SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 19 Agustus, 2022

Cara Mempertahankan Pangsa Pasar Dalam Persaingan Bisnis

Beberapa dari anda mungkin akan merasa familiar dengan istilah pangsa pasar ini. Namun, untuk anda yang belum pernah mengenal istilah ini. Pangsa pasar, atau yang sering orang sebut dengan nama market share ini. Merupakan salah satu teknik marketing yang dapat mencangkup seluruh bagian dari target pemasaran ini. Lalu, target pasar ini nanti akan terpisah lagi menjadi beberapa bagian kecil yang akhirnya menjuru pada satu hal utama dalam suatu perusahaan. Seperti : bisnis, pemerintah negara, dan juga konsumen. Karena itulah, banyak dari pengusaha yang mencoba mencari tahu tentang cara mempertahankan pangsa pasar ini. Sehingga mereka dapat menggabungkannya dengan strategi pemasaran bisnis mereka.

Karena, pangsa sendiri mempunyai peranan yang sangat penting sekali loh dalam perkembangan sebuah bisnis. Singkatnya, pangsa pasar ini pun seringkali berperan dalam proses Analisa dan riset target konsumen yang terdapat dalam suatu bidang pasar. Tak hanya itu, pangsa pasar ini pun juga akan membantu para pengusaha lagi untuk memenuhi permintaan dari konsumen tersebut dengan lebih spesifik lagi. Jadi, apabila kita melihat pekerjaan konsultan pemasaran ini. Maka, seorang konsultan ini pun dapat membagi lagi target konsumen mereka menjadi beberapa hal. Seperti, proses optimasi, pembuatan, ataupun pengelolaan dari sebuah website ini.

Dalam Pangsa Pasar, Ada Beberapa Segmentasi yang Harus Anda Perhatikan!

Dalam Pangsa Pasar, Ada Beberapa Segmentasi yang Harus Anda Perhatikan!

Budaya

Budaya sendiri adalah sebuah tindakan ataupun kecenderungan dari sebuah golongan masyarakat yang akhirnya berubah menjadi kebiasaan mereka. Umumnya, perbedaan akan budaya ini pun juga terpengaruh juga dari tempat asal mereka. Kemudian, segmen budaya ini umumnya tidak dapat anda gunakan dalam seluruh kalangan masyarakat secara merata juga.

Karena, budaya ini terbentuk untuk menghindarkan masyarakat dari beberapa hal tertentu juga. Karena itulah, cara mempertahankan pangsa pasar ini pun akhirnya mengharuskan anda dalam memperhitungkan juga budaya masyarakat ini sebagai strategi bisnis anda.

Demografi

Maksud dari demografi ini adalah. Target pasar anda ini nantinya akan terbagi bagi lagi menjadi beberapa kelompok yang terbentuk berdasarkan aspek tertentu. Mulai dari usia, jenis kelamin, suku, agama dan kepercayaan, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, segmen demografi ini pun juga memberikan anda sebuah peluang dalam cara mempertahankan pangsa pasar. Dengan menemukan target konsumen berdasarkan wilayah tertentu. Sekilas, teknik ini terasa sama bukan dengan strategi bisnis UMKM?

Psikografi

Perlu anda ketahui juga, Psikografi ini sendiri merupakan salah satu segmen yang sangat berpengaruh dalam cara mempertahankan pangsa pasar ini. Karena , segmen ini sendiri umumnya akan mengandung beberapa hal. Seperti aktivitas, trend terbaru, gaya hidup masyarakat, perkembangan teknologi, dan lain sebagainya. Dengan begitu, apabila kita menggunakan segmen psikografi ini.

Maka kita pun akan lebih mudah lagi dalam menentukan target konsumen. Misalnya saja, saat ini banyak sekali bisnis properti yang membutuhkan website. Sebagai teknik digital marketing untuk properti mereka. Dengan begitu, ini pun menjadi sebuah peluang tersendiri bagi konsultan SEO untuk mengembangkan bisnisnya tersebut.

Geografis

Terakhir namun bukan akhir, adalah segmentasi geografi. Segmentasi ini umumnya akan sangat berguna dalam sebuah proses pemasaran yang tinggal dalam wilayah tertentu juga. Dengan menggunakan berbagai macam produk khusus untuk mempermudah kehidupan mereka dalam wilayah tersebut.

Misalnya saja, pada wilayah Saudi Arabia sana yang sebagian besar penduduknya membutuhkan baju tipis karena panasnya wilayah gurun ini. Lalu, setelah melakukan riset lagi, ternyata penjualan berbagai macam hal seperti AC dan pendingin ruangan lain sangat berperan penting dalam wilayah Saudi Arabia ini. Nah, inilah yang nantinya tergabung dalam segmentasi geografis.

Lalu, Bagaimana Kita Dapat Mempertahankan Pangsa Pasar Ini?

Berinovasi Dengan Produk dan Jasa Baru

Pertama, mempertahankan pangsa pasar dengan melakukan inovasi pada produk dan jasa. Umumnya para pelanggan yang seringkali melakukan pembelian akan produk yang sama. Pasti akan merasa bosan apabila mereka terus menerus mendapatkan produk yang sama tanpa adanya inovasi sama sekali. Karena itulah, apabila anda menyediakan sebuah produk ini.

Anda pun juga harus memastikan lagi bahwa anda kerap melakukan peningkatan akan produk yang anda tawarkan tersebut. Selain itu, jasa seperti konsultan SEO pun juga dapat anda berikan peningkatan juga. Apabila awalnya anda hanya mengoptimasi SEO saja. Maka, anda pun juga mencoba untuk memberikan layanan pembuatan konten juga. Nah, inovasi ini juga berlaku juga loh pada strategi digital marketing untuk UMKM, tidak hanya untuk perusahaan besar saja ya!

Menawarkan Produk Anda Kepada Pelanggan yang Sama Dengan Sebelumnya

Kedua, mempertahankan pangsa pasar yakni menawarkan produk pada pelanggan lama. Apabila anda menggunakan cara mempertahankan pangsa pasar ini. Maka, anda pun juga akan lebih pasti lagi dalam menambah jumlah penjualan perusahaan anda. Meskipun anda menawarkan produk maupun jasa anda ini kepada pelanggan yang sama. Akan tetapi, anda pun juga harus memperhatikan juga bahwa menawarkan produk ini sebagai cara mempertahankan pangsa pasar pastinya tidak akan mudah. Terlebih lagi apabila pelanggan anda tidak benar benar puas akan produk ataupun jasa anda. Karenanya, strategi ini sendiri terbilang kurang cocok dalam strategi digital marketing untuk pemula.

Memperluas Wilayah Pemasaran Anda Dengan Membuka Cabang Toko

Ketiga, mempertahankan pangsa pasar dengan ekspansi cabang. Dengan menerapkan cara mempertahankan pangsa pasar ini. Anda pun akan lebih mudah lagi dengan menjangkau berbagai macam konsumen pada tempat yang berbeda beda juga. Lalu, sebelum anda membuka sebuah cabang toko ini. Anda pun juga harus memperhatikan juga berbagai rintangan yang harus anda hadapi pada wilayah tersebut. Bahkan konsultan SEO pun juga memilki beberapa kendala dengan wilayah ini. Terlebih lagi dengan jaringan internet yang tidak terlalu stabil. Tentunya mempertahankan pangsa pasar akan terasa sulit pada kasus tersebut.

Menawarkan Produk Anda Kepada Konsumen Baru dan Meminta Langsung Feedback Mereka

Keempat, mempertahankan pangsa pasar dengan meminta feedback konsumen. Walaupun cara mempertahankan pangsa pasar ini tidak terlalu mudah. Terlebih lagi apabila website ataupun anda tidak teroptimasi dengan benar layaknya seorang konsultan SEO. Namun, pelanggan baru ini termasuk cara mempertahankan pangsa pasar yang cukup ampuh dalam menarik perhatian konsumen. Lalu, apabila mereka benar benar puas akan produk atau jasa anda. Mereka pun dapat merekomendasikannya kepada kenalan mereka. Serta membantu anda dalam proses mempertahankan pangsa pasar. 

Mempertahankan Pangsa Pasar Pastinya Tidak Cukup, Anda Harus Memperluas Juga!

1. Tingkatkan Inovasi dan Kreatifitas Anda Maupun Perusahaan Anda

Pertama, memperluas dan mempertahankan pangsa pasar adalah dengan meningkatkan inovasi dan kreatifitas anda maupun perusahaan anda. Pastinya, dengan produk ataupun jasa yang lebih inovatif ini. Para pelanggan pun pasti akan lebih puas lagi dengan produk ataupun jasa anda. Terlebih lagi jika produk dan jasa tersebut dapat terlihat unik diantara para kompetitor bisnis anda.

Selain itu, inovasi ini sendiri juga dapat berasal dari berbagai macam hal juga. Seperti hal nya proses produksi ini. Dalam artian, sebuah perusahaan yang menawarkan produk ini dapat menggunakan bahan produksi lain yang tidak kalah kualitasnya walaupun harganya lebih murah. Ini pun juga dapat anda jadikan nilai jual lagi untuk para konsumen perusahaan anda.

2. Bersahabat Dengan Perkembangan Teknologi

Kedua, memperluas dan mempertahankan pangsa pasar yaitu menjalin persahabatan dengan perkembangan teknologi. Sebenarnya, poin kedua ini masih memiliki hubungan dengan poin pertama tadi. Karena, perkembangan teknologi ini sendiri juga tergolong sebagai penggunaan inovasi baru dalam dunia bisnis ini. Jadi, apabila anda telah menggunakan teknologi tahun 2022 ini. Para pesaing anda masih saja menggunakan teknologi tahun 2018 ataupun sebelumnya. Lalu, apabila konsumen mengetahui langsung akan hal ini.

Mereka pun akan lebih tertarik lagi dengan perusahaan anda tersebut. Persahabat dengan teknologi ini sering terlihat pada usaha warkop. Apabila dulunya usaha ini hanya menyasar golongan tua dan lansia saja. Maka saat ini, ada perkembangan istilah seperti coffee shop yang lebih menyasar generasi muda yang update dengan teknologi. Sehingga, hal ini pun kemudian memunculkan juga sebuah strategi digital marketing untuk coffee shop dalam membantu perkembangan usaha tersebut.

3. Membangun Hubungan Profesional dan Personal Dengan Para Konsumen

Ketiga, memperluas dan mempertahankan pangsa pasar dengan membangun sebuah hubungan yang profesional dan personal dengan para konsumen perusahaan anda. Seperti yang telah anda ketahui, konsumen ini adalah raja yang harus anda penuhi segala permintaannya. Karena, apabila anda berhasil dalam memuaskan seorang konsumen perusahaan anda ini. Maka, mereka pun akan membantu proses pemasaran anda dengan sukarela juga loh.

Konsumen tersebut tentunya akan sangat senang dalam memasarkan perusahaan anda tersebut kepada kenalan mereka. Lalu, hal ini tidak berhenti sampai sini saja loh. Apabila seorang konsumen ini berhasil mendatangkan 5 atau bahkan 10 konsumen lain. Lalu “konsumen lain” ini juga melakukan hal yang sama. Maka perusahaan anda pun pastinya akan mempunyai proses pemasaran yang sangat sukses sebagai cara mempertahankan pangsa pasar ini. Terlebih lagi dengan aspek brand awareness perusahaan anda yang semakin meningkat.

4. Mempunyai Sumber Daya Manusia yang Potensial

Keempat, memperluas dan mempertahankan pangsa pasar dengan menggunakan sumber daya manusia yang potensial dalam perusahaan anda. Karena, SDM yang potensial ini pun pastinya akan memiliki beragam ide cemerlang dengan bantuan skill yang dapat mendorong pekerjaan mereka tersebut. Karena itulah, dengan menggunakan SDM yang potensial ini. Maka, anda pun akan secara otomatis dapat meningkatkan kualitas produk dari perusahaan anda. Tak hanya itu, anda pun juga akan lebih mendorong proses promosi dan menghemat biaya promosi tersebut.

5. Menggabungkan Perusahaan Dengan Perusahaan Lain

Kelima, memperluas dan mempertahankan pangsa pasar dengan menggabungkan perusahaan anda dengan perusahaan lain atau yang sering anda kenal dengan istilah akusisis. Bahkan, cara ini cukup sering sekali loh dalam dunia bisnis ini sebagai cara mempertahankan pangsa pasar. Seperti halnya perusahaan Meta pemilik Facebook yang Mengakuisisi Whatsaap untuk meringankan beban kompetisi mereka.

6. Mengoptimalkan Harga Jual Perusahaan Anda

Terakhir namun bukan akhir, memperluas dan mempertahankan pangsa pasar adalah menjaga agar harga jual anda tetap optimal. Singkatnya, apabila harga anda lebih tinggi dari kompetitor. Maka konsumen pun akan lari dari bisnis anda. Namun apabila harga anda lebih murah. Maka perusahaan anda pun akan terancam dengan kerugian. Terlebih lagi apabila anda menggunakan harga jual yang terlalu tinggi pada strategi digital marketing untuk B2B pada perusahaan anda.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang