SupportStartup

Pelatihan Jualan UMKM Online, Kegiatan Penting Penunjang Ekonomi

Masyarakat Indonesia saat ini sedang berlomba lomba dalam menderikan usaha yang sedang popular yaitu UMKM. Kegiatan bisnis ini juga merupakan kegiatan yang menjadi salah satu faktor penting dalam menggerakkan roda perekonomian negara Indonesia. Karena itulah, banyak dari pemerintah dan masyarakat yang ikut serta dalam membangun dan mendirikan kegiatan UMKM ini. Selanjutnya, pendirian ini juga didukung oleh banyaknya pelatihan jualan UMKM online oleh jasa konsultan bisnis digital online ataupun konsultan startup. yang dapat membimbing masyarakat dalam berbisnis. Tak hanya itu juga, dengan adanya jasa konsultan bisnis digital online tersebut, masyarakat juga dapat dengan mudah untuk mendapatkan berbagai macam bantuan.

Selain itu, program usaha UMKM ini merupakan sebuah program yang sangat tepat karena dapat menjangkau berbagai lapisan dari masyarakat Indonesia. Popularitas kegiatan usaha UMKM ini juga ternyata telah mengalami peningkatan pesat mulai pada tahun 2016. Hal itu tentunya menunjukkan minat masyarakat terhadap kegiatan usaha UMKM ini sangatlah besar dengan banyaknya tersedia jasa konsultasi marketing plan. Akan tetapi, masyarakat seringkali menganggap bahwa UMKM dengan UKM adalah hal yang sama. Faktanya, kedua hal tersebut sendiri merupakan hal yang sangat berbeda baik dari segi jangkauan usaha maupun hukum yang mengatur.

Penjelasan Tentang Kegiatan UMKM

Penjelasan Tentang Kegiatan UMKM

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, UMKM sendiri merupakan sebuah singkatan dari Usaha “Mikro Kecil dan Menengah”. Akan tetapi, tentunya tidak semua orang mengetahui bagaimana sebuah usaha masuk kedalam kategori mikro atau bahkan menengah. Karena itulah, perlu adanya pendekatan yang mendalam agar masyarakat Indonesia dapat memahami secara betul apa itu UMKM. Baik itu dengan pelatihan jualan umkm online, ataupun dengan berbagai macam informasi yang tersedia melalui internet. Selanjutnya, pembagian jenis usaha tersebut menurut pakar pemasaran digital berdasarkan pada:

Mikro

Menurut peraturan undang undang nomor 20 tahun 2008. Usaha yang tergolong dalam usaha mikro adalah usaha milik seseorang atau sebuah kelompok badan usaha yang memenuhi standar dan kriteria usaha mikro. Berbagai macam standar dan kriteria tersebut juga tercantum dan diatur dalam undang undang. Selanjutnya, usaha mikro sendiri adalah usaha yang memiliki keuntungan sebesar Rp 300 juta dengan total kekayaan bisnis Rp 50 juta. Dengan pengelolaan tersebut. Keuangan dari sebuah usaha mikro seringkali tergabung dalam keuangan pribadi pemiliki usaha tersebut. Sehingga, dapat anda katakana bahwa usaha mikro ini pada umumnya belum menerapkan sebuah sistem yang profesional.

Kecil

Usaha kecil sendiri merupakan sebuah usaha produktif yang berdiri secara sendiri. Selanjutnya, pengelolaan usaha kecil ini sering kali dilakukan oleh perorangan atau badan usaha yang tidak termasuk dengan anak dan cabang usaha. Dengan begitu, usaha kecil ini dapat anda katakan sebagai usaha yang tidak tergabung dengan sebuah usaha menengah atau besar.

Selanjutnya, kriteria dari sebuah usaha kecil ini adalah jumlah kekayaan yang mencapai 50 sampai 500 juta rupiah. Dengan omset dan hasil penjualan yang dapat mencapai angka 300 juta hingga 2.5 milliar rupiah. Kemudian, usaha kecil ini berbeda dengan usaha mikro pada bagian keuangannya saja. Anda akan dapat menemukan sistem pengelolaan keuangan yang lebih profesional lagi pada kelas usaha kecil ini.

Menengah

Kelas usaha menengah merupakan sebuah kelas usaha produktif yang berdiri sendiri. Sama dengan kriteria usaha kecil. Usaha menengah ini juga tidak tergabung menjadi sebuah anak perusahaan atau cabang perusahaan besar. Dalam peraturan perundang undangan, usaha menengah ini pada umumnya akan memiliki jumlah kekayaan sebesar 500 juta hingga 10 milliar rupiah. Selanjutnya, usaha menengah ini umumnya dapat menghasilkan omset penjualan yang dapat melebihi 2.5 milliar dan mencapai angka 50 milliar rupiah per tahun. Selanjutnya, anda akan menemukan ciri ciri yang lebih terlihat lagi pada usaha kelas menengah ini. Seperti beberapa surat legalitas dan juga pengelolaan keuangan yang lebih profesional lagi daripada usaha kelas kecil tadi.

Hal yang Akan Anda Temukan Pada Kegiatan UMKM

Dalam menjalankan sebuah kegiatan UMKM, ada beberapa hal yang dapat membedakan UMKM dengan dengan berbagai macam jenis usaha lainnya. Hal ini akan sering sekali anda temukan sehingga dapat menjadikan sebuah ciri khas tersendiri yang terdapat pada UMKM. Selanjutnya, hal yang akan anda temukan pada teknik UMKM ini adalah :

  • Produk yang tersedia pada UMKM dapat berganti dan tidak menjadi sebuah produk yang tetap.
  • Seperti produknya, tempat usaha dari UMKM ini juga dapat berganti alamat.
  • Pengelolaan dan manajemen usaha yang tidak terlalu profesional.
  • Pengetahuan bisnis dari pengelola usaha yang kurang lengkap.
  • Tidak tersedianya akses perbankan walaupun tersedia akses keuangan non bank.
  • Mempunyai surat izin dan legalitas usaha yang tidak terlalu lengkap.

Keuntungan dari UMKM Untuk Negara Indonesia

Banyaknya pelatihan jualan UMKM online dan berbagai dukungan lainnya seperti jasa konsultan bisnis digital online ataupun konsultan startup ini membuktikan bahwa UMKM merupakan sebuah jenis usaha yang penting bagi Indonesia. Walaupun pengelolaan bisnis dan ekonomi yang tidak terlau profesional dan kurangnya sertifikat legalitas usaha. UMKM tetaplah menjadi sebuah solusi yang popular baik pada kalangan masyarakat maupun pemerintah itu sendiri. Hal itu sendiri dapat terlihat dengan banyaknya jasa pelatihan jualan UMKM online serta pelatihan dalam merancang strategi pemasaran usaha online oleh konsultan startup dan lembaga lainnya. Selanjutnya, keuntungan dari penerapan UMKM untuk Negara Indonesia adalah:

Meratakan Perekonomian Seluruh Wilayah Indonesia

Dengan teknik UMKM ini, banyak sekali wilayah wilayah kecil yang mendapatkan dorongan untuk membangkitkan perekonomian mereka. Beragam masyarakat yang tinggal pada wilayah pedesaan saat ini dapat dengan mudah mendapatkan sebuah barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan mereka. Selain itu, mereka juga dapat memperluas usaha yang mereka miliki hingga mencapai kelas internasional. Tentunya dengan mengikuti berbagai pelatihan dari konsultan internet marketing, ataupun juga lembaga pelatihan lainnya.

Menambah Lapangan Pekerjaan

Anda akan menemukan persyaratan dan kriteria yang jauh lebih ringan pada UMKM ini daripada yang akan anda temukan pada perusahaan besar. Dengan begitu, berbagai lapisan masyarakat dapat dengan mudah untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan pengalaman dan kemampuan mereka. Selain itu, mereka juga dapat menggunakan peluang ini untuk menambah pengalaman kerja mereka dan juga sebagai cara untuk mengembangkan diri. Tak hanya itu, dengan adanya berbagai bantuan untuk pebisnis saat ini dengan jasa marketing sosial media hingga pada adanya jasa optimasi website. Pelaku UMKM pun akan lebih mudah lagi dalam membangun bisnis mereka.

Menjadi Penunjang Ekonomi Negara Dalam Situasi yang Sulit

Hal ini ternyata pernah terjadi pada krisis ekonomi pada tahun 1998 silam. Namuun, keadaan krisis ini ternyata terjadi lagi dengan munculnya virus baru yakni COVID 19. Krisis ini merupakan krisis yang terbilang parah karena dapat melumpuhkan berbagai negara lain di seluruh dunia. Walaupun begitu, UMKM sendiri dapat menjadi sebuah usaha yang fleksibel dan dapat bertahan dengan berbagai peraturan pemerintah untuk menurunkan angka COVID 19.

Menambah dan Meningkatkan Pemasukan Negara

Tak jarang juga pelaku bisnis UMKM ini mempunyai target pasar internasional yang dapat menambah pemasukan negara dengan kegiatan ekspor. Karena itulah, pemerintah sendiri melihat hal ini sebagai sebuah hal yang menguntungkan karena banyak sekali terlahir produk yang berkualitas internasional. Selanjutnya, pemerintah saat ini mengadakan banyak sekali program bantuan seperti pelatihan jualan umkm online untuk membentuk semangat kerja masyarakat Indonesia.

Masyarakat Dapat Dengan Mudah Memenuhi Kebutuhan Mereka

Bisnis UMKM umumnya menjadi sangat populer karena dapat memenuhi kebutuhan penting untuk masyarakat kelas kecil. Selain itu, banyaknya produsen bahan baku untuk mendirikan sebuah bisnis UMKM ini menjadi faktor yang penting juga dalam kegiatan UMKM. Hal itu tentunya menjadi sebuah hal yang positif karena dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

Faktor Penting yang Dapat Memicu Berkembangnya UMKM

Popularitas dan banyaknya bisnsi UMKM ini tentunya tidak luput juga dari beberapa faktor yang dapat memudahkan perkembangan bisnis UMKM. Sebagai contoh, internet sendiri dalam teknik digital marketing online mungkin merupakan sebuah faktor yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan semangat masyarakat untuk mendirikan UMKM. Tak hanya itu, mudahnya masyarakat dalam menemukan jasa konsultan bisnis digital online atau konsultan startup ini tentunya memberikan dampak yang besar. Selanjutnya, data mencatat bahwa pada tahun 2017 sendiri telah tersedia hampir dari 8 juta usaha UMKM yang sudah memanfaatkan teknologi internet maupun mendapatkan bantuan oleh konsultan startup.

Karena itulah, penggunaan teknologi yang optimal dan efisien sendiri dapat menjadi sebuah dasar dari suksesnya kegiatan UMKM. Dengan begitu, para pendiri UMKM tersebut dapat mempunyai peluang untuk bersaing dengan perusahaan besar lainnya. Walaupun begitu, tentunya pendiri usaha UMKM juga harus mempersiapkan biaya dan anggaran mereka dalam mengembangkan bisnis. Karena itulah, pelatihan jualan UMKM online yang tepat tentunya akan menjadi sarana yang bagus untuk mempelajari pengelolaan anggaran tersebut, terlebih lagi jika pelaku UMKM menggunakan layanan iklan PPC Google Ads digital marketing.

Berbagai Macam Bidang Usaha UMKM

Dalam penerapannya, usaha UMKM sendiri merupakan sebuah usaha yang fleksibel dan dapat diterapkan pada bidang usaha apapun. Jadi, para pelaku usaha UMKM pun dapat dengan segera untuk mencoba memulai usaha mereka sendiri, tanpa repot repot untuk mengikuti sebuah jasa konsultasi karir online, dan sejenisnya. Selain itu, berbagai macam variasi bidang usaha UMKM juga dapat mengurangi tingkat persaiangan masyarakat. Dengan begitu, persaingan bisnis yang tidak sehat pun dapat terhindarkan sesuai dengan peraturan yang tercantum pada Keppres RI No. 19 Tahun 1998. Selanjutnya, berbagai macam bidang tersebut adalah:

Kuliner

Bidang kuliner ini mungkin merupakan bidang yang paling banyak sekali peminatnya, mulai dari kalangan muda pun berlomba lomba untuk menciptakan variasi mereka sendiri. Selain itu, bidang kuliner sendiri juga merupakan sebuah bidang yang tidak terlalu mengedepankan modal dan lebih berfokus pada inovasi. Selain itu, jumlah penduduk Indonesia yang besar saat ini juga dapat mendukung popularitas bisnis anda pada bidang kuliner.

Fashion

Selain pada bidang kuliner, fashion ini merupakan sebuah bidang UMKM yang mempunyai banyak sekali peminat. Hal ini terbukti dengan munculnya tren pakaian terbaru yang lahir setiap tahunnya. Hal itu tentunya akan menjadi peluang yang bagus apabila anda dapat menciptakan sebuah tren tersendiri. Selanjutnya, berbagai macam usaha UMKM ini dapat anda temukan. Pada : butik, toko seragam, toko tas, distro, dan lain sebagainya.

Pertanian

Walaupun lahan pertanian saat ini banyak berganti sebagai lahan pabrik, usaha pada bidang pertanian ini tetaplah menjadi sebuah hal yang sangat menguntungkan. Dengan memanfaatkan sebuah bidang tanah yang cukup luas. Anda dapat mencoba untuk menanam berbagai macam aneka tumbuhan dan sayuran. Selanjutnya, anda pun dapat menjual berbagai macam produk. Seperti : benih sayur, buah, bunga, tanaman hias, dan yang lainnya.

Elektronik

Perkembangan teknologi saat ini membuat masyarakat ingin mempunyai sebuah alat elektronik terbaru. Baik itu karena fitur yang sebelumnya tidak tersedia, atau hanya untuk mengikuti trend saja. Selain itu, bidang elektronik ini juga tidak hanya menyediakan sebuah alat dan barang saja. Anda pun dapat membuka sebuah usaha UMKM elektronik dengan jasa untuk memperbaiki atau meningkatkan performa alat elektronik.

Mebel

Kayu sendiri merupakan sebuah hal yang menjadi komoditas utama untuk negara Indonesia. Karena itulah, peluang dalam pengembangan usaha furniture ini pun akan menjadi sebuah hal yang baik untuk mengembangkan bisnis anda.

Bidang Jasa

UMKM sendiri tentunya tidak hanya berfokus pada penyediaan dan produktifitas sebuah produk saja. Banyak sekali saat ini sebuah usaha UMKM yang lebih mengedepankan jasa mereka. Sebagai contohnya, perkembangan teknologi saat ini mendorong banyak sekali jasa baru. Seperti : jasa konsultan marketing offline, jasa optimasi seo website, konsultan SEO, jasa bikin logo, konsultan digital marketing, dan lain sebagainya.

Usaha Pemerintah dan Masyarakat Dalam Pengembangan UMKM

Perkembangan dari sebuah UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) sendiri umumnya merupakan sebuah tanggung jawab dari masyarakat dan pemerintah. Dengan menganalisa berbagai macam masalah yang akan dihadapi oleh pelaku usaha UMKM. Berbagai masyarakat dan pemerintah pun bekerja sama untuk menciptakan berbagai macam hal berikut.

Pembuatan Lingkungan Usaha yang Baik

Dalam mengembangkan UMKM, pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama dalam menciptakan sebuah suasana usaha yang baik. Maksudnya, mereka dapat mengusahakan agar dapat tercipta sebuah lingkungan usaha yang terasa aman, nyaman, dan tentram. Hal tersebut sendiri dapat terjadi dengan penyediaan lahan, pengawasan yang tepat, kemudahan dalam perizinan usaha, dan lain sebagainya.

Bantuan Dana dari Pemerintah

Pemerintah mungkin dapat memberikan bantuan dana dengan cara memperluas proses peminjaman dengan syarat yang tidak terlalu memberatkan pelaku UMKM. Dengan begitu, pelaku usaha pun dapat fokus untuk mengembangkan usaha mereka tanpa perlu khawatir dalam mengembalikan bantuan peminjaman dana tersebut. Jadi, apabila ada seseorang yang ahli dalam teknik copywriting & pemrograman dan ia ingin membuka sebuah jasa bikin landing page namun tidak memiliki sebuah komputer. Ia pun dapat memanfaatkan dana pinjaman ini untuk mencoba membangun bisnisnya. Akan tetapi, dana yang tidak terkelola dengan baik pun akan berakhir dengan hal yang sia sia. Karenanya, konsultan startup ini dapat menjadi pilihan yang bijak dalam pelatihan jualan UMKM online.

Melindungi Pelaku Usaha UMKM

Jenis usaha UMKM tertentu saat ini membutuhkan perhatian dan perlindungan khusus dari pemerintah. Selanjutnya, pemerintah sendiri dapat memberikan dukungan perlindungan tersebut dengan pemberlakuan peraturan baru yang saling menguntungkan. Dengan begitu, pelaku usaha UMKM khususnya kelas kecil dapat dengan mudah mengembangkan usaha mereka.

Menjalin Program Kerja Sama dan Partnership

Para pelaku kegiatan UMKM ini tentunya harus saling membantu satu sama lain dalam mengembangkan bisnis mereka. Akan tetapi, hal tersebut juga tidak menutup kemungkinan adanya partnership UMKM dengan pengusaha besar, kursus digital marketing online ataupun jasa konsultan bisnis digital online & konsultan startup. Dengan begitu, Indonesia pun akan menjadi sebuah negara yang bebas dari kegiatan monopoli bisnis.

Pelatihan Jualan UMKM Online

Banyak dari pelaku bisnis dan usaha UMKM sendiri tidak mengetahui secara benar prinsip pengelolaan bisnis dan keuangan yang benar. Dengan begitu, pelatihan jualan UMKM online pun akan menjadi sebuah hal yang baik dalam mengembangkan kegiatan UMKM ini. Tak hanya itu, pelaku UMKM ini pun juga mendapatkan banyak sekali pelatihan tentang teknologi, oleh lembaga pelatihan seperti konsultan analisa website, ataupun juga kursus marketing online.

Pembentukan Sebuah Lembaga Pengawas Khusus

Kegiatan UMKM ini membutuhkan pengawasan yang cukup tinggi untuk dapat mengkoordinasikannya dengan benar. Karena itulah, untuk meningkatkan kinerja UMKM ini, perlu adanya sebuah Lembaga yang dapat mengatasi masalah pelaku UMKM baik itu internal maupun eksternal.

Membentuk Sebuah Perkumpulan dan Asosiasi

Perkumpulan yang telah terbentuk tersebut membutuhkan peningkatan lagi terutama dalam mengembangkan pemberian informasi bisnis untuk perkembangan bisnis anggota mereka. Selain itu, kelompok ini pun juga dapat memasukkan salah satu anggota yang ahli atau bahkan memiliki sebuah kursus digital marketing murah. Dengan begitu, anggota lain yang baru memulai pun dapat belajar selangkah demi selangkah agar menjadi sukses.

Meningkatkan Proses Promosi Bisnis

Proses promosi bisnis ini dapat menjadi sebuah teknik yang bagus dalam menjalin sebuah kerja sama partnership antara UMKM dan perusahaan besar. Karena itulah, para pelaku usaha UMKM membutuhkan sebuah media khusus untuk memasarkan dan mempromosikan bisnis mereka. Selanjutnya, dengan bantuan jasa konsultan bisnis digital online ataupun konsultan startup. Tentunya mereka akan mendapatkan teknik yang optimal dalam mempromosikan bisnis mereka. Seperti layanan optimasi website contohnya.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang