SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 16 Agustus, 2022

Cara Memulai Bisnis dari Nol Hingga Sukses, Apakah Sulit?

Kita memang sudah melewati masa masa terburuk dalam mengembangankan sebuah bisnis yakni pandemi yang terjadi pada tahun 2020 lalu. Namun, tentunya anda saat ini pun sudah melihat perbedaan yang cukup jauh bukan? Banyak sekali perubahan yang terjadi pada teknik bisnis dan perilaku masyarakat setelah terkena dampak pandemi yang cukup panjang tersebut. Sehingga, cara memulai bisnis dari nol hingga sukses yang mungkin anda terapkan pada tahun tahun sebelumnya. Besar kemungkinannya cara memulai bisnis dari nol hingga sukses zaman dahulu tersebut tidak akan berhasil lagi dengan adanya berbagai macam perubahan setelah pandemi ini.

Dahulu, mungkin anda hanya perlu membutuhkan modal, sedikit wawasan bisnis, dan koneksi saja sebagai cara anda memulai bisnis dari nol hingga sukses ini. Namun, setelah pandemi ini menyerang seluruh negara yang ada dalam dunia ini. Semua teknik cara memulai bisnis dari nol hingga sukses ini langsung mengalami peningkatan yang lebih kompleks lagi daripada sebelumnya. Terlebih lagi apabila anda benar benar memulai bisnis ini, dari angka nol tanpa adanya bantuan apapun. Pastinya akan sangat sulit bukan melihat situasi pandemi yang terus mengancam. Serta kompetitor bisnis yang juga terus meningkatkan strategi bisnis mereka?

Lalu, Bagaimana Cara Memulai Bisnis Mulai dari Nol Hingga Sukses Ini

Lalu, Bagaimana Cara Memulai Bisnis Mulai dari Nol Hingga Sukses Ini?

Sebelumnya, apabila anda berani terjun dalam dunia bisnis ini dengan mantap walaupun anda benar benar memulai dari nol. Ketahuliah bahwa anda ini termasuk sedikit dari sekian banyaknya orang yang berani dalam mengambil resiko tantangan dari cara memulai bisnis dari nol hingga sukses. Namun, bukan berarti dengan modal nyali dan semangat ini, anda akan bisa sukses dalam berbisnis bukan? Karena itulah, untuk menambah peluang anda tersebut, ada beberapa hal yang harus anda ketahui terlebih dahulu sebagai cara memulai bisnis dari nol hingga sukses ini. Apa saja cara berbisnis ini? Yuk simak baik baik!

1. Bentuk dan Pahami Terlebih Dahulu Model Bisnis Apa yang Sesuai Dengan Anda

Pertama, cara memulai bisnis dari nol hingga sukses adalah membentuk dan memahami model bisnis yang akan sesuai dengan anda. Apabila niat, tekad, dan pemikiran anda sudah bulat dalam memulai sebuah bisnis ini. Maka, cara memulai bisnis dari nol hingga sukses selanjutnya adalah membentuk model bisnis apa yang akan anda mulai jalankan nantinya. Dalam cara memulai bisnis dari nol hingga sukses ini, jangan tergesa gesa dalam menentukan model bisnis.

Karena, pelaku bisnis yang benar benar paham akan cara memulai bisnis dari nol hingga sukses pasti  memikirkan model bisnis mereka perlahan lahan dengan memperhatikan tren pasar yang sedang terjadi saat ini. Jadi, daripada anda tergesa gesa dalam memilih model bisnis anda ini dan menghancurkan cara memulai bisnis dari nol hingga sukses. Ada baiknya lagi apabila anda melakukan berbagai persiapan terlebih dahulu dalam bisnis ini. Apakah itu tujuan bisnis, strategi anda mulai dari a sampai z, alasan berbisnis, analisis SWOT, mengikuti program pelatihan usaha UMKM online, dan lain sebagainya.

2. Sempurnakan Rencana dan Strategi Bisnis Anda

Kedua, cara memulai bisnis dari nol hingga sukses adalah dengan menyempurnakan baik rencana, maupun strategi bisnis anda. Apabila anda telah memikirkan baik baik model bisnis yang ingin anda lakukan ini. Jangan langsung melakukan eksekusi terhadap model bisnis tersebut ya. Melainkan, pastikan terlebih dahulu bahwa persiapan  yang anda lakukan sebelumnya ini benar benar sempurna dan tidak ada resiko yang dapat menghambat. Bagaimana cara anda memastikannya? Nah, berikut ini adalah beberapa aspek yang dapat anda perhatikan.

Perhitungkan Anggaran Bisnis Anda

Untuk proses perhitungan ini, ada beberapa hal yang wajib anda perhatikan untuk bisnis anda. Biaya legalisasi bisnis, pajak bisnis, keuntungan yang akan anda terima, serta biaya produksi dan operasional. Karena itulah, pemerintah sendiri seringkali menyediakan bantuan pendanaan UMKM karena rumitnya pengelolaan anggaran bisnis ini.

Bentuk Rencana Pembangunan Bisnis

Dalam membuat sebuah rencana cara memulai bisnis dari nol hingga sukses ini, anda dapat memperhitungkan beberapa hal. Anggaran bisnis, income bisnis, strategi marketing, serta berbagai macam hal yang dapat meningkatkan peluang sukses anda.

Analisa Pasar

Anda harus melakukan Analisa tentang siapa saja yang nantinya akan menjadi konsumen utama bisnis. Kemudian, dalam riset ini, anda dapat melakukan beberapa hal. Seperti : survey, melihat riset orang maupun lembaga lain, kuesioner, dan lain sebagainya. Dengan begitu, anda pun akan langsung bisa menjawab berbagai permintaan yang konsumen anda inginkan dalam bisnis anda. Lalu, pangsa pasar adalah salah satu aspek juga yang dapat anda perhatikan langsung saat proses analisa pasar ini.

Ciptakan Customer Journey

Untuk mendapatkan customer journey dalam cara memulai bisnis dari nol hingga sukses, anda dapat membuat sebuah skenario. Mulai dari cara mereka mengetahui dan mengenal brand, mengetahui produk dan jasa anda. Sampai pada akhirnya konsumen tersebut melakukan transaksi pada bisnis anda.

Pahami Buyer Persona

Anda dapat membuat sebuah ilustrasi tentang target konsumen anda nantinya dengan melibatkan berbagai hal. Baik itu usia, hal favorit mereka, jenis kelamin, dan lain sebagainya. Semakin terlihat nyata buyer persona yang anda miliki ini, semakin mudah juga untuk anda membuat strategi bisnis. Karena itulah, pelatihan UMKM sendiri umumnya juga akan membantu anda dalam pemahaman buyer persona ini.

Pastikan Anda Memiliki Supplier yang Tepat

Dalam memulai sebuah bisnis, pastinya anda tidak ingin berhenti di tengah jalan karena anda kehabisan produk bukan? Jadi, supplier ini adalah salah satu hal yang wajib anda perhitungkan juga. Selain itu, anda dapat melihat beberapa aspek penting dari supplier ini. Mulai dari harga, kecepatan distribusi mereka, kualitas produk, reputasi mereka, dan lain sebagainya.

3. Perkuat Proses Branding Bisnis

Ketiga, cara memulai bisnis dari nol hingga sukses memperkuat proses branding bisnis anda. Dengan strategi dan rencana bisnis anda yang telah sempurna tadi. Selanjutnya adalah dengan memaksimalkan branding bisnis anda. Karena, branding ini merupakan salah satu cara yang pas untuk meningkatkan popularitas anda dalam dunia internet. Nah, proses branding juga memiliki tahapan yang harus anda perhatikan juga. Seperti :

Kuatkan Identitas Brand

Untuk proses penguatan ini, anda dapat menggunakan berbagai elemen visual yang dapat menarik perhatinan konsumen. Baik itu logo, gaya tulisan, paduan warna, dan lain sebagainya. Perlu anda ketahui juga, strategi perluasan pasar adalah suatu aspek yang juga bergantung pada identitas brand juga loh!

Bangun Sebuah Website

Sebuah penelitian menyatakan bahwa website ini dapat meningkatkan integritas dan kredibilitas dari sebuah bisnis online. Tak hanya itu, website pun juga akan membantu dalam. Meningkatkan penjualan, menawarkan beragam produk, melayani konsumen, membagikan konten, dan lain sebagainya.

Manfaatkan Sosial Media yang Ada

Gunakan berbagai macam sosial media yang ada dan mungkin akan konsumen anda gunakan untuk aktivitas harian mereka. Baik itu Facebook, Instagram, Tiktok, Whatsapp, dan lain lain. Namun, anda pun juga harus memahami juga berbagai strategi dari sosial media ini. Nah, untuk membantu dalam hal tersebut, saat ini banyak sekali pelatihan kewirausahaan yang dapat menjadi mentor bisnis anda dalam hal sosial media.

4. Perhatikan Proses Produksi Bisnis Anda

Keempat, cara memulai bisnis dari nol hingga sukses adalah perhatikan proses produksi. Produksi ini tidak hanya soal menghasilkan produk dan barang juga ya. Namun, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebagai cara memulai bisnis dari nol hingga sukses ini. Seperti :

  • Perhatikan kualitas dari produk yang akan anda jual nantinya;
  • Perhitungkan supplier, distributor, vendor, dan berbagai peran lain yang nantinya akan mendukung bisnis anda;
  • Jangan memproduksi sebuah produk dalam jumlah banyak sekaligus. Melainkan, perhatikan apakah produk tersebut sukses atau tidak dalam peluncurannya;

5. Perluas Jangkauan Bisnis Anda

Terakhir namun bukan akhir, perluasan jaringan dan perluasan pasar adalah hal yang wajib dalam cara memulai bisnis dari nol hingga sukses. Apabila anda merasa telah sukses dalam menerapkan cara sebelumnya. Maka, perluasan ini adalah salah satu hal yang patut anda perhitungkan lagi. Nah, perluasan ini pun juga akan memiliki beberapa teknik. Seperti :

Reseller

Anda tidak akan rugi dengan memberikan potongan 10 sampai 20% terhadap mereka yang ingin menjual lagi produk dan jasa yang anda tawarkan. Bahkan, hal ini pun dapat meningkatkan popularitas bisnis dan menjadi cara memulai bisnis dari nol hingga sukses.

Dropship

Dropship sendiri merupakan sebuah teknik penjualan yang cukup mirip dengan teknik reseller. Jadi, anda pun juga dapat mencoba untuk membuka teknik penjualan ini juga.

Toko Offline

Apabila sebelumnya anda hanya memiliki toko online saja. Maka, pembangunan toko offline adalah hal yang cukup bermanfaat untuk cara memulai bisnis dari nol hingga sukses. Apalagi saat toko online anda ini sudah ramai akan pengunjung.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang