SupportStartup

Brand Awareness, Sebuah Aspek Penting Dalam Pengembangan Bisnis!

Umumnya, anda mungkin akan mempunyai beberapa teman atau kenalan yang mungkin akan langsung memanggil sebuah produk daripada dengan nama brand. Seperti halnya saja Banyak orang yang seringkali menyebut sebuah celana dengan berbagai macam istilah seperti jeans atau chinos. Padahal, celana tersebut sendiri juga memiliki berbagai macam brand atau merk seperti Erigo, Uniqlo, Levis, dan sebagainya. Nah, kebiasaan umum inilah yang menunjukkan sebuah tingkat brand awareness tinggi yang bahkan telah mempengaruhi langsung para konsumen mereka.

Selanjutnya, anda sendiri pun nantinya akan penasaran juga tentang bagaimana sih brand awareness bisa menjadi sekuat ini? Apa kira kira ada rahasia langsung gitu dari konsultan digital marketing atau sejenisnya? Karena itulah, artikel berikut ini akan mencoba untuk membantu pemahaman anda secara langsung dalam menyelesaikan pertanyaan tersebut ini. Perlu anda ketahui juga, brand awareness sendiri tentunya akan membutuhkan usaha yang keras agar brand anda dapat mencapai hati terdalam para konsumen anda. Karena itulah, anda mungkin akan membutuhkan beberapa waktu untuk mencapai brand awareness yang membuat konsumen anda untuk selalu mengingat brand anda tersebut. Nah, untuk mempersingkat waktu yang anda butuhkan inilah, pengetahuan akan teknik dasar brand awareness ini harus anda pahami sebaik mungkin.

infografis brand awareness bisnis

Sebelumnya, Mari Kita Berkenalan Terlebih Dahulu Dengan Istilah Brand Awareness!

Singkatnya, istilah brand awareness ini merupakan sebuah rasa yang terasa familiar antara seorang konsumen dengan sebuah produk maupun jasa dari suatu brand. Rasa familiar dan se akan mengenal ini pun juga dapat timbul berdasarkan berbagai macam hal dalam suatu brand ini. Mulai dari slogan atau jargon, logo, nama brand, dan lain sebagainya. Karena itulah, untuk seorang konsultan digital marketing dan juga pemilik bisnis sendiri. Meningkatkan sebuah brand ini merupakan hal wajib yang harus mereka lakukan. Tak hanya itu, peningkatan akan brand awareness ini pun juga dapat anda katakan sebagai salah satu investasi jangka panjang oleh sebuah bisnis.

Apa yang Menjadikan Brand Awareness Ini Sebagai Tujuan Utama Berbisnis?

Apabila anda telah memahami sedikit tentang penjelasan dari brand awareness ini. Maka, adalah hal yang wajar apabila anda memiliki sebuah penalaran tersendiri dalam istilah tersebut. Karena itulah, pembangunan sebuah brand awareness ini juga merupakan proses yang cukup sulit. Baik itu oleh tenaga profesional seperti konsultan digital marketing, ataupun juga para pelaku bisnis. Akan tetapi, walaupun pembangunan brand ini akan terasa sangat sulit, anda pun juga tidak boleh menghindari proses pengembangan bisnis ini. Karena, brand awareness ini merupakan sebuah investasi bisnis, yang akan menghasilkan berbagai macam manfaat. Seperti :

Membangun Reputasi Anda Kepada Para Pelanggan Bisnis

Apabila ada banyak orang yang membicarakan sebuah bisnis ini, maka orang lain pun akan semakin mengenal lagi terhadap brand bisnis yang anda miliki ini. Selanjutnya, apabila anda terus menerus melakukan pembangunan brand ini. Maka, bukanlah hal yang mustahil apabila lebih banyak orang lagi akan mengetahui dan mempercayai brand anda secara langsung. Dengan begitu, para pelanggan anda pun nantinya akan memiliki sebuah pergerakan untuk membeli produk ataupun menggunakan jasa yang tersedia dalam bisnis anda. Penjelasan tersebut sendiri juga berasal dari sebuah penelitian terhadap perilaku konsumen terhadap sebuah brand loh.

Pertama, Kepercayaan para konsumen terhadap suatu brand bisnis. Kedua, setinggi apakah rasa ‘mengenal’ konsumen ini untuk membeli produk ataupun jasa dari sebuah brand ini. Misalnya saja, apabila anda mengajukan pertanyaan terhadap sebuah komunitas laptop tentang tipe dan brand yang mempunyai reputasi yang baik. Lalu, anda berangkat pada salah satu toko laptop dan menemukan sebuah laptop brand baru yang memiliki spesifikasi yang sama. Umumnya, anda tentu akan memilih sebuah laptop yang telah mempunyai reputasi yang besar pada komunitas per komputeran tersebut. Nah, cita cita seperti itulah yang ingin dicapai oleh seorang konsultan digital marketing dalam membangun sebuah brand awareness.

Bisnis Anda Akan Lebih Mudah Untuk Mendapatkan Konsumen dan Pelanggan Baru

Apabila orang yang baru terjun dalam bidang tertentu dan tidak memiliki beberapa pengetahuan dasar, tentunya pemilihan baik dari produk ataupun jasa. Merupakan salah satu hal yang akan cukup membingungkan mereka. Walaupun, mereka sendiri seringkali menemukan banyak sekali iklan dan promosi yang berasal dari berbagai macam brand. Akan tetapi, apabila brand tersebut sendiri tidak memiliki sebuah brand awareness yang kuat. Maka, orang awam tersebut justru tidak akan melirik iklan tersebut sekalipun.

Karena itulah, pembangunan sebuah reputasi positif ini menjadi salah satu hal penting yang wajib dilakukan, baik oleh pelaku bisnis, ataupun konsultan digital marketing. Nah, untuk menciptakan hal tersebut, sebuah review, ulasan, dan testimoni dari orang lain pun akan memiliki peran yang sangat besar. Tak hanya itu, peranan dari berbagai macam iklan yang menarik pada berbagai macam platform interkasi. Seperti sosial media pun juga akan berdampak besar juga dalam meningkatkan sebuah reputasi ini loh. Intinya, semakin banyak orang yang mengetahui akan suatu brand tersbeut. Maka, semakin banyak juga orang orang yang akan tertarik dengan brand tersebut.

Membangun Nilai Jual Brand Terhadap Para Konsumen dan Audiens

Untuk jangka panjang sendiri dalam sebuah investasi bisnis. Maka, berbagai macam pengalaman pelanggan dalam bisnis anda sebelumnya akan sangat meningkatkan nilai jual dari bisnis anda tersebut. Selanjutnya, nilai jual dari sebuah bisnis ini akan dapat anda katakan baik apabila banyak dari pelanggan yang meninggalkan berbagai pengalaman positif dalam menggunakan jasa ataupun produk dari brand anda ini.

Selanjutnya, menurut seorang konsultan digital marketing sendiri, apabila nilai jual dari bisnis ini meningkat. Maka, anda pun akan mendapatkan berbagai macam hal positif dalam bisnis tersebut. Seperti : harga jual produk dan jasa yang meningkat, menambah variasi produk dan jasa anda, saham bisnis akan meningkat. Terakhir, masyarakat sosial pun akan lebih mudah lagi dalam menerima brand bisnis anda

Berpeluang Besar Untuk Meningkatkan Loyalitas Para Konsumen Anda

Sebuah bisnis yang memiliki tingkat brand awareness yang tinggi ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk anda. Selain dengan menarik peluang konsumen baru, anda pun juga dapat mempertahankan kesetiaan konsumen lama anda. Singkatnya, brand awareness ini merupakan salah satu jawaban konsultan digital marketing dalam menghadapi sebuah kondisi. Saat para pelanggan bisnis ini seringkali berpindah brand karena banyaknya variasi yang tersedia untuk mereka. Selanjutnya, ada beberapa faktor sendiri loh yang akan meningkatkan loyalitas dari seorang pelanggan ini.

Kualitas produk yang sangat baik. Kualitas sendiri merupakan istilah yang berubah ubah tergantung dari sudut pandang pelanggan anda. Apakah produk anda ini lebih unggul daripada para kompetitor. Atau, produk anda ini merupakan satu satunya solusi untuk permasalahan mereka.

Kemampuan dari brand bisnis yang sangat disukai oleh pelanggan anda. Tak hanya itu, berbagai visi dan misi dari suatu brand sendiri pun juga dapat menggerakkan seorang konsumen untuk menggunakan brand bisnis anda.

Pelanggan anda menganggap bahwa produk atau jasa anda selalu menjadi solusi mereka. Maksudnya, produk maupun jasa anda ini sesuai dengan harapan mereka dan menjadi solusi langsung untuk permasalahan mereka.

Pengaruh dari platform sosial media. Kehadiran sebuah brand produk ataupun jasa dalam sosial media pun juga dapat mendukung pilihan dari konsumen anda ini. Terlebih lagi apabila anda menerapkan berbagai macam konten yang mendorong adanya interaksi dari para pelanggan.

Seberapa Jauh Anda Dapat Mengembangkan Brand Awareness Bisnis Anda?

1. Pengenalan Terhadap Suatu Brand

Pengenalan terhadap suatu brand ini terjadi apabila ada seorang konsumen yang melihat sebuah produk atau jasa. Kemudian, mereka dapat mengenali produk maupun jasa tersebut secara langsung. Hal tersebut ini bukan berarti bahwa pelanggan ini mengingat jelas akan produk maupun jasa yang anda tawarkan ini. Akan tetapi, mereka hanya mengenal brand ini melalui proses branding yang anda lakukan. Baik itu dari sebuah slogan atau jargon, perpaduan warna, logo, dan lain sebagaiya.

2. Pelanggan Mengingat Langsung Akan Suatu Produk atau Jasa

Pelanggan mengingat langsung ini adalah saat pelanggan ini dapat dengan mudah mengingat nama dari brand bisnis anda. Padahal, mereka hanya melihat produk ataupun jasa sekilas saja tidak lebih dari 1 menit. Nah, kemampuan dalam mengingat ini seringkali berdasarkan pada tingkat pemakaian dari suatu produk ataupun jasa oleh para pelanggan ini. Singkatnya, apabila ada seseorang yang sering menggunakan produk anda. Maka, anda pun akan lebih mudah lagi untuk mencapai tingkat brand awareness ini.

3. Brand Anda Menjadi Ide Pertama Pelanggan

Ini merupakan tingkat tertinggi dalam brand awareness baik untuk pelaku bisnis, ataupun konsultan digital marketing. Pada tingkat ini, produk maupun jasa anda pun akan langsung muncul pada pemikiran para pelanggan anda. Baik itu dalam sebuah jenis produk ataupun jasa yang anda jalankan, ataupun juga pada bidang industry bisnis anda. Contoh dalam kasus brand awareness tingkat tertinggi ini adalah pada saat orang menyebut air mineral. Maka, anda pun akan langsung terhubung dengan brand aqua sekalipun air mineral ini berasal dari brand yang berbeda.

Yuk Segera Tingkatkan Brand Awareness Bisnis Anda!

Seperti yang telah kita tau, banyak sekali manfaat yang akan anda dapatkan saat anda membangun dan meningkatkan brand awareness bisnis. Karena itulah, adalah hal yang wajar apabila seorang konsultan digital marketing sendiri menjadikan brand awareness ini sebagai salah satu tujuan utama dalam perkembangan bisnis. Selanjutnya, untuk meningkatkan sebuah brand ini, anda dapat menerapkan berbagai macam cara. Seperti:

1. Mengadakan Berbagai Macam ‘Event’ Pada Sosial Media

Dalam meningkatkan dan membangun sebuah brand awareness ini, seorang konsultan digital marketing seringkali mengadakan sebuah event dalam sosial media. Dengan begitu, sebuah bisnis pun akan dapat dengan mudah mendapatkan berbagai macam interaksi langsung pada akun sosial media mereka. Baik itu mention, like, komentar, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, strategi ini juga terbilang cukup cepat juga loh baik untuk pelaksanaan, ataupun hasil yang anda dapatkan nantinya. Akan tetapi, apabila anda telah mengadakan berbagai macam ‘event’ ini. Maka, anda pun juga harus menerapkan berbagai taktik selanjutnya yang berasal dari hasil interaksi dari ‘event’ tersebut. Seperti halnya giveaway, kupon diskon, promo, dan berbagai macam hal kepada pelanggan yang berkontribusi.

Hal tersebut ini tentunya harus anda lakukan sebaik mungkin karena sebagian besar dari peserta ini pun terdiri dari calon pelanggan anda. Dengan mengikuti sebuah ‘event’ ini. Maka, mereka pun umumnya telah memiliki sebuah gambaran besar akan jenis bisnis yang sedang anda jalankan tersebut. Tak hanya itu, beberapa dari mereka mungkin juga telah memikirkan untuk menggunakan jasa ataupun produk yang anda tawarkan ini. Akan tetapi, mereka hanya membutuhkan sebuah ajakan yang dapat menarik perhatian mereka.

2. Menyediakan Sebuah Program Partnership

Seringkali, cara yang cukup mudah dalam membangun sebuah brand awareness ini adalah melakukan kerja sama partnership dengan brand bisnis lainnya. Dengan begitu, anda pun akan mempunyai peluang dalam mengenalkan bisnis terhadap bidang lain yang partner anda jalankan. Kemudian, anda pun dapat mencoba untuk ‘barter’ pelanggan dengan partner anda tersebut. Tak hanya itu, partnership ini sendiri juga merupakan strategi efektif untuk membuat pelanggan anda tidak merasa bosan dengan situasi bisnis anda. Dengan program partnership ini, anda pun akan mempunyai sebuah peluang untuk menghadirkan produk dan jasa baru yang dapat berguna sebagai eksperimen bisnis.

3. Testimoni dan Ulasan para Pelanggan Bisnis Anda

Perlu anda ketahui juga, lebih dari 90% pengguna internet ini menganggap bahwa testimoni dan ulasan ini sama dengan rekomendasi dari kenalan mereka. Karena itulah, pemasangan terhadap testimoni ini juga merupakan strategi pembangunan brand awareness cemerlang yang dapat anda terapkan pada bisnis anda. Kemudian, apabila anda memiliki sebuah bisnis dengan situs web tersendiri. Maka, anda pun akan merasa lebih bebas lagi karena dapat memasangkan review tersebut pada bagian manapun dalam situs web bisnis anda.

Namun, anda sendiri juga harus memikirkan sebuah ide cemerlang yang dapat membuat pelanggan ini mau meninggalkan sebuah review untuk bisnis anda. Misalnya saja, apabila para pelanggan ini meninggalkan review mereka. Maka, mereka pun akan mendapatkan sebuah promo ataupun diskon yang dapat mereka gunakan pada pembelian selanjutnya. Dengan begitu, mereka pun akan memiliki sebuah pilihan untuk mendapatkan kupon atau promo tersebut hanya dengan meninggalkan review. Atau, tidak meninggalkan review dan tidak mendapatkan apapun juga.

4. Menjalankan Program Refferal Pada Bisnis Anda

Singkatnya, program referral ini akan terlihat sama dengan mengajak para kenalan anda langsung untuk menggunakan sebuah produk ataupun jasa dalam sebuah brand. Sehingga, produk maupun jasa yang berasal dari sebuah brand ini pun akan dapat terkenal lebih luas lagi oleh orang lain. Akan tetapi, dalam mengajak kenalan tersebut, anda nantinya akan mendapatkan sebuah komisi juga. Apabila ada kenalan anda yang memasukkan kode referral anda apabila mereka ingin menggunakan sebuah produk ataupun jasa.

Dengan begitu, apabila anda mengajak para kenalan anda secara tradisional ini, maka anda pun tidak akan mendapatkan komisi tersebut. Akan tetapi, apabila anda berhasil mengajak seseorang. Maka, anda pun akan mendapatkan sebuah komisi tersendiri yang tentunya sangat menguntungkan. Singkatnya, program referral ini pun akan menyempurnakan teknik promosi pada masa lalu. Dengan begitu, seseorang pun akan lebih senang lagi dalam mempromosikan sebuah brand bisnis kepada orang lain ini.

5. Gratis, Namun Tetap Berkualitas

Gratis namun tetap berkualitas ini adalah salah satu model pemasaran yang banyak disediakan oleh berbagai macam brand besar loh. Singkatnya, layanan ini nantinya akan memberikan kesempatan para pelanggan anda untuk mencoba layanan berkualitas anda secara gratis. Selanjutnya, apabila ada pelanggan anda yang merasa kurang dengan berbagai macam fitur yang tersedia dalam versi gratis ini pun. Anda dapat memberikan opsi peningkatan untuk membuka berbagai macam fitur tambahan yang dapat meringankan beban mereka lagi.

Taktik layanan ini pun juga seringkali akan menguntungkan kedua belah pihak, baik itu anda sebagai penyedia layanan maupun pelanggan anda. Tak hanya itu, anda pun juga akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi loh. Karena, anda dapat memasukkan iklan dalam layanan gratis ini. Kemudian, anda pun juga akan mendapatkan keuntungan lagi apabila ada seorang pelanggan yang melakukan peningkatan ini.

6. Memberikan Sebuah Infografis Kepada Para Pelanggan

Infografis sendiri merupakan sebuah gambar yang mengandung berbagai macam pesan penting dan informatif untuk para pembacanya, Karena itulah, dalam praktit pembangunan brand awareness sendiri, infografis juga menjadi salah satu teknik promosi yang menguntungkan bagi sebuah brand. Terlebih lagi apabila lebih dari 60% populasi dunia ini lebih cepat mempelajari sebuah informasi baru dengan menggunakan elemen visual. Selanjutnya, infografis sendiri juga bukan hanya disukai saja loh oleh para pembacanya. Akan tetapi, anda pun juga akan mendapatkan berbagai macam manfaat lain. Karena, sebuah data sendiri dapat meningkatkan pengunjung mereka hingga sebesar 10%.

7. Membagikan Berbagai Konten Gratis Untuk Para Pelanggan

Perlu anda ketahui juga bahwa, saat ini banyak sekali para pengguna internet yang memanfaatkan. Mesin pencari atau search engine ini untuk mendapatkan sebuah konten untuk membantu mereka dalam mencari sebuah jawaban. Nah, hal itu pun juga tidak menutup kemungkinan juga bahwa, beberapa dari mereka ini pun mungkin saja akan berubah menjadi pelanggan setia bisnis anda. Karena itulah, beberapa konsultan digital marketing sendiri seringkali melibatkan pembuatan dan pembagian konten ini kepada strategi pemasaran bisnis mereka.

Tak hanya itu, ada juga sebuah penelitian yang mengatakan bahwa perusahaan yang berhasil membagikan lebih dari 4 konten per minggu nya ini. Mereka akan memperoleh peningkatan traffic dan juga lead hingga menyentuh angka 4 kali lebih banyak loh. Apabila kita bandingkan dengan sebuah perusahaan atau bisnis yang tidak mempublikasikan atau hanya mempublikasikan beberapa post saja setiap bulannya. Karena itulah, statistic itu tadi pun telah menunjukkan bahwa konten ini juga berhubungan erat dengan pembangunan brand awareness dari sebuah bisnis.

Selain itu, walaupun konten ini umumnya akan sangat meningkatkan traffic dari sebuah website. Akan tetapi, anda juga harus memperhatikan sebuah konten ini dengan sudut pandang dari sebuah brand juga. Maksudnya, dengan menggunakan konten ini pun, anda akan dapat dengan mudah merubah identitas bisnis anda menjadi lebih interaktif lagi. Tak hanya itu, anda pun juga bebas dalam membagikan konten yang sesuai dengan situasi dan kondisi bisnis anda. Mulai dari informasi seperti artikel, tips dan nasihat penting, sebuah cerita, konten lawakan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, anda pun akan lebih mudah lagi untuk membangun sebuah hubungan personal dengan para pelanggan anda.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang