SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Bagaimana Menyusun Strategi Pembuatan Bisnis Online Shop Ini?

Untuk menyusun strategi pembuatan bisnis online shop sendiri. Banyak sekali cara yang dapat anda lakukan sehingga konsumen dapat tertarik dengan bisnis online shop anda. Namun, dari banyaknya berbagai variasi dari cara untuk menarik perhatian konsumen tersebut. Ternyata hingga saat ini konten masih menjadi sebuah media yang efektifitasnya masih terbilang sangat tinggi loh! Bahkan, penggunaan konten ini pun dapat anda manfaatkan juga dalam beragam platform pemasaran online. Baik itu marketplace, youtube, tiktok, sosial media, website, dan lain lain.

Sehingga, hal ini pun menjadikan banyak dari pelaku bisnis online shop yang kemudian berlomba lomba untuk menciptakan konten menarik. Selain itu, Ketika anda memanfaatkan konten dalam menyusun strategi pembuatan bisnis online shop ini. Ada peluang juga loh bahwa konten yang anda ciptakan tersebut dapat viral dalam dunia internet. Sehingga, penjualan dari bisnis anda pun akan otomatis mengalami peningkatan deh! Memang, membuat konten yang benar benar menarik sendiri bukanlah hal mudah apalagi jika anda baru memulai dalam berbisnis. Akan tetapi, ada beberapa cara yang dapat anda terapkan dalam menyusun strategi pembuatan bisnis online shop ini loh! Tertarik? Inilah pembahasannya.

Strategi Online Shop Susah Inilah Cara Menyusunnya!

Strategi Online Shop Susah? Inilah Cara Menyusunnya!

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, menyusun strategi pembuatan bisnis online shop sendiri bukanlah hal yang mudah untuk anda lakukan. Akan tetapi, bukan berarti hal tersebut menjadikan anda tidak memiliki cara lain ya dalam Menyusun strategi ini! Nah, inilah beberapa hal yang dapat anda terapkan dalam menyusun strategi pembuatan bisnis online shop!

Buatlah Konten Promosi yang Singkat dan Jelas

Apabila konsumen online shop anda melihat sebuah postingan dengan caption yang Panjang, bertele tele, dan pesan utamanya tidak jelas. Pastinya mereka pun akan langsung pergi meninggalkan akun online shop anda. Karena itulah, pastikan bahwa konten promosi anda tersebut mempunyai caption yang singkat dan juga jelas ya! Dengan begitu, calon konsumen anda pun akan lebih mudah lagi dalam memahami pesan yang anda coba sampaikan kepada mereka. Namun, jangan membuat konten yang terlalu singkat juga. Yang menjadikan anda terlihat tidak niat untuk membuat konten tersebut.

Melainkan, coblaha untuk membuat sebuah paragraph dalam konten anda, yang mengandung beberapa fakta dan realita. Yang cukup menarik dari bisnis anda tersebut. Selain itu, jangan lupa bahwa emosi pun juga dapat anda manfaatkan juga dalam pembuatan konten ini agar calon konsumen lebih tertarik untuk membacanya. Kemudian, memberikan beberapa kalimat tanya sendiri ternyata dapat meningkatkan ketertarik calon konsumen anda loh terhadap konten tersebut.

Berikan Konten Visual yang Dapat Menarik Perhatian

Konten visual baik itu gambar ataupun juga video sendiri dapat menyempurnakan kegiatan anda dalam menyusun strategi pembuatan bisnis online shop. Karena, banyak sekali studi penelitian yang mengatakan bahwa manusia sendiri pada umumnya lebih tertarik untuk membaca sebuah gambar daripada dengan tulisan. Karena itulah, banyak pelaku bisnis yang kemudian menggunakan konten visual baik itu gambar maupun video untuk meningkatkan penjualan dari bisnis mereka.

Selain itu, bukannya anda akan merasa sangat bosan jika anda scrolling melalui sosial media. Namun postingan yang anda temukan sendiri hanyalah berupa tulisan semua tanpa gambar sedikitpun? Nah, hal itulah yang sekiranya konsumen anda rasakan Ketika anda tidak menampilkan konten visual yang cukup untuk mereka. Terlebih lagi jika anda menggunakan platform sosial media seperti Instragram yang penggunaan konten gambar maupun video. Menjadi daya Tarik satu satunya dari platform tersebut.

Maksimalkan Konten Visual Dengan Beberapa Hal Berikut:

  • Pastikan resolusi gambar dan video anda adalah full HD atau bahkan 4K;
  • Utamakan pengambilan gambar dari produk yang anda jual secara langsung. Serta tidak mengambil gambar milik orang lain atau melalui Google;
  • Ketika anda melakukan post melalui website ataupun blog, cobalah memberikan gambar setiap 500 kalimat. Agar pembaca tidak bosan dengan artikel yang anda berikan.

Pastikan Anda Menggunakan Tagar yang Tepat

Jika kita melakukan optimasi dalam website, pastinya kita akan mengenal istilah keyword bukan dalam SEO? Nah, dalam sosial media sendiri, tagar inilah yang menjadi sebuah alternatif dari penggunaan keyword tersebut. Sehingga, calon konsumen pun nantinya akan lebih mudah lagi untuk menemukan bisnis anda melalui platform sosial media tersebut. Karena itulah, penggunaan tagar dalam sosial media ini sangatlah penting untuk meningkatkan kehadiran bisnis online shop anda dari sosial media tersebut.

Nah, untuk memberikan sebuah tagar secara maksimal dalam menyusun strategi pembuatan bisnis online shop ini. Anda dapat memberikan tagar tersebut kepada post yang anda publikasikan kepada sosial media tersebut. Selain itu, tagar sendiri ternyata dapat meningkatkan peluang konten yang anda publikasikan tersebut. Agar calon konsumen anda lebih sering membagikan post tersebut loh! Karena itulah, banyak sekali pelaku bisnis yang menggunakan tagar ini sebagai Teknik menyusun strategi pembuatan bisnis online shop mereka.

Perhatikan Waktu Anda Saat Mempublikasikan Konten

Ketika anda ingin membagikan sebuah konten baik itu konten biasa ataupun juga iklan berbayar. Jangan hanya sekedar memposting konten tersebut dan selesai begitu saja ya! Karena, permainan waktu pun ternyata juga sangat penting loh dalam kegiatan menyusun strategi pembuatan bisnis online shop ini. Karena, hal ini pun akan menjadikan konten anda lebih banyak mendapatkan views daripada anda sekedar mempublikasikan sebuah konten saja dalam waktu yang tidak teratur. Memang, waktu untuk mempublikasikan konten ini terkadang tidak selalu sesuai karena bisa saja konsumen anda tinggal dalam zona waktu yang berbeda.

Akan tetapi, ada beberapa kriteria dasar juga loh dalam penggunaan waktu ini agar konten anda lebih optimal lagi sebagai bentuk promosi. Misalnya saja dalam waktu waktu istirahat karyawan kantor yakni pukul 12.00 hingga 13.00, atau anda bisa juga membagikan konten ini pada waktu lain. Misalnya saja antara 19.30 hingga 21.30 yang menjadi waktu istirahat tidur bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Selain itu, anda juga dapat membagikan konten ini pada waktu sebelum dan selesai melakukan pekerjaan. Yakni pada pukul 07.00 hingga 16.00 atau 17.00

Berikan Button Share Pada Konten Anda

Terakhir, menyusun strategi pembuatan bisnis online shop dengan memberikan share button pada konten. Memang, dalam sosial media sendiri anda sudah secara otomatis memiliki button share pada setiap post yang anda publikasikan. Karenanya, poin ini pun khusus untuk anda yang mempublikasikan konten melalui website ataupun juga blog dalam media pemasaran. Karena, anda pun juga dapat meningkatkan views website anda melalui sosial media juga loh selain dari SEO! Karena itulah, pastikan bahwa website anda sendiri memiliki sebuah button share yang menuju kepada sosial media. Bisa saja ada beberapa pembaca konten ini yang tertarik untuk membagikan konten anda. Namun tidak dapat menemukan tombol share sama sekali.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang