SupportStartup

Strategi Pemasaran dan Strategi Penjualan, Sudah Paham Perbedaanya?

Apabila menjadi seorang pelaku bisnis ataupun menjadi seorang pengusaha sukses merupakan cita cita anda selama ini. Maka, tentunya anda pun harus mengetahui terlebih dahulu apakah perbedaan dari strategi pemasaran dan strategi penjualan ini. Sekilas, kedua hal tersebut ini mungkin akan terlihat sama apabila kita lihat secara garis besar. Akan tetapi, untuk proses memajukan bisnis yang lebih mendalam lagi. Kedua strategi ini perlu anda ketahui juga loh secara mendalam, mulai dari perbedaan dan juga teknik yang tepat. Baik itu itu untuk menjalankan strategi pemasaran, maupun strategi penjualan ini.

Nah, menjadi seorang pelaku bisnis ataupun pemilik perusahaan sendiri tentunya akan membutuhkan banyak sekali pengetahuan dan ilmu bisnis. Karena, ilmu bisnis itu pun memiliki banyak sekali variasi dan percabangan juga yang akan selalu mengalami pembaruan setiap waktunya. Karena itulah, posisi dalam tenaga profesional dalam membantu sebuah bisnis seperti konsultan digital marketing ini pun sangat diminati oleh banyak orang. Selanjutnya, dalam strategi pemasaran maupun strategi penjualan ini sendiri. Kedua hal tersebut juga terbagi lagi loh dalam beberapa cabang ilmu.

Kemudian, apabila anda sendiri tidak begitu memahami antara strategi pemasaran dan strategi penjualan ini. Maka, anda pun tergolong dari sebagian besar orang yang beranggapan bahwa kedua hal tersebut sama saja tanpa ada perbedaan. Karena itulah, agar anda dapat mengembangkan bisnis anda layaknya tenaga profesional seperti konsultan digital marketing sendiri. Berikut ini adalah beberapa perbedaan dari strategi pemasaran dan strategi penjualan yang wajib anda pahami. Simak baik baik ya!

infografis strategi pemasaran

Perlu Anda Ketahui Bahwa Strategi Pemasaran & Penjualan Mempunyai Bentuk yang Berbeda

Umumnya, perbedaan dari strategi pemasaran dan strategi penjualan ini dapat anda kategorikan menjadi 3 kategori. Selanjutnya, ketiga kategori ini pun akan anda pelajari lebih mendalam lagi dalam artikel ini. Mulai dari proses, tujuan, dan juga strategi. Dengan begitu, anda pun akan lebih memahami lagi perbedaan dari strategi pemasaran dan strategi penjualan ini layaknya seorang konsultan digital marketing profesional.

1. Apa yang Membedakan Proses Strategi Pemasaran & Penjualan?

Proses Strategi Pemasaran Ini Terdiri Dari:

Umumnya, perbedaan dari strategi pemasaran dan penjualan ini akan dapat anda lihat dengan jelas dalam proses yang mereka jalani. Pada strategi penjualan sendiri, pelaku bisnis pun akan mempunyai banyak sekali bentuk dan taktik yang dapat mereka lakukan secara leluasa. Akan tetapi, strategi pemasaran ini akan tetap menjadi pedoman utama dalam menentukan pilihan konsumen. Apakah mereka akan membeli produk ataupun jasa yang anda tawarkan ini atau tidak, apabila anda memasarkan bisnis anda dengan menarik. Maka, konsumen pun akan dapat dengan cepat anda dapatkan.

Akan tetapi, apabila anda memasarkan sebuah bisnis ini dengan teknik seadanya dan tidak menunjukkan kesan kesan menarik pun. Tentunya konsumen akan langsung meninggalkan bisnis anda walaupun anda belum selesai melakukan promosi. Karena itulah, untuk menghindari kesalahan tersebut sendiri. Seseorang yang profesional layaknya konsultan digital marketing ini akan mempunyai cara mereka sendiri. Seperti halnya, mereka akan mencoba untuk memperluas jangkauan pasar agar produk maupun jasa dapat tersebar rata. Walaupun begitu, tentunya proses tersebut sendiri akan membutuhkan sebuah proses dan strategi juga agar bejalan lancar.

Proses Strategi Penjualan Ini Terdiri Dari:

Sementara itu, dalam proses dan strategi penjualan sendiri. Anda akan lebih menitik beratkan fokus anda untuk menawarkan produk maupun jasa pada konsumen bisnis. Dengan begitu, para konsumen dan calon konsumen anda pun akan lebih tertarik lagi dengan produk maupun jasa anda ini nantinya. Selanjutnya, anda pun juga dapat menggunakan berbagai macam bentuk penawaran. Seperti jual beli secara online, ataupun juga secara offline atau tradisional.

2. Apa yang Menjadi Tujuan Akhir Strategi Pemasaran dan Penjualan?

Tujuan Akhir Strategi Pemasaran Bisnis:

Selain dengan proses, perbedaan dari strategi pemasaran dan penjualan sendiri juga terdapat pada bagian tujuan akhir ini. Singkatnya, strategi pemasaran sendiri akan memiliki sebuah tujuan yang terdiri dari beberapa hal. Seperti : pemahaman terhadap pasar dan konsumen, pembuatan produk atau jasa yang sesuai, dan mengungguli proses promosi. Tak hanya itu juga, strategi pemasaran ini pun juga harus memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh perusahaan. Baik itu mencapai sebuah target tertentu dan juga memuaskan para konsumen mereka.

Tujuan Akhir Strategi Penjualan Bisnis:

Sedangkan, tujuan akhir dari sebuah strategi penjualan ini berfokus pada beberapa titik lainnya. Seperti: meencapai sebuah pendapatan tertentu, memenuhi kuota penjualan, pembangunan brand kepada para pelanggan, dan juga lain sebagainya. Kemudian, sama seperti strategi pemasaran itu sendiri. Strategi penjualan ini juga memiliki beberapa tujuan lain. Seperti : memenuhi sebuah kontrak dan permintaan, menjalankan proses negosiasi, menghubungkan perusahaan dengan perusahaan lain, dan lain sebagainya.

3. Taktik Apa yang Sesuai Dengan Strategi Pemasaran dan Penjualan?

Taktik yang Sesuai Untuk Strategi Pemasaran:

Seringkali, perbedaan yang terlihat dalam strategi pemasaran dan penjualan ini dapat anda bandingkan juga berdasarkan taktik dari kedua strategi ini. Lebih fokus kepada arah mana kah kegiatan kedua strategi ini? Contohnya saja, untuk mendapatkan sebuah penjualan yang sukses maka rencana yang sempurna pun adalah jawabannya. Akan tetapi, untuk strategi pemasaran sendiri, seorang yang profesional seperti konsultan digital marketing ini akan lebih fokus.

Kepada berbagai macam kegiatan eksekusi yang dapat mengenalkan sebuah produk langsung kepada pasar. Kemudian, ada juga beberapa peran dari strategi pemasaran ini yang dapat memberikan manfaat langsung untuk para pelaku usaha. Seperti: mengetahui kesuksesan dalam menjual sebuah produk maupun jasa, sebagai parameter untuk mengawasi berjalannya strategi promosi, dan menjadi sebuah petunjuk pemasaran.

Taktik yang Sesuai Untuk Strategi Penjualan:

Selanjutnya, pada bagian strategi penjualan sendiri, anda akan lebih fokus untuk memberikan seluruh perhatian anda beberapa hal. Seperti: konsumen bisnis dan target pasar, kualitas dari produk maupun jasa, membentuk sebuah tim, pengelolaan dana, dan berbagai macam hal lain. Singkatnya, strategi penjualan ini lebih cenderung fokus terhadap pengumpulan sebuah informasi yang dapat anda gunakan dalam menerapkan berbagai macam evaluasi seputar peluang perkembangan dari sebuah bisnis ini. Apakah itu target, ataupun teknik promosi baru.

Ingin Menemukan Strategi Pemasaran yang Optimal? Cobalah Hal Berikut!

1. Pelajari dan Pahami Secara Penuh Target Audiens Pasar Anda Sebelum Ekskusi Strategi

Apabila mereka ingin melakukan ekskusi strategi, seorang konsultan digital marketing sendiri tentunya harus mengenal secara penuh target pasar dan audens mereka. Dengan begitu, mereka pun tentunya akan lebih mudah lagi untuk menentukan strategi apa yang cocok dengan suatu bisnis tersebut. Karena itulah, seorang konsultan ini umumnya akan melakukan sebuah riset pasar terlebih dahulu yang dapat meningkatkan peluang sukses strategi mereka. Karena, umumnya mereka telah mengenal dengan baik target pasar dan audiens mereka.

2. Tingkatkan Kinerja Strategi Pemasaran Dengan Bantuan Platform Sosial Media

Apabila anda baru saja terjun dalam dunia bisnis ini sendiri, anda mungkin akan bertanya tanya akan berbagai macam hal. Mulai dari strategi pemasaran yang optimal dan efektif, ataupun juga strategi terbaru yang banyak digunakan saat ini. Karena itulah, dunia bisnis ini sendiri akan banyak menyita waktu anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam bisnis tersebut. Selanjutnya, anda pun juga pastinya telah mengetahui apabila hadirnya sosial media ini. Merupakan sebuah anugrah tersendiri sebagai bentuk alat pemasaran yang sangat efektif dan efisien penggunannya. Tak hanya itu, banyaknya pengguna ini pun juga menjadi sebuah tambang emas tersendiri untuk anda sebagai pelaku bisnis.

Kemudian, anda mungkin telah banyak melihat berbagai macam pelaku bisnis ini yang memasarkan produk mereka melalui internet ini. Khususnya, pada platform sosial media ini sendiri seperti halnya Facebook, LinkedIn, Twitter, ataupun Instagram. Karena, sosial media ini sendiri merupakan salah satu teknik pemasaran yang sangat direkomendasikan oleh konsultan digital marketing sendiri. Jadi, beberapa teman atau kerabat anda pun seringkali menggunakan platform ini untuk memasarkan bisnis mereka. Tak hanya itu, sosial media sendiri juga dapat membantu mereka dengan berbagai macam hal lain lagi loh. Mulai dari menjalin sebuah interaksi dengan para konsumen, tidak membutuhkan biaya sama sekali. Serta, dapat terlihat oleh siapapun yang menggunakan sosial media tersebut.

Tak hanya itu, sosial media ini pun juga memberikan anda sebuah peluang untuk membntuk sebuah komunitas yang nantinya akan sesuai dengan bisnis anda. Dengan begitu, peluang untuk menjual berbagai produk dan jasa anda pun tentunya akan lebih meningkat lagi dari sebelumnya. Kemudian, ada juga berbagai macam jasa influencer yang juga menjadi salah satu nilai jual platform sosial media ini. Umumnya, seseorang seperti konsultan digital marketing ini seringkali menggunakan influencer untuk meningkatkan kehadiran dari sebuah bisnis. Karena, influencer ini dinilai cukup efektif untuk mendapatkan perhatian pengguna sosial media.

3. Memberikan Sebuah Promosi Menarik Terhadap Para Pelanggan Anda

Promosi yang menarik sendiri seringkali dianggap sebagai salah satu strategi ampuh oleh konsultan digital marketing untuk menjangkau para konsumen. Umumnya, pemberian sebuah promo ini pun juga akan memiliki berbagai bentuk dan strategi juga. Ada yang memberikan sebuah diskon, memberi promo beli satu gratis satu, hingga pada mengadakan sebuah giveaway langsung.

Umumnya sebuah perusahaan ini seringkali memberikan sebuah promo ini pada beberapa acara tertentu. Mulai dari tanggal yang cantik, ataupun ada sebuah acara langsung yang berkaitan dengan perusahaan atau bisnis tersebut. Kemudian, untuk anda yang mempunyai bisnis yang fokus terhadap pelayanan jasa. Anda pun juga dapat menerapkan sebuah taktik free trial yang dapat membuat konsumen tertarik langsung pada bisnis anda. Hasil yang diberikan oleh strategi pemasaran ini pun ternilai cukup efektif dalam membantu konsultan digital marketing untuk menarik calon konsumen.

4. Pemilihan Sebuah Tempat Pemasaran yang Optimal dan Sesuai Dengan Bisnis Anda

Walaupun teknologi saat ini sangat canggih dan anda dapat melakukan berbagai macam strategi pemasaran tanpa mengenal tempat dan waktu. Alias, dimanapun kapanpun. Pemilihan terhadap lokasi dan tempat bisnis ini ternyata masih memegang sebuah peranan penting juga loh dalam perkembangan sebuah bisnis. Singkatnya, apabila anda memiliki sebuah tempat pemasaran yang sangat strategis dan optimal ini. Maka, anda pun juga akan lebih mudah terkenal oleh konsumen lokal bisnis anda. Kemudian, hal ini pun nantinya akan dengan otomatis meningkatkan kinerja penjualan dari bisnis anda tersebut.

Akan tetapi, pemilihan lokasi ini tidak hanya sekedar memilih sebuah lokasi yang banyak kendaraan melintas saja loh. Namun, anda juga harus memperhatikan terlebih dahulu target pasar dan audiens bisnis anda tersebut. Kemudian, baru lah anda harus memperhitungkan kemudahan akses dalam kantor bisnis anda tersebut. Misalnya saja, apabila anda ingin membuka sebuah kedai makanan ini, pastikan bahwa anda sendiri dekat dengan sebuah tempat wisata yang banyak orang mengunjungi tempat tersebut. Dengan begitu, apabila mereka merasa Lelah setelah berwisata ini. Maka, mereka pun akan melirik langsung bisnis anda. Dengan begitu, anda pun akan mendapatkan sebuah peningkatan lagi dalam bisnis anda tersebut.

5. Memberikan Sebuah Reward Terhadap Konsumen yang Mengulas Bisnis Anda

Anda pun sudah pasti akan setuju apabila sebuah produk maupun jasa sendiri akan terlihat lebih baik lagi apabila banyak orang yang memberi suara positif. Tak hanya itu, produk ataupun jasa ini pun tentunya akan juga meningkatkan kepercayaan dari para konsumen anda ini nanti. Karena itulah, anda pun tentunya akan membutuhkan sebuah ulasan positif dari orang lain yang telah menggunakan produk maupun jasa anda tersebut. Karena itulah, untuk mendapatkan review tersebut secara natural.

Maka, anda pun dapat memberkan sebuah reward untuk mereka yang telah mengulas bisnis anda sebagai ucapan terima kasih. Ulasan ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang wajib anda terapkan untuk meningkatkan kepercayaan langsung dari konsumen anda. Selanjutnya, dengan pemberian reward terhadap konsumen yang memberikan ulasan ini. Maka, anda pun akan memberikan sebuah simbiosis mutualisme antara bisnis dan konsumen anda secara langsung. Tak hanya itu, anda pun juga mempunyai kesempatan lagi untuk mendapatkan konsumen loyal dari program tersebut.

Segera Tingkatkan Penjualan Bisnis Dengan Strategi Penjualan Berikut Ini!

1. Diskon dan Promosi yang Menarik Para Konsumen

Semua orang tentunya telah mengetahui. Bahwa, pemberian sebuah diskon dan promosi yang sangat besar ini dapat meningkatkan penjualan sebuah bisnis. Bahkan, beberapa pelaku bisnis ini sendiri pun menganggap bahwa taktik ini merupakan sebuah jurus utama mereka untuk meningkatkan penjualan dari sebuah bisnis maupun perusahaan. Terlebih lagi dengan pemberian sebuah diskon yang sangat besar ini. Akan tetapi, sebelum anda menerapkan strategi diskon ini. Ada baiknya juga apabila anda mulai mempelajari lagi teknik pemberian diskon ini.

Untuk meningkatkan sebuah penjualan dari produk yang tergolong dalam produk baru. Maka, anda pun dapat mencoba untuk memberikan diskon yang tidak terlalu besar seperti 15 sampai 25% saja. Dengan begitu, anda pun telah berhasil untuk mempengaruhi konsumen untuk membeli produk anda tersebut. Kemudian, apabila anda ingin menghabiskan stok dari produk anda yang telah lama berdiam dalam toko tersebut. Maka, anda pun tidak dapat menerapkan persentase diskon tersebut. Sebaliknya, para konsumen pun akan dapat melihat bahwa anda hanya ingin menghabiskan stok saja. Karena itulah, anda dapat memberikan diskon yang jauh lebih besar lagi antara 30 hingga 70%.

2. Mengadakan Kegiatan Flash Sale Dalam Bisnis Anda

Flash sale sendiri merupakan salah satu taktik penjualan baru yang saat ini sedang naik daun pada masyarakat Indonesia. Umumnya, penerapan flash sale ini hanya berfokus pada berbagai macam barang elektronik saja dan barang lain yang berkaitan dengan barang elektronik tersebut. Akan tetapi, saat ini pun banyak sekali produk yang ikut berkontribusi dalam memeriahkan acara flash sale ini. Mulai dari pakaian, hingga pada makanan juga loh. Selanjutnya, ada juga beberapa alasan yang membuat flash sale ini naik daun pada masyarakat Indonesia.

Karena, flash sale ini merupakan acara yang hanya berlangsung selama 1 atau 3 jam saja. Dengan begitu, para konsumen pun akan merasa sayang apabila mereka melewatkan potongan harga tersebut. Akan tetapi, ada juga beberapa pelaku bisnis yang menerapkan teknik flash sale ini dengan rentang waktu 1 bulan ataupun 1 hari. Umumnya, mereka melakukan hal tersebut ini bertujuan untuk mengenalkan produk baru mereka kepada para konsumen. Dengan begitu, konsumen mereka pun akan merasa lebih tertarik lagi dengan produk baru tersebut dengan adanya bantuan flash sale ini.

3. Memberikan Harga Khusus Untuk waktu Terbatas

Sekilas, teknik harga khusus ini mungkin akan terlihat mirip dengan penggunaan promo diskon atau potongan harga. Akan tetapi, setelah melakukan beberapa percobaan sendiri, sebuah penelitian ini menemukan. Bahwa, penggunaan harga khusus ini ternyata juga cukup ampuh dalam mempengaruhi psikologis langsung konsumen anda ini. Karena, dengan mereka melihat sebuah produk yang awalnya memiliki harga 300 ribu menjadi hanya 180 ribu dalam kurun waktu 1 hari saja. Mereka pun akan merasa sayang apabila melewatkan harga tersebut.

Tak hanya itu, penggunaan dari harga khusus ini pun juga dapat anda terapkan dengan suatu metode pembayaran tertentu juga loh untuk bisnis anda. Misalnya saja, apabila konsumen ingin membayar dengan e-wallet tertentu. Maka mereka akan mendapatkan sebuah harga khusus yang bahkan 50% lebih murah dari metode pembayaran lainnya. Dengan begitu, mereka pun nantinya akan berpikir 2 kali saat ingin membayar produk tersebut pada proses check out.

4. Memberikan Layanan Gratis Ongkos Kirim Untuk Produk E Commerce & Marketplace

Saat anda memiliki sebuah bisnis online. Mulai dari website e commerce bisnis, sosial media, ataupun layanan marketplace ini. Maka, anda pun dapat mencoba untuk menerapkan taktik gratis ongkir ini. Karena, beberapa orang sendiri terkadang akan merasa sayang untuk membayar sebuah ongko kirim walaupun mungkin ongkos tersebut hanya 5 ribu rupiah saja.

Tak hanya itu, untuk mereka yang tinggal dalam daerah yang jauh dari lokasi anda pun mereka juga mungkin akan berpikir 2 kali saat melihat ongkos yang sangat mahal ini. Karena itulah, promo ongkir ini juga merupakan salah satu taktik populer yang banyak digunakan. Selanjutnya, anda yang mempunyai toko offline pun juga bisa loh menerapkan teknik gratis ongkir ini. Dengan menugaskan salah satu karyawan anda untuk mengirimkan barang tersebut kepada alamat konsumen ini.

5. Beli Satu Gratis Satu Sesuai Dengan Kondisi Bisnis Anda

Teknik strategi penjualan beli satu gratissatu ini mungkin sudah pernah anda coba sendiri dalam beberapa brand bisnis. Walaupun sekilas taktik ini terdengar kuno. Nyatanya, strategi penjualan ini cukup efektif juga loh untuk menambah penghasilan dari bisnis anda. Dengan menerapkan sebuah sistem beli satu gratis satu ini. Maka, anda pun akan memberikan sebuah efek ketergantungan akan belanja kepada para konsumen anda langsung. Dengan hanya membayar untuk satu produk dan mendapatkan dua produk ini. Maka, konsumen pun akan merasa bahwa mereka harus memanfaatkan momen ini sebaik mungkin untuk mereka.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang