SupportStartup

Jasa Maintenance Social Media, Kegiatan yang Penting Untuk Brand Anda

Semua orang tetunya akan sangat setuju bahwa era internet & teknologi canggih ini, membuat proses marketing digital internet bisnis menjadi sangat mudah sekali. Banyak tersedia cara & strategi yang pebisnis dapat gunakan untuk membantu bisnis mereka dalam menembus persaingan pasar. Mulai dari sebuah situs web, blog, ataupun juga dengan memanfaatkan platform social media. Akan tetapi, karena saat ini banyak sekali persaingan yang terjadi melalui internet ini. Mengharuskan anda untuk selalu mengikuti perkembangan terbaru dari trend yang terjadi. Karena itulah, dengan sedikitnya waktu yang pebisnis miliki untuk mengelola sebuah perusahaan serta mempelajari perkembangan trend. Maka, jasa maintenance social media ini menjadi salah satu solusi dari permasalahan mereka tersebut. Anda juga bisa menemui konsultan SEO agar lebih paham.

infografis jasa maintenance social media

Apa yang Akan Social Media Berikan Untuk Bisnis Anda?

Dengan kita memasuki sebuah era baru, yaitu era teknologi ini. Tentunya pekerjaan kita menjadi sangat lebih mudah lagi dengan berbagai macam bantuan dari teknologi yang tersedia. Tak hanya itu, penggunaan teknologi ini pun juga membuat pekerjaan kita menjadi sangat cepat dan lebih optimal lagi daripada sebelumnya. Faktanya, hanya dengan menggunakan sebuah perangkat elektronik, sejumlah uang, serta jaringan internet yang memadahi. Banyak sekali masyarakat yang dapat menemukan berbagai macam produk & jasa. Mulai dari jasa maintenance social media, makanan, alat transportasi, minuman, pakaian, kursus membuat website, serta berbagai macam produk & jasa lainnya dapat mereka serta dengan internet. Akan tetapi, tak hanya dengan menemukan ataupun membeli sebuah produk saja, pengguna internet ini pun juga dapat dengan mudah untuk memasarkan produk mereka.

Dulu, mereka mungkin akan membutuhkan sebuah tempat yang baik terlebih dahulu sebelum mereka dapat memulai usaha mereka seperti training & pelatihan bisnis online. Tak hanya itu, tempat tersebut pun juga harus strategis juga agar mereka dapat menjual produk mereka kepada masyarakat sekitar. Akan tetapi, dengan berkembangnya internet ini dan tersedianya banyak sekali platform marketplace yang beredar pada dunia internet. Mereka dapat dengan mudah membuat sebuah akun jualan saja pada marketplace tersebut dan mulai untuk menjualkan berbagai macam produk ataupun jasa yang mereka miliki. Tak hanya itu, apabila mereka ingin memasarkan sebuah brand, mereka pun dapat menggunakan website, seperti company profile konsultan marketing. Namun, walaupun marketplace ini dapat dengan mudah membantu seorang pebisnis dalam menjual produk mereka. Justru kemudahaan inilah yang akan menjadi sebuah rintangan tersendiri yang pebisnis tersebut harus hadapi.

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, marketplace ini memang sangat mudah digunakan oleh siapapun, baik itu untuk menjual ataupun membeli sesuatu. Akan tetapi, hal itu tentunya akan menimbulkan banyak sekali persaingan karena orang hanya perlu membuat akun saja untuk menjual produk atau jasa mereka. Dengan begitu, pebisnis ini pun juga harus bisa cepat dalam beradaptasi dan segera mungkin untuk menemukan strategi yang dapat menunjang pemasaran bsinsi mereka. Nah, salah satu cara dalam memanfaatkan strategi ini adalah. Dengan menggunakan sebuah platform social media yang mempunyai banyak sekali pengguna. Seperti halnya : Instagram, LinkedIn, Twitter, Facebook, Pinterest, dan lain sebagainya. Dengan begitu, proses pemasaran mereka pun akan lebih mudah lagi kedepannya. Tak hanya itu, beberapa jasa maintenance social media maupun konsultan digital marketing pun menjadikan platform social media ini sebagai strategi utama pemasaran mereka. Berbagai macam strategi oleh jasa maintenance social media ini meliputi :

Sebuah Lahan Dalam Memasarkan Produk & Jasa Mereka

Dalam kegiatan pemasaran, platform social media ini akan menjadi sebuah lahan virtual dalam memasarkan produk, jasa, & bisnis anda dalam dunia internet. Perlu anda ketahui juga, hampir dari seluruh penduduk dunia saat ini mempunyai akun sosial media mereka masing masing. Tak hanya itu, ada juga beberapa dari mereka yang saat ini mempunyai lebih dari 1 akun. Selanjutnya, dalam sudut pandang pebisnis sendiri, hal ini tentunya akan menjadi sebuah peluang emas yang dapat mereka manfaatkan untuk bisnis mereka. Terlebih lagi, proses pemasaran melalui platform social media ini pun dapat mereka lakukan secara gratis tanpa mengeluarkan biaya apapun. Karena itulah, orang mana yang akan melewatkan kesempatan pemasaran gratis ini dengan banyaknya target audiens yang dapat mereka capai. Tentunya orang orang ahli bisnis seperti konsultan dan pembicara digital marketing tidak akan membuang kesempatan emas ini.

Kemudian, selain peran dari platform social media ini untuk memasarkan produk ataupun bisnis. Social media ini pun juga dapat pebisnis gunakan untuk membangun sebuah komunikasi personal antara pihak penjual dengan customer atau calon customer mereka. Dengan begitu, customer serta calon customer pun akan lebih mengenal bisnis tersebut lebih mendalam lagi. Akan tetapi, perlu anda ketahui juga bahwa sebagian besar dari pengguna sosial media ini tidak terlalu memberikan interaksi yang lengkap pada sebuah akun social media bisnis. Namun, anda tentunya tidak boleh putus semangat karena hal tersebut karena ada beberapa dari pengguna social media ini yang lebih menyukai akun dengan jenis bisnis daripada akun biasa.

Kemudian, perlu anda ketahui juga, sebuah akun sosial media dengan tipe bisnis yang terus menerus memberikan customer mereka sebuah promosi saja. Tentunya akan sangat dibenci oleh customer maupun juga calon customer anda. Karena, mereka pun hanya dapat menghubungi bisnis anda dengan menggunakan platform lain daripada social media tersebut sendiri. Baik itu dengan email, ataupun juga telpon. Karena itulah, untuk menghindari ketidak puasan terhadap konten social media. Maka, anda pun dapat mencoba untuk memberikan sebuah interaksi secara langsung juga terhadap pengunjung social media anda. Misalkan saja, anda memberikan sebuah like ataupun komentar balasan terhadap komentar mereka pada konten anda. Hal ini pun juga sangat dianjurkan oleh ahli bisnis seperti halnya konsultan digital marketing.

Singkatnya, dengan menggunakan social media ini, customer pun akan berharap untuk mendapatkan sebuah interaksi dengan bisnis anda secara langsung. Karena itulah, dengan mengguanakn sebuah jasa maintenance social media. Mereka pun tentunya akan membantu anda dalam mengurusi berbagai macam interaksi terhadap customer anda. Dengan begitu, customer anda pun akan lebih menyukai bisnis anda karena interaksi yang anda berikan untuk mereka. Anda juga bisa bertanya pada konsultan SEO untuk menjadi lebih mengetahui. 

Menjadi Sebuah Sumber Informasi Untuk Perkembangan Bisnis Anda

Selain dengan media untuk mempromosikan dan memasarkan sebuah bisnis terhadap banyak orang. Social media ini pun juga seringkali dapat memberikan informasi. Akan tetapi, informasi ini pun tidak selalu akan mempunyai hubungan terhadap bisnis tersebut secara langsung. Akan tetapi, agar anda dapat menarik perhatian serta minat audiens terhadap bisnis anda tersebut.

Anda dapat mencoba untuk membuat dan membagikan sebuah konten yang membahas tentang trend yang sedang terjadi. Selain itu, anda pun juga dapat mencoba untuk membagikan beberapa tips menarik yang dapat berguna untuk mereka. Dengan begitu, anda pun dapat meningkatkan minat dan perhatian audiens terhadap bisnis anda. Selanjutnya, apabila audiens ini telah menyukai konten yang anda bagikan. Maka, anda pun akan lebih mudah lagi untuk mempromosikan bisnis anda nantinya. Hal inilah yang menjadi strategi utama dari seorang konsultan marketing ataupun juga pembicara digital marketing.

Memperoleh Target Pasar & Audiens Baru Pada Platform Social Media Ini

Walaupun tujuan utama dari pebisnsis dalam menggunakan social media ini adalah untuk memasarkan produk mereka. Akan tetapi, social media ini pun dapat berguna juga agar pebisnis ini dapat menemukan target audiens baru untuk bisnis mereka. Apalagi dengan banyaknya pengguna social media ini dengan pengguna Facebook sendiri yang hampir mencapai nilai 2.3 Milliar. Tentunya nilai tersebut akan menjadi sebuah target pasar baru untuk pebisnis ini dalam mengguankan social media. Pebisnis ini hanya perlu menemukan platform social media yang sesuai dengan bisnis mereka, serta membuat konten & strategi yang tepat juga. Jika anda masih belum yakin anda bisa bertemu konsultan SEO untuk leih jelasnya.

Setelah pebisnis ini dapat memenuhi berbagai macam hal tersebut, maka mereka hanya menunggu waktu saja untuk mendapatkan seorang customer baru. Setelah melalui berbagai macam pembahasan peran social media ini, tentunya anda dapat mengetahui bahwa social media ini adalah salah satu tools yang penting dalam dunia internet dan sangat digemari oleh konsultan digital marketing, selain dengan website dan juga teknik SEO. Karena itulah, pebisnis ini pun harus dapat memanfaatkan tools tersebut dengan baik agar perkembangan bisnis mereka dapat terjaga.

Akan Tetapi, Apa Itu Sebenarnya Maintenance Social Media?

Dalam era sekarang ini, dimana informasi berjalan dengan sangat cepat sekali layaknya cahaya. Rasanya akan menjadi sebuah hal yang sangat sulit untuk menemukan orang yang tidak mengetahui apa itu platform social media. Bahkan, beberapa orang lansia pun telah mengetahui dengan persis apa itu social media ini & juga menjadi salah satu penggunanya. Akan tetapi, selain untuk sarana dalam berkomunikasi dan berbagai informasi. Social media ini pun tentunya mempunyai peranan yang penting juga dalam mengembangkan sebuah bisnis ini. Terlebih lagi jika social media ini berada dalam pengelolaan jasa maintenance social media ataupun juga konsultan digital marketing.

Kemudian, dalam dunia bisnis sendiri, ada sebuah istilah social media maintenance yang sangat penting sekali perannya untuk pebisnis. Bahkan, pentingnya maintenance ini pun juga dapat anda lihat dengan banyaknya jasa maintenance social media yang tersedia melalui situs web ataupun social media itu sendiri. Umumnya, social media maintenance ini adalah sebuah proses untuk membagikan berbagai macam konten melalui social media tersebut.

Kemudian, untuk memudahkan proses maintenance ini, jasa maintenance social media pun akan memanfaatkan berbagai macam tools & fitur social media yang dapat membantu pekerjaan mereka. Selanjutnya, dalam maintenance ini, jasa maintenance ini pun akan berfokus pada berbagai macam hal penting dalam proses publikasi konten social media. Seperti : interaksi dengan pengunjung & customer, memberikan respon yang tepat & cepat, membuat sebuah jadwal publikasi konten, dan lain sebagainya. Social media maintenance ini pun sangat direkomendasikan juga oleh pembicara digital marketing. Dengan begitu, sebuah bisnis tidak kehilangan pengunjung atau bahkan customer mereka.

Pentingnya Kegiatan Maintenance Social Media Untuk Sebuah Bisnis

Agar anda dapat mengetahui secara betul akan mengapa pebisnis harus melakukan maintenance pada social media mereka hingga menggunakan jasa maintenance social media. Anda pun harus mempelajari terlebih dahulu keuntungan apa yang akan anda dapatkan apabila anda melakukan maintenance ini dengan cara yang tepat. Kemudian, ada beberapa alasan penting yang menjadikan sosial media ini sebagai cara meninkatkan omset penjualan. Sehingga, anda pun harus menerapkan proses maintenance ini. Sepeti dengan :

Mengurangi Waktu Pemasaran

Dengan teknik social media maintenance yang tepat oleh jasa maintenance social media, tentunya anda dapat mengurangi waktu pemasaran bisnis anda. Kemudian, dengan menggunakan sebuah jadwal yang teratur & optimal, anda pun dapat lebih mudah lagi dalam mempersiapkan sebuah konten untuk bisnis anda.

Memperluas Jangkauan Pasar Bisnis Anda

Apabila anda menggunakan social media ini secara rutin, artinya anda membuat bisnis anda lebih terbuka lagi untuk menjangkau lebih banyak pengguna social media ini. Selanjutnya, anda pun dapat mempersiapkan konten yang sesuai dengan selera dari pengguna social media tersebut agar mereka tertarik dengan bisnis anda.

Membantu Anda Dalam Memahami Selera Audiens Bisnis

Social media yang sangat canggih saat ini membuat anda dapat mengetahui berbagai pengikut, penyuka, serta peminat dari produk atau bisnis anda. Selain itu, canggihnya social media ini pun juga memberikan kriteria yang lebih akurat lagi terhadap data tersebut. Seperti saja : pekerjaan mereka, usia mereka, asal, jenis kelamin, dan berbagai macam kriteria lainnya yang tersedia melalui social media tersebut. Nah, hal ini lah yang dapat menjadi sebuah data penting untuk bisnis anda. Kemudian, dengan menggunakan data penting ini, anda pun dapat merumuskan strategi pemasaran yang sesuai dengan bisnis anda. Jika anda membutuhkan saran anda bisa menemui konsultan SEO agar lebih memahami para audiens.

Meningkatkan Interaksi Dengan Customer Bisnis

Interaksi dengan customer ataupun audiens anda mungkin menjadi hal yang sangat penting dalam penggunaan social media untuk memasarkan produk ataupun bisnis anda. Nah, salah satu hal yang sangat penting dalam interaksi dengan customer & audiens ini adalah customer support. Dengan begitu, customer & audiens anda pun dapat mencari informasi yang lebih lengkap lagi terhadap produk, jasa, ataupun bisnis anda. Selanjutnya, mereka pun akan menjadi lebih tertarik lagi dengan bisnis anda.

Pengendalian Terhadap Bisnis Anda Melalui Social Media

Social media ini akan memberikan sebuah kendali penuh terhadap brand dari bisnis anda dalam dunia internet. Maksudnya, apabila anda mendapatkan banyak sekali berbagai macam komentar positif namun ada beberapa pengguna yang memberikan komentar negatif. Anda pun dapat dengan segera untuk mengatasi komentar negatif tersebut untuk menjaga nama brand anda. Hal inilah yang menjadikan social media sangat berguna sekali dalam proses branding untuk suatu bisnis.

Selain itu, pengendalian ini pun juga menjadi prioritas tersendiri untuk jasa maintenance social media. Pengendalian ini pun seringkali menjadi hal yang sulit untuk sebagian pelaku bisnis. Karena itulah, apabila anda ingin mencoba pengendalian ini sendiri, hendaknya anda memiliki pengetahuan dasar terhadap sosial media itu sendiri. Nah, anda pun dapat mencoba untuk mengikuti sebuah seminar dengan pembicara digital marketing untuk mendapatkan pengetahuan tersebut.

Hal yang Harus Anda Perhatikan Dalam Penggunaan Social Media Untuk Pemasaran

Seperti yang telah anda ketahui sebelumnya, social media ini merupakan sebuah platform yang sangat canggih dan populer sekali. Akan tetapi, apabila anda ingin menggunakan platform canggih social media ini untuk memasarkan produk, jasa, ataupun bisnis anda. Maka, tentunya anda akan membutuhkan sebuah strategi yang tepat & sesuai dengan situasi bisnis anda saat ini. Jadi, anda pun tidak hanya menggunakan social media ini dengan sembarangan saja seperti memposting sesuatu pada tengah malam atau hal lainnya. Nah, agar anda memahami strategi yang tepat dalam penggunaan social media ini, berikut adalah strategi konsultan dan pembicara digital marketing yang dapat anda terapkan pada bisnis anda!

Membuat Sebuah Konten yang Sesuai Dengan Target Audiens

Semua orang tentunya telah mengetahui bahwa konten untuk akun social media bisnis tidaklah sama dengan sebuah konten pribadi. Pasalnya, penggunaan social media untuk memasarkan sesuatu hal adalah untuk menarik perhatian mereka dan membantu mereka untuk memutuskan agar membeli sesuatu. Karena itulah, dalam pembuatan konten sendiri, anda tentunya harus menghindari berbagai macam unsur negatif yang tersedia pada konten tersebut. Namun, buatah sebuah konten yang bersifat promotif, namun juga mempunyai unsur informatif juga untuk audiens anda. Kemudian, akan menjadi sebuah nilai tambah juga apabila konten tersebut juga bersifat menghibur.

Manfaatkan Sebuah Foto atau Gambar yang Menarik

Sebuah penelitian sendiri mengungkapkan bahwa manusia cenderung lebih mudah dalam menghafal sesuatu dengan bantuan unsur visual. Karena itulah, dalam strategi pemasaran sendiri, penggunaan foto & gambar yang memiliki desain visual yang menarik ini menjadi kucni dalam menarik perhatian seseorang. Selain itu, apabila anda menyisipkan beberapa tulisan singkat terhadap foto tersebut, maka orang orang pun akan secara otomatis membaca secara langsung tulisan tersebut. Daripada mereka membaca sebuah caption post yang sangat penjang dan rumit. Karena itulah dalam pembuatan konten sendiri. Anda tentunya harus mengutamakan tampilan visual serta penggunaan caption yang singkat, jelas, & padat agar dapat customer anda mudah dalam memahaminya.

Penggunaan Hastag & Nama Akun yang Simpel & Optimal

Mungkin anda akan berpikir bahwa penggunaan hashtag ataupun nama dari akun social media ini tidak akan memberikan dampak yang begitu besar. Akan tetapi, ternyata mereka juga sangat berperan penting loh untuk menamah daya tarik dari suatu akun sosial media. Karenanya, anda harus benar benar memikirkan terlebih dahulu nama yang tepat untuk akun sosial media anda tersebut. Kemudian, dalam pembuatan nama ini, anda dapat mencoba untuk menghindari berbagai macam hal. Seperti : nama yang terlalu berlebihan, identitas pribadi, meniru orang lain, dan lain sebagainya. Alangkah baiknya jika anda menggunakan nama bisnis anda sebagai username tersebut untuk meningkatkan profesionalitas bisnis anda.

Selanjutnya, dalam penggunaan hashtag sendiri, mereka akan berperan penting dalam membantu pengguna internet untuk menemukan brand bisnis anda. Karena itulah, dalam penggunaannya sebagai teknik pemasaran, maka sudah sepatutnya apabila anda hanya menggunakan hashtag yang berkaitan dengan bisnis anda. Selanjutnya, anda juga harus menghindari penggunaan sebuah hashtag yang terkesan clickbait. Apabila anda menggunakannya, maka anda pun akan terkesan sebagai penipu saja dalam social media tersebut.

Mempunyai Target Audiens yang Jelas

Penggunaan social media untuk memasarkan produk, jasa, ataupun bisnis ini mengharuskan anda untuk mempunyai sebuah target audiens terlebih dahulu sebelum mulai dalam membuat sebuah strategi. Ternyata, banyak sekali pebisnis yang belum bisa menentukan sendiri target audiens mereka yang sesuai dengan produk dan jasa bisnis mereka tersbut. Karena itulah, dalam menentukan sebuah target audiens sendiri, anda pun dapat mencoba untuk memberikan suatu jawaban dari kebutuhan audiens target pasar tersebut. Kemudian, anda pun dapat membuat sebuah strategi baru serta konten yang sesuai dengan selera mereka. Anda bisa juga menanyakan hal ini pada konsultan SEO jika anda masih belum memahaminya.

Contohnya saja apabila anda sedang membuka sebuah bisnis yang menjual produk majalah anak anak. Dengan begitu, anda pun dapat mengetahui bahwa target audiens dari konten tersebut adalah orang tua yang sehari hari mengurus anak mereka. Tentunya hal ini sangat berbeda apabila anda menjual sebuah produk seperti tas atau hoodie remaja. Tentunya anda harus menggunakan sebuah konten & strategi pemasaran yang lebih mengikuti trend ini yang sesuai dengan selera remaja tersebut. Apabila anda menggunakan sebuah jasa maintenance social media ataupun juga konsultan digital marketing, mereka pun tentunya akan dapat membantu anda menyelesaikan permasalahan tersebut.

Berbagi Konten Dengan Pengikut Social Media Anda

Apabila anda menjadi seorang pebisnis dalam suatu platform social media, bukan berarti bahwa anda tidak dapat melakukan sosialisasi terhadap pengikut akun anda. Kemudian, anda juga harus membatasi juga postingan promosi bisnis anda agar customer tidak merasa bosan dengan banyaknya promosi yang mereka lihat.

Akan tetapi, anda pun juga dapat membagikan sebuah konten yang berasal dari seorang customer anda. Misalnya saja apabila ada seseorang yang memberikan review mereka terhadap bisnis anda. Nah, anda pun tentunya dapat membagikan review tersebut melalui akun social media tersebut. Dengan begitu, customer pun akan mengetahui bahwa anda merupakan seorang pebisnis yang selalu memberikan perhatian terhadap customer mereka.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang