SupportStartup

SEO Friendly, Proses Optimasi yang Wajib Anda Terapkan Pada Website !

Website yang dapat menempati peringkat pertama pada hasil pencarian organik ini tentunya merupakan impian dari segala pebisnis dan merupakan tujuan utama dari jasa konsultan marketing. Dengan website tersebut, mereka pun dapat dengan mudah untuk meningkatkan dan juga mengembangkan bisnis dan usaha mereka. Selanjutnya, salah satu cara yang mereka lakukan untuk mendapatkan peringkat pertama tersebut. Baik itu dengan menggunakan sebuah layanan iklan. Ataupun dengan mengoptimasikan website atau digital marketing landing page mereka agar SEO friendly. Apakah mereka melakukannya dengan mandiri ataupun dengan bantuan konsultan SEO & internet marketing.

Namun, untuk mendapatkan sebuah website yang terbilang SEO friendly ini tentunya bukanlah hal yang mudah. Seorang pemilik website ini tentunya harus melakukan berbagai macam strategi menaikkan omset penjualan ataupun optimasi website. Tak hanya itu, teknik SEO ini juga termasuk teknik yang sangat populer pada dunia bisnis. Karena itulah, persaingan untuk mengoptimasi website bisnis agar SEO friendly ini pun menjadi sangat sulit bagi pebisnis. Mereka selalu berlomba lomba dengan berbagai trik & strategi mereka masing masing agar mendapat peringkat pertama tersebut. Baik dengan ilmu mereka sendiri ataupun dengan bantuan konsultan SEO & internet marketing. Dengan begitu, bisnis mereka pun akan lebih cepat berkembang karena telah banyak orang yang mengetahuinya.

Karena itulah, apabila anda seorang pebisnis namun tidak mempunyai sebuah website yang SEO friendly. Merupakan hal yang sangat disayangkan karena anda telah melewatkan berbagai macam kesempatan emas tersebut. Tak hanya itu, banyaknya jasa optimasi SEO website dari konsultan analisa website ataupun juga konsultan SEO ini pun juga menjadi sebuah alasan akan mengapa anda harus mempunyai website yang SEO friendly. Karena, apabila anda tidak mempunyai waktu optimasi. Maka pakar digital marketing yang melayani jasa SEO tersebut lah yang akan membantu anda. Nah, agar anda mengetahui secara betul manfaat & penjelasan dari SEO friendly ini. Berikut adalah penjelasan yang wajib anda simak sebagai pebisnis!

infografis tentang konten SEO friendly

Pertama, Mari Kita Bahas Apa Itu Sebenarnya SEO Friendly

Perlu anda ketahui sebelumnya, sebuah algoritma dari mesin pencari Google ini akan mempunyai sebuah pandangan yang berbeda dari mata manusia dalam melihat sebuah website. Jadi, apabila anda melihat sebuah website ini mempunyai sebuah tampilan yang sangat menarik. Dengan menggunakan berbagai macam “typografi” yang bagus & perpaduan gambar yang sesuai.

Maka belum tentu algoritma mesin pencarian Google dapat melihat semua tampilan tersebut dalam website anda. Karena itulah, walaupun seorang yang pandai dalam membuat atau mendesain sebuah website. Belum tentu juga memahami kriteria apa saja yang dibutuhkan Google agar dapat membaca website tersebut sesuai dengan haparan.

Kemudian, apabila berbicara tentang SEO friendly ini. Maka ada pembahasan secara merinci yang harus kita bedah tuntas. Pertama, SEO ini adalah sebuah layanan optimasi website serta seluruh kontennya agar orang orang dapat menemukannya dengan mudah pada search engine. Selanjutnya, sebuah konten ini adalah seluruh informasi yang tersedia dalam sebuah website tersebut dan dapat dibaca oleh siapapun yang mengunjungi website itu.

Dengan begitu, jika kita ambil sebuah kesimpulan dalam pembedahan penjelasan tersebut. Maka sebuah website yang memiliki konten SEO friendly ini merupakan sebuah website yang tak hanya memiliki konten informatif. Tetapi juga berguna dalam meningkatkan traffic untuk sebuah website tersebut dengan menggunakan mesin pencarian. Selanjutnya, pembuatan sebuah konten SEO friendly ini lebih mengutamakan sudut pandang search engine dalam pembuatannya. Sehingga, konten tersebut akan berguna dalam mengungguli sebuah persaingan pasar dengan kompetitor. Nah, tentunya seorang konsultan SEO & internet marketing pun mempunyai tips mereka sendiri dalam proses optimasi.

Ingin Mengoptimasi Konten Website Agar SEO Friendly? Perhatikan Hal Berikut!

Dalam membuat ataupun mengoptimasi sebuah situs web agar menjadi SEO friendly ini. Tentunya anda harus memperhatikan juga berbagai macam kriteria standart dari Google juga dengan trik serta tips dari konsultan SEO & internet marketing. Dengan begitu, anda pun akan dapat dengan mengetahui bagian mana saja yang telah sesuai dengan algoritma pencarian Google. Juga bagian mana saja yang membutuhkan perhatian lebih pada website anda. Karena itulah, agar anda dapat dengan mudah mengoptimasi sebuah situs web. Beberapa hal yang wajib anda perhatikan dalam strategi sales marketing ini adalah:

Perhatikan Dengan Seksama Apakah Konten Anda Dapat Dengan Mudah Ter index Oleh Google

Maksud dari ter index Google adalah, Google dapat dengan mudah mengenali dan membaca konten tersebut dan kemudian memasukannya ke dalam database mereka. Dengan begitu, konten yang anda cipatakan ini nantinya akan dapat dengan cepat tayang dalam hasil pencarian Google seperti halnya company profile konsultan marketing. Kemudian, dalam proses pembuatannya sendiri, Google ini mengatakan bahwa format konten yang paling mudah mereka baca adalah HTML.

Karena itulah, anda tentunya harus mencoba untuk mengurangi penggunaan berbagai macam format lain. Baik itu flash, java, video, audio, sebuah gambar, ataupun berbagai macam format lainnya. Dengan begitu, Google pun akan dengan segera memasukkan konten anda pada database mereka. Tak hanya itu, teks dengan format HTML ini pun juga terbilang cukup mudah apabila pengunjung membaca sebuah konten tersebut.

Akan tetapi, pembuatan sebuah website yang hanya menggunakan HTML saja tentunya akan terasa sangat membosankan dan kurang menarik. Karena itulah, apabila anda ingin menambahkan berbagai macam elemenlain. Baik itu sebuah gambar, video, ataupun hal lainnya. Anda dapat mencoba untuk menerapkan beberapa tips berikut ini!

  • Apabila anda ingin menambahkan sebuah gambar, baik itu pelengkap ataupun sebuah konten utama untuk website anda. Tambahkan juga alternate text pada gambar tersebut agar Google dapat mengenalinya dengan mudah. Selain itu, Google pun dapat mengenali gambar tersebut apabila dalam keadaan tertentu, gambar anda rusak dan tidak dapat tampil.
  • Tambahkan sebuah internal linkin pada konten anda yang berguna untuk navigasi pada mesin pencari Google. Selain itu, internal link dan navigasi ini juga sangat berguna pada proses crawl atau perayapan.
  • Dalam penggunaan konten teks berformat flash & java, anda dapat mencoba untuk menambahkan teks HTML agar meningkatkan kinerja SEO mereka.
  • Tambahkan sebuah teks subtitle dalam sebuah konten berformat audio atau video apabila anda ingin mereka tergabung dalam database Google.

Gunakan Sudut Pandang Algoritma Pencarian Google Dalam Membuat Konten

Pembuatan konten sendiri tentunya akan membutuhkan perhatian khusus apabila anda ingin sebuah konten tersebut segera ter index dalam database Google. Karena itulah, seorang pembuat konten ini terkadang akan melakukan berbagai pengecekan ulang apakah konten yang mereka buat ini telah sesuai dengan aturan dan juga persyaratan yang diberikan oleh Google. Tak hanya itu, hal ini juga terjadi karena ternyata, banyak sekali website yang mengalami masalah indexing ini. Akan tetapi, apabila anda mendapatkan bantuan langsung dari konsultan SEO maupun pembicara digital marketing, tentunya anda tidak perlu khawatir terhadap masalah ini.

Karena itulah, tak jarang juga para pembuat konten ini akan mencoba untuk menggunakan berbagai macam tools yang dapat membantu mereka. Dengan menggunakan tools yang tersedia ini, mereka dapat melihat konten yang mereka buat ini dengan menggunakan sudut pandang dari Google. Kemudian, beberapa contoh tools yang mereka gunakan ini. Adalah : MozBar, SEO browser, Google’s Cache, Wayback Machine, Snapchive, dan lain sebagainya yang tersedia secara gratis atau bahkan berbayar. 

Selanjutnya, dengan menggunakan berbagai macam tools cache tersebut. Mereka pun dapat mengetahui berbagai macam elemen yang terdapat pada website dan juga konten mereka. Anda juga bisa dengan menggunakan jasa konsultan SEO untuk belajar tentang hal ini. Dengan begitu, mereka pun dapat mengetahui, elemen mana yang butuh peningkatan, dan elemen mana yang telah sempurna. Tak hanya itu, sering kali dalam menggunakan tools ini. Ada beberapa text atau bahkan seluruh halaman yang ternyata hilang dan tidak dapat dibaca.

Nah, pada kasus tersebut, sebuah text atau bahkan seluruh halaman tersebut ini terkadang menggunakan sebuah format yang lebih kompleks lagi sehingga tidak terbaca oleh Google. Dengan begitu, Google pun tidak dapat memasukkan konten tersebut kedalam database mereka karena memang tidak ada konten apapun yang dapat ditampilkan. Karena itulah, penggunaan sebuah teks dengan format HTML ini sangatlah penting untuk anda terapkan dalam sebuah website SEO friendly.

Tanpa menggunakan berformat HTML itu tadi, maka halaman yang tersedia itu pun akan terlihat kosong dan tidak dapat ter index oleh algoritma pencarian Google. Dengan begitu, website tersebut pun akan sulit sekali untuk mendapatkan peringkat 1 pada hasil pencarian Google. Selanjutnya, hal ini pun juga menunjukkan bahwa penggunaan tools cache ini merupakan salah satu hal penting dalam memastikan bahwa website anda mempunyai peluang dalam menempati peringkat 1 pencarian. Karena itulah, dalam melakukan perannya sendiri, seorang konsultan SEO, pembicara digital marketing, pembuat konten, dan lain sebagainya. Harus selalu berhati hati dan mematuhi seluruh aturan yang diberikan oleh Google.

Kenali Bentuk & Jenis Link yang Mudah Ter Index Oleh Google

Seperti yang kita bahas sebelumnya, sebuah mesin pencari seperti algoritma pencarian Google ini sangat membutuhkan sebuah link untuk menemukan sebuah konten. Karena itulah, sebuah bentuk link yang baik dan sesuai dengan permintaan Google ini tentunya akan menjadi hal yang sangat membantu Google. Dengan bentuk link yang bagus ini, Google pun akan dapat dengan mudah menemukan berbagai macam konten yang tersedia pada sebuah website tersebut.

Selanjutnya, tak jarang juga seorang web developer, pembuat konten, atau bahkan sekelas konsultan & pembicara digital marketing ini melakukan beberapa kesalahan dalam pembuatan link ini. Baik itu berakibat fatal atau pun tidak. Mereka seringkali membuat sebuah bentuk navigasi yang sangat menyulitkan Google dalam menemukan sebuah konten. Dengan begitu, Google pun tidak akan dapat mengakses konten yang mereka buat tersebut dan akhirnya, konten tersebut pun berakhir dengan tidak ter index.

Sebagai contoh kasusnya, Google akan memulai sebuah perjalanan yang berawal pada halaman utama website tersebut. Kemudian, setelah Google selesai membaca seluruh konten pada halaman utama ini. Google pun menemukan sebuah atau beberapa link yang dapat mengarah kepada halaman selanjutnya yang tersedia pada website tersebut. Setelah itu, pemilik website ini menambahkan beberapa konten baru pada website tersebut.

Alhasil, karena konten tersebut adalah konten baru, pemilik website ini pun lupa untuk memperbarui halaman sebelumnya dan menambahkan link pada konten terbaru ini. Dengan begitu, Google pun tidak akan memiliki sebuah jalan yang dapat ia lalui dengan mudah dan menganggap bahwa konten tersebut tidak tersedia dalam sebuah website tersebut. Karena itulah, tak peduli semenarik & sebagus apapun konten yang anda buat ini. Akan menjadi sebuah hal yang sia sia apabila Google tidak dapat menemukan sebuah jalan untuk membaca konten tersebut.

Selanjutnya, website tersebut pun akan tergolong pada sebuah website yang tidak menerapkan prinsip SEO friendly. Dengan begitu, seseorang yang berperan dalam bidang digital marketing seperti halnya konsultan SEO dan juga pembicara digital marketing. Selalu mengikuti update terbaru dalam algoritma Google agar mereka dapat membuat konten mereka selalu menduduki peringkat atas.

Mengapa Halaman Anda Tidak Tersedia Dalam Hasil Index Google?

Apabila anda selesai membuat sebuah konten untuk website anda misalnya saja website kursus digital marketing online, tentunya anda akan berharap agar konten tersebut dapat tayang dengan segera. Akan tetapi, setelah menunggu beberapa saat atau bahkan beberapa hari. Konten tersebut tetap tidak tayang dalam hasil pencarian Google.

Karena itulah, anda mungkin akan langsung bertanya tanya tentang apa yang mengakibatkan konten tersebut tidak segera tayang pada Google. Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini adalah beberapa alasan akan mengapa konten anda tidak segera tayang dalam hasil pencarian Google menurut konsultan SEO & internet marketing.

Pastikan Bahwa Pengunjung Tidak Mengisi Form Apapun Saat Mengunjungi Halaman Lain

Algoritma yang bertugas untuk mengindex sebuah website ini pada umumnya akan bertugas untuk membaca sebuah konten saja pada sebuah website. Karena itulah, apabila anda mempunyai sebuah form yang harus pengunjung tersebut isi apabila ingin mengunjungi halaman selanjutnya. Tentunya Google tidak dapat melakukan tersebut & akan segera meninggalkan website anda tanpa mengindex halaman lainnya. Padahal, form ini adalah salah satu hal yang sangat penting dalam jasa landing page profesional apabila digunakan dengan benar.

Penggunaan JavaScript yang Berlebihan

Seperti yang dibahas sebelumnya, Google ini mengatakan lebih menyukai format HTML daripada format lainnya pada hasil index. Karena itulah, dalam pembuatan sebuah konten ataupun website. Usahakan anda untuk meminimalisir penggunaan javascript. Akan tetapi, apabila anda sangat membutuhkan script JS tersebut. Maka coba gabungkanlah script tersebut dengan beberapa format text HTML. Nah, apabila anda merasa kebingunan, tentunya anda dapat meminta pertolongan dari konsultan SEO & internet marketing.

Pemblokiran Link Halaman Oleh Sebuah Robot

Pada umumnya, sebuah robot ini akan bertugas untuk mengamankan informasi penting yang tersedia dalam website tersebut. Dengan begitu, beberapa robot pun akan kesulitan apabila ingin mencuri sebuah data dari sebuah website. Akan tetapi, penggunaan robot tag & txt ini malah seringkali menghalangi Google dalam mengindex sebuah halaman tersebut. Karena itulah, anda pun dapat mencoba untuk memperhatikan hal ini apabila konten anda tidak segera terindex oleh Google.

Penggunaan Internal Link yang Berakhir Dengan Spam

Algoritma indexing Google ini memang akan & menyukai beberapa internal link yang tersedia pada suatu halaman website. Akan tetapi, hal ini malah seringkali disalahgunakan oleh beberapa website developer yang menggunakan ratusan hingga ribuan link pada satu halaman saja. Google pun tentunya sangat membenci hal tersebut dan akan mengakibatkan website tersebut mendapatkan sebuah penalty karena tindakan link spamming itu tadi. Karena itulah, gunakan internal link ini secukupnya saja, sesuai dengan arahan konsultan SEO & internet marketing, serta pembicara digital marketing.

Penggunaan Keyword yang Tidak Teratur & Salah Target

Dalam proses pembuatan konten SEO friendly, keyword ini merupakan sebuah senjata utama yang digunakan oleh konsultan online marketing dan konsultan SEO dalam membuat konten tersebut. Selain itu, keyword ini pun juga merupakan hal yang sangat penting dalam membantu Google untuk mengindex sebuah halaman.

Kemudian, keyword ini pun akan berguna untuk menentukan peringkat pada hasil pencarian sesuai dengan keyword yang konten tersebut gunakan. Akan tetapi, ada beberapa kesalahan yang sering kali dilakukan oleh seorang website developer ataupun pembuat konten. Seperti :

Penempatan Keyword Pada Sebuah Konten

Dengan anda menempatkan keyword ini pada sebuah konten website. Maka anda pun secara tidak langsung telah membangun sebuah komunikasi dengan algoritma mesin pencari Google. Selanjutnya, saat seorang pengguna internet ini memasukkan sebuah kata pada kolom pencarian Google. Maka Google pun akan segera menghadirkan sebuah informasi yang sesuai dengan kata kunci tersebut.

Kemudian, algoritma mesin pencari Google ini pun akan mempertimbangkan sebuah penggunaan keyword ini pada suatu website. Dengan begitu, Google pun dapat mengetahui seberapa relevannya konten yang anda sediakan pada website tersebut dengan kata kunci yang dicari oleh orang lain pada kolom pencarian. Karena itulah, untuk menjamin agar website anda ter index oleh Google, anda pun dapat mencoba untuk memasukkan keyword ini pada judul SEO, tulisan konten, & juga Meta Tag dari halaman tersebut. Anda juga bisa belajar atau menggunakan jasa dari konsultan SEO jika masih belum memahami teknik ini.

Mengoptimasikan Keyword Dengan Cara yang Salah

Memang benar, keyword ini adalah hal yang sangat penting bagi sebuah website dalam bersaing dengan kompetitor bisnis mereka pada hasil pencarian. Akan tetapi, sayangnya banyak orang atau bahkan beberapa konsultan SEO & internet marketing yang salah dalam menyerap hal ini & menggunakan serta mengoptimasikan keyword ini secara berlebihan pada halaman mereka.

Dengan begitu, beberapa pebisnis atau konsultan SEO & internet marketing ini pun berharap untuk memanipulasi algoritma pencarian Google untuk mendapatkan peringkat pertama pada hasil pencarian. Sayangnya, teknik over stuffing ini merupakan teknik lama & Google pun telah menemukan solusi dalam mengatasi masalah ini. Dengan begitu, algoritma Google pun dapat mengetahui dengan betul apakah pebisnis atau konsultan SEO & internet marketing ini mengoptimasi keyword secara berlebihan atau tidak.

Kemudian, dalam penggunaannya sendiri, ada sebuah jumlah normal dari penggunaan keyword ini sesuai dengan jumlah kata pada sebuah konten. Maksudnya, apabila konten artikel anda mempunyai 2.500 kata, anda pun harus memasukkan yang anda gunakan sebanyak 6 sampai 10 kali. Akan tetapi, apabila anda mempunyai sebuah konten dengan 7.500 kata, maka anda pun harus memasukkan keyword utama sebanyak 20 hingga 25 kali.

Selain itu, keyword yang anda gunakan pun juga harus sesuai dengan konten yang anda buat. Sebagai contohnya, apabila anda ingin menggunakan sebuah keyword “Digital Marketing Online” Maka konten yang anda buat harus memuat berbagai macam informasi tentang digital marketing.

Tag Judul Pada Konten Buatan Anda

Tag judul ini merupakan sebuah tulisan singkat yang merangkum seluruh isi dan informasi yang tersedia pada konten anda. Karena itulah, pembuatan tag judul yang sesuai ini pun sangatlah penting untuk sebuah konten yang SEO friendly. Selanjutnya, pembuatan judul pun juga harus memperhatikan beberapa hal penting. Seperti :

Isi & Panjang dari Judul Konten

Dalam penerapannya, Judul konten yang terbilang SEO friendly ini akan mempunyai panjang yang ideal. Tidak kurang & tidak lebih, yaitu 50 – 70 karakter. Apabila anda melebihi 70 karakter ini, maka judul dari konten anda pun tidak akan terlihat pada hasil pencarian. Selanjutnya, dalam pembuatan judul ini, anda pun dapat mencoba untuk memasukkan keyword anda pada bagian awal judul. Dengan begitu, Google pun akan lebih menganggap konten anda sebagai konten SEO friendly.

Buatlah Sebuah Judul yang Menarik & Jelas

Sebuah judul dari suatu konten ini merupakan first impression dari konten ataupun sebuah website tersebut secara menyeluruh. Karena itulah, dengan menggunakan judul yang dapat menarik perhatian pengguna internet. Tentunya anda pun akan dapat meningkatkan traffic website dengan cara yang mudah.

Tag Meta Pada Website ataupun Konten

Pada umumnya, sebuah tag meta ini hanyalah bertugas untuk memberikan sebuah informasi singkat yang dapat menjelaskan isi dari website. Namun, dalam proses optimasi SEO friendly ini, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam tag meta. Seperti :

Robot Meta

Penggunaan meta robot ini dapat mempermudah mesin pencari apabila sebuah halaman ini dapat dirayap atau tidak. Karena itulah, anda tentunya harus memanfaatkan tag meta ini agar anda dapat menyesuaikannya dengan konten anda.

Deskripsi Meta

Singkatnya, deskripsi meta ini akan memberikan sebuah ulasan singkat pada pengguna internet tentang isi dari sebuah halaman meta tersebut. Walaupun Google sendiri mengatakan bahwa mereka tidak akan memasukkan deskripsi meta ini pada algoritma indexnya. Deskripsi meta ini pun tetap mempunyai peranan yang sangat penting dalam mempengaruhi pengguna internet untuk meng klik konten tersebut.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang