SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 19 Agustus, 2022

Pelatihan UMKM, Jawaban Utama Dalam Permasalahan Bisnis!

Dalam era dunia yang serba internet dan digital saat ini. Anda pun sudah banyak sekali menjumpai berbagai macam website e commerce yang beredar dalam dunia internet. Tak hanya itu, Adapun juga berbagai macam layanan marketplace yang saat ini juga sangat membantu para pelaku usaha UMKM ini. Sehingga, hal ini pun sangat mendorong pesat adanya berbagai macam pelatihan UMKM dan berbagai macam pelatihan bisnis lain. Seperti halnya kursus digital marketing dalam era internet ini. Selain itu, hal yang sangat mendorong adanya pelatihan UMKM ini adalah. UMKM sendiri merupakan sebuah bidang usaha kecil yang terbilang sangat efektif untuk menggerakkan perekonomian masyarakat Indonesia.

Tak hanya itu, usaha UMKM ini pun juga selalu mendapatkan respon positif dari para pencari pekerjaan juga dalam memberikan peluang lapangan kerja. Karena, UMKM ini memang lah jenis dan bentuk usaha yang terbilang cukup mudah pembentukannya. Walaupun pelaku usaha ini sekalipun tidak pernah mengikuti pelatihan UMKM maupun kursus digital marketing. Karena itulah, selain dari antusiasme masyarakat Indonesia dalam menyambut bentuk bisnis UMKM ini. Pemerintah pun juga turut ikut serta dalam melestarikan adanya bentuk dan budaya bisnis UMKM ini. Baik itu dengan pengadaan bantuan berupa dana, maupun juga dengan pelatihan UMKM.

Kemudian, Lembaga ekonomi negara Indonesia sendiri juga mencatat bahwa pada tahun 2015 lalu. Usaha UMKM ini ikut dalam memberikan kontribusi dalam perekonomian Indonesia. Hingga pencapai nilai 852 trilliun rupiah loh dalam PDB nasional atau pendapatan domestic bruto. Lalu, Lembaga Badan Ekonomi Kreatif beserta Badan Pusat Statistik ini juga melihat perkembangan yang sangat positif lagi pada tahun 2016 ini. Mereka menemukan fakta bahwa angka PDB dari tahun 2015 ini, mengalami peningkatan yang sangat besar pada tahun 2016. Hingga mencapai angka 922.5 trilliun rupiah.

Karena itulah, pemerintah sendiri saat ini mengupayakan agar bentuk dan budaya bisnis UMKM akan selalu berkembang dan terus tumbuh pada jajaran masyarakat Indonesia. Mulai dari memperbanyak lapangan dan bidang usaha, pemberian pelatihan UMKM dan kursus digital marketing gratis. Mengadakan acara pertemuan maupun seminar dengan perusahaan sukses, dan lain sebagainya. Lalu, usaha UMKM ini pun juga turut berkontribusi akan banyaknya model situs web e commerce pada wilayah Indonesia saat ini. Bahkan, Lembaga Badan Penanaman Modal pun juga mengatakan bahwa. Adanya UMKM ini kerap mendukung bertumbuhnya situs web e commerce ini hingga pada persentasi 60 persen sampai 80 persen dari tahun ke tahun.

Karena itulah, dengan menggunakan berbagai macam laporan dan informasi data yang telah kita bahas saat ini. Dapat kita simpulkan bahwa model dan bentuk bisnis UMKM ini sangat mendukung pembentukan perekonomian negara Indonesia ini. Karenanya, UMKM ini pun juga terbilang sebagai salah satu aset negara yang sangat penting sekali untuk wilayah Indonesia ini. Sehingga, pelatihan UMKM maupun pelatihan bisnis lain seperti halnya kursus digital marketing pun harus selalu di perhatikan juga. Dengan begitu, masyarakat pun akan lebih mudah lagi dalam mengembangkan bisnis dengan adanya beragam pelatihan UMKM ini yang siap mendukung pergerakan mereka.

infografis pelatihan umkm

Selain itu, Pelatihan UMKM Sendiri Juga Mendorong Adanya Berbagai Macam Manfaat Loh!

1. Membangun Produktifitas Masyarakat Indonesia

Perlu anda ketahui juga, bahwa sebagian besar dan hampir keseluruhan pelaku bisnis UMKM yang terdapat pada wilayah Indonesia ini. Merupakan pelaku usaha mandiri yang tidak bergantung pada perusahaan besar lain. Karena itulah, pemberian akan pelatihan UMKM dan beragam pelatihan bisnis lain seperti halnya kursus digital marketing ini. Mempunyai harapan bahwa pelaku usaha UMKM ini dapat menjaga dan membangun produktivitas dengan pembangunan skill mereka ini.

Karena, dengan mengikuti pelatihan UMKM ini. Para pelaku usaha pun tidak hanya belajar akan teknik pemasaran saja. Akan tetapi, mereka pun juga akan belajar dalam mengatur sumber daya bisnis dan peningkatan produktifitas lagi agar usaha UMKM mereka dapat berjalan dengan optimal. Tak hanya itu, pelatihan UMKM pun juga seringkali akan mengajarkan para pelaku usaha UMKM ini teknik problem solving.

Dengan begitu, mereka pun mempunyai sebuah kekuatan dalam menemukan solusi secara efektif dan efisien apabila usaha mereka menghadapi suatu masalah. Karena itulah, adanya pelatihan UMKM ini pun terbilang dapat membantu seorang pelaku usaha ini. Dapat menggali langsung potensi dan kemampuan mereka yang dapat mereka gunakan dalam menemukan sebuah solusi bisnis ini.

2. Mengurangi Biaya Pengeluaran dan Resiko Gagal Maupun Kecelakaan Kerja

Dengan mengikuti sebuah pelatihan UMKM ini. Para pelaku usaha pun akan belajar akan teknik produksi yang lebih efektif dan optimal lagi dalam bisnis mereka. Tak hanya itu, karena pelatihan UMKM ini mempunyai tujuan utama untuk pembentukan sebuah karakter bisnis yang lebih optimal. Maka, para pelaku usaha ini pun juga akan belajar lagi akan pentingnya keselamatan mereka dalam melakukan sebuah pekerjaan. Terlebih lagi, sebuah kecelakaan dalam melakukan pekerjaan ini. Umumnya akan sangat merugikan dana dari para pelaku UMKM ini.

Dengan begitu, dengan menjaga keselamatan langsung dari pekerjaan ini. Maka, pelaku usaha UMKM ini pun juga ikut serta dalam menghemat pengeluaran mereka juga. Intinya, adanya pelatihan UMKM ini akan mempunyai sebuah harapan agar kecelakaan kerja dalam ruang lingkup UMKM ini dapat berkurang dari waktu ke waktu. Baik itu dari pengaturan management pekerjaan. Ataupun juga peningkatan sebuah sistem dan alur kerja yang lebih efektif lagi. Dengan begitu, kondisi finansial dari para pelaku usaha UMKM ini pun akan dapat mereka fokuskan. Agar mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar lagi.

Selanjutnya, Mari Kita Bahas Berbagai Jenis Pelatihan UMKM Ini

1. Pelatihan Dengan Sistem Kelas

Anda mungkin akan banyak mendengar istilah pelatihan UMKM ini dengan nama classroom training ataupun pelatihan UMKM konvensional. Walaupun saat ini banyak sekali teknologi internet yang sangat canggih dan maju. Akan tetapi, banyak sekali masyarakat Indonesia yang sangat mencintai adanya pelatihan UMKM dalam sistem kelas ini dalam membantu pemahaman mereka. Terlebih lagi apabila ada seorang pemimpin yang dapat membantu mereka dalam mengarahkan.

Serta memberi beberapa tips untuk menemukan sebuah jalan bisnis ini. Kemudian, seperti nama yang dimiliki oleh teknik ini. Umumnya, pelatihan UMKM dengan kelas ini akan sama dengan teknik pemberian materi seperti halnya kegiatan sekolah. Yakni, dengan menggunakan sebuah papan tulis, atau bahkan beberapa teknologi lain. Misalnya saja video, presentasi, ataupun juga modul untuk mendapatkan materi pelatihan UMKM.

2. Pelatihan Sekaligus Kerja

Proses pelatihan UMKM yang terpadu dengan proses produk atau kerja ini juga merupakan salah satu metode pelatihan UMKM yang juga cukup digermari loh oleh masyarakat Indonesia. Karena, dengan melakukan proses pelatihan UMKM sekaligus produksi atau kerja ini. Mereka umumnya akan lebih cepat dalam memahami materi yang berasal dari pelatih ini langsung. Karena itulah, praktek ini pun juga banyak sekali penggunaannya. Terlebih lagi pada beberapa karyawan sebuah bisnis atau usaha yang menerima langsung pelatihan UMKM pada jam kerja mereka.

3. Pelatihan Dengan Teknologi Komputer

Umumnya, berbagai macam proses pelatihan UMKM ini seringkali terlaksana dengan adanya interaksi langsung antara dua pihak manusia. Namun, dengan adanya teknologi internet dan komputer yang semakin canggih ini. Proses pelatihan UMKM pun juga perlahan mengalami pergeseran juga dengan menggabungkan teknologi yang ada. Salah satu contoh dalam hal ini adalah dengan melakukan pelatihan UMKM langsung dari teknologi komputer ini.

Singkatnya, dengan adanya sebuah komputer ini, anda pun tidak akan lagi membutuhkan para pengajar dan pemberi materi. Akan tetapi, anda dapat mempelajari langsung berbagai informasi berbisnis dari beragam media. Mulai dari gambar, teks bacaan, video, presentasi, dan lain sebagainya. Kemudian, salah satu hal yang sangat membuat pelatihan UMKM ini menjadi populer adalah. Biaya yang anda keluarkan pun akan relatif lebih hemat lagi. Tak hanya itu, anda pun dapat mengulang lagi materi yang anda pelajari sebelumnya, kapanpun dan dimanapun juga.

4. Pelatihan Online Langsung Dengan Teknologi Internet

Selain dari komputer yang telah kita bahas sebelumnya. Salah satu hal yang menunjukkan kemajuan dari era bisnis digital ini adalah dengan adanya berbagai macam pelatihan UMKM yang terjadi secara online dengan bantuan internet. Tak hanya itu, anda yang ingin mencoba berbagai macam pelatihan umkm ini pun dapat menemukan akses yang jauh lebih mudah daripada dengan melakukan pelatihan umkm offline atau sederhana. Tak hanya itu, pelatihan umkm ini pun juga seringkali terasa berbeda. Dengan metode pelatihan umkm dengan komputer yang sebelumnya sudah kita bahas ini.

Singkatnya, apabila anda menggunakan komputer ini. Anda hanya akan menyimak saja tanpa memiliki kemampuan dalam mengajukan berbagai macam pertanyaan. Namun, dengan menggunakan teknologi online ini. Anda pun akan lebih mudah lagi dalam mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Karena, pelatihan umkm ini sendiri memungkinkan anda sebagai peserta untuk mengajukan pertanyaan langsung kepada pemateri dalam kegiatan pelatihan UMKM ini.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang
Support Startup, adalah sebuah perusahaan yang siap membantu anda dengan menyediakan pelayanan. pelatihan umkm terpercaya, berkualitas, terbaik, dan terkemuka. Tak hanya itu, Support Startup juga menyediakan jasa tersebut pada wilayah : Aceh barat daya, barat, besar, jaya, selatan, singkil, tamiang, tengah, tenggara, timur, utara; agam; alor; ambon;asahan; asmat; badung; balangan; balikpapan; banda ; bandar lampung; bandung barat; bandung;banggai kepulauan; laut; bangkabangkalan; bangli; banjar jawa barat; banjar; banjarbaru; banjarmasin; banjarnegara; bantaeng; bantul; banyuasin; banyumas; banyuwangi; barito kuala;barru; baru; batam; batang; batanghari; batu bara; batu; baubau; bekasi; belitung timur; belitung; belu; bener meriah; bengkalis; bengkayang; bengkulu selatan;berau; biak numfor; bima; binjai; bintan; bireuen; bitung; blitar; blora; boalemo; bogor; bojonegoro; bolaang mongondow selatan;bombana; bondowoso; bone bolango;bontang; boven digoel; boyolali; brebes; bukittinggi; buleleng; bulukumba; bulungan; bungo; buol; buru selatan;buton selatan;ciamis; cianjur; cilacap; cilegon; cimahi; cirebon; dairi; deiyai; deli serdang; demak; denpasar; depok; dharmasraya; dogiyai; dompu; donggala; dumai; empat lawang; ende; enrekang; fakfak; flores timur; garut; gayo lues; gianyar; gorontalo utara;gowa; gresik; grobogan; gunung mas; gunungkidul; gunungsitoli; halmahera barat;hulu sungai selatan;humbang hasundutan; indragiri hilir; indragiri hulu; indramayu; intan jaya; jakarta;jambi; jayapura; jayawijaya; jember; jembrana; jeneponto; jepara; jombang;kabupaten bandung;kaimana; kampar; kapuas hulu; kapuas; karanganyar; karangasem; karawang; karimun; karo; katingan; kaur; kayong utara; kebumen; kediri; keerom; kendal; kendari; kepahiang; anambas; aru; mentawai; meranti; sangihe; selayar; seribu; siau tagulandang biaro; sula; talaud; tanimbar; yapen; kerinci; ketapang; klaten; klungkung;kolaka;konawe; kuantan singingi; kubu raya; kudus; kulon progo; kuningan; kupang; kutai; kutai kartanegara;labuhanbatu; lahat; lamandau; lamongan; lampung;landak; langkat; langsa; lanny jaya; lebak; lebong; lembata; lhokseumawe; lima puluh ; lingga; lombok;lubuklinggau; lumajang;luwu; madiun; magelang; magetan; mahakam ulu; majalengka; majene; makassar; malaka; malang; malinau; maluku barat daya;mamasa; mamberamo raya;mamuju; manado; mandailing natal;manggarai;manokwari; mappi; maros; mataram; maybrat; medan; melawi; mempawah; merangin; merauke; mesuji; metro; mimika;minahasa; mobagu; mojokerto;morowali; muara enim; muaro jambi; mukomuko;muna; murung raya; musi banyuasin;musi rawas; nabire; nagan raya; nagekeo; natuna; nduga; ngada; nganjuk; ngawi;nias; nunukan; ogan ilir; ogan komering ilir;ogan komering ulu; pacitan;padang lawas; panjang; pariaman; sidempuan; padang; pagar alam; pakpak bharat; palangka raya; palembang; palopo; palu; pamekasan; pandeglang; pangandaran; pangkajene dan kepulauan; pangkal pinang; paniai; parepare; pariaman; parigi moutong;pasaman; pasangkayu; paser; pasuruan; pati; payakumbuh; arfak; bintang; pekalongan; pekanbaru; pelalawan; pemalang; pematangsiantar; penajam paser utara; penukal abab lematang ilir; pesawaran; pesisir barat; pidie jaya;pinrang; pohuwato; polewali mandar; ponorogo; pontianak; poso; prabumulih; pringsewu; probolinggo; pulang pisau; pulau morotai; taliabu; puncak jaya;purbalingga; purwakarta; purworejo; raja ampat; rejang lebong; rembang; rokan hilir; rokan hulu; rote ndao; sabang; sabu raijua; salatiga; samarinda; sambas; samosir; sampang; sanggau; sarmi; sarolangun; sawahlunto; sekadau; seluma; semarang; seram;serang; serdang bedagai; seruyan; siak; sibolga; sidenreng rappang; sidoarjo; sigi; sijunjung; sikka; simalungun; simeulue; singkawang; sinjai; sintang; situbondo; sleman;solok; soppeng;sorong; sragen; subang; subulussalam; sukabumi; sukamara; sukoharjo; sumba;sumbawa; sumedang; sumenep; sungai penuh; supiori; surabaya; surakarta; tabalong; tabanan; takalar; tambrauw; tana tidung; toraja; tanah bumbu; datar; laut;tangerang; tanggamus; tanjung jabung; tanjungbalai; tanjungpinang; tapanuli;tapin; tarakan; tasikmalaya; tebing tinggi; tebo; tegal; bintuni; wondama; temanggung; ternate; tidore kepulauan; timor tengah;toba; tojo una-una; tolikara; tolitoli; tomohon; toraja utara; trenggalek; tual; tuban;tulang bawang; tulungagung; wajo; wakatobi; waringin;waropen; way kanan; wonogiri; wonosobo; yahukimo; yalimo; yogyakarta. Selain itu, Support Startup sendiri juga memiliki harga, tarif, ongkos, dan biaya pelatihan umkm yang sangat fleksibel. Untuk membantu anda yang baru saja memulai karir bisnis anda.