SupportStartup

Strategi Digital Marketing Coffee Shop Untuk Membantu Proses Penjualan

Sebuah bisnis coffee shop atau yang mungkin anda sebut sebagai kedai kopi saat ini memang sedang naik daun pada kalngan masyarakat Indonesia. Dengan begitu, hal ini pun turut ikut serta dalam mendorong para generasi pelaku bisnis muda untuk mengembangkan lagi teknik penjualan coffee shop tersebut. Mulai dari menggabungkan proses penjualan dengan digital marketing pada coffee shop ini. Ataupun juga memanfaatkan strategi pemasaran tradisional yang unik dengan berbagai macam ide mereka. Selain itu, perkembangan dari strategi penjulan coffee shop ini pun juga harus selalu terjadi agar mereka tidak kalah dengan para kompetitor mereka. Karena itulah, beberapa dari coffee shop ini pun terkadang membutuhkan bantuan langsung dari konsultan digital marketing. Agar, mereka mempunyai sebuah strategi digital marketing coffee shop yang dapat menjadi panduan bagi mereka.

Tak hanya itu, pertumbuhan akan strategi digital marketing coffee shop ini pun juga terpengaruh oleh perkembangan dari ekonomi dan gaya hidup masyarakat sekitar. Banyak dari masyarakat Indonesia saat ini yang sering kali menghabiskan waktu mereka pada berbagai coffee shop dan kafe ternama hanya untuk menikmati sebuah cangkir kopi saja. Sedangkan, pada masa lalu mereka hanya harus pergi pada warung pada sebrang jalan saja. Selanjutnya, coffee shop sendiri memang mempunyai sebuah daya tarik tersendiri yang dapat masyarakat Indonesia ini jadikan sebagai tempat ngumpul bersama. Baik itu sesama teman, client, keluarga, kerabat, dan lain sebagainya. Karena itulah, selain dengan menjaga kualitas dari kopi yang anda sajikan ini. Apabila anda memiliki sebuah coffee shop. Maka, anda pun juga harus mempersiapkan sebuah strategi digital marketing coffee shop yang dapat menarik perhatian masyarakat Indonesia ini. Baik dengan bantuan konsultan digital marketing ataupun tidak.

Selanjutnya, dalam proses penerapannya sendiri, sebuah strategi digital marketing coffee shop ini dapat melakukan kedua hal sekaligus dalam satu waktu. Baik itu sebagai lahan promosi, ataupun juga teknik dalam pembangunan sebuah brand online. Dengan begitu, strategi digital marketing coffee shop ini pun juga dapat menjadi saran dalam memperluas jangkauan pasar. Namun, tentunya proses dari digital marketing coffee shop ini tidak dapat anda lakukan secara sembarangan saja. Bahkan, seorang konsultan digital marketing pun akan membuat sebuah perhitungan dan menerapkan berbagai macam Analisa. Sebelum mereka memulai strategi digital marketing coffee shop ini. Karena itulah, apabila anda ingin mengembangkan coffee shop dengan teknik ini. Maka, ada beberapa hal yang dapat anda untuk persiapkan coffee shop tersebut. Seperti :

Ingin Segera Menggunakan Strategi Digital Marketing Untuk Coffee Shop? Berikut Langkahnya!

1. Membangun Sebuah Konsep yang Menunjukkan Keunikan dari Coffee Shop Anda

Apabila anda ingin menggunakan platform sosial media sebagai alat promosi anda. Maka, anda pun juga harus mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu. Sebelum akhirnya anda dapat menerapkan teknik promosi sosial media tersebut. Mulai dari dekorasi tempat, proses pelayanan. Keunikan dalam coffee shop anda tersebut, dan lain sebagainya. Dengan begitu, pelanggan yang datang pun tidak akan menjadi kecewa dengan melihat dan mengetahui langsung.

Bentuk serta konsep dari coffee shop yang coba anda bangun. Singkatnya, pelanggan tersebut tidak hanya mengunjungi coffee shop tersebut hanya untuk secangkir kopi atau sepiring sandwich saja. Namun, mereka akan menuntut akan suasana dan kondisi yang nyaman dan tenang dalam coffee shop tersebut. Karenanya, apabila coffee shop anda ini memiliki sebuah konsep yang unik dan juga matang.

Maka, orang lain pun nantinya akan merasa penasaran untuk mengunjungi coffee shop anda tersebut. Kemudian, salah satu teknik yang dapat anda terapkan dalam menemukan sebuah konsep ini adalah. Anda dapat mencoba untuk mengoptimalkan desain interior agar terlihat estetik, profesional, namun juga menenangkan pengunjung. Selain itu, anda pun juga dapat menambahkan beragam spot foto yang tentunya dapat menarik perhatian dari generasi muda saat ini.

2. Membuat Sebuah Rasa Kopi Baru yang Berkualitas

Selain dengan menciptakan sebuah konsep penjualan yang dapat menarik perhatian langsung dari masyarakat Indonesia ini. Anda pun juga harus senantiasa meningkatkan rasa dan kualitas dari kopi yang akan anda sajikan nantinya. Terlebih lagi, kedua hal tersebut sendiri juga menjadi salah satu hal penting yang tentunya wajib anda perhatikan dalam menjalankan sebuah coffee shop ini. Terlebih lagi saat ini para generasi muda seringkali membagikan berbagai macam foto dari minuman dan makanan dari sebuah coffee shop yang mereka kunjungi tersebut.

Tentu saja hal tersebut dapat menjadi sebuah tambang emas tersendiri untuk membuat bisnis coffee shop anda tersebut semakin terkenal. Walaupun anda belum menerapkan strategi digital marketing coffee shop sama sekali. Dengan menggunakan berbagai macam post yang terdapat melalui sosial media ini. Anda pun sama saja dengan mendapatkan sebuah kegiatan pemasaran gratis yang berasal langsung dari orang orang yang puas dengan coffee shop anda. Jadi, strategi digital marketing coffee shop ini tidak hanya berasal dari tenaga profesional seperti konsultan digital marketing saja ya.

3. Buat Tampilan Desain Akun Sosial Media Anda Agar Lebih Menarik

Walaupun sebelumnya telah kita bahas bahwa anda dapat memperoleh sebuah pemasaran gratis dari pengunjung yang puas dengan coffee shop anda. Akan tetapi, anda tidak dapat bergantung sepenuhnya pada postingan dari pelanggan coffee shop anda tersebut. Malahan, hal tersebut pun akan menjadi sebuah hal yang sangat sia sia saja apabila anda tidak memiliki sebuah akun sosial media yang aktif dalam mendukung pergerakan pelanggan tersebut. Dengan begitu, citra dari coffee shop anda pun akan perlahan lahan mulai memudar dari para kompetitor anda lainnya.

Nah, salah satu nasihat dari konsultan digital marketing dalam mengembangkan sebuah coffee shop ini adalah. Dengan meningkatkan desain tampilan dari akun sosial media coffee shop anda tersebut. Terlebih lagi apabila anda menggunakan sosial media Instagram yang merupakan sosial media dengan basis pembagian foto foto cantik. Kemudian, apabila anda sendiri mengincar pasar generasi muda sebagai target utama penjualan coffee shiop anda. Maka, penggunaan dan pengoptimalan sosial media ini nantinya akan sangat berdampak positif pada perkembangan coffee shop anda. Karenanya, anda pun harus serta merta membuat akun sosial media coffee shop anda agar tetap hidup dan dapat menarik perhatian langsung dari pelanggan.

4. Gandeng Seorang Influencer Untuk Mempromosikan Bisnis Coffee Shop Anda

Kemudian, apabila anda masih ingin meningkatkan kinerja coffee shop anda pada ranah sosial media ini. Maka, penggunaan seorang influencer ini pun dapat menjadi solusi untuk anda. Dengan menggunakan jasa dan bantuan mereka ini. Anda pun akan secara otomatis memperluas jangkauan pasar dari coffee shop anda kepada para pengikut dari influencer tersebut. Bahkan, strategi ini sudah banyak sekali loh digunakan oleh konsultan digital marketing dalam mempromosikan sebuah bisnis.

Selebihnya, anda sendiri dapat mencoba untuk memilih seorang influencer yang memang mempunyai sebuah nama dalam bidang usaha kuliner. Dengan begitu, para followers mereka pun juga dapat tertarik dengan coffee shop anda karena mereka memang sudah tertarik dengan usaha kuliner ini. Lalu, menggandeng influencer ini juga dapat meningkatkan interaksi anda pada platform sosial media juga loh.

5. Berikan Berbagai Macam Promo dan Event Menarik Pada Sosial Media

Selain dengan anda memperkuat kinerja coffee shop ini pada platform sosial media tersebut. Anda pun juga dapat menarik perhatian para pelanggan anda lagi dengan suatu jurus pamungkas. Yakni, pemberian sebuah promo dan mengadakan event menarik dengan potongan harga. Dengan begitu, pelanggan yang sebelumnya berpikir 2 kali untuk mengunjungi coffee shop anda pun akan lebih terdorong lagi dengan adanya sebuah promo tersebut.

Kemudian, anda pun juga dapat memberikan berbagai macam promo tersebut melalui beberapa bentuk juga loh. Mulai dari diskon, giveaway, gratis produk, dan lain sebagainya. Nah, untuk membuat promo tersebut terasa lebih spesial lagi. Anda pun juga dapat memilih tanggal yang tepat dalam melaksanakan promo tersebut. Apakah itu hari kemerdekaan, hari ulang tahun coffee shop tersebut, liburan, ataupun tahun baru. Sehingga, coffee shop anda pun juga akan mengalami penjualan yang lebih besar lagi dari sebelumnya.

6. Mendaftarkan Bisnis Anda Pada Platform Google My Business

Terakhir namun bukan akhir, salah satu strategi digital marketing coffee shop ampuh yang dapat anda lakukan ini adalah dengan mendaftar pada Google My Business. Dengan melakukan pendaftaran tersebut, pengguna internet pun akan lebih mudah lagi dalam menemukan bisnis coffee shop anda melalui Google. Terlebih lagi Google juga dapat menampilkan berbagai macam informasi penting. Seperti alamat, informasi kontak, website bisnis anda, jam operasional, ulasan dan testimoni, dan juga pertanyaan dari beragam pengguna internet. Karena itulah, Google My Business ini merupakan salah satu strategi digital marketing coffee shop yang tidak boleh anda lewatkan.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang