SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 19 Agustus, 2022

Strategi Pemasaran Restoran, Sederhana Namun Memuaskan

Anda mungkin telah menyadari juga bahwa akhir akhir ini bentuk dan alur dari strategi pemasaran serta penjualan restoran saat ini. Mengalami perkembangan dan perubahaan langsung dari teknologi digital ini. Dengan menggunakan teknologi digital ini sebagai strategi pemasaran restoran. Pemilik dan pelaku dari usaha restoran pun tidak menggunakan teknik lama yaitu mulut ke mulut yang kerap kali dilakukan pada era dulu. Mungkin, teknik promosi mulut ke mulut ini masih berjalan hingga saat ini juga. Akan tetapi, perkembangan teknologi juga mempengaruhi proses promosi tersebut juga loh.

Kemudian, beberapa dari pemilik restoran ini memang sudah menerapkan proses pemasaran digital marketing ini pada strategi pemasaran restoran mereka. Akan tetapi, tanpa adanya pengalaman yang mendalam pada bidang ini layaknya jasa konsultan pemasaran digital marketing. Beberapa dari pemilik restoran ini pun belum menemukan strategi pemasaran restoran yang sesuai dengan situasi dan kondisi restoran mereka. Terlebih lagi dengan era teknologi yang saat ini cepat sekali mengalami kemajuan dan perkembanga juga.

Kemudian, apabila kita mengingat lagi bahwa bisnis restora ini juga memiliki persaingan yang sangat kuat dengan persentase kegegalan yang terbilang cukup besar juga. Penggunaan jasa profesional seperti konsultan branding pun dapat anda jadikan pertimbangan yang cukup serius juga dalam usaha restoran ini. Terlebih lagi penggunaan strategi pemasaran restoran ini tidak hanya akan menawarkan sebuah jawaban saja akan permasalahan anda. Akan tetapi, anda harus mempunyai sebuah solusi tuntas yang dapat menghilangkan langsung permasalahan tersebut.

Tak hanya itu, keberhasilan dari suatu restoran ini pun juga tidak akan berdasarkan pada rasa makanan yang restoran tersebut berikan saja. Akan tetapi, strategi pemasaran restoran yang tepat pun juga akan memiliki peran yang sangat besar dalam menunjang kesuksesan langsung dari sebuah restoran ini. Karena itulah, hal ini pun kerapkali menjadikan pemilik restoran ini meminta bantuan langsung dari konsultan digital marketing ini. Selanjutnya, ada juga beberapa strategi marketing digital internet yang dapat anda terapkan dengan segera. Simak baik baik ya!

infografis strategi pemasaran restoran

Ingin Menghabiskan Seluruh Makanan Anda Dalam Satu Hari? Gunakan Taktik Berikut Ini!

1. Memanfaatkan Adanya Platform Sosial Media

Pertama, strategi pemasaran restoran dengan memanfaatkan sosial media. Tidak dapat kita pungkiri lagi bahwa era teknologi saat ini membuat para pemilik restoran lebih mudah lagi dalam memasarkan bisnis mereka. Dengan mereka membagikan berbagai macam gambar makanan yang cukup menggoda selera ini. Pengguna sosial media pun akan rela dalam mengeluarkan ongkos tambahan loh. Karena itulah, apabila anda memiliki sebuah cita cita untuk tetap menjaga kuantitas dari orderan anda. Maka, penggunaan sosial media ini pun adalah langkah yang bijak sebagai strategi pemasaran restoran anda.

Nah, dalam penggunaan sosial media ini sendiri. Adalah hal yang wajar apabila anda bingung dalam memilih salah satu platform untuk strategi pemasaran restoran anda. Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam mempromosikan restoran ini. Maka, jasa maintenance social media marketing pun sangat menyarankan penggunaan dari sosal media Instagram ini sebagai platform utama yang harus anda kuasai.

Selanjutnya, anda pun hanya perlu memperhitungkan lagi teknik pengambilan gambar dan pembuatan video anda untuk menarik para perhatian pengguna sosial media tersebut. Jangan lupa juga bahwa logo restoran sendiri juga mempunyai peranan yang cukup penting pada sosial media ini. Sehingga, walaupun anda menggunakan jasa dengan harga jasa pembuatan logo perusahaan murah. Pastikan juga bahwa mereka mempunyai kualitas yang baik.

2. Bangun dan Optimasikan Website Untuk Restoran Anda

Kedua, strategi pemasaran restoran dengan membangun dan mengoptimalkan website. Membangun sebuah website untuk mempromosikan sebuah restoran sendiri menjadi salah satu hal wajib yang sangat dianjurkan oleh konsultan digital marketing. Singkatnya, website saat ini akan berperan sebagai toko utama anda yang dapat anda gunakan dalam mempromosikan suatu bisnis melalui dunia internet ini. Bahkan, website pun menjadi salah satu media penting dalam cara menjadi marketing handal.

Tak hanya itu, hadirnya sebuah website ini pun juga dapat memungkinkan restoran anda untuk memperoleh berbagai macam peluang tersembunyi juga. Karena itulah, walaupun website sendiri terlihat sebagai rintangan yang sangat menyulitkan. Akan tetapi, dalam jangka panjang, anda pun akan merasakan manfaat utama dari pembangunan. Serta pengoptimasian dari sebuah website ini untuk kemajuan langsung dari restoran anda. Tak hanya itu, anda yang belum mahir pada teknik website ini pun juga dapat menggunakan jasa pembuatan web landing page murah yang banyak tersedia dalam internet.

3. Gelar Sebuah Event Menarik Pada Restoran Anda

Ketiga, strategi pemasaran restoran adalah menggelar sebuah event menarik. Menggelar sebuah event sendiri juga dapat menjadi salah satu taktik yang sangat efektif dalam memperkenalkan restoran anda pada masyarakat. Selain itu, penggelaran event ini pun juga dapat anda laksanakan dalam kedua bentuk juga loh. Baik itu event yang berbasis online, ataupun juga event yang berbasis offline langsung. Dengan begitu, anda pun dapat membentuk sebuah hubungan personal antara restoran tersebut dengan para pelanggan anda.

Lalu, untuk menggambarkan peluang dari penggelaran event ini kepada restoran anda. Bayangkan saja apabila ada seorang pengguna sosial media dengan ribuan follower membagikan berita tentang event tersebut. Tentunya anda pun akan mendapatkan peluang untuk memasarkan restoran anda pada ribuan followers tersebut bukan? Karena itulah, penggelaran sebuah lomba ini merupakan salah satu strategi pemasaran restoran yang nantinya akan sangat bermanfaat pada restoran tersebut.

4. Berkenalan Dengan Sosok Food Vlogger dan Influencer Sosial Media

Keempat, strategi pemasaran restoran yakni berkenalan dengan food vlogger dan influencer. Apabila kita membahas strategi pemasaran restoran melalui sosial media ini. Maka kata kata seperti food vlogger maupun influencer ini pun senantiasa akan muncul pada strategi pemasaran restoran tersebut. Karena itulah, sebagai seorang pemilik restoran ini. Anda pun dapat mencoba untuk membangun hubungan erat dan mengenalkan restoran anda pada jajaran food vlogger dan influencer ini. Nah, untuk menyambut baik hubungan anda mereka ini. Anda pun dapat mencoba untuk memberi mereka sebuah free trial tentang produk anda yang dapat mendorong mereka untuk memasarkan produk anda tersebut. Selain itu, koneksi yang luas pun juga merupakan langkah penting dalam cara menjadi digital marketing juga bukan?

5. Daftarkan Restoran Anda Pada Beragam Aplikasi Penjualan Makanan

Kelima, strategi pemasaran restoran dengan memanfaatkan aplikasu penjualan makanan. Anda tentunya pernah sesekali mendengar dan bahkan menggunakan berbagai aplikasi penjualan makanan yang terus bermunculan ini dari waktu ke waktu. Mungkin pada era dulu, anda harus menjelajahi internet dengan waktu yang cukup lama untuk menemukan sebuah makanan atau minuman yang sesuai dengan selera anda. Akan tetapi, dengan aplikasi ini. Anda pun hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk menemukan berbagai macam pilihan makanan dari beragam restoran.

Nah, apabila anda memiliki sebuah restoran ini. Maka, anda pun tentunya tidak boleh melewatkan peluang penting ini sebagai strategi pemasaran restoran ini. Terlebih lagi apabila anda dapat menggunakan berbagai macam aplikasi penjualan makanan ini sekaligus dalam satu waktu. Tentu akan menjadi hal yang sangat disayangkan apabila anda harus melewatkan kesempatan penting ini.

6. Terapkan Teknik Social Playing Pada Restoran Anda

Keenam, strategi pemasaran restoran adalah menerapkan teknik social playing. Sebuah strategi pemasaran restoran sendiri, tentunya akan menjadi sukses apabila anda berhasil dalam melaksanakan strategi tersebut. Sehingga, restoran ini pun akan dapat tersebar luas kehadirannya pada jajaran pengguna internet maupun masyarakat sekitar juga. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, strategi pemasaran restoran mulut ke mulut saat ini tidak hilang begitu saja dengan adanya teknologi.

Akan tetapi, strategi pemasaran restoran tersebut berkembang dan menjadi lebih efektif lagi dari sebelumnya. Nah, hal inilah yang terkenal dengan istila social playing tersebut. Apabila ada seseorang yang merasa puas dengan pelayanan dan kualitas dari makanan anda. Maka, mereka pun nantinya akan membagikan restoran tersebut secara sukarela dengan para kenalan mereka.

7. Manfaatkan Adanya Sosial Media Sebagai Hasil Dari Berkembangnya Teknologi Ini

Ketujuh, strategi pemasaran restoran yaitu memanfaatkan sosial media. Perlu anda ketahui juga, sosial media marketing saat ini merupakan salah satu teknik pemasaran konsultan bisnis yang dampaknya sangat kuat. Dengan menggunakan sosial media ini sendiri, anda pun akan membuka peluang dari restoran anda untuk mendapatkan berbagai macam pelanggan baru. Dengan begitu, anda pun akan sekaligus menerapkan strategi branding serta strategi pemasaran restoran secara bersamaan.

Tak hanya itu, teknik pemasaran dengan sosial media ini pun juga dapat anda jadikan sebuah jalur dalam mendapatkan pendapat dari para pelanggan anda langsung. Dengan begitu, anda pun nantinya akan mempunyai sebuah inspirasi dan juga tolak ukur yang dapat anda terapkan untuk meningkatkan kualitas dari restoran anda tersebut.

8. Perkuat Kredibilitas dan Reputasi dari Restoran Anda

Terakhir, strategi pemasaran restoran dengan membangun kredibilitas dan reputasi. Perlu anda ketahui juga, hal utama yang dapat menghancurkan bisnis dari sebuah restoran ini adalah, sebuah reputasi dan ulasan yang buruk. Singkatnya, apabila anda menemukan sebuah restoran yang review nya banyak mengatakan bahwa makanan disana kurang enak tersebut. Apakah anda akan tetap mengunjungi restoran tersebut?. Karena itulah, anda pun juga harus dapat menjaga reputasi dari restoran anda tersebut terlebih lagi dengan adanya teknologi internet yang terus menerus mengalami perkembangan saat ini.

Tak hanya itu, akan lebih bagus lagi apabila anda dapat membuat para pelanggan anda ini memberikan review positif melalui sosial media mereka. Nah, menangani sebuah reputasi dari sebuah online ini sendiri mungkin menjadi salah satu strategi pemasaran restoran yang akan cukup sulit untuk anda sendiri. Karena itulah, ada baiknya apabila anda mempelajari cara penanganan tersebut terlebih dulu. Dengan begitu, anda pun akan lebih mudah lagi dalam memperkuat kredibiltas dan reputasi dari restoran anda ini. Faktanya, hal ini pun juga termasuk dalam proses branding juga loh!

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang