SupportStartup

Anda Sudah Tau Konsultan Bisnis? Apa Bedanya Dengan Praktisi Bisnis?

Mungkin beberapa dari anda yang telah lama berjuang dan bersaing dalam dunia bisnis ini sudah mengetahui tentang konsultan bisnis ini dan berbagai macam peran mereka. Bahkan, tidak menutup sebuah kemungkinan juga. Bahwa, anda pun mungkin sudah pernah menggunakan jasa maupun bekerja sama dengan seorang konsultan bisnis ini untuk membantu perkembangan bisnis anda. Akan tetapi, apabila ini pertama kali anda mendengar dan mengetahui istilah dari konsultan bisnis ini. Maka, yuk segera berkenalan dengan peran ini. Karena, manfaat mereka tidak kalah penting loh dengan konsultan digital marketing.

Nah, umumnya, baik itu konsultan bisnis ataupun juga konsultan digital marketing sendiri. Mereka bertugas dalam menangani sebuah project bisnis yang tidak memiliki hubungan langsung dengan mereka ini. Nah, pada bagian ini, seorang konsultan bisnis sendiri umumnya akan memiliki sebuah pilihan dalam menawarkan jasa mereka. Apakah mereka ingin menawarkan jasa mereka sebagai orang luar yang senantiasa memberi saran dan nasihat terhadap bisnis tersebut. Atau, mereka bergabung langsung dengan bisnis yang akan menjadi project untuk mereka ini dan menjadi seorang karyawan dalam bisnis tersebut.

Kemudian, dalam dunia bisnis ini, anda tentunya juga mengetahui berbagai macam istilah lain yang mungkin akan terdengar sama dengan konsultan bisnis ini. Mulai dari trainer, coach, mentor, dan juga praktisi bisnis. Singkatnya, mereka memang mempunyai sebuah tugas utama yang sama antara satu dengan lainnya. Yaitu, mereka akan senantiasa membantu anda dalam mengembangkan bisnis dan menguasai pasar. Akan tetapi, untuk tugas dan langkah mereka sendiri, anda pun akan melihat sebuah perbedaan yang akan jelas terlihat berbeda. Karena itulah, artikel ini akan membantu anda memahami sekilas tentang peran dari konsultan bisnis dan tenaga profesional lain seperti praktisi bisnis. Simak baik baik ya!

Beberapa Tenaga Profesional yang Dapat Anda Gunakan Dalam Pengembangan Bisnis

Beberapa Tenaga Profesional yang Dapat Anda Gunakan Dalam Pengembangan Bisnis

Mentor

Mentor mungkin sekilas akan terlihat sama dengan istilah pelatih. Akan tetapi, julukan mentor ini nyatanya lebih cocok untuk seseorang yang sudah mempunyai pengalaman dalam bisnis mereka. Sehingga, dengan menggunakan jasa mentor ini, anda dapat mendapatkan sebuah petunjuk, panduan, nasihat, serta tips dalam bisnis anda tersebut. Dengan begitu, anda pun tentunya akan terhindar dari berbagai macam masalah yang sebelumnya sudah pernah dihadapi oleh seorang mentor ini. Singkatnya, dalam kegiatan mentoring bisnis ini. Kedua belah pihak akan membutuhkan sebuah pengalaman dan relasi yang terjadi sehingga dapat tercipta suatu pemahaman yang mudah.

Kemudian, dengan menggunakan sebuah jasa mentoring ini untuk perkembangan bisnis anda. Maka, anda pun nantinya akan mendapatkan berbagai macam tips dalam membangun bisnis anda ini nantinya. Karena, pada dasarnya sendiri program mentoring ini tercipta karena adanya suatu hubungan antara seorang mentor dengan seorang murid atau mentee ini sebelumnya. Jadi, mentor dan mentee ini tidaklah berfokus terhadap suatu tujuan yang nantinya akan kedua pihak ini capai bersama sama.

Contohnya saja, apabila anda ini sedang membangun dan mengembangkan sebuah bisnis anda. Kemudian, ada seorang senior bisnis yang telah berhasil dan sukses mengembangkan bisnis mereka pada bidang yang sama dengan anda. Karena itulah, anda pun datang untuk menemui seorang senior tersebut untuk meminta berbagai macam tips dan nasihat dalam mengembangkan bisnis. Nah, hal inilah yang seringkali dikenal dengan istlah mentoring dalam dunia bisnis. Karenanya, dalam melakukan program mentoring ini, anda pun juga harus menjaga kuat kuat hubungan antara seorang mentor dan mentee ini.

Coach atau Pelatih

Coach, atau mungkin anda menyebutnya sebagai seorang pelatih, adalah sebuah peran yang akan membantu anda untuk mencapai sebuah tujuan dalam bisnis. Dengan menggunakan jasa coach ataupun pelatih ini. Maka, mereka pun akan menjadi sebuah partner untuk bisnis anda dan memastikan. Bahwa, anda menjalankan berbagai macam langkah yang dibuat oleh coach tersebut. Umumnya, dalam menggunakan jasa pelatihan ini, seorang coach sendiri akan melakukan berbagai macam pembedahan dalam bisnis anda. Tak hanya itu, pelatih ini pun tidak akan memberikan dan membagikan saran dan tips langsung kepada anda.

Namun, anda pun harus mencari sebuah solusi sendiri dalam menghadapi masalah bisnis anda. Seorang coach ini hanya akan membantu anda dalam membuka pemikiran anda hingga menemukan sebuah solusi. SIngkatnya, tugas seorang coach atau pelatih ini nantinya akan memastikan bahwa anda melakukan semua langkah yang sudah dibuat oleh coach ini hingga mencapai berbagai macam goals seorang coach ini. Coach ini nantinya hanya akan mendampingin anda saja dan membantu anda untuk membuka pemikiran tanpa memberikan nasihat dan juga tips. Seperti itulah singkatnya proses pelatihan dari seorang pelatih ini terhadap bisnis anda.

Konsultan Bisnis

Singkatnya, seorang konsultan sendiri merupakan orang yang akan membantu anda untuk menciptakan sebuah solusi yang muncul karena masalah tertentu. Baik itu konsultan bisnis, ataupun konsultan digital marketing, mereka akan senantiasa dalam membantu proses problem solving ini. Kemudian, dalam membantu anda memecahkan permasalahan bisnis ini. Maka, mereka pun akan langsung terjun dalam masalah tersebut dan langsung mengeluarkan seluruh tenaga mereka. Nah, kegiatan inilah yang nantinya akan anda kenal sebagai consulting.

Seorang konsultan sendiri umumnya akan membantu anda untuk memecahkan langsung sebuah masalah tanpa anda turun tangan dalam masalah tersebut. Sehingga, anda pun akan menerima langsung sebuah hasil tanpa harus repot repot dalam menghadapi masalah tersebut secara langsung. Kemudian, program consulting sendiri adalah salah satu solusi dari konsultan ini. Baik itu konsultan bisnis, ataupun konsultan digital marketing. Apabila anda ingin menangani sebuah permasalahan tanpa harus mempelajari langsung masalah ini. Misalnya saja, apabila anda ingin membuat sebuah website menempati peringkat pertama hasil pencarian. Maka, konsultan digital marketing pun akan langusng membantu anda mencapai hal tersebut. Tanpa anda repot repot untuk mempelajari cara mendapatkan peringkat nomor 1 tersebut mulai dari awal.

Praktisi Bisnis

Seorang praktisi bisnis sendiri merupakan salah satu peran yang banyak disalah artikan dengan peran lain seperti pelatih atau coach oleh orang yang baru memulai bisnis. Padahal, seorang praktisi ini sendiri merupakan seorang yang mempunyai pengalaman yang sangat kuat dalam beberapa bidang tertentu. Singkatnya, seorang praktisi ini nantinya akan memberikan anda berbagai macam saran dan nasihat berdasarkan pengalaman mereka dalam bidang tersebut. Umumnya, praktisi ini sendiri seringkali bergerak pada bidang industry ataupun juga bisnis.

Akan tetapi, yang perlu anda ketahui juga adalah, karena praktisi ini tidak memiliki sebuah sertifikat khusus. Mereka tidak dapat anda katakan sebagai seorang coach ataupun pelatih. Selain itu, praktisi ini pun juga tidak dapat anda katakana juga sebagai seorang mentor jika sebelumnya anda tidak mempunyai hubungan langsung dengan seorang praktisi bisnis ini. Sehingga, apabila kita menanyakan sesuatu ataupun meminta sebuah nasihat ini. Maka, anda pun telah melakukan hubungan profesional secara langsung dengan praktisi bisnis ini.

Trainer

Untuk anda yang baru saja terjun dalam dunia bisnis sendiri. Istilah dari trainer dan coach sendiri tentunya akan menjadi sebuah hal yang cukup membingungkan untuk anda. Bahkan, beberapa para pelaku bisnis yang cukup lama pun juga sering menyamakan kedua istilah ini juga loh. Padahal, kedua peran ini mempunyai peran dan juga manfaat yang berbeda untuk pendirian sebuah bisnis ini. Singkatnya, seorang trainer sendiri bukanlah peran yang sama dengan seorang coach walaupun sekilas tugas dan peran mereka mungkin terlihat sama. Namun, apabila seorang coach ini memiliki tujuan untuk memenuhi cita cita dari murid nya.

Maka, trainer ini merupakan sebuah peran yang akan membantu untuk meningkatkan skill langsung untuk murid mereka. Karena itulah, trainer sendiri akan senantiasa mendampingi anda secara langsung selama masa training dan pelatihan berlangsung. Tak hanya itu juga, mereka pun juga akan memberikan anda berbagai macam pelatihan yang harus anda selesaikan. Kemudian, trainer ini pun nantinya juga akan mengulang terus menerus pelatihan tersebut sehingga anda akan nantinya terbiasa dan mengalami peningkatan skill. Kemudian, sama halnya dengan coach sendiri, trainer ini nantinya akan mempunyai sebuah sertifikat khusus sebagai bukti atas kemampuan mereka.

Untuk Membantu Membangun Bisnis, Konsultan Bisnis Mempunyai Peran Berikut Ini!

Memberikan Sebuah Jasa Consulting Untuk Bisnis Anda

Seorang konsultan, baik itu konsultan bisnis ataupun konsultan digital marketing. Mereka harus mampu memberikan sebuah layanan konsultasi langsung kepada anda. Tak hanya itu juga, seorang konsultan ini pun juga harus mengetahui secara menyeluruh data informasi yang terdapat dalam bisnis anda ini nantinya. Hal ini pun akan berguna untuk menghindari adanya miss communication saat anda melakukan program konsultasi dengan seorang konsultan ini.

Membantu Dalam Menemukan Sebuah Masalah Dalam Bisnis Anda

Selain dengan memberikan berbagai macam tips dan nasihat kepada anda langsung. Seorang konsultan bisnis maupun konsultan digital marketing ini pun juga harus mengetahui dan membongkar secara langsung. Masalah apa saja yang terdapat dalam bisnis anda ini. Dengan begitu, seorang konsultan bisnis ini pun nantinya akan dapat membantu dalam melakukan evaluasi terhadap strategi bisnis anda.

Memberikan Sebuah Solusi dan Jawaban Terhadap Masalah Tersebut

Setelah seorang konsultan bisnis ini selesai dalam menemukan sebuah masalah dalam bisnis anda. Maka, konsultan bisnis ini pun nantinya akan melakukan sebuah Analisa terhadap masalah tersebut dan memberikan sebuah solusi tersebut. Akan tetapi, solusi tersebut ini tentunya tidak hanya sekedar solusi saja. Melainkan, solusi ini akan menghapus total masalah tersebut dan mencegahnya untuk muncul kembali di kemudian hari.

Menciptakan Sebuah Strategi Bisnis Berdasarkan Peluang yang Tersedia

Seorang konsultan bisnis ataupun konsultan digital marketing ini juga mempunyai sebuah kewajiban dalam membuat dan mengembangkan strategi bisnis ini. Dengan begitu, mereka pun tentunya harus melakukan berbagai macam Analisa dan evaluasi juga berdasarkan peluang yang terjadi dalam dunia bisnis ini. Dengan begitu, mereka pun dapat memenuhi target yang anda inginkan dalam pengembangan sebuah bisnis ini.

Berkomunikasi Dengan Baik Terhadap Para Pelaku Bisnis

Peran sebagai konsultan bisnis ataupun konsultan digital marketing ini tentunya menuntut mereka untuk mempunyai skill yang baik dalam melakukan komunikasi. Tak hanya itu juga, mereka pun juga harus selalu aktif setiap waktu apabila anda membutuhkan komunikasi dengan para konsultan ini. Dengan begitu, seorang konsultan ini pun nantinya akan membantu anda dalam memberikan berbagai macam informasi yang up to date. Informasi ini tentunya akan sangat penting dalam perkembangan dan kemajuan bisnis anda.

Tanggung Jawab Penting dari Seorang Konsultan Bisnis Terhadap Bisnis Anda

  • Melaksanakan berbagai macam project yang tersedia dalam sebuah perusahaan ini sesuai dengan apa yang perusahaan tersebut butuhkan.
  • Melakukan pertemuan langsung dengan pemiliki bisnis dan mencoba untuk memberikan beberapa evaluasi awal terhadap situasi bisnis mereka.
  • Mengumpulkan berbagai macam data dan informasi yang tersedia terhadap bisnis tersebut. Mulai dari dengan website, wawancara, pertanyaan, dan lain sebagainya.
  • Menerapkan proses Analisa terhadap data tersebut untuk menemukan berbagai macam sumber masalah. Tak hanya itu, konsultan bisnis pun akan mencari tahu penyebab dari permasalahan tersebut.
  • Memberikan sebuah solusi dalam menghadapi permasalahan yang sedang menyerang bisnis tersebut. Akan tetapi, konsultan bisnis maupun konsultan digital marketing ini juga akan mempertimbangkan kemampuan dan tujuan pemilik bisnis ini.
  • Menunjukkan sebuah hasil maupun saran yang sesuai untuk menjadi informasi pemilik bisnis tersebut.
  • Membentuk sebuah strategi bisnis yang detail dan dapat pemilik bisnis gunakan untuk meningkatkan kinerja dari bisnis tersebut.
  • Mengawasi berjalannya strategi bisnis tersebut dan melakukan sebuah evaluasi terhadap strategi yang telah mereka gunakan sebelumnya.

Seorang Praktisi Bisnis Akan Memberikan Hal Berikut Untuk Anda!

1. Penjelasan Dalam Melakukan Sebuah Riset Dengan Internet

  • Melaksanakan riset keyword yang relevan dengan produk ataupun jasa bisnis anda.
  • Menemukan sebuah keyword serta tempat penjualan yang tidak mempunyai banyak kompetitor bisnis.
  • Mencari sebuah ide dalam melaksanakan teknik berjualan dengan internet.
  • Merumuskan sebuah peta konsep sebelum melakukan eksekusi berjualan secara online.

2. Pemanfaatan Sosial Media Facebook

  • Membuat sebuah akun dengan tampilan yang profesional namun sederhana.
  • Mencari dan mendapatkan banyak pertemanan pada Facebook tersebut.
  • Menciptakan sebuah halaman pada Facebook yang dapat menempati peringkat pertama pencarian.
  • Membedah teknik dan strategi untuk halaman tersebut agar menguasai sosial media Facebook.
  • Menggunakan berbagai macam tools yang dapat menunjang kinerja dari pemasaran Facebook ini.
  • Meningkatkan kualitas dari halaman Facebook yang telah anda buat sebelumnya.

3. Menjelaskan Tentang Penggunaan Facebook Ads

  • Pengetahuan dasar terhadap layanan Facebook Ads Ini.
  • Petunjuk copywriting dan storytelling untuk post ads.
  • Pembuatan sebuah akun iklan yang aman dan sesuai aturan dari Facebook.
  • Menerapkan teknik riset audiens untuk iklan tersebut.
  • Pemahaman terhadap struktur iklan Facebook.
  • Membuat sebuah iklan yang dapat menghasilkan lead untuk bisnis.

4. Mengoptimalkan Penggunaan Youtube Sebagai Metode Pemasaran

  • Teknik menguasai seluruh platform Youtube.
  • Menciptakan sebuah video sederhana yang menjadi favorit dari Youtube.
  • Melakukan upload otomatis sesuai jadwal yang sesuai dengan target audiens bisnis anda.
  • Mengoptimalkan penggunaan judul, deskripsi, dan tagar untuk video Youtube.
  • Menjuarai persaingan Google dengan menggunakan Youtube.

5. Menerapkan Pemasaran Dengan Sosial Media Instragram

  • Mengungguli kompetitor dengan mesin pencarian Instagram.
  • Mendapatkan banyak follower dengan waktu yang singkat,
  • Meningkatkan like pada post Instagram anda.
  • Mempelajari algoritma dan struktur persaingan Instagram

Skill dan Pengetahuan yang Dimiliki Oleh Seorang Konsultan Maupun Praktisi Bisnis

  • Aktif dalam berkomunikasi dengan pemiliki bisnis untuk memberikan informasi yang berkaitan dan membantu perkembangan bisnis anda.
  • Memahami cara kerja dan struktur dari software manajemen seperti database, ERP, serta CRM.
  • Pengetahuan terhadap perkembangan bisnis yang luas dan memungkinkan konsultan bisnis dan praktisi bisnis ini membuat sebuah strategi. Tak hanya itu, strategi ini pun nantinya juga harus dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.
  • Melakukan penelitian secara menyeluruh terhadap para pemilik bisnis agar tidak ada data yang salah dan tidak sesuai.
  • Pemahaman terhadap strategi pasar dan penjualan untuk mereka gunakan sebagai langkah lanjutan dalam meningkatkan profit perusahaan.
  • Pengetahuan terhadap segala bidang bisnis, teknik dan strategi pemasaran, teknolog, SDM, dan lain sebagainya.
  • Tingginya tingkat management waktu untuk proses kerja yang efektif dan maksimal.

Berikut Inilah Manfaat yang Anda Dapatkan Dalam Bekerja Sama Dengan Konsultan Bisnis

Konsultan bisnis sendiri tentunya akan memiliki peranan yang sangat luas terhadap perkembangan dan pembentukan sebuah bisnis ini. Karena itulah, penggunaan konsultan bisnis ini pun akan lebih terasa manfaatnya apabila anda sedang dalam proses membangun dan menjalankan strategi bisnis ini. Jadi, walaupun anda harus mengeluarkan beberapa dan dulu untuk tenaga konsultan ini. Akan tetapi, anda pun akan mendapatkan manfaat yang setimpal juga dari tenaga profesional mereka.

1. Konsultan Bisnis Dapat Mengoptimalkan Berjalannya Sebuah Bisnis

Seperti yang telah anda ketahui sebelumnya. Dunia bisnis yang memiliki persaingan yang sangat ketat saat ini tentunya mewajibkan para pelakunya untuk terus melakukan perkembangan juga. Apabila tidak, maka kompetitor bisnis pun nantinya akan dapat mengungguli bisnis anda ini nantinya. Karena itulah, peran dari konsultan bisnis ini pun nantinya akan membantu optimasi bisnis anda pada berbagai macam aspek.

2. Konsultan Bisnis Mempunyai Berbagai Macam Ide Segar yang Dapat Anda Terapkan Untuk Bisnis

Sebagai perannya dalam bidang bisnis, tentunya seorang konsultan bisnis ini akan mempunyai berbagai macam pengalaman usaha yang sangat banyak. Tak hanya tiu, mereka pun tentunya telah mengetahui berbagai macam seluk beluk yang dapat mereka manfaatkan potensinya. Nah, pengalaman inilah yang nantinya akan menjadi sebuah bekal untuk bertumbuhnya berbagai macam ide segar dari seorang konsultan bisnis ini.

3. Memberikan Anda Saran dan Nasihat Apabila Bisnis Anda Keluar Jalur

Saat menjalankan sebuah bisnis, para pelaku bisnis pemula mungkin seringkali melupakan posisi bisnis mereka saat ini. Tak jarang juga apabila mereka mencoba untuk mengembangkan sebuah bisnis. Mereka malah keluar dari jalur utama mereka untuk melakukan pengembangan dan pertumbuhan bisnis ini. Nah, adalah peran dari seorang konsultan bisnis untuk selalu mengingatkan para pelaku bisnis ini untuk tidak salah dalam jalur perkembangan mereka.

4. Menghindarkan Anda Langsung Terhadap Kerugian Bisnis

Dengan menggunakan jasa konsultan bisnis ini. Maka, anda pun akan mendapatkan sebuah bantuan langsung untuk membentuk sebuah strategi dan rencana pemasaran yang matang dan sesuai dengan bisnis anda. Nah, dengan menggunakan berbagai macam perhitungan yang telah konsultan ini lakukan. Mulai dari keuntungan hingga juga ancaman kerugian. Maka, konsultan ini pun akan dapat membuat sebuah rencana yang dapat menekan kerugian finansial dari sebuah bisnis.

5. Membantu Sebuah Bisnis Untuk Meningkatkan Lagi Profit Perusahaan Mereka

Tentunya, apabila seorang konsultan bisnis dapat menekan atau bahkan mencegah adanya kerugian dalam bisnis ini. Maka, mereka pun juga secara otomatis mempunyai peluang untuk meningkatkan keuntungan dari bisnis anda. Memang, sebuah untung maupun rugi sendiri berada pada tangan anda sebagai pemilik bisnis. Akan tetapi, apabila anda mengikuti strategi dan saran dari konsultan ini. Maka, anda pun mempunyai peluang yang lebih besar lagi untuk mendapatkan profit.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang