SupportStartup

Digital Marketing Untuk UMKM, Bagiamana Penerapan Teknik Tersebut?

Anda mungkin setuju, bahwa tak peduli jenis usaha apapun yang seorang pelaku usaha tersebut lakukan. Agar usaha tersebut dapat mengalami sebuah perkembangan dan juga pertumbuhan pada proses berjalannnya. Maka, pelaku usaha tersebut pun pastinya akan membutuhkan berbagai strategi pemasaran untuk usaha mereka tersebut. Baik pemasaran ini bersifat tradisional, ataupun juga strategi digital marketing untuk UMKM.

Terlebih lagi, apabila kita membahas tentang strategi digital marketing untuk UMKM dengan konsultan digital marketing. Maka, kita pun tidak hanya akan membahas tentang bagaimana cara untuk mendapatkan sebuah keuntungan dalam bisnis tersebut saja. Akan tetapi, kita juga akan membutuhkan sebuah cara untuk membangun sebuah brand dari produk ataupun jasa tersebut juga.

Kemudian, sebuah strategi pemasaran sendiri juga harus selalu mengikuti berbagai macam perkembangan yang terjadi pada lingkungan sekitar juga. Dengan begitu, anda sebagai pelaku bisnis pun akan dapat selalu memenuhi permintaan dari konsumen anda. Terlebih lagi dengan era digital ini yang kebutuhan akan jasa konsultan digital marketing sangat banyak sekali. Terlebih dalam membantu pelaku bisnis pada pembuatan strategi digital marketing untuk UMKM.

Kemudian, sudah bukanlah sebuah rahasia lagi apabila era digital saat ini membuat persaingan dengan teknologi internet sekarang ini berjalan dengan sangat ketat sekali. Sehingga, setiap bisnis pun saat ini melakukan sebuah kompetisi untuk mendapatkan perhatian langsung dari para konsumen nya. Kemudian, dalam ranah konsultan digital marketing ini sendiri. Strategi digital marketing untuk UMKM ini seringkali berfokus pada. Pembuatan sebuah konten yang nantinya akan menjadi sebuah kunci utama dalam proses strategi digital marketing untuk UMKM ini.

infografis digital marketing untuk umkm

Mengapa Bisnis UMKM Juga Harus Mempersiapkan Strategi Pemasaran?

Seperti yang anda ketahui, strategi pemasaran sendiri tidak hanya akan berfungsi sebagai panduan. Anda dalam melakukan berbagai macam kegiatan pemasaran juga. Akan tetapi, ada juga beberapa tujuan lain dari penggunaan strategi pemasaran tersebut dalam sebuah bidang bisnis. Seperti :

  • Membantu melakukan Analisa terhadap adanya trend baru.
  • Menjadi tolak ukur dalam perkembangan produk dan jasa sesuai dengan target konsumen.
  • Berfungsi sebagai pemberi motivasi dalam sebuah tim untuk mencapai target yang telah mereka tentukan.
  • Pedoman dalam melakukan sebuah evaluasi strategi pemasaran selanjutnya.

Kemudian, Bagaimana Perkembangan Strategi Pemasaran Pada Era Internet Ini?

Apabila kita telah memahami pentingnya sebuah strategi pemasaran ini, baik strategi tradisional atau strategi digital marketing untuk UMKM oleh konsultan digital marketing. Maka, anda pun juga mengetahui bahwa strategi pemasaran ini merupakan salah satu hal yang tidak boleh pelaku bisnis lupakan dalam perkembangan bisnis mereka. Kemudian, karena sifat dari strategi ini berbentuk taktik dan juga solusi dalam penyelesaian sebuah masalah.

Maka, pembuatan strategi ini pun juga harus dengan keadaan yang sesuai dengan kondisi yang sedang dihadapi oleh sebuah bisnis ini. Karena itulah, hal tersebut pun juga mengarah kepada perkembangan teknologi, yang mengaruskan para pelaku UMKM menggunakan strategi digital marketing untuk UMKM ini. Karena, strategi digital marketing untuk UMKM sendiri mempunyai banyak sekali keuntungan. Seperti :

  • Memperluas jangkauan target pasar bisnis UMKM.
  • Kemudahan penggunaan dari strategi digital marketing untuk UMKM ini.
  • Cepat nya arus lalu lintas informasi dan komunikasi.
  • Penggunaan biaya yang lebih hemat lagi dengan strategi digital marketing untuk UMKM.

Permudah Strategi Digital Marketing untuk UMKM Dengan Berbagai Hal Berikut!

1. Mejalin Kerja Sama Langsung Dengan Influencer yang Tepat

Strategi digital marketing untuk UMKM dengan menggunakan influencer saat ini memang telah mengalami peningkatan pada waktu waktu terakhir ini. Tak hanya dengan para pelaku bisnis saja, beberapa konsultan digital marketing pun juga menyarankan penggunaan dari influencer ini sebagai strategi digital marketing untuk UMKM. Terlebih lagi dengan kreatifitas serta pengikut dari seorang influencer tersebut yang akan memberikan pengaruh besar kepada bisnis UMKM ini.

Kemudian, apabila anda baru saja mengenal istilah dari influencer ini. Singkatnya, seorang influencer sendiri adalah orang yang memiliki sebuah suara maupun pendapat. Yang mereka jadikan sebagai kekuatan mereka dalam memberikan sesuatu. Penilaian terhadap seorang influencer ini sendiri juga berdasarkan atas pengaruh dari followers yang mereka miliki ini. Dalam dunia pemasaran sendiri, sebuah brand yang influencer ini pasarkan pun. Nantinya, akan dapat memberikan pengaruh yang sangat besar pada platform sosial media

2. Layanan Iklan Berbayar Pada Platform Sosial Media

Berkembangnya trend pemasaran digital marketing untuk UMKM sekarang ini juga terjadi pada platform sosial media juga loh. Apabila kita dulu menggunakan sosial media ini untuk menampilkan foto terhadap produk ataupun jasa dari sebuah bisnis. Maka, saat ini sosial media sendiri dapat menjadi tempat anda untuk memasarkan dan menayangkan sebuah iklan yang nantinya. Akan langusng terhubung pada akun bisnis maupun website bisnis UMKM anda.

Dengan menggunakan layanan iklan berbayar sosial media ini lah. Anda pun akan memiliki sebuah peluang untuk menangkap potensi dari pengguna sosial media. Baik mereka yang sudah, ataupun belum mengetahui sama sekali perihal bisnis anda.

Kemudian, berbeda dengan melakukan promosi sosial media secara organik sendiri. Penggunaan iklan ini akan dapat dengan instant memperlihatkan post dari akun bisnis usaha UMKM anda dengan mudah. Jadi, layanan iklan ini pun nantinya akan sangat membantu bisnis anda lebih banyak diketahui oleh pengguna sosial media lain. Yang memiliki ketertarikan dengan bidang usaha bisnis anda

3. Manfaatkan Layanan Google My Business Untuk Bisnis UMKM Anda

Kemudian, selain dengan menggunakan platform sosial media ini yang banyak digunakan oleh konsultan. Anda pun juga dapat memanfaatkan layanan Google secara langsung sebagai strategi digital marketing untuk UMKM anda. Nah, layanan ini pun seringkali dikenal dengan nama Google My Business. Singkatnya, Google My Business sendiri akan memberikan beragam informasi penting kepada para penguna internet dalam suatu bisnis yang terdapat dalam layanan tersebut. Mulai dari alamat, kontak, website, ulasan dan testimoni, serta jam operasional mereka. Tak hanya itu, Google My Business ini pun juga akan membantu bisnis anda agar dapat langsung ditemukan pada aplikasi Google Map juga loh.

4. Memanfaatkan Layanan Iklan Untuk Website Bisnis Dengan SEM

Search Engine Marketing, atau yang mungkin anda kenal dengan istilah SEM merupakan sebuah taktik digital marketing untuk UMKM. Yang seringkali dilakukan pada platform search engine untuk membuat sebuah website menempati peringkat pertama pada hasil pencarian. Singkatnya, SEM ini akan dapat menampilkan sebuah hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna mesin pencari ini. Kemudian, apabila kata kunci ini sesuai dengan bidang bisnis website anda. Maka, website anda pun akan langsung tampil pada nomor 1 hasil pencarian Google.

Kemudian, perlu anda ketahui juga bahwa saat itu juga, anda pun tidak akan mengeluarkan biaya apapu pada iklan tersebut. Karena, dasar penggunaan dari teknik SEM ini sendiri menggunakan teknik PPC atau Pay Per Click yang nantinya. Akan mewajibkan anda membayar apabila ada seseorang yang mengklik website anda tersebut pada hasil pencarian. Tak hanya itu, pembayaran ini pun nantinya akan terkumpul terlebih dahulu menjadi satu selama kurun waktu tertentu berdasarkan jumlah klik.

5. Terus Promosikan Bisnis Kepada Konsumen Lama Dengan Email Marketing

Kemudian, strategi digital marketing untuk UMKM lain yang banyak sekali memiliki peminat ini adalah strategi email marketing. Umumnya, email marketing ini hanya berupa sebuah email yang mengandung berbagai macam informasi terhadap bisnis UMKM anda tersebut. Baik itu informasi tentang promo yang berlangsung, ataupun juga produk maupun jasa terbaru.

Sayangnya, beberapa orang sendiri menganggap bahwa praktik email marketing ini lebih menjalar pada kategori spam email saja. Namun, sebuah penelitian sendiri mengungkapkan bahwa perusahaan yang menggunakan email marketing ini dapat dengan mudah mencapai keuntungan 40x loh saat menjangkau para konsumen mereka. Bukan tanpa alasan juga, efektifitas dari email marketing ini pun juga turut hadir karena konsumen lebih merasa personal dengan sebuah bisnis melalui email tersebut.

6. Sebarkan Berbagai Macam Video Menarik Dengan Platform TikTok

Terakhir namun bukan akhir, adalah platform publikasi video yang baru baru ini menjadi strategi digital marketing untuk UMKM utama, yakni Tiktok. Umumnya, Tiktok sendiri akan terasa sama dengan platform sosial media lain seperti Instagram ataupun Facebook. Akan tetapi, tiktok ini lebih mengedepankan unsur video apabila kita bandingkan dengan berbagai macam platform sosial media tersebut.

Selanjutnya, video ini pun jug dapat anda jadikan sebuah media lagi yang mengandung berbagai macam informasi penting terhadap bisnis anda. Tak hanya itu, Tiktok pun saat ini sedang mengangkat ranah kompetisi mereka dengan menghadirkan sebuah fitur dan layanan Tiktok ads yang dapat memungkinkan anda untuk mendapatkan sebuah kehadiran langsung pada platform video marketing ini.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang