SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 19 Agustus, 2022

Pangsa Pasar dan Contohnya, Untuk Menambah Ilmu Berbisnis

Pangsa pasar suatu perusahaan, atau mungkin yang lebih sering anda kenal dengan nama market share ini adalah sebuah istilah. Yang menunjukkan sebuah persentasi keseluruhan dari produk ataupun jasa dari bidang bisnis tertentu dalam perusahaan tersebut. Singkatnya, pangsa pasar ini pun juga akan menunjukkan tingkat pasar yang perusahaan tersebut kuasai dalam bidang pasar yang perusahaan tersebut kuasai. Nah, untuk membantu pemahaman anda dalam market share ini. Maka, berikut ini akan kita bahas total market share dan contohnya ini.

Jadi, misalnya saja ada sebuah jasa konsultan bisnis yang dapat mendapatkan penjualan langsung hingga menyentuh angka 60 persen. Dari seluruh bidang konsultan bisnis ini. Maka, tentunya perusahaan ini pun terbilang akan mempunyai hingga 60 pangsa pasar dari bidang industri konsultan bisnis ini. Kemudian, market share dan beberapa contohnya pun umumnya akan mengalami pengukuran dan perhitungan setiap tahun, atau beberapa bulan sekali.

Nah, beberapa perusahaan besar yang melakukan perhitungan pangsa pasar dan beberapa contohnya ini pun seperti halnya konsultan pemasaran bisnis tadi. Dapat mengetahui langsung jumlah penjualan dari suatu perusahaan ini dalam suatu bidang. Akan tetapi, walaupun perusahaan ini melakukan perhitungan market share dan beberapa contohnya ini. Sayangnya mereka sendiri tidak mempunyai pandangan langsung akan total dari pangsa pasar ini. Karena, informasi dari keseluruhan penjualan bidang industri ini pun umumnya merupakan urusan langsung dari pemerintah.

Jadi, pemerintah ini pun seringkali melakukan pengumpulan data ini setiap beberapa tahun sekali dalam sekali waktu. Dengan begitu, mereka pun juga dapat mengetahui perkembangan yang sedang terjadi dalam market share ini. Misalnya saja pada bidang strategi pemasaran ini. Lalu, ada juga beberapa bidang industri yang terbilang sulit sekali untuk mengukur market share dan beberapa contohnya ini. Umumnya, hal ini pun sering terjadi karena total penjulaan yang sangat sulit untuk dilakukan sebuah perhitungan. Tidak seperti bidang industri  yang lebih mudah perhitungannya.

Beberapa Pangsa Pasar dan Contohnya yang Wajib Anda Ketahui

Beberapa Pangsa Pasar dan Contohnya yang Wajib Anda Ketahui

Apabila kita membahas beberapa pangsa pasar dan contohnya ini. Maka, kita pun akan memiliki 3 jenis pangsa pasar. Seperti :

1. Preffered Market Share

Jenis pangsa pasar ini sendiri adalah jenis yang banyak anda temukan pada berbagai perusahaan agar mereka mendapatkan market share dengan penggabungan bisnis. Contohnya saja ada sebuah jasa konsultan branding yang menguasai market share hingga menyentuh persentasi 20%. Lalu, ada juga jasa pembuatan website yang juga menguasai market share 10% dari bidang digital marketing ini. Nah, untuk mendapatkan peningkatan dalam pasar digital marketing ini. Jasa konsultan branding pun dapat bergabung dengan jasa pembuatan website dan mendapatkan pangsa besar hingga 30%.

2. Mutual Fund Share

Mutual fund share sendiri merupakan jenis yang nantinya akan membagi pangsa pasar berdasarkan kepemilikan saham dari berbagai investor dari perusahaan tersebut. Jadi, apabila anda sendiri memegang saham dengan nilai hingga 5% pada 10 perusahaan pakaian terkenal pada wilayah Indonesia. Kemudian, semua perusahaan tersebut ternyata dapat menguasai pangsa pasar hingga pada 80% dari total keseluruhan. Jadi, anda pun otomatis akan memiliki mutual fund hingga menyentuh angka 4% dari bidang pakaian tersebut.

3. Common Market Share

Common market share ini sendiri memiliki nama tersebut. Karena, seluruh perusahaan yang terdapat dalam bidang bisnis ini bersaing untuk pangsa pasar ini. Jadi, perusahaan anda ini pun nantinya harus membangun sebuah strategi penjualan yang dapat membuat perusahaan tersebut agar dapat mengungguli persaingan bidang tersebut.

Bagaimana Pangsa Pasar Ini Akan Berperan Dalam Sebuah Bisnis?

Pangsa pasar sendiri umumnya akan memiliki peran dan manfaat langsung untuk sebuah perusahaan dalam menjalankan persaingan pasar. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang akan dipengaruhi langsung oleh pangsa pasar. Seperti:

1. Memahami Tingkat Kinerja dari Strategi Pemasaran Suatu Bisnis

Pangsa pasar ini akan memiliki peran dalam menjadi tolak ukur dalam suatu perusahaan untuk mengetahui tingkat kinerja dari strategi pemasaran tersebut. Jadi, anda pun juga dapat mengetahui apakah strategi yang anda jalankan ini pun sudah sesuai dengan keinginan atau tidak. Singkatnya, dengan menggunakan market share ini. Semakin anda mempunyai perusahaan dengan market share yang besar. Maka, anda pun tentunya telah mempunyai strategi pemasaran yang sudah optimal untuk perusahaan tersebut.

2. Memahami Langsung Posisi Perusahaan Anda

Apabila anda dapat memahami dan mengetahui manfaat penting dari pangsa pasar ini. Maka, anda pun akan lebih mudah lagi untuk mengetahui secara langsung posisi dari perusahaan ini dengan para kompetitor pada bidang tersebut. Apabila perusahaan anda memiliki posisi yang sangat tinggi tersebut dalam suatu persaingan. Maka, anda pun nantinya akan membuat masyarakat lebih percaya lagi kepada produk, jasa, dan brand dari perusahaan anda ini.

3. Menambah Profit Dari Perusahaan Anda

Sebuah perusahaan yang berhasil dalam mengungguli persaingan pasar ini. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya. Maka, konsumen pun akan tentunya lebih percaya lagi dengan brand perusahaan anda tersebut. Jadi, secara otomatis pun, anda nantinya akan mendapatkan peningkatan lagi terhadap profit dari perusahaan anda ini. Hal inilah yang menjadikan pangsa pasar ini sangat penting.

Lalu, Bagaimana Cara Kita Untuk Meningkatkan Pangsa Pasar Dari Suatu Perusahaan Ini?

1. Selalu Kembangkan dan Tingkatkan Produk dan Jasa dari Perusahaan Anda

Seperti yang telah anda ketahui, era internet saat ini seringkali membuat perkembangan dan pertumbuhan menjadi sangat cepat. Jadi, agar perusahaan anda dapat bertahan dengan cepatnya perubahan ini pun. Maka, anda pun juga harus selalu mengembangkan dan meningkatkan lagi baik produk maupun jasa yang terdapat dalam perusahaan anda tersebut.

Dengan begitu, anda pun selain dengan memenuhi permintaan dari konsumen. Juga dapat meningkatkan kepuasan mereka dengan adanya beragam perkembangan dan peningkatan ini. Lalu, anda juga dapat memperhatikan apakah perkembangan ini mendapatkan respon yang positif, ataupun negatif dari konsumen anda.

2. Membantu Dalam Meningkatkan Motivasi Tim Perusahaan

Motivasi sendiri merupakan salah satu hal yang sangat sulit untuk tetap dijaga dari waktu ke waktu. Akan tetapi, motivasi ini malah menjadi kunci utama dalam berbisnis, maupun juga sebagai salah satu cara menjadi digital marketing dalam dunia bisnis ini juga. Sehingga, anda pun dapat memberikan produk dan jasa yang selalu berkualitas tinggi untuk para konsumen perusahaan anda. Jadi, tim perusahaan yang telah memiliki motivasi tinggi ini pun tentunya akan lebih senang dalam menjalankan tugas mereka dalam perusahaan ini.

Karena, mereka dapat melihat hasil langsung dari kerja keras mereka melalui pangsa saham ini. Kemudian, untuk meningkatkan motivasi dari seorang karyawan ini. Anda pun sebagai pemilik bisnis dapat menerapkan berbagai macam hal. Seperti halnya, jam dan kegiatan kerja yang lebih fleksibel, meningkatkan interaksi dengan tim perusahaan, dan mendukung tim dengan hal yang mereka sukai.

3. Promosikan Bisnis Anda Pada Target Konsumen yang Lebih Sederhana Lagi

Apabila sebuah perusahaan ini menerapkan teknik pemasaran secara menyeluruh seperti halnya dengan strategi bisnis UMKM. Maka, seringkali mereka akan melaksanakan pemasaran tersebut dengan menggunakan masyarakat umum sebagai target konsumen mereka. Padahal, dengan melakukan hal tersebut, mereka hanya dapat menarik perhatian dari beberapa orang saja yang benar benar membutuhkan produk atau jasa mereka.

Karena itulah, sebagai cara menjadi marketing handal dalam memasarkan produk ataupun jasa sendiri, pastikan juga bahwa target konsumen anda benar benar membutuhkan produk dan jasa anda tersebut. Dengan begitu, anda pun tidak perlu lagi menghabiskan dana untuk konsumen yang tidak benar benar membutuhkan produk dan jasa anda.

Bagaimana Keuntungan dan Kerugian dari Adanya Pangsa Pasar Ini?

Keuntungan dari Adanya Pangsa Pasar

Keuntungan yang pertama dan bahkan yang paling utama dari market share ini adalah dapat anda jadikan sebagai media pembanding dari berbagai perusahaan. Yang terdapat dalam bidang bisnis yang sama. Selain itu, market share pun juga dapat anda jadikan sebagai panduan untuk mengetahui langsung sebesar apakah tingkat persaingan strategi bisnis dari suatu bidang bisnis.

Kemudian, market share sendiri juga dapat berfungsi sebagai acuan anda dalam menilai sebuah perkembangan dari suatu perusahaan. Apabila sebuah perusahaan ini mengalami peningkatan dalam market share bidang bisnis tersebut. Maka, dapat dikatakan juga bahwa perusahaan ini pun telah mempunyai sebuah strategi pemasaran yang telah optimal dalam proses pemasaran ini. Bahkan, pangsa pasar ini juga dapat anda jadikan juga loh sebagai media dalam proses branding.

Kekurangan dari Adanya Pangsa Pasar

Seperti halnya dunia bisnis ini sendiri, apabila ada sebuah keuntungan dalam pangsa pasar. Maka, anda pun juga akan selalu menemukan kekurangan juga. Termasuk juga dalam market share ini. Misalnya saja, pangsa pasar ini tidak dapat anda jadikan acuan langsung untuk penentuan keberhasilan dari bisnis anda tersebut. Jadi, walaupun market share suatu perusahaan ini telah besar. Namun, belum tentu anda mendapatkan profit yang besar juga untuk perusahaan tersebut. Sekalipun pangsa pesar ini dapat menjadi peningkat dalam brand awareness sendiri.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang