SupportStartup

Pengertian, Strategi, & Manfaat Sosial Media Marketing Oleh Sang Pakar

Sosial media marketing ini adalah salah satu jenis strategi marketing yang sering kali dimanfaatkan oleh banyak pebisnis. Banyak perusahaan yang baru memulai maupun yang telah memiliki ribuan bahkan jutaan customer ramai memanfaatkan platform pemasaran ini. Baik itu menggunakan jasa pakar sosial media marketing, jasa maintain sosmed, atau mereka mempelajari teknik marketing ini mulai dari nol. Dengan platform ini, mereka pun dapat dengan leluasa dalam memasarkan produk dan usaha mereka. Mulai dari membagikan sebuah foto yang menarik, sebuah tulisan, hingga sebuah video singkat untuk para customer mereka. Dengan begitu, proses pemasaran melalui platform ini pun dapat menjadi lebih efisien lagi dalam menjangkau pengguna internet lainnya. Terlebih lagi jika mereka dibantu oleh jasa maintain sosmed.

Selain itu, perkembangan teknologi ini juga mengakibatkan pemasaran dengan teknik tradisional ini perlahan lahan ditinggalkan oleh pebisnis lainnya. Karena itulah, pebisnis yang tidak memanfaatkan sosial media marketing ini pun akan mengalami banyak sekali kerugian apabila dibandingkan dengan pebisnis yang telah memanfaatkannya. Selanjutnya, pebisnis yang tidak menggunakan platform sosial media ini bukanlah tanpa alasan juga. Sering kali mereka tidak mempunyai waktu yang cukup dalam mempelajari ilmu yang berkaitan dengan sosial media marketing ini. Karena itulah, penggunaan jasa pakar sosial media juga jasa maintain sosmed ini tentunya akan menjadi pilihan yang bijak dalam membantu bisnis anda. Kemudian, untuk membantu anda memahami sosial media marketing ini, berikut adalah pengertian, strategi, dan manfaat dalam penggunaan teknik ini oleh pakar pemasaran digital . Simak baik baik ya!

Inofgrafis Pakar Sosial Media Marketing

Penjelasan Strategi Pemasaran Sosial Media Oleh Pakar Sosial Media Marketing

Pada umumnya, sosial media ini merupakan sebuah strategi dan teknik pemasaran yang banyak dilakukan pebisnis, maupun digital konsultan marketing melalui sosial media. Selanjutnya, para pebisnis Indonesia ini tentunya akan menggunakan beragam sosial media yang populer. Seperti : Facebook, LinkedIn, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya. Akan tetapi, sosial media marketing ini ternyata mempunyai pengertian yang lebih mendalam lagi untuk berbagai pakar sosial media marketing atau jasa maintain sosmed.

Contohnya saja seperti platform HubSpot sebagai salah satu kursus SEO online terbaik yang beranggapan bahwa sosial media ini adalah kegiatan yang berpusat pada pembuatan konten. Selanjutnya, konten tersebut akan menjadi senjata dalam merancang strategi pemasaran usaha online anda dalam bersaing dengan kompetitor bisnis anda melalui sosial media ini. Selain itu, ada juga beragam pendapat dari pakar sosial media marketing dan  lainnya yang mungkin dapat menjadi pedoman anda dalam proses pemasaran. Seperti :

Susan Gunelius

Seorang pakar sosial media marketing serta pemilik perusahaan konsultan internet marketing Susan Gunelius sendiri beranggapan bahwa. Sosial media marketing ini adalah sebuah bentuk pemasaran yang dapat secara langsung maupun tidak langsung dilakukan oleh para pebisnis. Dengan begitu, para pebisnis ini pun dapat dengan mudah untuk mencapai berbagai macam hal. Seperti : memperkuat daya ingat customer, membangun kesadaran brand, dan juga mendapatkan pengakuan lagi dari berbagai pengguna sosial media ini. Selanjutnya, sosial media ini juga memberikan berbagai macam tools dalam membantu perkembangan bisnis. Seperti : berbagi konten, social bookmark, blog, microblog, social network, dan lain sebagainya.

Tamar Weinberg

Kedua, seorang pakar sosial media marketing Tamar Weinberg ini juga ikut berpendapat bahwa. Sosial media marketing ini merupakan suatu proses yang dapat mendorong seseorang untuk melakukan promosi. Baik itu mempromosikan produk, jasa, dan hal lain lagi melalui sebuah saluran sosial media. Selain itu, sosial media ini pun dapat menjadi media dalam mempermudah komunikasi antar penggunanya untuk menjangkau target pasar yang lebih luas lagi. Kemudian, sosial media ini juga cenderung memiliki sebuah komunitas sosial media yang lebih besar lagi daripada dengan komunitas periklanan tradisional.

Tract L Tuten

Kemudian, pakar sosial media marketing selanjutnya adalah Tract L Tuten. Beliau sendiri berpendapat bahwa sosial media marketing ini adalah salah satu bentuk iklan online yang unik dalam penggunaannya. Dengan memanfaatkan berbagai macam konteks kultural dari komunitas sosial media yang tersedia pada berbagai macam tempat. Seperti : dunia virtual, berita sosial, jejaring sosial, dan juga sebuah situs seperti forum dengan tujuan berbagi pendapat. Dengan begitu, hal tersebut ini pun dapat mempermudah komunikasi antar penggunanya.

Neti

Terakhir namun bukan akhir, adalah seorang pakar sosial media marketing yang bernama Neti. Beliau ini berpendapat bahwa sosial media marketing ini terbentuk dari sebuah upaya yang memanfaatkan sosial media. Kemudian, pemanfaatan ini pun akan bertujuan untuk membujuk dan merayu customer suatu perusahaan yang menawarkan sebuah produk maupun jasa. Selanjutnya, sosial media ini juga merupakan teknik pemasaran yang menggunakan berbagai komunitas online, blog, jaringan sosial, dan berbagai hal lainnya.

Mengapa Anda Juga Harus Menggunakan Sosial Media Marketing

Perlu anda ketahui, terdapat sebuah penelitian yang menyatakan bahwa lebih dari 4.48 milliar penduduk dunia memiliki akun sosial media. Angka tersebut tentunya akan menjadi sebuah peluang emas tersendiri bagi pebisnis dan konsultan digital marketing dalam melakukan sebuah promosi dan pemasaran bisnis. Selain itu, hal ini juga menunjukkan bahwa sosial media ini juga merupakan salah satu platform yang sangat populer bagi masyarakat dunia. Kemudian, sosial media marketing ini juga merupakan kegiatan pemasaran yang menyenangkan sekaligus menguntungkan.

Dengan platform ini, anda pun dapat meningkatkan interaksi bisnis anda dengan customer anda dari berbagai kalangan. Selain itu, anda pun dapat mendekati customer anda secara personal lagi dan menjadikan mereka sebagai customer loyal pada bisnis anda. Dengan begitu, mereka tentunya akan enggan dalam meninggalkan bisnis yang anda miliki karena merasa puas dengan pelayanan dan komunikasi bisnis anda. Selain itu, sosial media marketing ini tentunya akan mempunyai berbagai macam manfaat lagi. Bahkan, manfaat dari sosial media ini pun dapat melebihi manfaat dari suatu website walaupun website tersebut telah teroptimasi secara maksimal oleh konsultan analisa website Indonesia.

1. Meperkuat Kehadiran Brand Bisnis Anda Pada Sosial Media

Dalam era pemasaran ini. Selain dengan penggunaan jasa pembuatan logo perusahaan. Banyak sekali pengguna internet yang dapat lebih mudah mempercayai sebuah bisnis apabila mereka menggunakan sosial media. Terlebih lagi kalau akun sosial media bisnis anda ini sering sekali membagikan sebuah post dan konten secara rutin. Dengan begitu, pengguna sosial media ini pun perlahan lahan akan merasa tertarik dengan bisnis dan usaha anda.

Kemudian, anda mungkin akan membutuhkan beberapa waktu karena awalnya mereka mungkin hanya akan sekedar melihat lihat saja. Akan tetapi, pembagian konten yang terus menerus secara rutin ini pun dapat memudahkan pengguna internet dalam mengingat produk dan bisnis anda. Terlebih lagi jika anda mendapatkan berbagai info terbaru dari pakar sosial media marketing atau pun dibantu oleh jasa maintain sosmed. Jadi, dalam branding ini, anda tidak hanya akan memanfaatkan sebuah logo oleh jasa pembuatan logo perusahaan saja. Akan tetapi, anda pun dapat memanfaatkan juga sosial media ini untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

2. Anda Akan Mendapatkan Feedback yang Berguna Untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis

Ini mungkin merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam penggunaan sosial media marketing ini. Setelah anda mendapatkan banyak perhatian dari pengguna internet. Bisnis maupun produk anda pun berpeluang besar dalam menjadi sebuah topik pembicaraan oleh pengguna internet. Dengan begitu, anda pun dapat memantau dan memperhatikan berbagai macam interaksi yang terjadi pada akun sosial media bisnis anda. Selanjutnya, anda pun dapat mengetahui juga performa dari kegiatan pemasaran anda baik itu secara mandiri atau dengan bantuan pakar sosial media marketing.

Selanjutnya, berbagai macam jenis sosial media ini pun juga mempunyai fitur yang sangat penting yaitu kolom komentar. Dengan komentar ini, pengguna internet pun dapat mengekspresikan pendapat mereka mengenai produk dan jasa yang anda tawarkan. Kemudian, anda pun dapat dengan mudah mengetahui berbagai macam kelebihan dan kerugian juga dari strategi pemasaran yang anda terapkan pada sosial media ini. Terlebih lagi, apabila anda meggunakan jasa pakar sosial media marketing ini. Anda pun akan mendapat berbagai macam tips lagi dalam meningkatkan strategi pemasaran anda.

3. Menganalisa dan Mempelajari Strategi Kompetitor Bisnis

Platform sosial media ini tentunya akan memudahkan kegiatan Analisa terhadap kompetitor bisnis anda. Perkembangan pesat dari sosial media ini membuat para pebisnis dan penguasaha sering sekali menggunakan platform ini untuk pemasaran. Dengan begitu, anda pun dapat mempelajari taktik dari pemasaran mereka dan mencoba untuk meningkatkan strategi pemasaran anda. Selanjutnya, penggunaan jasa pakar sosial media marketing atau jasa maintain sosmed ini akan mempermudah anda dalam menganalisa kompetitor bisnis. Seorang pakar sosial media marketing ini pun akan menunjukan kepada anda hal apa saja yang perlu anda perhatikan dalam proses Analisa kompetitor ini.

Teknik Jitu Pakar Sosial Media Marketing yang Dapat Anda Terapkan

Strategi yang sesuai dengan bisnis dan perkembangan teknologi adalah hal yang sangat sulit sekali untuk didapatkan oleh pebisnis. Banyak sekali pebisnis yang telah menggunakan berbagai cara. Baik itu sosial media, video marketing, penggunaan landing page dari jasa landing page profesional, dan lain sebagainya. Namun, strategi tersebut pun sering berakhir dengan kegagalan. Akan tetapi, ada beberapa teknik sosial media marketing yang ampuh dalam menarik perhatian pengguna sosial media. Selanjutnya, berbagai macam teknik tersebut. Adalah :

1. Pahami Selera Target Audiens Bisnis Anda

Dalam mendirikan sebuah bisnis, tentunya anda harus menentukan selera dari audiens yang menjadi target pasar anda. Dengan begitu, anda pun dapat mengukur tingkat produk anda dengan selera dari audiens tersebut. Terlebih lagi, hal ini juga dapat memudahkan anda dalam membuat sebuah konten yang dapat menarik perhatian mereka. Kemudian, interaksi customer dengan bisnis anda pun dapat meningkat lagi dengan pesat. Apabila anda seorang pebisnis pemula dan tidak begitu memahami tentang selera audiens anda. Maka, anda pun dapat mencoba untuk mengikuti sebuah kursus online digital marketing.

2. Pilih Sosial Media yang Sesuai Dengan Bisnis Anda

Setelah menemukan selera customer, anda pun dapat memilih dan memutuskan platform sosial media apa yang sesuai dengan target anda. Akan tetapi, perlu anda ingat juga bahwa setiap sosial media yang berbeda juga akan membutuhkan strategi yang berbeda juga dalam penggunaannya. Karena itulah, seorang pakar sosial media marketing juga jasa maintain sosmed yang profesional tentunya dapat membantu anda dalam menentukan sosial media yang sesuai.

Sebagai contohnya, apabila anda mencoba untuk memasarkan produk melalui sosial Instagram. Maka tentunya anda harus memiliki sebuah produk yang dapat menjadi sebuah kebutuhan oleh kaum milenial. Dengan begitu, banyak pengguna Instagram yang akan tertarik dengan produk yang anda tawarkan tersebut.

3. Buatlah Konten yang Memikat Perhatian

Maksudnya adalah, konten tersebut ini dapat dengan mudah meningkatkan interaksi pengguna internet dengan bisnis anda. Baik itu memberikan like, komentar, atau bahkan membagikan konten anda. Selanjutnya, pengguna internet yang melihat konten and aini dapat tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa usaha anda. Akan tetapi, sebelum pembuatan konten ini tentunya anda harus melakukan sebuah riset terlebih dahulu. Anda bisa mencoba untuk mencari tahu jenis konten apa yang dapat menjadi kebutuhan dari target audiens anda. Apakah itu sebuah tulisan, foto, atau bahkan konten berupa video. Misalnya saja, apabila anda membuka layanan desain grafis, maka anda pun dapat memberikan konten seperti harga jasa pembuatan logo perusahaan.

4. Mempunyai Jadwal Posting yang Teratur

Time management yang tepat sering kali dapat menentukan kesuksesan dari sebuah bisnis dan usaha. Karena itulah, anda harus menemukan waktu yang sesuai dengan target audiens anda. Perhatikan kapan mereka membuka dan aktif dalam sosial media mereka. Misalnya saja seperti jam istirahat, ataupun jam pulang kerja. Dengan begitu, anda pun akan mendapatkan banyak audiens yang mempunyai waktu luang untuk melihat, berinteraksi, atau bahkan menghubungi anda secara langsung.

5. Lakukan Evaluasi Strategi Secara Rutin dan Teratur

Platform sosial media yang tersedia saat ini menyediakan berbagai macam tools yang dapat memberikan hasil Analisa yang akurat. Selanjutnya, beragam data yang berasal dari hasil Analisa ini pun dapat anda jadikan pedoman dalam mengevaluasi strategi pemasaran anda. Dengan begitu, anda pun dapat menentukan strategi yang optimal lagi dibantu oleh pakar sosial media marketing.

Kemudian, teknik sosial media marketing ini juga tidak hanya berfokus pada tingkat interaksi pengguna internet pada bisnis anda saja. Ada berbagai macam hal penting lainnya yang dapat anda jadikan tolak ukur dalam keberhasilan sosial media marketing. Seperti : pengikut, viewers, dan jumlah orang yang mengupload ulang konten buatan anda. Dengan begitu, anda pun dapat memperlajari pola interaksi pengguna internet dengan bisnis anda. Namun, evaluasi sendiri bukanlah proses yang dapat anda lakukan dengan mudah. Bahkan, tak jarang juga sebagian besar pebisnis ini mengikuti sebuah kursus online murah terlebih dahulu sebelum mereka dapat melakukan evaluasi dengan tepat.

Daftar Platform Sosial Media yang Populer di Wilayah Indonesia

Saat ini anda akan menemukan banyak sekali layanan dan platform sosial media yang dapat anda gunakan untuk proses pemasaran. Akan tetapi, tentunya berbagai sosial media tersebut tidak akan mempunyai jenis dan karakteristik pengguna yang sama antara satu sama lain. Selain itu, ada beberapa sosial media yang sukses dalam negara A dan gagal total di negara B. Nah, untuk membantu anda dalam menentukan sosial media ini. Berikut adalah beberapa contoh sosial media yang populer di wilayah Indonesia.

1. Facebook

Banyak orang yang tidak mengetahui, tetapi awal tujuan dari pembuatan facebook ini hanyalah untuk menghubungkan mahasiswa Amerika saja. Akan tetapi, berbagai perkembangan yang telah dilakukan oleh pihak pengembang Facebook ini membuat Facebook menjadi salah satu sosial media yang popular. Dengan penggunannya yang mencapai 2.9 milliar, Facebook ini seringkali dimanfaatkan pebisnis untuk meningkatkan brand awarenss. Selain itu, beberapa pebisnis pun juga sering kali memanfaatkan layanan iklan Facebook untuk membagikan konten mereka.

2. Twitter

Dalam teknik sosial media marketing, fokus utama Twitter ini adalah sebagai media dalam layanan customer service untuk perusahaan. Hal ini sendiri terjadi karena sosial media dengan 211 juta pengguna ini lebih mengutamakan fitur interaksi dalam aplikasinya. Karena itulah, berbagai perusahaan besar ini mempunyai kesempatan besar dalam meningkatkan interaksi dengan pengguna internet. Berbeda dengan platforom sosial media seperti Instagram dan Facebook yang lebih mengutamakan konten

3. Instagram

Instagram ini merupakan sebuah sosial media yang lebih dikhususkan pada kaum milenial dan kaum muda saja. Hal tersebut ini juga didukung oleh berbagai macam fitur Instagram yang lebih cocok pada trend kaum milenial. Akan tetapi, platform sosial media yang mempunyai pengguna hampir mencapai 1 milliar ini juga cocok untuk anda gunakan dalam teknik pemasaran. Selain itu, desain user interface yang disediakan oleh Instagram ini juga merasa lebih modern lagi di mata kaum muda dan millennial.

4. YouTube

Merupakan platform sosial media yang berfokus pada publikasi video terbesar di dunia. Sosial media dengan 2.3 milliar pengguna ini dapat memberikan anda fitur untuk mengunggah video anda untuk kegiatan promosi bisnis. Selain itu, platform publikasi video ini pun juga mempunyai layanan iklan yang dapat dimanfaatkan pebisnis untuk menjangkau target pasar mereka dengan lebih tepat lagi.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang