SupportStartup

Cara Menghitung Pangsa Pasar, Segera Ketahui Bidang Bisnis Anda!

Pangsa pasar, atau yang sering para pelaku bisnis sebut dengan nama market share ini merupakan sebuah hal penting dalam sebuah perusahaan dan bisnis. Singkatnya, pangsa pasar ini pun dapat memberikan informasi kepada para pengusaha tentang kompetisi yang sedang terjadi dalam sebuah bidang usaha ini. Karena itu, seorang pengusaha sukses pun akan seringkali membutuhkan sebuah cara menghitung pangsa pasar ini untuk mereka gunakan dalam perhitungan bisnis.

Singkatnya, cara menghitung pangsa pasar ini adalah dengan melakukan perbandingan antara ukuran dari suatu perusahaan dengan bidang dari perusahaan ini. Misalnya saja konsultan SEO yang melakukan perhitungan langsung pada bidang pasar digital marketing di seluruh Indonesia. Perlu anda ketahui juga, dalam cara menghitung pangsa pasar ini pun. Anda dapat menggunakan berbagai macam cara lain yang dapat anda gunakan. Seperti dengan menggunakan nilai penjualan, volume, jumlah konsumen, profit, dan jumlah produksi. Lalu, andai kata anda menggunakan nilai penjualan ini dalam melakukan cara menghitung pangsa pasar ini. Maka, dengan menggunakan pangsa pasar ini anda dapat mengetahui langsung persentase dari nilai penjualan anda pada pasar.

Mengapa Pangsa Pasar Ini Harus Diperhatikan Oleh Pengusaha Besar?

Seberapa Efektif Tingkat Pemasaran Anda. Dengan mengetahui langsung trend dan perubahan langsung dari pangsa pasar ini setiap waktu. Maka, anda pun telah mempunyai sebuah cara yang optimal dalam mengukur teknik pemasaran.

Baik dari perusahaan anda sendiri, ataupun dengan membandingkannya dengan perusahaan kompetitor. Lalu, apabila anda mengalami peningkatan dalam pangsa pasar ini. Maka, perusahaan anda pun dapat tergolong dalam perusahaan yang berhasil dalam strategi pasar.

Posisi Perusahaan Anda Pada Pasar. Pangsa pasar ini seringkali akan memberikan sebuah gambaran akan posisi dari perusahaan anda dalam bidang pasar tertentu. Dengan begitu, anda pun dapat dengan mudah melakukan pengukuran langsung terhadap proses pelaksanaan strategi pemasaran dibandingkan dengan kompetitor. Lalu, apabila anda menemukan sebuah perusahaan yang memiliki pangsa pasar yang sangat tinggi. Perusahaan tersebut adalah pemimpin dari pasar tersebut.

Singkatnya, pemimpin pasar ini bertugas untuk mempertahankan bagian pangsa pasar mereka dengan berbagai macam cara. Mulai dari pengembangan produk baru, peningkatan layanan, proses pemasaran terbaru, dan lain sebagainya. Bukan tanpa alasan juga, hal tersebut pun mereka terapkan agar mereka tidak kalah dengan para kompetitor yang akan mengancam posisi pemimpin pasar tersebut.

Mengukur Tingkat Profit Perusahaan. Apabila perusahaan ini berhasil dalam menguasai sebuah pasar. Maka, mereka pun mempunyai peluang besar dalam menjual lebih banyak produk maupun jasa daripada sebelumnya. Dengan begitu, mereka pun akan lebih mudah lagi dalam mencapai tingkat ekonomi yang lebih baik lagi dengan ongkos pengeluaran yang lebih optimal.

Sehingga, mereka pun akan dapat dengan mudah mengungguli kompetitor dengan ongkos produk yang lebih rendah. Bahkan, walaupun perusahaan ini mempunyai harga jual yang sama, profit penjualan mereka pun akan jauh lebih tinggi dari para kompetitor tersebut.

Pemahaman Akan Struktur Pasar. Apabila anda menggunakan pangsa pasar ini dalam menghitung dan memperkirakan persaingan yang terjadi dalam suatu bidang pasar tersebut. Dengan memanfaatkan perbandingan konsentasi. Maka, anda pun akan lebih mudah lagi dalam memahami bidang pasar mana yang dapat anda terapkan untuk perusahaan anda. Apakah itu oligopoly, monopolistic, ataupun juga monopoli.

Lalu, Bagaimana Cara Menghitung Pangsa Pasar yang Tepat Ini?

Perlu anda ketahui juga, cara menghitung pangsa pasar akan pangsa pasar ini sendiri, merupakan sebuah proses perhitungan yang subjektif loh. Artinya, hasil perhitungan ini pun akan bergantung akan bagaimana anda menggunakan berbagai parameter dalam perhitungan tersebut untuk pangsa pasar anda. Mungkin saja, apabila anda seorang konsultan SEO. Anda lebih menghitung pangsa pasar ini ke dalam hal yang lebih luas seperti jasa pemasaran.

Ataupun lebih spesifik lagi dengan mengincar jasa digital marketing website. Akan tetapi, tak peduli bagaimana pun anda menggunakan cara menghitung pangsa pasar ini. Anda pun akan menggunakan sebuah rumus yang sama dalam perhitungannya. Dengan hanya dengan membandingkan langsung volume penjualan perusahaan penjualan dengan total keseluruhan penjulan pasar. Atau, seperti yang terdapat pada bawah ini:

Pangsa pasar = (Volume Penjualan Perusahaan / Total Keseluruhan Penjualan Pasar) x 100%

Namun, perlu anda ingat juga bahwa anda pun juga dapat menggunakan berbagai macam aspek lain dengan menggunakan rumus cara menghitung pangsa pasar tadi. Apakah itu jumlah produksi, sumber daya perusahaan, aset, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, perhitungan akan pangsa pasar ini pun juga memiliki sebuah tingkatan lagi dalam perhitungannya. Misalnya saja dengan konsultan SEO yang tersebar pada seluruh belahan dunia. Akan berbeda dengan kuliner yang hanya tersedia pada negara tertentu saja.

Contohnya saja, Indonesia ini mempunyai pasar buah buahan yang dapat menyentuh hingga 250 juta rupiah setiap bulannya. Lalu, sebuah perusahaan penghasil buah ini dapat menghasilkan profit penjualan mereka hingga menyentuh angka 30 juta rupiah. Jadi, pangsa pasar dari perusahaan ini pun adalah 30% dari total keseluruhan. Nah, apabila anda bandingkan ini dengan bidang yang berbeda misalkan saja konsultan SEO ataupun pasar buah internasional. Maka hasilnya pun akan berbeda juga.

Kemudian, apabila anda anda menggunakan parameter perhitungan yang berbeda dalam cara menghitung pangsa pasar ini. Maka, anda pun juga akan mendapatkan hasil persentasi yang pastinya akan berbeda juga. Misalnya saja, ada dua perusahaan laptop yang sama sama menghasilkan nilai jual yang seimbang satu dengan lainnya. Jadi, otomatis pangsa pasar mereka pun juga akan sama juga dalam kasus ini. Akan tetapi, apabila kita mulai dalam menggunakan tingkat penjualan dalam cara menghitung pangsa pasar ini. Kita pun nantinya akan mendapatkan persentasi yang berbeda juga pada pangsa pasar ini. Hal ini pun juga nantinya akan sama juga walaupun anda menggunakan bidang yang berbeda seperti konsultan SEO.

Beberapa Contoh Pasar Dalam Persaingan Bisnis Ini!

Pangsa Pasar Absolute

Pangsa pasar absolute sendiri merupakan jenis yang akan menunjukkan kepada anda langsung tentang beragam aspek kinerja dari sebuah perusahaan ini dengan para kompetitor. Kemudian, dalam hal ini sendiri. Apabila kita ambil total penjualan sebagai contoh cara menghitung pangsa pasar ii. Maka, proses perhitungannya pun akan terlihat sebagai. Anda mengambil proses penjualan suatu bidang usaha dalam kurun waktu tertentu. Lalu, anda pun nantinya akan membagi total penjualan ini lagi nantinya dengan keseluruhan penjualan pasar.

Pangsa Pasar Relative

Kemudian, maksud dari pangsa pasar relatif ini sendiri adalah. Anda akan memakai persentasi dari pangsa pasar komptetior sebagai para pemeter pengukuran bisnis anda. Dengan begitu, anda pun nantinya dapat mengetahui langsung kinerja perusahaan terlebih pada hal kompetitor ini. Dengan begitu, anda pun dapat menentukan sebuah keputusan sendiri yang nantinya. Dapat anda gunakan dalam menambah penjualan perusahaan ini untuk mengungguli pangsa pasar bisnis anda.

Saya Berniat Meningkatkan Pangsa Pasar Ini. Namun, Bagaimana Caranya?

Umumnya, sebuah perusahaan sendiri akan meningkatkan pangsa pasar mereka dengan menambah lagi penjualan mereka daripada kompetitor. Nah, untuk mencapai hal tersebut sendiri. Mereka pun akan membutuhkan sebuah dukungan seperti adanya konsumen baru terhadap perusahaan tersebut. Atau, mungkin ada beberapa konsumen yang belum melakukan pembelian sama sekali terhadap perusahaan tersebut. Akan tetapi, selain dengan menggunakan cara tersebut. Ada juga beberapa cara lain yang dapat anda terapkan. Seperti:

Membangun Perekonomian Perusahaan. Apabila sebuah perusahaan ini berjalan pada skala perkeonomian yang lebih tinggi. Pastinya perusahaan tersebut pun akan lebih mudah dalam mencapai pangsa pasar yang jauh lebih tinggi. Namun, mereka pun pastinya harus menurunkan lagi biaya pengeluaran dari produksi mereka agar harga jual ini pun akan tetap stabil juga.

Meningkatkan Reputasi. Peningkatan reputasi ini tidak hanya akan membuat para konsumen anda yang lama menjadi lebih setia lagi. Namun, anda pun juga dapat manghindarkan mereka untuk tidak lari kepada kompetitor anda. Brand brand besar seperti Samsung, Gucci, dan Supreme pun saat ini lebih mengandalkan reputasi mereka dalam memasarkan beragam produk baru mereka. Dengan begitu, para pelanggan mereka pun akan tetap setia walaupun produk baru mereka ini. Mempunyai harga yang jauh dari harga normal dari produk yang tersedia dalam pasar.

Membangun Daya Tawar Menawar. Daya tawar menawar ini pun juga dapat berperan dalam membangun keuntugan untuk sebuah perusahaan dalam menjalin kerja sama dengan pihak lain. Baik dari supplier, ataupun juga distributor produk. Misalnya saja, dengan melakukan sebuah proses negosiasi. Perusahaan pun akan dapat menghemat pengeluaran mereka karena menurunnya ongkos pengeluaran yang harus mereka bayarkan ini. Tak hanya itu, teknik ini pun juga dapat membangun sebuah kehadiran yang akan bermanfaat dalam proses penjualan retail.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang