SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Perencanaan Keuangan & Strategis Bisnis, Sudah Anda Terapkan?

Nyatanya, dunia bisnis ini termasuk dalam dunia yang sangat bercabang terlebih lagi saat kita membahas perencanaan bisnis ini. Misalnya saja, dalam perencanaan keuangan dan perencanaan strategis ini yang ternyata memiliki perbedaan yang cukup besar juga loh! Untuk perencanaan keuangan sendiri, kita akan membahas keuangan dan pengeluaran dari sebuah bisnis tersebut. Lalu, dalam perencanaan strategis sendiri, kita akan membahas beberapa hal. Seperti : rencana pemasaran, pembangunan bisnis, pengambilan keputusan, dan lain lain. Nah, berikut adalah pembahasan singkat mengenai perencanaan keuangan dan perencanaan strategis.

Mari Kita Bahas Apa itu Perencanaan Keuangan

Mari Kita Bahas Apa itu Perencanaan Keuangan

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, perencanaan keuangan dan perencanaan strategis adalah kedua hal yang berbeda. Karenanya, mari kita bahas terlebih dahulu beberapa macam hal yang terkait dalam perencanaan keuangan ini. Umumnya, perencanaan keuangan sendiri dapat menunjukan pengeluaran dan pemasukan dalam bisnis anda, menggunakan kurun waktu tertentu. Karena itulah, perencanaan keuangan ini akan sangat penting untuk menjaga arus keuangan dari bisnis anda.

Umumnya, dalam sebuah perusahaan besar sendiri akan ada beberapa divisi yang benar benar focus dalam mengelola perencanaan keuangan ini. Sehingga, mereka pun nantinya akan bertanggung jawab dalam membuat sebuah laporan yang membahas seluruh kegiatan keuangan dari perusahaan besar tersebut. Mulai dari kerugian perusahaan, aliran pemasukan dan pengeluarkan, dan lain lain yang terjadi dalam perusahaan besar tersebut.

Selain itu, pengelolaan anggaran dalam sebuah perusahaan sendiri sudah menjadi masalah inti dalam perencanaan keuangan ini. Sehingga, divisi keuangan sendiri dalam sebuah perusahaan ini umumnya akan menciptakan sebuah perhitungan. Yang membahas anggaran yang akan bisnis tersebut gunakan dalam beberapa waktu mendatang. Baik itu anggaran produksi, tunai, penjualan, pemasaran, dan lain lain. Kemudian, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan loh untuk menjaga perencanaan keuangan dan perencanaan strategis dari bisnis anda ini. Seperti:

Pahami Terlebih Dahulu Pemasukan dan Pengeluaran dari Bisnis Anda

Pertama, dalam perencanaan keuangan dan perencanaan strategis, anda harus paham akan pemasukan dan pengeluaran bisnis. Dalam perjalanan anda untuk membangun sebuah bisnis, pastinya anda harus memahami bisnis tersebut dengan baik. Mulai dari kelebihan, kekurangan, pengeluaran, pemasukan, ancaman, peluang, dan lain lain. Nah, dengan membuat sebuah rencana keuangan sendiri, anda pun akan lebih mudah lagi untuk menemukan berbagai macam hal tersebut. Karena itulah, setiap anda mengeluarkan dan memperoleh sebuah anggaran tertentu dalam bisnis. Segeralah buat sebuah catatan agar anda dapat merencanakan lagi keuangan bisnis anda tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis anda juga ya!

Tingkatkan Aliran Keuangan Anda

Kedua dalam perencanaan keuangan dan perencanaan strategis, pastikan aliran keuangan terus meningkat. Dalam dunia bisnis, jangan sesekali mencoba untuk menggabungkan antara keuangan pribadi, dengan keuangan bisnis anda secara langsung. Sehingga, anda pun akan lebih mudah lagi dalam Menyusun perencanaan keuangan dan perencanaan strategis dalam bisnis anda tersebut. Kemudian, Ketika anda mengeluarkan sebuah anggaran tertentu dalam bentuk gaji. Pengeluaran tersebut akan tergolong dalam anggaran operasional bisnis anda. Kemudian, penghasilan yang anda terima nantinya dalam bisnis pun dapat anda manfaatkan lagi untuk memperluas jangkauan dari bisnis anda.

Buatlah Sebuah Perencanaan Pengeluaran Bulanan

Ketiga dalam perencanaan keuangan dan perencanaan strategis, siapkan rencana pengeluaran bulanan. Buatlah sebuah perhitungan dari seluruh pengeluaran bulanan bisnis anda, secara teliti dan mendetail. Baik itu pengeluaran bisnis yang wajib, keinginan, kebutuhan, dan lain lain. Karena, dalam dunia bisnis sendiri akan tiba waktunya saat pemasukan anda menjadi lebih kecil dari waktu waktu sebelumnya. Bahkan, terkadang pun anda bisa saja tidak mendapatkan pemasukan sama sekali yang sudah menjadi resiko umum dari sebuah perjalanan bisnis ini. Karena itulah, anda pun harus selalu menjaga pengeluaran bulanan anda dalam memenuhi kebutuhan bisnis ini. Jadi, anda nantinya dapat mempersiapkan sebuah dana gawat darurat Ketika bisnis anda sedang surut pemasukannya.

Persiapkan Dana Darurat Bisnis Anda

Terakhir dalam perencanaan keuangan dan perencanaan strategis, selalu siapkan dana darurat. Ketika anda memutuskan untuk menjalani profesi sebagai pelaku bisnis. Pastinya anda akan siap untuk menerima resiko bahwa pemasukan bisnis anda tidak akan selalu stabil. Karenanya, dana darurat ini pun akan membantu anda saat pemasukan anda tersebut tidak lancar seperti biasanya. Sehingga, Ketika anda sedang tidak mendapatkan pemasukan apapun. Dana darurat ini pun masih tetap ada untuk membantu anda memenuhi kebutuhan harian dari bisnis tersebut.

Kemudian, Apa Itu Perencanaan Strategi Sendiri?

Sebelumnya, kita telah membahas hal hal penting pada perencanaan keuangan dalam perencanaan keuangan dan perencanaan strategis ini. Karenanya, inilah saatnya kita membahas lagi apa yang dimaksud dengan sebuah perencanaan strategi ini. Nah, kira kira apakah strategi dalam perencanaan keuangan dan perencanaan strategis ini akan lebih penting daripada perencanaan keuangan? Inilah jawabannya!

Ketahui dan Amankan Posisi Bisnis Anda

Pertama dalam perencanaan keuangan dan perencanaan strategis, anda harus memahami posisi bisnis. Dengan mengetahui dan mengamankan posisi bisnis anda dalam perencanaan keuangan dan perencanaan strategis, anda pun sudah mempunyai persiapan. Untuk menyambut proses kerja yang akan terjadi pada bisnis anda selanjutnya. Dengan begitu, anda pun dapat mengetahui Langkah selanjutnya yang harus anda ambil dalam dunia bisnis ini. Serta mengetahui cara yang harus anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Jika perlu, anda pun dapat melibatkan beberapa pihak ketiga juga untuk mempersiapkan posisi bisnis anda tersebut. Misalnya saja dengan memperhatikan interaksi konsumen dengan bisnis anda tersebut secara langsung.

Selain itu, cobalah untuk membentuk sebuah visi dan misi juga dalam bisnis jika anda mungkin belum memilikinya. Dengan begitu, anda maupun tim anda pun nantinya akan lebih mudah lagi untuk mengetahui. Kesuksesan apa yang ingin anda dapatkan dalam sebuah bisnis ini. Selain itu, visi dan misi pun juga dapat anda gunakan juga untuk membuat strategi dalam mencapai tujuan bisnis anda juga loh!

Utamakan Tujuan Bisnis Anda

Kedua dalam perencanaan keuangan dan perencanaan strategis, selalu utamakan tujuan bisnis. Setelah anda memahami dengan baik posisi dan letak bisnis anda dalam pasar dan persaingan saat ini. Selanjutnya adalah Langkah anda untuk menentukan tujuan dari bisnis anda tersebut. Jangan lupa, tujuan bisnis ini pun juga harus sesuai dengan visi dan misi yang sebelumnya sudah anda ciptakan juga ya! Selain itu, pastikan juga bahwa anda dapat selalu mengukur kesuksesan dari strategi bisnis anda melalui tujuan yang anda buat tadinya.

Tingkatkan Rencana Bisnis Anda

Ketiga dalam perencanaan keuangan dan perencanaan strategis, tingkatkan rencana bisnis anda. Ketika anda sudah memutuskan untuk menjadi seorang pelaku usaha. Maka pada saat itu jugalah anda harus selalu siap dengan sebuah rencana untuk bisnis anda. Dengan begitu, anda pun dapat membuat sebuah Teknik dan Langkah terurut yang dapat membantu anda untuk mencapai tujuan anda sebelumnya. Ketika anda sudah memutuskan untuk menjadi seorang pelaku usaha. Maka pada saat itu jugalah anda harus selalu siap dengan sebuah rencana untuk bisnis anda. Dengan begitu, anda pun dapat membuat sebuah Teknik dan Langkah terurut yang dapat membantu anda untuk mencapai tujuan anda sebelumnya. 

Eksekusi dan Terus Memantau Rencana Bisnis Tersebut

Terakhir dalam perencanaan keuangan dan perencanaan strategis, eksekusi dan monitoring rencana tersebut. Setelah rencana tersebut selesai anda ciptakan. Maka, sekarang ini adalah waktu yang tepat untuk anda melakukan eksekusi. Awalnya, cobalah untuk membagikan rencana bisnis tersebut kepada tim jika anda sudah memilikinya. Lalu, anda pun dapat mulai untuk melakukan eksekusi rencana tersebut. Cobalah untuk lebih menyederhanakan lagi rencana tersebut, agar lebih sesuai lagi dengan situasi dan kondisi dari bisnis anda. Selain itu, cobalah untuk memanfaatkan beberapa KPI juga agar anda dapat memastikan apakah rencana tersebut sudah sesuai, atau masih membutuhkan beberapa perbaikan.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang