SupportStartup

Konsultan Pemasaran atau Konsultan Manajemen, Mana yang Lebih Baik?

Tentunya bukanlah sebuah hal yang mengejutkan lagi apabila anda tidak menginginkan bisnis anda kalah dengan para kompetitor, terlebih pada persaingan internet ini. Maka, seorang pelaku bisnis pastinya akan menggunakan tenaga profesional. Baik itu konsultan digital marketing, konsultan manajemen, konsultan pemasaran, dan lain sebagainya. Karena itulah, trend dari konsultan pemasaran maupun konsultan manajemen ini pun mengalami berbagai pertumbuhan dari waktu ke waktu. Dengan menggunakan jasa konsultan ini. Maka, para pelaku bisnis pun akan mempunyai sebuah strategi pemasaran yang canggih dan berasal dari berbagai perhitungan yang matang. Bahkan, tidak hanya pelaku bisnis pemula saja loh yang menggunakan bantuan konsultan ini. Akan tetapi, perusahaan besar pun ikut juga dalam menggunakan jasa konsultan pemasaran ataupun konsultan manajemen ini sesuai dengan situasi mereka.

Selanjutnya, peran dari konsultan pun saat ini juga sangat terkenal luas dalam dunia pengusaha juga. Sayangnya, beberapa dari mereka ini sampai saat ini juga masih belum memahami dengan betul peran dan tanggung jawab langsung dari seorang konsultan ini. Padahal, tak peduli apapun itu jasa konsultan mereka. Baik itu konsultan digital marketing, konsultan manajemen, ataupun konsultan pemasaran sendiri. Mereka mempunyai keahlian yang sangat tinggi dalam beberapa bidang. Seperti keuangan, penjualan, SDM, pembagian tugas, pembentukan tim, dan lain sebagainya, Singkatnya, tugas dari berbagai macam konsultan ini adalah menyediakan sebuah pengelolaan bagi para pelaku bisnis dan usaha tentang masalah bisnis mereka.

Dalam dunia bisnis sendiri, seorang pelaku bisnis tentunya akan membutuhkan sebuah ketelitian dan kecermatan yang tinggi. Untuk melihat berbagai macam peluang. Tak hanya itu, dengan tingkat ketelitian yang tinggi tersebut. Selanjutnya, mereka pun juga dapat menganalisa berbagai macam keamanan yang nantinya akan mengancam bisnis tersebut. Karena itulah, dunia bisnis ini merupakan salah satu dunia yang banyak sekali mempunyai hambatan dan ujian kepada para pelakunya. Karena itulah, hal ini pun yang mendorong akan popularitas dari tenaga konsultan ini. Akan tetapi, walaupun anda akan menemukan banyak sekali konsultan yang tersedia pada wilayah Indonesia ini. Bukan berarti mereka akan cocok untuk seluruh permasalahan bisnis anda.

Jadi, ada waktunya anda menggunakan jasa konsultan pemasaran, dan ada juga waktunya juga anda menggunakan jasa konsultan manajemen. Karena itulah, anda juga harus lebih cermat lagi untuk memilih sebuah tenaga konsultan untuk membantu anda dalam persaingan bisnis. Nah, artikel ini pun akan membantu anda dalam memutuskan konsultan mana yang lebih sesuai dengan situasi dan kondisi bisnis anda saat ini. Simak baik baik ya!

infografis Konsultan Pemasaran atau Konsultan Manajemen

Sebelumnya, Mari Kita Bedah Terlebih Dahulu Apa Itu Konsultan Pemasaran

Apabila seseorang baru saja membentuk sebuah bisnis dan perusahaan baru, tentunya mereka belum memiliki sebuah tim pemasaran yang cukup. Karena itulah, sebuah perusahaan ini pun nantinya akan membutuhkan tenaga luar lagi yang dapat membantu mereka meningkatkan kinerja bisnis mereka tersebut. Nah, salah satu tenaga yang banyak perusahaan ini butuhkan adalah konsultan pemasaran atau mungkin anda sebut sebagai konsultan digital marketing ini. Singkatnya, konsultan pemasaran sendiri merupakan seorang pemberi nasihat yang bekerja sama dengan sebuah perusahaan untuk menerapkan dan membentuk sebuah strategi pemasaran.

Kemudian, seorang konsultan pemasaran atau konsultan digital marketing ini nantinya akan menggunakan berbagai macam pengalaman. Serta, pengetahuan yang mereka miliki dalam dunia pemasaran ini. Dengan begitu, konsultan ini pun akan lebih mudah lagi untuk mencapai berbagai macam tujuan mereka. Selanjutnya, seorang konsultan pemasaran sendiri nantinya akan memiliki berbagai macam tugas yang lebih terperinci lagi pada tujuan mereka. Mulai dari pembuatan strategi bisnis, menentukan taktik pemasaran, dan menentukan trend yang tepat sesuai dengan bisnis anda. Tak hanya itu, konsultan pemasaran sendiri juga seringkali melakukan penelitian lagi untuk menemukan sebuah strategi pasar yang lebih baik dari sebelumnya.

Setelahnya, mereka pun akan senantiasa membantu anda untuk memantau dan mengubah berbagai macam rancangan strategi pemasaran seiring berjalannya waktu. Dengan begitu, anda sebagai pemilik bisnis pun akan mendapatkan sebuah strategi terbaik dari seorang konsultan pemasaran atau konsultan digital marketing ini. Perlu anda ketahui juga, proses pembuatan dan perancangan sebuah strategi sendiri bukanlah hal yang mudah juga. Seorang konsultan pemasaran sendiri akan melakukan hal ini sendiri tanpa menggunakan bantuan tim mereka. Tak hanya itu, mereka pun juga seringkali tidak terikat langsung dengan kontrak resmi perusahaan dan berjalan secara independen dalam membantu suatu perusahaan ini.

Peran Langsung Konsultan Pemasaran Terhadap Bisnis Anda

Apabila anda saat ini mempunyai sebuah rencana untuk membentuk sebuah tim pemasaran sendiri untuk perusahaan anda, ataupun telah memilikinya. Maka, konsultan pemasaran atau konsultan digital marketing ini tetap saja akan memberikan sebuah kontribusi besar untuk perkembangan bisnis anda. Terlebih lagi dengan posisi dari konsultan ini yang netral dalam sebuah perusahaan yang nantinya mereka akan lebih berpikir objektif lagi tanpa memilih pihak manapun.

Tak hanya itu, seorang konsultan pemasaran atau konsultan digital marketing sendiri umumnya akan lebih ulet lagi. Karena, konsultan pemasaran ini tentunya telah menangani berbagai macam perusahaan dan bisnis yang bergerak pada bidang yang berbeda juga. Karena itulah, walaupun anda telah memiliki sebuah tim internal, seorang konsultan pemasaran ini juga dapat membantu anda dalam mengambil sebuah keputusan strategis dalam bisnis anda. Tak hanya itu, konsultan sendiri juga akan memiliki peranan lain. Seperti :

Menciptakan Sebuah Strategi Pemasaran yang Selalu Up To Date

Sebuah bisnis, apabila anda jalankan secara sembarangan tanpa menggunakan panduan dan strategi apapun. Tentunya akan seperti berjalan tanpa memiliki sebuah pandangan di dalam kegelapan. Jadi, anda hanya akan meghabiskan waktu, tenaga, bahkan biaya anda saja tanpa mendapatkan berbagai keuntungan yang sebelumnya anda harapkan. Karena itulah, dengan menggunakan konsultan pemasaran atau konsultan digital marketing ini. Maka, anda pun akan mendapatkan bantuan dalam membuat strategi yang nantinya akan membantu arah tujuan bisnis anda.

Melakukan Ekskusi Terhadap Strategi Pemasaran Tersebut

Seorang konsultan pemasaran atau konsultan digital marketing ini seringkali akan mempunyai sebuah jasa pendukung layaknya tim internal mereka sendiri untuk melaksanakan berbagai macam strategi pemasaran yang telah mereka buat. Dengan begitu, kegiatan pemasaran yang akan mereka jalankan pun akan berjalan sesuai dengan rencana dan ekspektasi mereka.

Melakukan Audit Terhadap Brand Bisnis

Pembangunan sebuah brand bisnis ini merupakan salah satu taktik yang sering digunakan oleh konsultan pemasaran atau konsultan digital marketing untuk meningkatkan profit dari sebuah perusahaan. Karena itulah, anda sebagai pelaku bisnis sendiri juga harus mengetahui lagi posisi brand bisnis anda saat ini di mata para pelanggan. Selanjutnya, apabila anda memiliki sebuah brand yang telah memiliki nama dan reputasi. Maka, tim anda pun nantinya akan lebih mudah lagi untuk mendapatkan penjualan dan menumbuhkan bisnis anda.

Memberi Nasihat dan Saran Langsung Kepada Anda Sebagai Pemilik Bisnis

Seorang pemilik perusahaan sendiri tentunya harus memahami berbagai macam aspek dari produk, jasa, hingga bisnis mereka sendiri. Akan tetapi, dengan kesibukan mereka dalam membuat keputusan dan mendirikan sebuah bisnis ini. Maka, adalah hal yang wajar apabila konsentrasi mereka ini nantinya akan terpecah pecah lagi. Pada bagian inilah, seorang konsultan pemasaran ini akan memulai peran mereka sebagai pemberi nasihat independent. Dengan begitu, pemilik bisnis pun akan lebih mudah lagi untuk mengambil keputusan terhadap perusahaan atau bisnis mereka.

Konsultan Pemasaran Tentunya Akan Menghadirkan Berbagai Macam Keuntungan Berikut!

1. Anda Mendapatkan Strategi Pemasaran Terbaru dari Konsultan Tersebut

Penggunaan teknologi internet dan berbagai macam media digital yang tersedia ini tentunya akan meningkatkan laju perkembangan jaman. Mulai dari gaya hidup masyarakat, dan kecenderungan mereka, semuanya akan terpengaruh dengan perkembangan ini. Nah, konsultan pemasaran pun pastinya akan semakin maju lagi dengan perkembangan informasi ini.

2. Meminimalisir Hingga Menghilangkan Kesalahan

Penggunaan jasa konsultan pemasaran sekilas mungkin akan terlihat jauh lebih mahal daripada ongkos bisnis anda pada umumnya. Akan tetapi, yang anda tidak sadari dalam hal ini adalah. Bahwa sebenarnya, anda justru mengalami keuntungan dengan menggunakan konsultan ini. Dengan menggunakan jasa konsultan, anda tidak harus melakukan berbagai macam percobaan strategi yang hasilnya dapat berujung pada kegagalan. Sehingga, bisnis anda pun akan terhambat perkembangannya karena kegagalan tersebut tadi.

3. Pengeluaran Terhadap Biaya Pemasaran Lebih Terkendali

Terkadang, seorang pelaku dan pemilik bisnis sendiri akan mengalami sebuah kesulitan dalam membuat sebuah rencana pengeluaran dana. Mulai dari kurangnya proses analisis kegiatan pemasaran, ataupun juga kurangnya pembelajaran terhadap pasar. Nah, dengan menggunakan bantuan konsultan ini. Anda sebagai pelaku bisnis pun akan dengan mudah mendapatkan sebuah hasil dan laporan Analisa yang sangat terperinci dengan berbagai macam pertimbangan untuk pengelolaan dana bisnis anda.

4. Lebih Mudah Dalam Menemukan Target Pasar

Menggunakan sebuah strategi pasar terbaru yang tentunya minim akan berbagai kesalahan, tentunya akan menghemat waktu dan dana bisnis anda. Nah, dalam hal ini, sudah jelas terlihat. Bahwa, seorang konsultan pemasaran sendiri pastinya akan membantu anda untuk mencapai target yang telah ditetapkan tersebut. Namun, seorang konsultan pemasaran ini tidak hanya akan mencapai target tersebut saja loh. Akan tetapi, mereka pun akan mempercepat proses pencapaian tersebut untuk bisnis anda.

5. Memberikan Sebuah Growth Dalam Bisnis Anda

Setelah seorang konsultan pemasaran sendiri mencapai target mereka. Maka, mereka pun akan senantiasa dalam membantu pertumbuhan dari bisnis tersebut juga. Dengan begitu, pekerjaan dari konsultan pemasaran ini pun dapat dikatakan sebagai sukses. Karena itulah, konsultan pemasaran sendiri tidak hanya akan mengerjakan tugas utama mereka sendiri saja. Akan tetapi, mereka memberikan beberapa upaya agar membentuk bisnis anda lebih baik lagi dari sebelumnya.

Kemudian, Mari Kita Analisa Peran Dari Konsultan Manajamen Bisnis Ini!

Seorang konsultan manajemen bisnis ini sendiri merupakan sebuah profesi yang mulai mengalami kenaikan. Karena, peminatnya yang semakin banyak dari tahun ke tahun pada kalangan pelaku bisnis ini. Kemudian, seorang konsultan manajemen bisnis ini yang terdapat dalam bidang bisnis ini. Dalam perannya, konsultan ini akan memberikan berbagai sudut pandang dan nasihat mereka terhadap pelaku bisnis. Dengan begitu, anda sebagai pelaku bisnis pun akan lebih mudah lagi untuk mengambil sebuah tindakan yang tepat untuk meningkatkan kinerja bisnis anda. Selanjutnya, seorang konsultan manajemen bisnis sendiri umumnya akan memiliki metodologi mereka sendiri.

Dengan begitu, metodologi ini pun nantinya akan membantu konsultan maupun anda sebagai pelaku bisnis sendiri. Agar, anda lebih mudah lagi dalam mengambil keputusan untuk bisnis anda tersebut Tak hanya itu juga, konsultan manajemen bisnis ini pun juga tentunya akan memiliki berbagai macam ilmu Analisa yang efektif dan juga optimal. Karena itulah, konsultan sendiri dapat berasal dari berbagai macam latar belakang yang sesuai dengan bidang yang mereka kuasai. Kemudian, layanan dari konsultan manajemen bisnis ini sendiri juga tidak hanya dibutuhkan oleh orang yang baru saja mulai membangun bisnis. Akan tetapi, mereka yang ingin mengganti bidang bisnis mereka pun juga dapat memanfaatkan jasa konsultan ini setiap saat.

Peran Penting dari Seorang Konsultan Manajemen Untuk Menjamin Perkembangan Bisnis

Singkatnya, ada berbagai macam alasan yang mengharuskan sebuah perusahaan maupun bisnis ini menggunakan jasa dari seorang konsultan manajemen bisnis ini. Seperti halnya saat ini kita lihat banyak sekali perusahaan besar ternama yang harus menerima kenyataan pahit gulung tikar karena manajemen yang salah. Nah, hal ini tentunya dapat anda hindari dengan menggunakan jasa konsultan manajemen bisnis. Karena beberapa alasan berikut ini. Seperti :

1. Menemukan Sebuah Solusi Dalam Permasalahan Manajemen Bisnis

Konsultan manajemen bisnis sendiri merupakan sebuah peran yang sangat dibutuhkan oleh sebuah bisnis ataupun perusahaan untuk manajemen. Terlebih, dalam menyelesaikan segala permasalahan manajemen ini. Konsultan ini akan menemukan solusi yang dapat dengan cepat menyelesaikan permasalahan tersebut dan juga mecegahnya untuk datang kembali.

2. Menjadi Penolong Pemilik Bisnis dan Perusahaan Dalam Mengambil Sebuah Keputusan

Tim dari sebuah perusahaan, sudah pasti akan bergantung langsung kepada keputusan dari pemimpinnya Karena itulah, penggunaan jasa konsultan ini nantinya akan membantu pimpinan ini agar mengambil sebuah keputusan yang tepat. Karena, kesalahan dalam pengambilan keputusan ini sendiri akan berujung pada sebuah kegagalan yang bahkan dapat menjadi sangat fatal. Karena itulah, fungsi dari seorang konsultan manajemen bisnis ini adalah memberikan sebuah sudut pandang yang tepat agar pemimpin perusahaan ini dapat mempertimbangkannya.

3. Meningkatkan Kemampuan dan Kualitas Kinerja Tim Perusahaan

Konsultan manajemen bisnis, selain berguna sebagai penasihat langsung kepada pimpinan, juga dapat meningkatkan kualitas kinerja tim perusahaan juga. Pada kasus ini, manajemen Sumber Daya Manusia yang tersedia dalam sebuah perusahaan adalah hal yang sangat penting juga. Dengan begitu, tenaga profesional dari konsultan manajemen bisnis ini pun juga sangat anda butuhkan untuk meningkatkan SDM ini.

4. Membantu Perusahaan Tersebut Untuk Menerapkan ISO

Sekilas, penerapan ISO mungkin terlihat dapat dilakukan dengan mudah oleh para pemilik bisnis maupun perusahaan. Akan tetapi, banyaknya prosedur dan standarisasi yang harus terpenuhi dalam ISO ini pun juga dapat menyulitkan sebuah perusahaan apabila mereka tidak menggunakan jasa konsultan ini. Karena, dengan menggunakan jasa konsultan manajemen bisnis, sebuah perusahaan atau bisnis ini nantinya akan lebih mudah lagi untuk menerapkan dan mengaplikasikan ISO ini.

Petunjuk Singkat Dalam Memilih Tenaga Profesional Konsultan Untuk Bisnis Anda

1. Background atau Latar Belakang dari Seorang Konsultan

Background atau latar belakang sendiri merupakan hal utama yang wajib anda perhatikan dengan seksama. Jadi, anda tentunya harus memilih seorang konsultan bisnis yang mempunyai reputasi yang baik. Apabila seorang konsultan ini mempunyai perusahaan mereka sendiri. Maka, anda pun harus mencari tahu track record dari perusahaan tersebut. Dengan begitu, anda pun dapat memutuskan apakah seorang konsultan ini dapat anda percayai atau tidak. Kemudian, anda pun juga dapat melakukan pemeriksaan terhadap pengalaman mereka dalam bidang bisnis ini.

2. Peran dan Tanggung Jawab yang Akan Mereka Tawarkan Kepada Anda0

Apabila anda baru saja mengetahui dan mengenal seorang konsultan ini. Maka, anda harus mempelajari dan mencari tahu lagi terhadap tugas mereka ini. Dengan begitu, anda pun akan memiliki sebuah gambaran umum terhadap proses pekerjaan mereka dalam sebuah perusahaan. Kemudian, apabila anda memahami hal ini. Maka, komunikasi dengan seorang konsultan ini pun akan menjadi lebih mudah lagi untuk anda sebagai pemilik bisnis.

Pengalaman

Untuk mengetahui berbagai tenaga konsultan profesional yang tersedia, sebuah referensi ini tentunya dapat menambah kepercayaan anda. Karena itulah, apabila anda mendapatkan sebuah referensi yang solid dari pihak lain. Maka, anda pun tentunya dapat lebih mempercayai konsultan ini lagi. Selain itu, anda pun juga dapat memeriksa portofolio dan riwayat pekerjaan dari konsultan ini. Apakah mereka hanya pandai bicara, atau mereka mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang benar benar membantu anda.

4. Referensi dari Pihak Lain Serta Portofolio Mereka Sebagai Tenaga Ahli Konsultan

Sekilas, penerapan ISO mungkin terlihat dapat dilakukan dengan mudah oleh para pemilik bisnis maupun perusahaan. Akan tetapi, banyaknya prosedur dan standarisasi yang harus terpenuhi dalam ISO ini pun juga dapat menyulitkan sebuah perusahaan apabila mereka tidak menggunakan jasa konsultan ini. Karena, dengan menggunakan jasa konsultan manajemen bisnis, sebuah perusahaan atau bisnis ini nantinya akan lebih mudah lagi untuk menerapkan dan mengaplikasikan ISO ini.

Jadi, Apakah Saya Harus Menggunakan Konsultan Pemasaran? Atau Konsultan Manajemen?

Sekilas, anda mungkin akan menemukan kesamaan dalam kedua peran ini dalam pembangunan sebuah perusahaan. Akan tetapi, ada beberapa situasi dan kondisi dari suatu bisnis yang mengharuskan anda memilih dengan benar antara kedua peranan ini.

Konsultan Pemasaran sendiri dapat anda katakan sebagai salah satu taktik awal yang dapat anda gunakan dalam mengembangkan sebuah bisnis. Terlebih lagi dalam ranah digital marketing ini. Dengan begitu, anda pun dapat mempelajari teknik dasar dari pengembangan bisnis ini pada konsultan pemasaran tersebut. Selain itu, konsultan pemasaran sendiri seringkali akan bertemu langsung dengan para pemilik bisnis ini daripada dengan konsultan manajemen yang lebih sering bertemu dengan manajer senior dari sebuah perusahaan.

Konsultan Manajemen sendiri merupakan tingkat lanjutan dari seorang konsultan pemasaran ini. Peranan dari konsultan manajemen bisnis ini dapat menyentuh hingga level perusahaan besar. Karena, konsultan manajemen ini akan memainkan peran mereka untuk mengurangi segala resiko yang tersedia dalam perusahaan tersebut apabila mereka menerapkan teknik pemasaran yang baru. Tak hanya itu, konsultan manajemen sendiri juga memiliki fungsi untuk melakukan pelatihan atau training kepada seluruh atau pun beberapa tim perusahaan tersebut agar mereka mempunyai kemampuan yang setara antara satu dengan lainnya.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang