SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 19 Agustus, 2022

Ingin Bantuan Modal Ventura? Ketahui Dulu Jenis Modal Ventura!

Anda mungkin pernah sesekali mendengar istilah atau bahkan beberapa jenis modal ventura ini. Terlebih jika anda berusaha mencari beragam informasi dari dunia bisnis ini. Akan tetapi, apabila anda baru saja mengetahui istilah dari modal ventura ini. Maka, modal ventura sendiri merupakan sebuah penanaman biaya untuk sebuah bisnis atau perushaan baru yang ingin melakukan perkembangan namun terhadang oleh dana. Selanjutnya, perusahan modal ventura akan memberikan bantuan pada perusahaan tersebut dengan suntikan dana yang akan membantu mereka melakukan perkembangan dan perutmbuhan ini.

Seperti yang anda ketahui sebelumnya, apabila sebuah perusahaan baru ini tidak mempunyai dana yang cukup. Maka, perkembangan pun akan terasa sangat sulit sekali untuk terjadi dalam perusahaan tersebut. Terlebih lagi saat ini persaingan pada dunia internet ini sangat ketat sekali untuk ukuran perusahaan baru. Jadi, mereka pun tentunya tidak memiliki pengetahuan dan juga dana untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi tersebut. Misalkan saja dengan mengikuti sebuah kursus digital marketing. Nah, dalam hal ini sendiri, modal ventura inilah yang akan membantu perusahaan tersebut lepas dari permasalahan dana. Anda mungkin sering menemukan istilah kursus digital marketing dalam dunia internet. Namun, apabila isitilah modal ventura ini terbilang baru untuk anda. Maka, yuk kita sama sama mempelajari istilah bisnis ini!

Sebelumnya, Perkenalkan Anda Terlebih Dahulu Dengan Modal Ventura Ini!

Sebelumnya, Perkenalkan Diri Anda Terlebih Dahulu Dengan Modal Ventura Ini!

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, modal ventura ini merupakan sebuah bentuk investasi dari perusahaan penyedia modal. Kepada para pelaku usaha baru yang ingin mengembangkan usaha mereka. Nah, pemberian investasi ini juga beragam juga loh karena jenis modal ventura ini juga memiliki ketentuan dan syarat yang berbeda juga. Akan tetapi, bentuk umum dari berbagai macam jenis modal ventura ini sendiri adalah bentuk saham yang perusahaan modal ventura tanamkan kepada perusahaan yang membutuhkan bantuan dana tersebut. Pastinya, perusahaan yang memberi modal ini pun akan mempunyai resiko yang sangat besar. Akan tetapi, apabila perusahaan baru ini dapat sukses. Maka, profit yang akan mereka terima pun akan sangat menguntungkan.

Selanjutnya, tidak peduli jenis modal ventura apapun yang perusahaan ini berikan kepada strartup baru. Perusahan modal ventura ini pun akan melakukan riset terlebih dahulu terhadap pasar dan bidang perusahaan ini. Apabila anda perhatikan, hal ini pun juga sama dengan melakukan kursus digital marketing bukan? Nah, setelah melakukan riset dan menemukan bahwa startup baru ini mempunyai resiko yang terlalu tinggi untuk gagal. Maka, perusahaan modal ventura ini pun akan menolak permintaan dari startup tersebut secara langsung. Kemudian, anda mungkin akan bertanya juga. Mengapa harus modal ventura? Bagaimana dengan bank sendiri? Sayangnya, apabila startup baru ini tidak memiliki aset yang memadahi, bank pun juga akan menolak langsung akan pengajuan dana ini. Karena itulah, banyak dari pendiri startup ini pun mengacu pada perusahaan modal yang juga memberikan beragam jenis modal ventura ini kepada pendiri startup tersebut.

Apa Saja Jenis Modal Ventura Ini? Berikut Adalah Penjelasannya!

1. Melalui Cara Dalam Penanaman dan Pemberian Modal

Umumnya, jenis modal ventura ini terbagi juga pada cara penenaman dan pemberian modal. Nah, ada 2 jenis modal ventura yang seringkali perusahaan terapkan. Seperti :

  • Single tier approach

Pertama, adalah jenis modal ventura single tier approach yang berarti bahwa perusahaan ini akan menghimpun dan melakukan pengelolaan dana juga. Yang kemudian mereka tanamkan pada suatu startup dalam bentuk saham joint venture dalam jenis modal ventura ini.

  • Two tier approach

Kemudian, ada juga jenis modal ventura two tier approach. Artinya, modal yang perusahaan besar ini tanamkan natinya. Akan melalui proses pengelolaan oleh dua pihak yang berbeda. Jadi, dana ini pun nantinya akan dikelola oleh dua pihak usaha yang terpisah juga dalam jenis modal ventura ini. Baik itu penyedia, ataupun juga pengelola dana yang mereka tanamkan ini.

2. Proses dan Cara Penghimpunan Modal Ventura Tersebut

Selain dengan jenis modal ventura yang terbagi berdasarkan cara penanaman ini. Selanjutnya, jenis modal ventura juga terbagi dalam cara penghimpunannya juga. Seperti:

  • Leverage venture capital

Jenis modal ventura leverage venture capital ini mungkin berasal langsung dari perusahaan modal ventura. Akan tetapi, proses perolehannya pun akan berasal dari berbagai sosok yang memiliki kepentingan pada modal tersebut.

  • Equity venture capital

Berbeda dengan Leverage venture capital ini. Pada jenis modal ventura equity venture capital. Sumber dana yang mereka berikan kepada sebuah startup ini akan berasal langsung dari perusahaan yang memberikan bantuan dana tersebut secara langsung.

3. Melalui Kepemilikan Atas Modal Venture Tersebut

Terkahir dalam jenis modal ventura ini adalah, pembagian modal ventura berdasarkan kepemilkan dana tersebut. Singkatnya, kepemilikan dana ini pun juga dapat memiliki pengaruh yang sangat berbeda pada jenis modal ventura ini. Seperti:

  • Public Venture Capital Company

Singkatnya, perusahaan publik ini adalah contoh jenis modal ventura yang nantinya akan menjual saham kepemilikan startup. Melalui bursa saham yang tersedia.

  • Conglomerate Venture Capital

Singkatnya, jenis modal ventura ini berasal dari sebuah perushaan modal yang terdiri dari beberapa gabungan perusahaan besar lainnya.

  • Private Venture Capital Company

Seperti namanya, jenis modal ventura dari perusahaan private atau swasta ini berkebalikan dengan jenis publik yang tidak menjual saham mereka pada bursa saham.

  • Bank Affiliate Venture Company

Terakhir namun bukan akhir, pada jenis modal ventura berdasarkan kepemilikan ini. Adalah perusahaan ventura yang berhubungan dengan sebuah bank. Nah, bank ini pun memiliki sebuah tujuan khusus dengan praktik modal ventura ini.

Ingin Menggandeng Investor Dalam Bentuk Modal Ventura? Inilah Caranya!

1. Bergabung Dalam Berbagai Acara Bisnis UMKM

Pameran UMKM sendiri seringkali menarik perhatian dari para profesional dalam dunia pasar. Mulai dari kursus digital marketing, digital agency, investor, ataupun juga perusahaan modal ventura ini. Dengan tujuan, untuk menarik langsung berbagai perusahaan startup yang memiliki prospek bagus untuk masa depan mereka tersebut. Nah, pada bagian inilah para pendiri startup dan pelaku bisnis UMKM ini akan memiliki kesempatan dalam memperkenalkan produk dan jasa mereka.

Umumnya, proses perkenalan ini akan memberikan sebuah peluang agar startup tersebut dapat memperoleh suntikan dana langsung untuk bisnis mereka. Kemudian, dalam acara bisnis UMKM ini. Para pendiri startup dan pelaku bisnis UMKM ini pun juga memiliki kesempatan untuk berhadapan langsung dengan para investor dan perusahaan modal ventura ini.

2. Memberikan Rencana Bisnis Mereka Kepada Investor Dalam Bentuk Proposal

Untuk mencari sebuah modal ventura. Maka, proporsal ini pun kemudian menjadi sebuah senjata penting yang akan bermanfaat untuk para pendiri startup dan pelaku bisnsi ini. Umumnya, proporsal ini pun akan memuat berbagai macam rencana mereka dalam membangun sebuah bisnsi ini. Termasuk juga sumber dana dari bisnis tersebut. Nah, apabila para pelaku bisnis ini telah mengikuti kursus digital marketing ini. Maka, mereka pun pastinya akan mempunyai peluang yang lebih besar lagi untuk menarik perhatian para investor ini.

3. Pengujian dari Para Investor Kepada Pendiri Startup

Poin ini mungkin menjadi poin yang paling penting karena para pendiri startup ini akan mendapatkan berbagai macam pertanyaan dari investor ini. Kemudian, melalui jawaban inilah. Investor pun akan berkesempatan untuk melakukan berbagai macam evaluasi terhadap bisnis. Serta produk ataupun jasa dari pendiri startup ini. Kemudian, investor ini pun seringkali juga memberikan saran dan kritik mereka untuk membuat bisnis ini lebih sempurna lagi. Terakhir, investor ini pun akan memberikan penilaian apakah startup tersebut sudah layak, ataupun tidak.

Beberapa Perusahaan Modal Ventura yang Dapat Membantu Perkembangan Startup Anda

East Ventures

Pertama adalah perusahaan East Ventures. Perlu anda ketahui juga, perusahaan modal ventura ini memiliki usia yang cukup tua loh dengan berdiri pada tahun 2010 lalu. Tak hanya itu, East Ventures sendiri juga menjadi perusahaan modal ventura pertama yang menawarkan penanaman modal pada startup Indonesia. Berbeda jauh dengan berbagai perusahaan multinasional pada Indonesia lainnya yang ragu ragu dalam berinvestasi pada wilayah Indonesia.

IMJ

Kedua, perusahaan IMJ. Perusahaan ini sendiri merupakan salah satu perushaana modal ventura yang memberikan bantuan produk kepada startup pada wilayah Indonesia. Jadi, IMJ ini daripada memberikan dana. Mereka lebih membantu startup ini dengan akses internet, koneksi bisnis, dan juga cara untuk meningkatkan sebuah produk ini yang merupakan salah satu keuntungan modal ventura langsung.

Fenox Venture Capital

Terakhir namun bukan akhir, adalah Fenox Venture Capital sebagai contoh perushaan modal ventura pada wilayah Indonesia ini. Tak hanya itu, Fenox Venture Capital juga mempunyai nama yang cukup populer juga loh pada kalangannya. Karena, dengan melakukan kerja sama dengan Fenox Venture Capital. Anda pun akan mempuyai hubungan langsung dengan beragam perusahaan Jepang, dan juga Silicon Valley di San Fransisco sana.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang