SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 20 Agustus, 2022

Marketing Online, Penjelasan Lengkap yang Wajib Diketahui

Kegiatan pemasaran merupakan kegiatan yang sangat rumit karena mempunyai beragam cabang dalam ilmunya seperti : marketing digital website, marketing digital lead, marketing digital internet, dan digital pemasaran. yang membutuhkan waktu agar seseorang dapat paham secara betul dengan kegiatan ini. Tidak jarang juga pebisnis menganggap sepele kegiatan ini karena ketidaktahuan mereka terhadap ilmu ini. Padahal, apabila mereka mencari lebih dalam lagi tentang teknik ini, seperti mengikuti seminar pembicara digital marketing ataupun menggunakan jasa konsultan bisnis digital. Mereka pun akan mempunyai banyak sekali keuntungan untuk bisnis mereka. Karena itulah artikel kali ini akan membahas beragam hal yang wajib anda ketahui dalam dunia pemasaran seperti : marketing online, online marketing digital, fungsi landing page digital marketing, dan juga fungsi marketing digital dalam internet.

kegiatan marketing online internet untuk bisnis

Kegiatan Marketing Online

Marketing Online merupakan kegiatan memasarkan layanan yang sebuah perusahaan tawarkan baik berupa produk maupun jasa dengan memanfaatkan teknologi internet agar jangkauan konsumennya lebih luas dan cepat. Kegiatan ini sendiri mempunyai beragam jenis yang dapat dimanfaatkan oleh seorang pebisnis ataupun jasa konsultan internet marketing untuk mempromosikan usahanya. Selanjutnya, marketing online ini juga memadukan teknik pemasaran tradisional seperti SMS, Spanduk, Banner, Poster, dan beberapa hal lainnya. Karena itulah, kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat fleksibel penggunaannya. Tak hanya itu, semua media yang terdapat dalam teknik ini pun juga mempunyai peran dan fungsinya masing masing juga. Apakah itu fungsi landing page digital marketing, ataupun juga fungsi marketing digital sendiri dalam internet.

Mengapa Kegiatan Marketing Online Sangat Penting Untuk Bisnis Anda?

Selain itu, Marketing online juga bisa memperhatikan beberapa faktor utama yang dapat mempengaruhi tingkat efektifitas kegiatan ini seperti teknologi, psikologis konsumen, serta keadaan lingkungan dimana produk dan jasa anda akan ditawarkan. Hal itu akan menjadikan produk anda menjadi sebuah jawaban dari permasalahan yang sedang dialami oleh masyarakat dan masyarakat pun akan sangat senang menggunakan layanan perusahaan anda. Akan tetapi, walaupun produk atau jasa anda seperti jasa bikin logo perusahaan ini menjadi solusi untuk masyarakat. Tanpa strategi marketing online yang tepat oleh jasa marketing online, bisnis anda pun tetap akan sulit dalam menerima perkembangan. Misalnya saja, apabila anda memiliki jasa landing page, anda dapat memberi penjelasan fungsi landing page pada marketing online ini. Lalu, apabila anda melayani jasa marketing online, maka anda bisa menjelaskan juga fungsi marketing online dalam dunia internet.

Prosedur Kegiatan Marketing Online

Semua kegiatan yang berhubungan dengan bisnis seperti jasa optimasi SEO tentunya memiliki standar prosedur kegiatan yang dapat memastikan agar kegiatan anda telah berjalan dengan baik atau tidak. Karena itulah anda perlu mengetahui berbagai prosedur kegiatan marketing online ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berbagai prosedur tersebut adalah :

1. Kegiatan pertama adalah Attract yang bertujuan untuk memberikan informasi terhadap bisnis dan segala layanan anda kepada konsumen agar mereka paham dengan bisnis anda. Selanjutnya, anda juga membutuhkan peralatan atau tools yang dapat mendukung kegiatan ini seperti : website perusahaan yang anda buat sendiri ataupun dengan bantuan jasa pembuatan website umkm, akun sosial media, blog atau artikel, dan yang terakhir keyword untuk memfokuskan kegiatan pemasaran online.

2. Kegiatan kedua adalah Convert yang dilakukan saat konsumen anda tertarik dengan perusahaan atau layanan yang anda berikan. Selanjutnya, anda bisa memberikan beberapa hal penting seperti : tombol CTA, form kontak, atau landing page. Hal tersebut akan berguna untuk mendapatkan informasi penting dari seseorang yang selanjutnya dapat anda kelola agar bisa menjadi pelanggan anda atau yang biasa kita kenal sebagai marketing digital lead. Selanjutnya, anda juga bisa menggunakan JASA PEMBUATAN LANDING PAGE apabila anda tidak mempunyai waktu luang dalam kegiatan berbisnis

3. Selanjutnya, setelah anda berhasil mendapatkan ketertarikan dan informasi dari konsumen, anda bisa melakukan kontak dan memberikan informasi lebih lanjut lagi. Kegiatan Convert ini dapat menambah ketertarikan mereka untuk menjadi pelanggan anda dengan menggunakan tools seperti CRM, email, atau aplikasi sosial media lainnya. Walaupun kegiatan ini berfokus dalam minat konsumen terhadap bidang bisnis anda. Akan tetapi, penggunaan jasa seo cepat pun akan dapat meningkatkan kinerja kegiatan ini.

Online Marketing Digital

Marketing online merupakan kegiatan yang memanfaatkan berbagai media digital seperti jaringan, perangkat, dan platform yang berguna untuk mempromosikan perusahaan dan berbagai layanan yang tersedia dalam bisnis anda misalnya saja jasa konsultasi karir online. Perlu anda ketahui juga bahwa online marketing digital sendiri tidak hanya selalu berfokus pada fungsi marketing digital dalam internet saja.

Melainkan, pemasaran online ini dapat anda artikan juga sebagai inti dari segala teknik pemasaran bisnis kecuali teknik pemasaran tradisional seperti penyebaran brosur secara fisik atau door to door. Contoh kecil pemanfaatannya adalah saat anda mempublikasikan bisnis anda dalam bentuk postingan Facebook atau Instagram. Anda juga dikatakan telah melakukan online marketing digital apabila anda menggunakan layanan iklan tv. Namun, penggunaan berbagai strategi pemasaran online tersebut ini tentunya akan membutuhkan pengawasan dari seseorang yang ahli juga seperti seorang digital marketing konsultan.

Perlukah Kegiatan Digital Pemasaran Untuk Bisnis Anda?

Seringkali, anda secara tidak sadar telah melakukan kegiatan marketing online ini, baik itu melalui promosi melalui sosial media, atau berbagai media lainnya seperti iklan tv. Akan tetapi, hal tersebut tentunya belum cukup optimal untuk mempromosikan bisnis seperti konsultan pemasaran online.

Selanjutnya, apabila anda ingin melakukan kegiatan marketing online ini, ada berbagai hal yang harus anda lakukan riset seperti minat customer, perubahan pasar, peristiwa yang terjadi pada lingkungan sekitar, dan berbagai kegiatan pakar pemasaran lainnya untuk membantu anda dalam pembuatan strategi marketing online di masa depan dalam kegiatan marketing digital internet. Terlebih lagi karena fungsi marketing digital dalam internet sangatlah besar manfaatnya.

Beberapa Teknik Marketing Online

1. Website Resmi Perusahaan
Dalam dunia marketing digital, website akan memberikan peran yang besar terhadap kegaiatn marketing online anda. Anda akan menemukan beragam manfaat seperti penghematan anggaran promosi, media promosi yang mudah serta mudah dijangkau, dan memberikan informasi terhadap perusahaan dan layanan yang anda tawarkan. Terlebih lagi jika anda menggunakan bantuan dari konsultan SEO Indonesia nomor 1. Lalu, ada juga elemen lain dalam website ini yaitu landing page. Yang mempunyai banyak fungsi landing page yang sangat bermanfaat. Terlebih dalam menghasilkan lead dalam strategi marketing online.

2. Search Engine Marketing
Setelah anda memiliki website perusahaan untuk bisnis anda. Langkah selanjutnya yang anda butuhkan adalah membuat website tersebut menempati peringkat pertama dalam pencarian Google dengan melakukan teknik marketing online. Nah, penggunaan SEM ini harus anda perhatikan baik baik karena akan berhubungan langsung dengan pengeluaran biaya bisnis anda. Ada baiknya, anda mengikuti sebuah kursus digital marketing online terlebih dahulu sebelum memulai SEM.

Akan tetapi, dalam melakukan hal tersebut, anda masih mempunyai 2 pilihan optimasi yaitu SEO yang tidak membutuhkan biaya sama sekali namun harganya lebih murah atau SEM yang menggunakan biaya namun mempunyai hasil yang lebih cepat karena anda juga bisa memperoleh lead dari pengunjung website. Namun, walaupun SEO gratis, ada banyak peraturan dari Google yang wajib anda ikuti agar dapat menggunakan SEO ini 100%. Nah, kursus digital marketing juga dapat memberitahukan anda teknik optimasi SEO yang tepat.

3. Social Media Marketing
Selain melakukan promosi maupun optimasi terhadap website perusahaan anda. Sosial media juga mempunyai peran yang tidak kalah penting dalam proses marketing online. Anda bisa menyebarkan perusahaan anda dengan biaya yang minim bahkan gratis. Selain itu, brand perusahaan anda juga akan meningkat dengan banyaknya orang yang mengetahui perusahaan anda. Akan tetapi, anda pun juga harus mengetahui trend terbaru juga dalam menggunakan sosial media ini. Nah, seminar atau workshop pembicara internet marketing ini akan sangat membantu anda.

4. Online Advertising
Online Advertising merupakan cara yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan konsumen dengan cepat dan efektif dalam kegiatan marketing online. Akan tetapi, biaya yang harus anda keluarkan juga relatif lebih tinggi daripada SEM atau Social Media Ads.

5. Email Marketing
Email Marketing sendiri merupakan teknik untuk memberitahu kepada customer lama anda yang telah berlangganan email dengan memberikan informasi terhadap produk atau jasa terbaru dan juga promo terbaru yang sedang berjalan pada bisnis anda.

6. Video Marketing
Video marketing merupakan cara yang lebih efektif apabila anda bandingkan dengan beragam cara marketing online sebelumnya. Pengguna internet sendiri terbukti lebih mudah menerima informasi dengan mendengarkan dan melihat demonstrasi secara langsung daripada membaca tulisan. Selain itu, anda juga bisa memberikan testimonial atau review kepada video anda agar customer lebih percaya kepada perusahaan anda.

Marketing Digital Landing Page

Marketing Digital Landing Page merupakan halaman khusus untuk suatu website yang mempunyai beragam unsur pokok dalam kegiatan marketing online. Landing page ini akan ditampilkan kepada pengunjung anda saat mereka melakukan pencarian melalui paid search atau pencarian berbayar.

Apa Bedanya Marketing Digital Landing Page Dengan Website Itu Sendiri?

Saat anda melihat keduanya secara langsung, anda akan mengetahui perbedaan kedua hal tersebut, baik landing page maupun website. Karena itulah, untuk memberikan perbedaan yang lebih detail lagi, ada baiknya jika anda mengetahui secara langsung konsep yang tersedia pada landing page itu sendiri. Karena itulah, berikut akan kami berikan konsep dari landing page itu sendiri.

Saat anda melakukan pencarian pada Google, anda akan melihat ada empat elemen yang tersedia pada hasil pencarian anda seperti : Paid search results (Google Ads – Search Campaign dan Shopping Campaign), Featured Snippets, dan yang terakhir adalah Organic search results. Hasil pencarian pada featured snippet dan organic tersebut merupakan halaman website yang telah melakukan optimasi baik berupa SEO Off Page maupun SEO On Page agar dapat tampil pada bagian tersebut.

Hal itu jauh berbeda dengan paid search result yang merupakan halaman website yang menggunakan layanan Google ads dan mempunyai unsur marketing online yang menonjol agar pengguna internet tertarik pada layanan yang terdapat pada perusahaan tersebut setelah mengunjungi halaman mereka. Karena itulah, banyak perusahaan yang telah memanfaatkan landing page ini untuk mendapatkan pengunjung.

Hal itulah yang sekiranya membedakan digital marketing landing page dengan website bisnis. Landing page sendiri mempunyai fungsi yang lebih spesifik lagi apabila dibandingkan dengan website. Landing page biasanya akan menampilkan promo yang sedang berjalan, atau juga produk dan layanan terbaru dari perusahaan tersebut. Selain itu, landing page juga mempunyai tulisan SEO Friendly yang bersifat persuasif dan memaksa serta memiliki kontak form agar pembeli dapat dengan mudah menghubungi perusahaan tersebut setelah menemukan sesuatu yang mereka inginkan.

Apa Sih Peran Marketing Digital Landing Page Terhadap Kegiatan Marketing Online?

Landing page sendiri umumnya memiliki dua fungsi pokok dalam pemanfaatannya. Pertama adalah sebagai pengumpul data pengunjung potensial atau lead dalam marketing online. Marketing Digital lead inilah yang merupakan aset penting dari bisnis yang berguna agar calon customer dapat melakukan pembelian nantinya.

Selanjutnya, landing page ini akan mempercepat proses transaksi dengan minimnya pengalihan perhatian pengunjung anda seperti menu dan tombol lainnya yang terdapat pada website. Artinya, landing page sendiri memiliki jalannya sendiri agar pengunjung dapat dengan mudah menemukan produk dan informasi yang mereka butuhkan. Karena itulah, apabila anda mengikuti sebuah jasa konsultasi marketing plan, seringkali mereka akan merekomendasikan penggunaan landing page ini.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang