4. Melakukan Teknik Optimasi ataupun Menggunakan Iklan Berbayar

Terakhir namun bukan akhir, untuk meningkatkan jangkauan dari bisnis anda tersebut penggunaan dari SEO dan SEM ini sangatlah penting dan tidak boleh anda abaikan. Terlebih lagi apabila anda ingin agar website yang anda miliki tersebut dapat dengan mudah konsumen anda temukan pada hasil pencarian Google.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang