SupportStartup

Cara Menjadi Digital Marketing yang Baik Agar Jadi Sukses dan Berhasil

Pada zaman yang cepat ini semuanya serba online dan memakai digitalisasi. Jadi, penting untuk kita mempelajari cara menjadi digital marketing. Oleh karena itu, saat ini adalah waktunya para pebisnis untuk menjadi lebih maju dalam mempromosikan produk yang dia miliki. Anda juga bisa berkonsultasi pada para konsultan SEO jika anda ingin menjadi digital marketing yang sukses.

Yang dulu hanya memakai cara yang tradisional sekarang saatnya beralih ke cara yang modern. Maka Anda harus mempelajari cara menjadi digital marketing untuk bekal menjalankan bisnis digital marketing yang sukses. Juga untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Cara pemasaran model seperti ini memang masih baru dan membingungkan. Bagi beberapa segilintir orang seperti konsultan digital marketing dan pebisnis saja yang mengetahuinya. Namun sekarang ini hampir semua hal telah beralih menggunakan perangkat digital dan online. 

Jadi mau tidak mau siapa saja yang tengah berada dalam dunia perusahaan bahkan organisasi. Mereka harus ikut juga dalam mengikuti arah perubahan zaman yaitu digitalisasi dan online. Digital marketing ini telah menjadi salah satu profesi yang juga diperhitungkan pada masa ini. Bahkan, sebagai seorang pebisnis atau pengusaha, cara menjadi digital marketing ini sangat penting bagi kita. Terlebih lagi saat ini juga dapat anda temukan banyak sekali jasa pelatihan yang dapat anda jadikan panduan cara menjadi digital marketing. Misalnya saja, dengan bantuan seorang pembicara digital marketing yang dapat anda temukan dengan mudah dengan menggunakan internet. ataupun dengan menggunakan bantuan konsultan SEO agar anda dapat menguasai segala hal dari SEO ini. Bagaimana cara menguasai teknik satu ini?

Kira – kira Apa Saja Cara Menjadi Digital Marketing Yang Baik

Kira – kira Apa Saja Cara Menjadi Digital Marketing Yang Baik?

1. (SEO)Search Engine Optimization

Pertama, (SEO) Search Engine Optimization. Seorang penulis konten dan juga konsultan digital marketing tentunya sudah mengerti apa itu SEO. Search Engine Optimization adalah salah satu dari pada teknik pengoptimisasi website pada sebuah halaman pencarian Google. 

Agar berada dan muncul pada halaman pertama. Maka, dengan konten yang ada pada halaman pertama mesin pencarian akan mendapat keuntungan yakni, potensi para pengunjung pada situs Anda meningkat. Kemudian, akan semakin besar kemungkinan produk Anda dapat terlihat dan banyak yang customer yang bisa menikmatinya.

Teknik Search Engine Optimization(SEO) ini ada dua dan yang populer saat ini baik dari kalangan pebisnis, expert, ataupun juga seorang pembicara digital marketing. teknik SEO On Page dan juga teknik SEO Off Page. Anda harus tahu bahwa penggunaan teknik SEO ini tidak dapat bisa dengan instan karena teknik ini membutuhkan waktu yang cukup lama dalam membangunnya dari awal. Namun, andai kata SEO nya telah jadi, Anda cukup fokus kepada teknik digital marketing yang lainnya. Lalu, bila Anda belum bisa menjalankan dengan baik Anda bisa menemui konsultan SEO agar bisa menjadi lebih baik. 

2. (SMM) Social Media Marketing

Kedua, (SMM) Social Media Marketing. Social media marketing ini adalah salah satu kegiatan yang membantu mempromosikan sebuah produk, baik produk atau jasa yang ada di perusahaan Anda dengan menggunakan akun sosial media.

Membaca pengertiannya ini sangatlah simpel bahkan bisa dengan begitu mudah dipahami oleh banyak orang. Namun dalam menjalankan strateginya itu kenyataannya cukup sulit, Anda tidak bisa cuma sekedar mempunyai media sosial saja dalam bisnis tersebut. Tetapi, Anda juga harus mempunyai strategi dalam pembuatan konten agar banyak orang yang lebih menerima. Anda juga bisa berkonsultasi kepada konsultan SEO agar bisa lebih paham.

Untuk melancarkan strategi SMM digital marketing Anda, Anda juga harus menjalankan sebuah riset terlebih dahulu yang berkaitan tentang pasar, persaingan produk, dan juga target market. Kalau Anda sudah bisa mengetahuinya Anda hanya tinggal menerapkannya pada akun sosial media yang anda gunakan. Misal, Youtube, Facebook, Tiktok, Twitter, Instagram, dan lainnya. Nah, dalam proses dan kegiatan riset ini, anda pun juga dapat mencari berbagai macam informasi dari sumber manapun termasuk seorang pembicara digital marketing.

3. Content Marketing

Ketiga, content marketing. Content marketing ini juga merupakan salah cara menjadi digital marketing. Yaitu sebuah bentuk digital marketing yang difokuskan untuk pembuatan, penerbitan, dan mendistribusikan sebuah konten untuk para konsumen dengan bisnis yang Anda miliki. 

Content marketing ini juga bertujuan untuk membangun sebuah relasi yang kuat dengan para konsumen dalam jangka waktu yang lama.
Ada macam bentuk content marketing contohnya adalah : infografik, website, podcast, video dan buku.

Dalam menjalankan sebuah bisnis, strategi ini sangat dibutuhkan untuk memancing calon konsumen supaya mereka mau membeli atau menggunakan produk yang Anda tawarkan. Ada 3 tahap dalam masa pembelian yaitu :

Pertama, Kesadaran. Para calon ini mungkin sadar akan adanya produk anda yang dijual. Tetapi, pertanyaannya apakah mereka membutuhkan?.
Oleh karena itu, buat content marketing untuk membangun kesadaran bahwa produk Anda yang mereka butuhkan.

Kedua, Pertimbangan. Setelah mereka sadar akan produk anda, biasanya mereka akan mecari tahu dan membandingkan dengan produk lainnya, misalnya dari harga dan kualitas produk tersebut

Ketiga, Pembelian. Pada tahap terakhir ini setelah mereka sadar dan mempertimbangkan produk. Akhirnya mereka akan memutuskan untuk membeli sebuah produk yang sesuai keinginan dan kebutuhan mereka.

Tujuan content marketing ini adalah untuk mempercepat proses calon konsumen dalam membeli ataupun menggunakan sebuah produk, dan juga menumbuhkan rasa membutuhkan pada produk tersebut. Karena itulah, mulai dari kalangan pebisnis pemula, pengusaha sukses, konsultan marketing, hingga pada seorang pembicara digital marketing sangat mementingkan strategi content marketing ini.

4. Email Marketing

Keempat, email marketing. Email marketing adalah suatu bentuk pemasaran langsung dan pemasaran digital, yang menggunakan email untuk mempromosikan sebuah produk atau layanan. Oleh karena itu, pemanfaatan email dalam pembelajaran digital marketing perlu dilakukan. Jadi, bagi Anda yang belum mempunyai email harus segera membuatnya. Selanjutnya, apabila anda belum mahir dalam teknik strategi email marketing ini. Anda pun dapat mencoba untuk mencari petunjuk melalui internet, ataupun meminta bantuan langsung dari seorang yang ahli seperti pembicara digital marketing.

Hal ini juga termasuk cara menjadi digital marketing. Sebab, email telah masuk dalam interest dari produk maupun jasa yang dijual. Pemasaran yang melalui email ini merupakan sebuah taktik yang bagus. 

Karena, untuk membangun sebuah hubungan langsung dengan customer saat ini dan juga para calon pelanggan. Dengan membuat sebuah buletin dan email yang ditulis dengan menarik, Maka para pembaca akan mengenal, menyukai, dan bahkan mempercayai Anda maupun bisnis Anda. Karena konsumen itu membeli dari perusahaan yang mereka percayai.

Cara membuat Email Marketing :
1. Tetapkan tujuan membuat email marketing ini.
2. Buat daftar email yang telah ditargetkan.
3. Buatlah konten email yang dapat meyakinkan mereka.
4. Pilihlah tempat layanan pemasaran email yang cocok.

Setiap email yang dikirimkan kepada para konsumen bisa membuat kesadaran akan perusahaan, produk, dan layanan bisnis juga akan bisa lebih dipercayai. Cara ini juga bisa membantu menjaga nama perusahaan agar bisa diingat. Karena itulah, email marketing ini adalah salah satu strategi yang disukai oleh konsultan digital marketing. Selanjutnya. ketika tiba saat mereka untuk melakukan pembelian, mereka akan ingat nama perusahaan Anda.

5. (PCC)Pay Per Click

Kelima, (PCC)Pay Per Click. (PPC)Pay Per Click adalah sebuah istilah iklan berbayar yang di mana para pemasang iklan membayar biaya advertising kepada para penyedia jasa iklan untuk setiap klik pada iklan. 

Maksudnya, setiap kali iklan Anda mendapatkan satu klik, klik ini akan mengarahkan pengunjung ke situs web atau landing page yang Anda miliki. Maka dari itu, Anda harus membayar biaya iklan tersebut kepada penyedia jasa iklan. Tetapi Ketika iklan PPC Anda telah dirancang dengan baik dan juga berjalan dengan lancar, biaya yang dikeluarkan untuk membayar iklan jadi berkurang. 

Kunjungan yang datang pun jadi lebih berharga bagi bisnis Anda daripada apa yang telah Anda bayarkan kepada penyedia jasa iklan. Misalnya, Anda membayar sebesar Rp10.000, untuk satu klik, lalu klik itu bisa menghasilkan penjualan sebesar Rp1.000.000, maka biaya menggunakan (PPC)Pay Per Click pun tidak perlu dipikirkan lagi.Ada empat macam iklan (PPC)Pay Per Click yaitu Google ads, Social Media Ads, Remarketing dan Display Ads. Akan tetapi, apabila anda adalah seorang pelaku bisnis pemula, ada baiknya anda meminta bantuan terhadap orang yang ahli seperti konsultan digital marketing.

Setelah Anda mengetahui bagaimana pentingnya hal-hal di atas, sekarang saatnya belajar cara menjadi digital marketing dengan mengetahui langkah-langkahnya. Cara menjadi digital marketing yang baik adalah agar anda bisa menjalankan digital marketing dengan efektif dan efisien.

Langkah-langkah Menjadi Digital Marketing yang Baik

Belajar digital marketing ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Mulai dari seeseorang yang baru memulai usaha, pengusaha expert, konsultan, hingga pada seorang pembicara digital marketing. Kemudian, anda pun juga bisa menjalankan teknik digital marketing ini dengan beberapa langkah berikut :

1. Memilih Produk yang Paling Bagus dan Berikan solusi
Pertama, Memilih produk yang paling bagus dan berikan solusi. Setelah Anda mengetahui bagaimana target sebuah pasar dan juga produk yang dibutuhkan.selanjutnya, adalah mencarikan sebuah produk dan jasa apa yang pas untuk masalah tersebut. sehingga, dapat memberikan solusi bukan cuma janji dan promosi. 

Contohnya, pengusaha warung makan yang mengalami kegagalan, sebab dia berpikir makanan nya sudah enak. akibatnya banyak orang yang bilang bahwa meskipun rasanya enak tetapi tempatnya sangat tidak nyaman dan penjual tidak memberikan solusi untuk masalah tersebut dan akhirnya dia gagal. Dalam kasus ini, seseorang yang bergerak pada bidang digital marketing, seperti halnya seorang pembicara digital marketing harus bisa memberikan sebuah solusi yang tepat agar bisa lebih memuaskan customer.

2. Memiliki target produk dan market
Kedua, memiliki target produk dan market. Hal dasar yang diutamakan adalah memilih dulu siapa market dan customer Anda. Barulah kemudian mempelajari apakah produk Anda ini tepat dan menjadi solusi untuk para customer Anda. Kemudian, pilih konsumen yang akan Anda target untuk membeli barang atau menggunakan produk Anda. 

Contohnya, Anda lebih memilih pasar dengan pelaku usaha dan juga bisnis yang berusia 20 sampai 40 tahun dan produknya itu merupakan digital marketing.

Contoh yang lain, orang yang memiliki mobil dan mobilnya itu bermasalah dengan bau yang menyengat dari dalam mobil itu, maka Anda harus mencari solusi dengan menyiapkan produk yang bisa menghilangkan bau menyengat yang ada pada mobil dengan ampuh. Jadi, Anda perlu mencari sebuah masalah terlebih dahulu sebelum menentukan market dan produk tersebut.  Teknik inilah yang membedakan baik itu seorang konsultan ataupun pembicara digital marketing pemula dengan yang sudah ahli dalam bidang tersebut.

Kemudian, Anda bisa melakukan promosi seperti contoh: “Anda memiliki mobil yang beraroma menyengat dan tidak sedap?, sehingga Anda tidak tahan lalu Anda menjadi mual dan pusing?. Tenang Anda telah terselamatkan dengan menggunakan produk ini Anda bisa merasakan aroma mobil Anda yang dari bau tidak enak menjadi wangi dan fresh segeralah membeli agar Anda disayang keluarga”.

3. Membentuk Akun Media Social untuk Digital Marketing
Ketiga, membentuk akun media social untuk digital marketing. Ada baiknya Anda juga membentuk akun media sosial dengan membuat akun pada social media platform. Contoh, Facebook, Twitter, dll. 

Pilih mana saja yang Anda inginkan disarankan membuat minimal 2 akun media social saja dan paling bagus kalau Anda menggunakan semuanya. Kemudian, Anda harus serius memaksimalkan 2 akun media sosial tersebut dengan membuat konten-konten yang baik dan sesuai dengan apa isi produk Anda pada platform media sosial tersebut. 

Kemudian, bagi Anda yang baru saja mengerti cara menjadi digital marketing ini agak sulit, Anda juga bisa merekrut staf ataupun juga seorang yang lebih ahli seperti halnya konsultan ataupun pembicara digital marketing untuk membuat kontern tersebut dengan pelan-pelan yang terpenting konten yang ada bisa diisi secara rutin dan secara maksimal.

4. Gunakan SEO, SEM, dan juga Social Media Ads dengan Maksimal
Keempat, gunakan SEO,SEM, dan juga Social Media Ads dengan maksimal. Anda harus paham tentang beberapa strategi dalam digital marketing ini supaya bisa menjalankan pemasaran dengan efektif.
(SEO)Search Engine Optimization ini sudah pasti harus Anda lakukan untuk website Anda karena selain murah dan manfaatnya pun dalam jangka waktu yang panjang. Disamping itu, jika Anda belum bisa menggunakan (SEO) dengan maksimal maka Anda bisa mencari jasa (SEO) dalam bentuk seorang expert, konsultan marketing, ataupun juga pembicara digital marketing.

(SEM)Search Engine Marketing itu umumnya memakai Google Ads. Ini adalah cara yang paling cepat untuk mendapatkan pengunjung dan calon customer produk ataupun jasa Anda. Social Media Ads ini adalah teknik strategi pemasaran yang memungkinkan Anda melakukan penayangan sebuah iklan pada platform media social. 

Kemudian, Anda juga memerlukan belajar bagaimana membuat sebuah content creative yang bisa memenuhi standar iklan yang ada di media social seperti facebook dan juga twitter. Kemudian, jangan sampai iklan anda menjadi sia-sia karena tidak bisa menyiapkan konten yang berkualitas. Karenanya, apabila anda ingin belajar memulai namun terhalang waktu untuk pengembangan bisnis. Anda pun dapat mencoba untuk berkonsultasi dengan konsultan digital marketing, ataupun mengikuti sebuah podcast maupun seminar pembicara digital marketing.

Jangan Takut untuk Menggunakan Teknik Digital Marketing.

Digital marketing ini adalah jenis pemasaran baru yang mungkin masih asing pada banyak telinga awam. Tetapi, Anda telah melihat cara pemasaran baru ini pada belakangan tahun ini.  Dimulai dari memanfaatkan banyaknya platform media sosial hingga platform jual beli online baik itu dengan mempelajarinya sendiri, ataupun juga menggunakan bantuan ahli seperti pembicara digital marketing. Kemudian, platform platform tersebut sendiri adalah : Tokopedia, Lazada, Shopee dan lain- lain. Anda pun juga dapat menggunakan platform ini namun, saat bisnis Anda berkembang pesat, mempunyai platform bisnis sendiri lebih baik dan lebih menguntungkan.

Meski model pemasaran seperti ini mungkin masih baru. Tetapi, model pemasaran ini adalah jenis pemasaran yang progresif dan akan terus menerus berkembang dengan banyak sekali kemungkinan. Hal itu pun dapat Anda perhatikan sendiri dengan mulai banyaknya bermunculan seorang konsultan dan juga pembicara digital marketing yang dapat membantu perjuangan dari seorang pebisnis. Maka dari itu, mempelajari dan memahami cara menjadi digital marketing ini akan mempermudah Anda. Lalu Anda juga bisa berkonsultasi dengan konsultan SEO bila anda masih ragu, Semoga saja cara menjadi digital marketing ini dapat membantu Anda untuk mengembangkan bisnis-bisnis Anda dengan jauh lebih baik. Marilah kita belajar digital marketing meskipun dengan cara yang sederhana.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang