SupportStartup

Guru Profesional Digital Marketing Bisnis, Mentor yang Tepat Untuk Bisnis

Banyaknya penggunaan dan perkembangan teknologi internet saat ini merubah banyak sekali gaya hidup masyarakat dunia. Baik itu dengan pemikiran mereka, kehidupan sosial, ataupun dengan pengelolaan bisnis. Terlebih lagi, dengan penggunaan teknologi komunikasi dan pemasaran yang sangat canggih ini. Tingkat konsumsi dari pengguna internet pun mengalami peningkatan yang sangat besar dan membuat mereka ingin selalu membeli sesuatu. Baik itu untuk memenuhi kebutuhan mereka ataupun sebagai pemenuh keinginan saja. Selain itu, berkembangnya teknologi yang semakin canggih ini juga melahirkan sosok baru seperti guru profesional digital marketing bisnis. Mulai dari membimbing, membantu pembangunan bisnis, jasa konsultan marketing, hingga memberi beberapa contoh landing page produk yang bagus dan juga profesional pada pebisnis. Semuanya dilakukan oleh guru marketing ini.

Karena itulah, banyak sekali perusahaan maupun pebisnis kecil yang sangat menuntut adanya guru profesional digital marketing bisnis untuk membantu mereka. Bukan tanpa sebab, hal itu dikarenakan meledaknya teknik pemasaran canggih ini yang sangat cepat mengganti dan menungguli teknik pemasaran sederhana. Misalnya saja dengan jasa pembuatan logo perusahaan. Apabila para pebisnis dan pengusaha dulu seringkali menggunakan sebuah iklan pada surat kabar, majalah, atau bahkan spanduk. Saat ini media tersebut telah berganti total menjadi sesuatu yang lebih canggih lagi seperti sebuah website ataupun sosial media. Bahkan, mereka pun dapat memeperoleh banyak referensi dari internet seperti strategi pasar ataupun contoh landing page produk yang bagus.

Kemudian, sebuah penelitian di Spanyol sendiri mengatakan bahwa pada 2017 lalu. Jumlah investasi pada teknik iklan digital ini mencapai angka 1.708 euro, atau setara dengan 17.3 juta rupiah. Sedangkan, jumlah investasi pemasaran pada media tradisional ini menjadi semakin menurun dari tahun ke tahun. Karena itulah, adanya kehadiran dari guru profesional digital marketing bisnis ini merupakan sebuah hal yang sangat penting sekali bagi pebisnis. Teknik pemasaran digital ini bukanlah lagi menjadi sebuah keinginan lagi bagi sebuah bisnis. Akan tetapi, telah berubah menjadi sebuah kebutuhan yang krusial yang tidak dapat mereka hindari kehadirannya. Apabila tidak, mereka pun akan kalah saing dengan pasar maupun kompetitor bisnis mereka yang menggunakan  konsultan online marketing .

Infografis Guru Profesional Digital Marketing Bisnis

Selanjutnya, Mari Kita Bahas Guru Profesional Digital Marketing Bisnis Ini

Seorang guru profesional digital marketing bisnis atau yang sering mereka sebut dengan profesional marketer atau mungkin konsultan digital marketing ini adalah sebuah profesi pemasar. Berbeda dengan seorang pemasar pada umumnya, mereka ini menggunakan platform digital atau internet dalam mencapai target pasar mereka. Dengan begitu, guru profesional digital marketing bisnis ini umumnya akan bertanggung jawab untuk branding, merancang strategi menaikkan omset penjualan, atau mempromosikan produk dari perusahaan. Selanjutnya, dalam membangun sebuah kehadiran brand dari sebuah produk perusahaan tersebut. Tak hanya itu, mereka pun dapat memberikan berbagai contoh landing page produk yang bagus maupun tips atau strategi pasar terbaru untuk para pebisnis.

Mereka pun akan menggunakan berbagai cara maupun platform yang tersedia untuk berkomunikasi dengan pasar. Seperti : sebuah website yang dibantu oleh konsultan analisa website Indonesia, blog, sosial media, email marketing, mengambil beberapa contoh landing page produk yang bagus dan menerapkannya sendiri, dan lain sebagainya. Mereka ini mempunyai sebuah keyakinan bahwa dengan menggunakan berbagai macam platform dan teknologi tersebut. Mereka pun akan dapat dengan mudah meningkatkan dan memperluas jangkauan pasar dari sebuah bisnis. Kemudian, proses pemasaran pun akan bejalan dengan lebih optimal dan efisien lagi.

Kemudian, seorang guru profesional digital marketing bisnis, layaknya seorang konsultan digital marketing. Tentunya akan mempunyai banyak sekali kemampuan dan pengalaman dalam teknik tertentu untuk jasa kursus online murah mereka. Terutama lagi, apabila teknik tersebut akan berdampak besar pada proses berjalannya pemasaran sebuah perusahaan. Baik itu dengan pengoptimasian mesin pencari (SEO), Pemanfaatan layanan iklan online (SEM), jasa landing page, melakukan peasaran konten, sosial media, memberikan contoh landing page produk yang bagus, dan lain sebagainya. Selain itu, seorang guru profesional digital marketing bisnis juga tentunya harus dapat membaca trend pasar dan membaca target pasar yang sesuai dengan bidang dari perusahaan tersebut. Dengan begitu, setiap data yang mereka peroleh dari pemasaran dengan iklan ataupun media lainnya ini akan berguna bagi mereka untuk proses evaluasi. Kemudian, mereka pun dapat meningkatkan kinerja penjualan menjadi lebih baik lagi.

Seorang Guru Profesional Digital Marketing Bisnis Akan Melakukan Berbagai Hal Berikut

Sebenarnya, tugas dari seorang guru profesional digital marketing bisnis ini juga berbeda beda tergantung dari perusahaan. Akan tetapi, bila kita tarik sebuah garis besar keseluruhan. Maka tugas pokok dari guru profesional digital marketing bisnis ini pun terbilang sama dengan konsultan digital marketing, yaitu menjelaskan dan mengatur brand bisnis anda.

Artinya, seorang guru profesional digital marketing bisnis ini akan membantu dalam menjelaskan. Tentang : apa itu bisnis anda, tujuan dari bisnis anda, hal apa yang harus dilakukan oleh bisnis anda, dan respon apa yang bisnis anda berikan pada konsumen. Dengan begitu, anda pun dapat mengetahui cara untuk berinteraksi yang tepat dengan konsumen dan audiens anda. Selanjutnya, apabila kita bahas secara lebar lagi, tugas dari guru profesional digital marketing bisnis yang sekiranya sama dengan seorang konsultan digital marketing adalah:

1. Menjalankan dan Mengawasi Berjalannya Kampanye Pasar

Sebuah pemasaran yang baik adalah teknik yang dapat merumuskan baik produk ataupun jasa yang menjadi fokus utama dalam penjualan perusahaan. Dengan hal itu, maka akan terbentuklah sebuah materi dan komunikasi yang dapat anda sebarkan dengan audiens anda sebagai berita.

2. Merumsukan Sebuah Ide Untuk Konten Pemasaran Anda

Seorang guru profesional digital marketing bisnis tentunya harus mempunyai sebuah ide pemasaran yang dapat menjelaskan secara rinci. Baik itu tentang perusahaan anda, produk yang anda jual, ataupun jasa yang anda tawarkan. Kemudian, mereka pun tentunya harus selalu mengikuti perubahan dan perkembangan trend karena produk maupun jasa ini adalah hal yang sangat cepat berkembang.

3. Melakukan Eksekusi Ide Pemasaran Degan Pembuatan Konten

Sebuah website atau akun sosial media resmi dari perusahaan tentunya akan menjadi sumber informasi. Baik itu tentang produk terbaru, sebuah promosi, ataupun informasi mendasar tentang perusahaan tersebut. Karena itulah, adalah sebuah hal yang aneh apabila anda mampunyai website atau sosial media namun tidak memiliki konten apapun. Nah, pada bagian itulah tugas dari seorang guru profesional digital marketing bisnis terlihat. Guru profesional akan memastikan bahwa konsumen dan customer anda akan mendapatkan informasi terbaru yang menarik agar dapat memikat perhatian customer anda. Selain itu, guru profesional digital marketing pun akan memberikan layanan optimasi website serta konten untuk bisnis anda.

4. Memperhatikan dan Mengevaluasi Jalannya Sosial Media

Sebuah post dalam sosial media ini seperti pisau bermata dua. Walaupun anda akan mendapatkan berbagai macam manfaat dari post tersebut. Hal ini juga tidak menghilangkan kemungkinan bahwa sebuah post juga dapat menghancurkan perushaan. Karena itulah, seorang guru profesional digital marketing bisnis tentunya akan membantu anda dalam memperhatikan hal tersebut layaknya pakar sosial media marketing.

5. Menjaga Komunikasi Antar Tim Perusahaan

Karyawan dari sebuah perusahaan tentunya harus memahami dengan betul seluk beluk dari perusahaan tersebut. Baik itu tujuan, budaya, target dan prioritas, dan lain sebagainya. Karena itulah, sebuah komunikasi internal antar anggota tim sangatlah penting untuk anda jaga kualitasnya.

6. Menghubungkan Media Dengan Perusahaan Anda

Apabila ada sebuah media yang tertarik dengan perkembangan dari perusahaan anda. Seorang tim pemasaran dari sebuah perusahaan inilah yang akan menjadi juru utama dalam menanggapi media tersebut. Karena itulah, tim pemasaran tersebut tentunya harus mengerti cara komunikasi yang benar dan juga profesional. Selain itu, tak jarang juga bahwa tim pemasaran ini juga dapat membimbing para ekskutif untuk menanggapi media masa tersebut.

7. Riset dan Analisa Terhadap Target Pasar

Riset dan Analisa yang tepat ini tentunya akan membantu anda dalam menemukan sebuah target pasar yang potensial untuk bisnis anda. Dengan begitu, anda pun dapat menemukan sebuah strategi pemasaran yang sesuai dengan selera dan juga trend yang mereka ikuti. Apabila anda kesulitan dalam kegiatan ini, anda pun dapat meminta bantuan dari seorang pembicara digital marketing secara langsung.

Selain Tugas, Guru Profesional Digital Marketing Bisnis Akan Bertanggung Jawab Pada Hal Berikut

1. Mendengarkan dan Berupaya Memenuhi Permintaan Konsumen

Akan menjadi sebuah hal yang percuma apabila anda mempunyai sebuah strategi pemasaran namun tidak ada konsumen yang tertarik dengan strategi tersebut. Karena itulah, proses pendekatan dan pendengaran permintaan konsumen ini sangatlah penting untuk perkembangan bisnis anda. Hal inilah yang menjadi salah satu tanggung jawab penting dari guru profesional digital marketing bisnis. Dengan begitu, anda pun dapat bersiap dengan feedback atau umpan balik yang akan anda dapatkan melalui customer.

Kemudian, ada beberapa cara untuk memenuhi permintaan dari konsumen bisnis anda. Pertama adalah dengan memanfaatkan data yang berasal dari tim penjualan dan juga ‘customer support’ dari bisnis tersebut. Dengan begitu, anda dapat mengetahui hal apa saja yang dibutuhkan untuk meningkatkan strategi anda di masa depan. Hal inilah yang disebut dengan saluran internal perusahaan.

Kemudian, cara kedua adalah dengan saluran eksternal perusahaan. Guru profesional digital marketing bisnis ataupun juga pembicara digital marketing ini dapat memanfaatkan sosial media untuk lebih memahami kebutuhan penggunanya sehingga dapat ia Kelola dengan baik agar berubah menjadi seorang customer.

2. Mengikuti Perkembangan Trend dan Memonitor Persaingan

Dalam mengelola dan mendirikan sebuah perusahaan, adalah hal yang sangat penting apabila anda dapat mengetahui posisi perusahaan anda dalam persaingan pasar. Karena itulah, memantau kompetitor bisnis anda dalam menjalankan pemasaran adalah hal yang penting untuk dijalankan. Dengan begitu, anda pun dapat mempelajari kesalahan maupun kesuksesan mereka agar mendapatkan strategi dan gambaran yang sempurna. Tak hanya itu, anda pun dapat mengambil beberapa inspirasi dari mereka. Seperti contoh konten yang mereka pasarkan, contoh landing page yang bagus yang mereka gunakan, dan lain sebagainya.

3. Memperkuat Brand Perusahaan

Dalam penerapannya, sebuah brand ini dapat menjadi sebuah representasi dari produk, layanan jasa, ataupun profile dari perusahaan. Selanjutnya, guru profesional digital marketing bisnis ini dapat membimbing anda ataupun tim marketing anda untuk membuat dan mempublikasikan sebuah hal yang dapat mewakili brand anda. Baik itu dengan gambar, video, post, tulisan, ataupun dengan ide yang dapat menunjukkan nilai nilai brand anda. Tak hanya itu, mereka pun juga dapat memberikan anda beberapa contoh landing page yang bagus agar anda dapat dengan lebih mudah memperkuat brand bisnis.

4 . Memanfaatkan Berbagai Macam Tools Pemasaran

Dunia digital marketing ini adalah dunia yang menuntut pelakunya untuk selalu mengikuti perkembangan yang terjadi. Karena itulah, guru profesional digital marketing bisnis ini tentunya tidak dapat berpaling dengan trend, tools pemasaran, dan juga strategi terbaru yang terus muncul seperti halnya pembuatan konten SEO friendly.

5. Menjaga Kekompakan Dalam Koordinasi Perusahaan

Dalam sebuah perusahaan, tentunya akan terdapat banyak sekali pihak pihak yang memberikan berbagai kontribusi dan peran masing masing. Seperti : penulis, penerbit, sales, desainer, dan lain sebagainya. Karena itulah, pekerjaan mereka ini haruslah mempunyai tujuan dan irama yang sama agar dapat mendukung berkembangnya perusahaan tersebut.

6. Mengembangkan Inovasi dan Kreatifitas

Sebuah proses pemasaran yang baik adalah teknik pemasaran yang dapat menarik perhatian customer setiap harinya. Akan tetapi, semakin banyaknya customer dari perusahaan ini juga akan menghadirkan sebuah tantangan sendiri karena tuntutan yang berbeda beda. Karena itulah, seorang guru profesional digital marketing bisnis ataupun pembicara digital marketing ini haruslah mempunyai sebuah teknik promosi dan pemasaran yang baru.

Tak hanya itu juga, mereka pun dapat memberikan inovasi dalam berbagai macam hal lain. Seperti : afiliasi, peningkatan konversi pesan, peningkatan pelayanan, dan retensi customer. Akan tetapi, janganlah melakukan sebuah kegiatan promosi dan pemasaran secara berlebihan yang akan mengarah pada spamming. Seorang guru profesional ini bertugas untuk meningkatkan sebuah strategi dengan inovasi sekaligus mempertahankan hal hal baik yang telah tercipta.

7. Menjaga Hubungan Komunikasi Perusahaan

Analogikanlah bahwa sebuah perusahaan ini adalah sebuah rantai yang kuat yang dapat menahan berbagai macam hal sekaligus. Kemudian, untuk menjaga kekuatannya, tentunya rantai rantai ini haruslah mempunyai tujuan dan harapan yang sama dalam setiap anggotanya. Dengan begitu, mereka pun dapat memberikan performa maksimal mereka dalam meraih tujuan tersebut dan menghormati etika perusahan.

Akan tetapi, apabila terdapat salah satu rantai yang rapuh dan lemah. Maka berbagai macam hal yang ditahan oleh rantai ini pun akan menjadi berantakan karena rantai yang tidak cukup kuat dalam menahan beban tersebut. Tentunya hal tersebut akan menjadi hal yang sama dalam pengelolaan sebuah perusahaan. Apabila hampir Sembilan puluh persen tim dari perusahaan tersebut telah memberikan performa sempurna.

Namun ada anggota tim yang gagal total dalam menjalankan tugasnya. Maka tak lama lagi perusahaan tersebut pun akan hancur dalam persaingan. Karena itulah, seorang guru profesional digital marketing bisnis ini harus memastikan bahwa anggota tim dari perusahaan ini dapat memiliki tujuan yang sama antara satu dengan lainnya. Dengan begitu, perusahaan pun akan dapat bertahan kokoh walaupun ada berbagai macam rintangan yang harus dilewati.

Sikap Profesional yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru Profesional Digital Marketing Bisnis

Walaupun sikap profesional ini bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dibangun dengan hitungan waktu yang cepat dan singkat. Namun apabila terus menerus diasah pun, maka sikap profesional ini akan menjadi sebuah kebiasaan yang positif. Baik itu untuk seorang pebisnis,  guru profesional digital marketing bisnis, ataupun juga konsultan digital marketing. Selanjutnya, perlu anda ketahui dan pahami juga, dunia digital marketing ini tidak hanya berbicara tentang teknik, trik, insipirasi strategi seperti contoh landing page produk yang bagus, dan perkembangan algoritma saja. Akan tetapi, dunia digital marketing ini juga seringkali menuntut sebuah sikap dan mental yang selalu siap dalam menjalani teknik ini setiap saat.

Artinya adalah, seorang guru profesional digital marketing bisnis ini lahir sendiri dengan sering kali mengatasi setiap masalah yang terdapat pada bidang ini. Walaupun begitu, kebanyakan orang pun masih menganggap bahwa sikap profesional ini merupakan sebuah hal yang sulit sekali untuk mereka lakukan. Bahkan, ada pula yang beranggapan bahwa sikap profesional adalah hal yang tidak terlalu penting dalam digital marketing. Karena itulah, untuk membantu anda memahami beberapa sikap profesional ini. Berikut adalah contoh dari beberapa sikap profesional yang dapat anda terapkan dan asah setiap harinya.

Bersikap Terbuka dan Open Minded Terhadap Perbedaan

Seperti yang semua orang ketahui, teknik digital marketing ini adalah sebuah teknik dan ilmu baru yang akhir akhir ini seringkali dimanfaatkan oleh pelaku bisnis, konsultan bisnis, hingga pembicara digital marketing. Peningkatan pesat terhadap tingginya kebutuhan masyarakat untuk menggunakan media digital ini. Membuat semua pebisnis mau tidak mau untuk mempelajari dan memahami berbagai macam media dan layanan digtal untuk membantu mereka. Baik itu untuk berkomunikasi, melakukan kegiatan transaksi, ataupun juga berbagai kegiatan bisnis lainnya.

Kemudian, tanpa menggunakan bantuan dari teknologi digital ini. Para pebisnis lain pun akan mengalami persaingan yang sangat sulit untuk mereka hadapi dengan teknik pemasaran tradisional. Karena itulah, sikap open minded terhadap perubahan budaya dan perbedaan ini sangat lah penting untuk anda terapkan dan manfaatkan. Dengan sikap ini, anda pun juga akan lebih fleksibel lagi dalam menerima berbagai macam perubahan dan memanfaatkannya dalam kegiatan anda sehari hari.

Selanjutnya, anda dapat mencoba untuk menggunakan dan mempelajari teknik teknik yang telah ditemukan oleh orang lain. Apakah itu ide tentang video promosi, contoh landing page produk yang bagus, konten yang menarik, dan beberapa hal lainnya. Tak hanya itu, mencoba untuk berinovasi dan berkreatifitas dengan teknik digital marketing ini pun juga dapat menjadi solusi tersendiri bagi masalah anda.

Mempersiapkan Diri Dengan Perubahan

Karena digital marketing ini adalah teknik pemasaran yang menggunakan teknologi. Maka bidang ini pun akan mempunyai sebuah perubahan yang sangat cepat sekali terjadi. Terlebih lagi, apabila anda mempelajari teknik digital marketing ini pada sebuah platform dan media internet yang terus mengalami dan mendapatkan pembaruan. Karena itulah, dengan sikap panda yang siap dengan berbagai macam perubahan. Maka anda pun akan mempuyai sebuah reaksi optimis terhadap berbagai macam perubahan ini. Kemudian, anda pun dapat melihat perubahan ini sebagai peluang besar dalam bisnis anda.

Sehingga, anda pun dapat terhindar dari berbagai macam sikap dan sifat optimis yang akan selalu takut dan panik terhadap perubahan. Selanjutnya, tak jarang juga para pebisnis ini sering mendapatkan perasaan gugup dan frustasi karena tidak dapat mengikuti sebuah perubahan ini. Menumbuhkan sugesti dasar bahwa setiap platform akan selalu mengalami perubahan ini merupakan sebuah langkah awal agar kita dapat mengikuti perkembangan tersebut. Dengan begitu, anda pun akan selalu siap untuk menerima dan mempelajari strategi platform tersebut mulai dari awal lagi.

Meningkatkan Sikap Senang Belajar

Dalam mendirikan sebuah perusahaan yang baru, pastinya akan terdapat salah satu syarat yang tidak akan pernah berubah. Yaitu adalah kesiapan anda untuk mempelajari bidang perusahaan tersebut. Selanjutnya, proses mempelajari teknik digital marketing ini pun akan dapat menjadi sebuah hal yang menyenangkan. Terlebih lagi, jika anda mempunyai sebuah kegemaran dalam belajar. Selain itu, pengetahuan terhadap hal hal baru ini pun dapat menjadikan sebuah pertumbuhan positif terhadap diri kita sendiri.

Mengembangkan dan Meningkatkan Rasa Ingin Tahu

Keinginan untuk selalu ingin mendapatkan pengetahuan ini merupakan tenaga penggerak utama yang paling efektif dalam mendapatkan semangat belajar. Dengan memiliki rasa ingin tahu yang kuat terhadap berbagai macam perubahan. Maka anda pun akan secara otomatis mendapatkan sebuah keinginan untuk mempelajari sebuah hal baru yang sangat kuat. Walaupun begitu, anda pun juga harus memahami bahwa tidak semua ilmu yang anda pelajari dapat memberikan dampak positif secara langsung pada bisnis anda. Hal inilah yang menjadikan seseorang expert bisnis seperti. Konsultan bisnis, guru profesional, hingga pembicara digital marketing menjadi seperti mereka sekarang ini.

Mencipatakan Sebuah Proses Dengan Berpandangan Pada Hasil

Setiap hasil yang akan anda dapatkan ini tentunya akan selalu berawal dari sebuah proses yang sulit maupun mudah. Akan tetapi, perlu anda ingat juga bahwa tidak semua kegiatan ini akan memberikan sebuah hasil yang sesuai dengan harapan anda. Karena itulah, apabila anda ingin mencipatakan sebuah proses, ada baiknya juga jika anda mempunyai sebuah pandangan terhadap hasil yang akan anda dapatkan pada proses tersebut. Kemudian, anda pun juga harus melakukan persiapan karena sebuah proses sendiri tentunya akan memberikan anda sebuah masalah yang akan muncul. Karena itulah, memiliki fokus yang kuat dalam mendapatkan solusi untuk menghadapi masalah tersebut pun akan menjadi hal yang efektif untuk perkembangan anda.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang