SupportStartup

Keuntungan Modal Ventura Sebagai Sumber Kehidupan Dalam Berbisnis

Sebuah Lembaga penyalur biaya adalah salah satu dari beberapa badan usaha yang bertugas langsung sebagai sebuah supporter modal. Baik itu melalui dana, ataupun juga sebuah produk. Umumnya, badan Lembaga ini sendiri menjadi salah satu alternatif yang seringkali pelaku bisnis gunakan apabila mereka tidak ingin berurusan langsung dengan sebuah bank. Nah, dari berbagai macam badan usaha ini. Modal ventura adalah salah jeni usaha yang dapat membantu para pelaku bisnis dalam bentuk produk maupun dana tersebut. Selain itu, keuntungan modal ventura sendiri pun juga terbilang cukup menggiurkan loh karena praktik ini sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha UMKM.

Singkatnya, modal ventura ini merupakan salah satu bentuk supporter bisnis dalam bentuk dana ataupun produk yang telah kita bahas sebelumnya. Yang banyak sekali membantu para pelaku usaha UMKM, pelaku bisnis muda, dan seorang wirausahawan. Kemudian, dalam penerapannya ini sendiri. Para pelaku bisnis pun akan menjalin sebuah ikatan kontrak dengan sebuah perusahaan modal ventura tersebut. Dalam kontrak inilah, berbagai keuntungan dari modal ventura dan juga para pelaku bisnis pun akan terlihat jelas dan harus selalu dijaga oleh kedua pihak tersebut. Karena, apabila salah satu pihak melanggar kontrak ini. Maka roda perekonomian pun tidak akan mengalami pergerakan sama sekali.

Sebelumnya, Mari Kita Perjelas Pemahaman Anda Terhadap Modal Ventura Ini!

Awalnya, modal ventura ini sendiri merupakan sebuah istilah yang berasal dari bahasa internasional. Yakni bahasa Inggris dengan nama “venture capital”. Sebagai “venture” ini yang berarti usaha, dan “capital” yang memiliki artian sebagai modal. Kemudian, apabila kita menggabungkan kedua kata ini. Maka, kita pun akan menemukan sebuah kesimpulan tersendiri bahwa. Modal ventura ini memiliki artian sebagai sebuah modal yang para pelaku bisnis baru gunakan dalam memulai usaha mereka. Jadi, modal ventura ini sendiri merupakan sebuah modal yang akan ditanamkan kepada suatu bisnis baru yang tentunya mempunyai resiko nya masing masing. Baik itu dalam bentuk obligasi konversi, pinjaman, ataupun juga dalam bentuk saham. Yang menjadi sebuah keuntungan modal ventura ini.

Kemudian, dalam proses berjalannya modal ventura ini sendiri. Lembaga atau individu yang menyediakan dana ventura ini pun akan menanamkan dana mereka dalam suatu bisnis baru. Kemudian, seiring berjalannya waktu, mereka pun akan berharap untuk mendapatkan keuntungan modal ventura ini berdasarkan dana yang mereka tanamkan tersebut. Akan tetapi, keuntungan yang mempunyai nama capital gain ini berbeda loh dengan istilah bunga ataupun juga dividen. Umumnya, para pelaku bisnis pemula yang menggunakan modal ventura ini sendiri terjadi karena bisnis dan usaha mereka sendiri belum memenuhi syarat pinjaman oleh sebuah bank. Karena itulah, mereka pun akan beralih langsung pada penyedia modal ventura ini untuk pendanaan bisnis mereka.

Singkatnya, dengan kita memperhatikan penjelasan ini tadi. Maka, dapat kita simpulan bahwa modal ventura ini memiliki beberapa ciri. Seperti:
  1. Modal ventura ini bertujuan untuk membantu para pelaku usaha yang baru saja mulai membangun bisnis mereka. Karena, bank tidak dapat memberikan mereka pinjaman dana secara langsung.
  2. Keuntungan modal ventura ini berbentuk dalam sebuah saham yang memiliki resiko yang sangat tinggi apabila sebuah bisnis ini gagal. Namun, keuntungan modal ventura ini akan meningkat drastis apabila sebuah bisnis ini berhasil berkembang.
  3. Proses penanaman dana pada praktik modal ventura ini sendiri tergolong dalam sebuah investasi jangka panjang yang memiliki jangka waktu paling cepat 3 tahun.
  4. Umumnya, modal ventura ini dapat pelaku bisnis ini dapatkan dalam bentuk pinjaman pendanaan untuk bisnis mereka. Namun, modal ventura juga dapat berubah menjadi sebuah saham terhadap bisnis baru tersebut.
  5. Selain dengan mendapatkan modal. Bisnis yang baru saja mulai ini pun juga terkadang mendapatkan pelatihan dan pembinaan lagi dalam manajemen mereka.
  6. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, keuntungan modal venutra ini adalah bentuk capital gain sebagai imbalan. Karena, penanaman modal ini sendiri memiliki resiko yang sangat besar.

Dalam Melakukan Kerja Sama, Inilah Beberapa Pihak yang Terlibat Dalam Modal Ventura

1. Perusahaan Modal Ventura Sebagai Penyalur Dana

Perusahaan modal ventura ini adalah sebuah perusahaan yang berperan langsung dalam mengatur investasi dan juga pendanaan pada sebuah perusahaan. Seperti halnya konsultan maupun kursus digital marketing namun memberikan sebuah dana tambahan. Modal ventura ini juga seringkali memberikan sebuah bantuan manjemen kepada para pelaku usaha muda ini. Jadi, ada beberapa peluang juga bahwa modal ventura ini juga menguasai ilmu dari kursus digital marketing secara langsung.

2. Pelaku Usaha Baru yang Ingin Mendirikan Sebuah Bisnis

Umumnya, mereka adalah para pelaku usaha UMKM baru yang menginginkan bantuan dana agar lebih cepat dalam berkembang. Mulai dari Koperasi, PT atau perseroan terbatas, CV atau Perseroan Komanditer, FIrma, dan lain sebagainya. Akan tetapi, modal ventura ini cenderung membantu sebuah perusahaan yang menyandang nama PT atau Perseroan Terbatas ini.

3. Pemberi Dana Dalam Kesepakatan

Seringkali, sumber pendanaan untuk para pelaku bisnis baru terbagi dalam dua bagian. Yakni:

Dana Berasal dari Modal Ventura Sendiri. Jadi, pemberian dana ini berasal langsung dari perusahaan modal ventura ini kepada para pelaku bisnis yang membutuhkan modal dalam bentuk saham ataupun laba yang ditahan.

Berasal dari Pihak Ketiga. Dengan begitu, modal pendanaan ini pun tidak akan berubah menjadi sebuah modal saham.

Beberapa Keuntungan Modal Ventura dan Kelemahaannya yang Wajib Anda Pahami!

Keuntungan modal ventura tersendiri tergabung dalam beberapa hal juga dalam penerapan praktik bisnis ini. Seperti :

  1. Menjadi sebuah sumber dana untuk para pelaku bisnis muda ingin membentuk dan membangun sebuah bisnsi ini. Namun, mereka tidak mempunyai sumber lain termasuk bank.
  2. Seperti halnya kursus digital marketing, modal ventura juga dapat membantu anda dalam manajemen dana bisnis.
  3. Perusahaan modal ventura ini ternyata sangat peduli pada perkembangan dari perusahaan dan bisnis baru yang mereka tanamkan modal ini. Sehingga, perusahaan modal ventura pun akan selalu mengawasi perkembangan dari perusahaan ataupun bisnis baru ini.
  4. Umumnya, karena perusahaan modal ventura ini telah mempunyai kredibilitas dan nama yang baik. Perusahaan baru ini pun juga akan mengalami kenaikan juga dalam nama bisnis mereka.
  5. Perusahaan dan bisnis yang tergabung dalam modal ventura ini akan lebih mudah dalam meningkatkan dan membangun jaringan mereka.
  6. Karena pemberian dana ini seringkali mengincar sebuah startup dan bisnis UMKM. Maka, perusahaan modal ventura pun senantiasa berperan juga dalam memperluas lapangan kerja.
Setelah kita membahas keuntungan modal ventura. Maka, selanjutnya adalah kelemahan dari praktik bisnis modal ventura ini:
  1. Apabila kita lihat dari jangka waktu modal ventura ini yang cukup panjang. Maka, capital gain pun akan menjadi sangat mahal apabila anda coba hitung menggunakan sistem bagi hasil atau pengembalian.
  2. Umumnya, perusahaan modal ventura ini hanya akan melihat beberapa perusahaan dan bisnis baru yang mempunyai prospek yang bagus.
  3. Apabila perusahaan ini gagal dalam memenuhi permintaan dari perusahaan modal ventura. Maka, perusahaan baru ini pun akan segera di ambil alih oleh perusahaan modal ventura tersebut karena kepemilikan saham ini.

Selain Itu, Ada Juga Beberapa Manfaat dan Keuntungan Modal Ventura Ini!

1. Perusahaan Anda Akan Memiliki Kenaikan Dalam Kegiatan dan Potensi Usaha

Sebuah perusahaan yang menerima penanaman dana dari modal ventura ini pun tidak hanya mereka jadikan sebagai penanaman dana saja. Akan tetapi, mereka pun akan menjadikan sebuah perusahaan ini sebagai mitra kerja. Dengan begitu, perusahaan modal ventura ini pun dapat membantu perusahaan yang mereka tanami modal ini dengan beberapa bantuan. Mulai dari ide, perkembangan perusahaan, inovasi, dan lain sebagainya. Jadi, seperti halnya kursus digital marketing ini. Perusahaan modal ventura pun juga dapat memperluas lagi jangkauan dari bisnis yang mereka beri modal ini.

2. Proses Pemasaran yang Jauh Lebih Optimal dan Efisien

Sebuah bisnis seperti startup maupun UMKM ini sendiri umumnya akan memiliki sebuah strategi pemasaran yang kurang efektif dan optimal. Baik karena sumber dana, ataupun jangkauan ilmu mereka belum seperti kursus digital marketing yang akan selalu up to date. Akan tetapi, dengan menggunakan bantuan modal ventura ini. Maka, perusahan startup dan UMKM ini pun akan memiliki peningkatan dalam kredibilitas maupun citra mereka tersebut. Sehingga, proses pemasaran pun akan menjadi lebih mudah lagi karena banyak orang yang percaya akan perusahaan baru ini.

3. Peningkatan Dalam Aspek Likuiditas

Dengan menggunakan bantuan perusahan modal ventura ini. Perusahaan startup maupun UMKM ini tidak wajib dalam mengembalikan uang dengan angsuran bunga. Dengan begitu, pelaku usaha ini pun akan lebih optimal lagi dalam menggunakan modal dana yang mereka dapatkan tersebut. Sehingga, secara tidak langsung, likuiditas perusahaan mereka pun akan mengalami peningkatan.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang