SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Harga serta Syarat Untuk Mulai Franchise Indomart dan Alfamart

Persebaran minimarket Indomaret maupun Alfamart sudah banyak sekali pada wilayah Indonesia. Tak hanya itu, pasti akan ada satu atau dua konsumen yang mengunjungi toko tersebut saat anda melintas bukan? Mungkin anda juga akan berpikir. Kira kira, harga franchise Indomaret dan Alfamart berapa ya hingga bisa selaris dan se ramai itu. Apalagi kedua minimarket ini produknya lengkap mulai dari A sampai Z pasti ada semua. Apakah harga franchise Indomaret dan Alfamart ini menyentuh milyaran?

Bukanlah hal yang aneh jika franchise seperti ini dapat dimiiki oleh seseorang yang benar benar memiliki modal. Untuk bekerja sama dengan pihak pusat pengelola franchise kedua minimarketing ini. Akan tetapi, yang masih menjadi pertanyaan dari hampir seluruh masyarakat Indonesia adalah. Berapa harga franchise Indomaret dan Alfamart yang harus dikeluarkan untuk memulai kerja sama? Selain itu, apakah ada beberapa syarat tambahan sebelum kita bekerja sama dengan pihak franchisor selain dengan harga franchise Indomaret dan Alfamart tersebut?

Profil Indomaret dan Alfamart, 2 Franchise Minimarket Paling Populer di Indonesia

Profil Indomaret dan Alfamart, 2 Franchise Minimarket Paling Populer di Indonesia

Indomaret

Sebelum kita membahas harga franchise Indomaret dan Alfamart, mari kita kenali brand Indomaret dahulu. Indomaret merupakan sebuah brand minimarket yang berdiri sejak tahun 1997 lalu dengan menawarkan produk sederhana untuk masyarakat sekitar. Namun, saat ini Indomaret menjadi salah satu jaringan dan brand minimarket terbesar Indonesia. Bahkan, jumlah toko Indomaret hingga saat ini sudah mencapai lebih dari 12 ribu toko dan tidak ada tanda tanda Indomaret akan berhenti sampai situ saja.

Walaupun jaringan bisnis yang Indomaret ini miliki terbilang sangat luas. Pihak pengelola sendiri masih membuka kesempatan untuk masyarakat Indonesia dalam menginvestasikan uang mereka dengan sistem kerja franchise. Nah, apabila anda tertarik syarat pertama yang harus anda penuhi adalah adanya lahan dengan luas 120 hingga 200 meter persegi yang terletak pada posisi yang strategis. Lalu dengan mempersiapkan modal sekitar 400 juta rupiah.

Alfamart

Selanjutnya, mari mengenal brand Alfamart juga sebelum mengenal harga franchise Indomaret dan Alfamart. Selain Indomaret, banyak masyarakat Indonesia yang saat ini sudah megenal dengan luas brand minimarket Alfamart sebagai pesaing mereka. Kedua brand ini terus saja berkompetisi pada wilayah tertentu dan bahkan. Anda dapat menemukan Alfamart dan Indomaret yang berhimpitan secara langsung. Keunikan inilah yang menjadi masyarakat Indonesia tidak dapat melupakan kedua brand minimarket ini. Karena jika ada Indomaret pada suatu wilayah, pasti akan ada Alfamart juga pada wilayah tersebut. Begitu juga kebalikannya.

Alfamart sendiri berdiri sejak tahun 1999 dua tahun sejak Indomaret pertama berdiri. Jumlah cabang Alfamart juga saat ini terbilang sangat banyak yakni lebih dari 11 ribu cabang pada seluruh wilayah Indonesia. Sama halnya dengan Indomaret, Alfamart juga menerapkan Teknik franchise untuk meningkatkan pertumbuhananya. Kemudian, apabila anda tertarik untuk bekerja sama dengan brand Alfamart. Persiapkanlah sebuah lahan dengan luas 30 hingga 100 meter, serta biaya pendaftaran antara 300 sampai 500 juta rupiah. Selanjutnya, berapa kira kira harga franchise Indomaret dan Alfamart ini?

Biaya dan Syarat Terperinci Franchise Indomaret

Pertama, dalam pembahas harga franchise Indomaret dan Alfamart ini. Kita akan membahas harga dari Indomaret terlebih dahulu. Melalui website resmi Indomaret, mereka mengatakan bahwa biaya yang harus anda keluarkan untuk bekerja sama adalah 394 juta rupiah. Namun, anda juga harus menyediakan beberapa biaya tertentu selain dengan harga franchise Indomaret dan Alfamart tadi. Seperti:

  • Perlengkapan elektronik dan non elektronik sebesar 178 juta rupiah;
  • Renovasi bangunan dan penambahan daya listrik sebesar 170 juta rupiah;
  • Persiapan opening toko dan promosi sebesar 10 juta rupiah;
  • Serta biaya franchise Indomaret selama kurun waktu hingga 5 tahun sebesar 36 juta rupiah.

Kemudian, Selain dengan harga franchise Indomaret dan Alfamart, ada beberapa syarat juga yang harus anda penuhi sebelum bekerja sama dengan pihak franchisor Indomaret. Seperti:

  • Memahami sistem franchise Indomaret dan berjiwa wirausahawan;
  • Mempersiapkan dana investasi yang telah disebutkan sebelumnya;
  • Memiliki surat izin usaha minimarket lengkap dan sesuai dengan peraturan saat ini;
  • Lokasi atau lahan toko dengan luas 120 hingga 200 meter persegi;
  • Memiliki kebangsaan sebagai warga negara Indonesia(WNI).

Biaya dan Syarat Terperinci Franchise Alfamart

Setelah kita membahas peraturan dan pembiayaan dari franchise Indomaret dalam pembahasan harga franchise Indomaret dan Alfamart ini, maka saatnya kita membahas franchise Alfamart. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, Alfamart sendiri menawarkan beberapa biaya pendaftaran yang dapat anda sesuaikan. Dengan kondisi perekonomian anda antara 300 hingga 500 juta rupiah. Nah, apa saja yang akan anda dapatkan dengan kisaran harga franchise Indomaret dan Alfamart tersebut?

  • 45 etalase lengkap dengan produk sejumlah 4500 pada area seluas 100 meter persegi apabila anda mengeluarkan modal investasi 500 juta rupiah;
  • 36 etalase lengkap dengan produk sejumlah 3800 pada area seluas 80 meter persegi apabila anda mengeluarkan modal investasi 450 juta rupiah;
  • 36 etalase lengkap dengan produk sejumlah 3800 pada area seluas 60 meter persegi apabila anda mengeluarkan modal investasi 350 juta rupiah;
  • 9 etalase lengkap dengan produk sejumlah 1200 pada area seluas 30 meter persegi apabila anda mengeluarkan modal investasi 300 juta rupiah;

Nantinya, anda akan mendapatkan berbagai macam fasilitas berikut ini tidak peduli harga franchise Indomaret dan Alfamart yang anda tanamkan kepada pihak Alfamart.

  • Persiapan opening toko termasuk dengan promosi;
  • Legalitas dan pengurusan izin;
  • Sign & polesign Alfamart;
  • Mesin kasir lengkap dengan software dan sistem informasil toko retail;
  • Beberapa peralatan untuk minimarket lengkap dengan AC;
  • Instalasi listrik dan penambahan daya;
  • Lisensi franchise sebesar 45 juta rupiah untuk jangka waktu 5 tahun.
Perlu anda ketahui juga, Alfamart ternyata juga menyediakan sistem takeover jika anda tertarik untuk memiliki toko tersebut sendiri dengan nominal 800 juta rupiah. Untuk melakukan proses takeover Alfamart ini. Anda harus menerapkan dan menyelesaikan 4 langkah berikut ini:
  • Mengusulkan sebuah lokasi gerai melalui online dengan memberikan denah lokasi dan berbagai macam foto dengan sudut pandang berbeda;
  • Mengajukan proposal usaha kepada pihak franchisor Alfamart hingga mereka menyetujui proposal tersebut;
  • Menjalin perjanjian franchise dengan berbagai macam hak dan kewajiban yang harus anda patuhi;
  • Setelah anda menyelesaikan semua Langkah tadi, maka anda sudah memiliki izin untuk mengelola minimarket. Serta melakukan proses grand opening pada minimarket Alfamart tersebut.

Keuntungan dan Kerugian Pada Usaha Franchise Minimarket

Pertama, walaupun harga franchise Indomaret dan Alfamart ini cukup tinggi. Keuntungan yang akan anda dapatkan pada usaha franchise minimarket adalah:

  • Anda terhindar dari resiko karena perencanaan yang kurang matang pada minimarket anda. Apakah itu lokasi yang kurang tepat, dukungan manajemen terhadap toko, serta kecepatan distribusi dan kelengkapan barang dagangan;
  • Berpeluang besar untuk mengelola lebih dari 1 unit minimarket namun dengan kesibukan yang sama dan tetap bisa anda manage dengan baik;
  • Dukungan sistem operasional minimarket yang cukup matang sehingga anda tidak harus bekerja full time pada operasional toko;
  • Survey lokasi dari pihak Alfamart maupun Indomaret dapat meningkatkan pengetahuan untuk memilih lokasi yang strategis atau tidak;

Lalu, kekurangan yang ada pada sistem franchise ini juga cukup banyak selain dengan harga franchise Indomaret dan Alfamart yang cukup tinggi. Meliputi:

  • Anggaran harga franchise Indomaret dan Alfamart yang cukup besar untuk pelaku bisnis pemula;
  • Produk yang anda jual harus mematuhi pihak franchisor;
  • Harus selalu disiplin dan patuh terhadap operasional minimarket;
  • Selain dengan harga franchise Indomaret dan Alfamart yang cukup mahal, anda juga harus menyediakan ongkos franchise dan bagi untung.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang