SupportStartup

Jasa Pelatihan Social Media Marketing, Ketahui Manfaat dari Social Media!

Penggunaan dan optimalisasi penggunaan mandiri ataupun jasa social media management ini adalah salah satu teknik serta strategi pemasaran yang sering sekali pebisnis atau pengusaha lakukan untuk menarik perhatian. Terlebih lagi, social media saat ini juga menjadi lebih populer lagi dari tahun ke tahun. Karenanya, anda dapat menemukan banyak sekali jasa pelatihan social media marketing ini melalui media internet atau bahkan social media itu sendiri. Mulai dari pengertian social media marketing, harga jasa sosial media management hingga berbagai macam tips tentunya akan anda dapatkan dari mereka. Selain dengan banyaknya pengguna social media, beberapa pebisnis, pengusaha hingga konsultan digital marketing  ini juga melihat peluang lain dari platform ini yang tidak tersedia pada platform lainnya atau bahkan teknik pemasaran tradisional.

Singkatnya, proses pemasaran social media marketing ini adalah memasarkan produk ataupun jasa seperti jasa landing page profesional yang anda tawarkan dengan menggunakan platform social media. Selanjutnya, dengan menggunakan platform social media ini untuk memasarkan produk ataupun jasa tersebut. Pengusaha ini pun dapat dengan mudah menjangkau target pasarnya hingga mencapai seluruh wilayah Indonesia. Bahkan, tak jarang juga social media ini juga dapat menghubungkan sebuah bisnis ataupun perusahaan dengan masyarakat manca Negara loh.

Kemudian, selain dengan jangkauan yang luas tersebut. Social media ini juga seringkali menjadi sebuah solusi pemasaran yang sangat efektif juga optimal bagi pebisnis maupun digital advertising konsultan. Karena, social media sendiri tidak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu ataupun juga sumber daya suatu bisnis. Karena itulah, bukanlah hal yang mustahil apabila saat ini banyak sekali yang menawarkan jasa pelatihan social media marketing ini pada pebisnis. Selanjutnya, selain berbagai macam manfaat itu tadi, ada beberapa alasan lainnya akan mengapa jasa pelatihan social media marketing atau jasa sosial media management ini sangatlah penting untuk sebuah bisnis. Nah, untuk mengetahui alasan tersebut. Yuk simak baik baik penjelasan berikut!

infografis jasa pelatihan social media marketing

Sebelumnya, Mari Perdalam Pengetahuan Dengan Penjelasan dari Social Media Marketing!

Singkatnya, strategi pemasaran social media marketing ini merupakan sebuah pemasaran yang banyak dilakukan pebisnis, pengusaha, serta digital media konsultan dengan menggunakan platform social media. Nah, untuk wilayah Indonesia sendiri, beberapa social media yang seringkali pebisnis atau pengusaha ini manfaatkan. Adalah : Faceboook, Twitter, Tiktok, Youtube, Instagram, dan lain sebagainya.

Kemudian, apabila kita bahas lebih terperinci lagi, sebuah platform digital marketing sendiri menganggap bahwa dengan melakukan social media marketing. Maka seorang pebisnis, pengusaha, dan jasa digital marketing surabaya maupun seluruh Indonesia ini akan memfokuskan strategi pemasaran mereka kepada konten yang akan mereka bagikan kepada target audiens mereka. Dengan begitu, sebuah konten inilah yang akan menjadi senjata utama mereka dalam bersaing dengan kompetitor bisnis.

Akan tetapi, seorang pakar digital marketing lainnya mempunyai pendapat yang berbeda apabila membahas social media marketing ini. Ia berpendapat bahwa, social media marketing ini adalah sebuah strategi pemasaran bisnis. Yang lebih berfokus untuk mendapatkan perhatian seorang pengguna sosial media lainnya dengan penggunaan sebuah konten.

Selanjutnya, apabila pebisnis, penguasaha, dan konsultan marketing terbaik berhasil menarik perhatian audiens. Maka, mereka pun akan berharap untuk mendapatkan sebuah interaksi terhadap konten tersebut. Mulai dari sebuah like, share, komentar, hingga mengikuti akun social media bisnis anda. Dengan begitu, sebuah interaksi inilah yang akan menjadi senjata utama untuk mengungguli kompetitor dalam persaingan pasar. Kemudian, apapun tujuan anda sebagai pebisnis dalam menggunakan strategi social media marketing. Sebuah strategi adalah keharusan yang tidak boleh anda lewatkan. Karena itulah, jasa pelatihan social media marketing atau jasa sosial media management ini tentunya adalah pilihan yang tepat.

Pentingnya Penggunaan Social Media Marketing Dalam Perkembangan Bisnis

Sebelumnya, perlu anda ketahui juga, sebuah studi penelitian ini mengungkapkan bahwa ada lebih dari 4.5 Milliar pengguna social media yang tersebar pada seluruh dunia. Mulai dari pengguna seperti remaja ataupun juga orang lansia yang menggunakan social media untuk bertanya kabar. Selanjutnya, dalam dunia bisnis ini sendiri, 4.5 Milliar pengguna ini tentunya akan menjadi sebuah peluang emas tersendiri dalam mempromosikan bisnis mereka.

Dengan angka pengguna yang sangat fantastis tersebut. Maka tak mengherankan jika social media ini telah menjadi salah satu hal yang sangat digemari oleh masyarakat dunia. Kemudian, seperti yang telah kita bahas sebelumnya, social media ini akan lebih dapat memberikan sebuah interaksi secara langsung pada target audiens anda. Karena itulah, penggunaan social media ini sendiri terbilang lebih menyenangkan apabila anda bandingkan dengan sebuah website dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga beberapa manfaat lain yang hanya dimiliki oleh platform social media ini. Seperti :

1. Membantu Anda Dalam Membangun Sebuah Brand Perusahaan

Seperti yang anda ketahui sebelumnya, pengguna social media dengan jumlah angka 4.5 Milliar ini tentunya akan menjadikan sebuah brand terkenal dalam waktu cepat. Terlebih lagi, apabila seorang pebisnis atau pengusaha ini terus menerus melakukan pemasaran ini secara rutin dengan bantuan jasa pelatihan social media marketing jasa sosial media management. Mungkin seorang pebisnis atau pengusaha pemula ini akan kesulitan saat pertama kali memperkenalkan brand mereka. Baik itu karena kurangnya koneksi, ataupun juga karena pengunjung ini hanya melihat lihat saja tanpa memberikan interaksi apapun.

Akan tetapi, seperti sebuah pepatah “batu yang terus menerus terkena air akan berlubang”. Maka, apabia pebisnis ini terus menerus secara rutin memberikan audiens mereka sebuah konten. Pastinya mereka akan merasa penasaran juga terhadap brand tersebut. Terlebih lagi jika mereka mengikuti kursus digital marketing online murah. Karena itulah, penggunaan social media marketing ini dapat dengan cepat membantu anda dalam pembangunan sebuah brand perusahaan.

2. Mendapatkan Saran & Masukkan Secara Langsung dari Customer Anda

Selanjutnya, setelah banyak sekali pengguna social media yang telah mengetahui brand dari bisnis anda. Maka bukanlah sebuah hal yang mustahil apabila banyak dari mereka yang mulai membicarakan tentang brand anda tersebut. Kemudian, anda pun dapat memperhatikan secara langsung tentang tanggapan customer terhadap pelayanan & kualitas brand anda dari social media. Tak hanya itu, anda pun juga dapat mengukur tingkat interaksi mereka dengan konten social media anda & memutuskan apakah strategi anda sudah sesuai atau tidak.

Nah, untuk mengetahui berbagai macam hal tersebut, hampir semua platform social media yang saat ini beredar melalui internet mempunyai fitur komentar. Dengan begitu, pengikut akun social media anda pun dapat dengan mudah memberikan masukkan & saran mereka untuk perkembangan bisnis anda. Selanjutnya, anda pun dapat menggunakan berbagai macam komentar tersebut sebagai acuan anda untuk mengambil langkah selanjutnya.

Akan tetapi, anda tentunya harus mempertimbangkan juga. Karena, banyaknya komentar negatif terhadap brand anda ini tentunya akan sangat merugikan kredibilitas anda. Karena itulah, jasa pelatihan social media marketing atau jasa sosial media management pun akan membantu anda menemukan cara yang tepat dalam menghadapi beberapa komentar negatif tersebut.

3. Jadikan Kompetitor Bisnis Sebagai Tolak Ukur Dalam Perkembangan Bisnis

Social media ini membuat banyak orang dapat mengetahui berbagai macam informasi apapun dengan waktu yang sangat singkat. Karena itulah, banyak dari pebisnis yang memanfaatkan peluang ini untuk memperhatikan serta mempelajari dengan teliti strategi dari kompetitor bisnis mereka.

Terlebih lagi, adanya social media ini juga menjadikan semua pebisnis ini ramai dalam memanfaatkannya sebagai strategi pasar. Sehingga, anda pun tidak hanya mempelajari satu atau dua orang kompetitor bisnis saja. Akan tetapi, anda pun dapat mempelajari seluruh kompetitor bisnis yang anda temukan melalui social media.

Panduan Dalam Menggunakan Strategi Social Media Marketing

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, social media marketing ini memanglah sangat menguntungkan. Akan tetapi, apabila anda hanya sekedar menggunakannya saja tanpa menggunakan taktik atau strategi apapun. Hal ini tentunya akan menjadi sebuah hal yang percuma. Karena itulah, berikut ini adalah beberapa strategi social media marketing yang sering kali digunakan oleh jasa pelatihan social media marketing atau jasa sosial media management. Nah, untuk mempelajari lebih lanjut tentang strategi tersebut. Berikut ini adalah penjelasannya!

1. Mengetahui Keinginan dari Audiens Bisnis Anda

Pertama, dalam menjalankan sebuah bisnis atau bahkan perusahaan besar, tentunya anda harus mengetahui terlebih dahulu keinginan audiens anda. Dengan begitu, anda pun memiliki sebuah acuan dalam memperhitungkan seberapa besar kualitas produk atau jasa yang akan anda berikan kepada mereka. Tak hanya itu, anda pun dapat menentukan juga harga jasa social media management ataupun harga jasa lain yang anda tawarkan pada bisnis anda.

Kemudian, setelah anda benar benar memahami selera dari audiens anda ini. Maka, anda pun akan dapat dengan mudah menentukan konten apa yang akan anda bagikan melalui social media tersebut. Dengan begitu, tentunya audiens anda ini akan dapat memberikan interaksi yang besar terhadap akun social media anda.

2. Pilihlah Platform Social Media Marketing yang Sesuai Dengan Jenis Bisnis Anda

Kedua, pemilihan yang tepat terhadap platform social media. Anda tentunya telah mengetahui bahwa saat ini, platform social media telah banyak sekali tersebar variasinya. Tak hanya itu, dengan adanya berbagai macam platform social media ini. Maka anda pun harus mempersiapkan juga strategi yang sesuai untuk platform pilihan anda.

Kemudian, dalam memilih sebuah platform ini, anda tentunya harus memperhitungkan juga jasa atau produk yang anda tawarkan. Misalnya saja, apabila anda menawarkan sebuah jasa profesional. Maka social media yang cocok untuk anda adalah platform LinkedIn dengan berbagai penggunannya yang seorang pebisnis serta pengusaha profesional dan banyak digital marketig dan konsultan CEO yang juga memakainya.

3. Buatlah Sebuah Konten yang Dapat Menarik Perhatian Audiens

Ketiga, pembuatan sebuah konten yang dapat menarik perhatian audiens bisnis anda. Anda tentunya telah mengetahui bahwa konten ini merupakan sebuah senjata utama anda untuk mendapatkan beragam interaksi dengan audiens anda. Tak hanya itu, dengan membagikan sebuah konten ini pun. Anda tentunya dapat mempengaruhi audiens anda untuk membeli sebuah produk yang anda tawarkan untuk mereka.

Karena itulah, untuk menentukan konten apa yang sekiranya sesuai dengan selera audiens anda. Maka tentunya anda dapat melakukan sebuah penelitian terlebih dahulu sebelum membuat sebuah konten ini. Lalu anda juga bisa mencari konsultan SEO untuk bertanya apa konten yang tepat dan jitu. Selain itu, apabila anda tidak mempunyai waktu yang cukup. Tentunya jasa pelatihan social media marketing ini dapat dengan mudah memberikan tips & saran untuk membuat konten yang menarik. Misalnya saja dengan sebuah konten untuk menentukan harga jasa social media management.

4. Perhitungkan Waktu yang Tepat Saat Membagikan Sebuah Konten

Keempat, perhitungan terhadap waktu yang tepat sebelum mempublikasikan sebuah konten. Saat anda mempubikasikan sebuah konten, tentunya anda akan berharap agar konten tersebut dapat dilihat oleh banyak audiens anda. Karena itulah, untuk memenuhi harapan tersebut, tentunya anda akan membutuhkan waktu yang tepat agar semua audiens anda dapat melihat konten tersebut.

Misalnya saja, apabila anda mempublikasikan konten ini pada waktu jam 7 pagi. Maka tentunya audiens anda akan kesulitan melihat konten tersebut karena mereka sendiri sedang bersiap siap untuk berangkat bekerja. Lain halnya dengan apabila anda mempublikasikan konten tersebut pada waktu jam 12 siang. Mereka tentunya sedang melakukan istirahat dari pekerjaan mereka dan berpeluang untuk melihat konten anda.

5. Memperhatikan Perkembangan Strategi Social Media Marketing

Terakhir namun bukan akhir, anda dapat memperhatikan perkembangan dari strategi social media marketing anda. Dalam menggunakan sebuah platform social media, anda akan diberikan sebuah data laporan yang berasal dari proses pemasaran anda. Kemudian, anda pun dapat menggunakan data laporan ini untuk meningkatkan strategi pemasaran anda, ataupun juga membuat strategi baru.

Nah, untuk memperhatikan data laporan ini, anda pun dapat memperhatikan berbagai macam unsur. Seperti : pengikut, komentar, likes, dan lain sebagainya. Dengan begitu, anda pun dapat mencoba untuk membaca pergerakan trend yang sedang terjadi pada audiens anda. Selanjutnya, jasa pelatihan social media marketing ini pun tentunya akan membantu anda dalam membaca data laporan tersebut. Kemampuan membaca inilah yang dapat menentukan harga jasa social media management ataupun jasa maintain sosmed.

Beberapa Social Media yang Sering Digunakan Oleh Pebisnis & Pengusaha

Banyaknya berbagai pilihan tentang platform social media ini terkadang dapat membuat pebisnis pemula ini bingung untuk memilih salah satu. Bahkan, ada juga beberapa diantara dari mereka yang memilih untuk menggunakan semua platform social media yang tersedia ini. cara ini jarang  digunakan bahkan para konsultan SEO pun menyarankan untuk fokus pada platform yang populer.

Alhasil, mereka pun mendapatkan hasil yang minimal karena banyaknya hal yang harus mereka perhatikan. Namun terbatasnya jumlah tenaga mereka untuk memperhatikan, para konsultan SEO pun tidak merekomendasikan. Karena itulah, untuk mempermudah dalam memilih sebuah platform social media. Berikut ini adalah beberapa platform yang sering sekali digunakan oleh masyarakat Indonesia. Seperti :

1. Facebook

Pengguna Facebook yang mencapai angka 2.9 tentunya akan menjadi peluang tersendiri bagi pebisnis. Padahal, perlu anda ketahui juga, tujuan utama dari social media Facebook ini adalah untuk menghubungkan sesame mahasiswa di wilayah Amerika saja. Akan tetapi, semakin berkembangnya teknologi, Facebook pun semakin berkembang lagi hingga menjadi sebuah platform pemasaran yang dapat membantu anda untuk meningkatkan brand bisnis anda.

2. Twitter

Dalam penggunaannya, Twitter sendiri lebih banyak digunakan untuk kepentingan yang lebih personal lagi antara customer dengan perusahaan ini. Karena itulah, banyak sekali perusahaan yang memanfaatkan Twitter ini sebagai media mereka untuk melayani customer dengan layanan customer service. Akan tetapi, hal ini tentunya tidak menutup kemungkinan untuk anda dalam menggunakan Twitter untuk memasarkan brand anda. Terlebih lagi, Twitter ini juga memilih pengguna aktif yang menyentuh angka 330 juta.

3. Instagram

Instagram ini sudah sering sekali digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk memposting berbagai macam foto yang dapat menarik perhatian. Karena itulah, pengguna dari Instagram ini lebih banyak terdiri oleh pemuda dan kaum milenial yang lebih tertarik dengan foto tersebut. Selanjutnya, dalam menggunakan platform Instagram untuk memasarkan brand bisnis. Anda pun dapat mempublikasikan juga beberapa gambar atau bahkan video singkat tentang bisnis anda. Dengan begitu, anda pun akan mempunyai peluang untuk mengembangkan brand bisnsi diantara 1 milliar pengguna Instagram ini.

Kemudian, selain dengan mengandalkan foto dan video singkat. Instagram ini juga mempunyai berbagai macam fitur unik yang dapat memungkinkan audiens anda untuk memberikan sebuah interaksi terhadap konten anda. Karena itulah, banyak dari perusahaan & bisnis yang menggunakan Instagram ini untuk membangun brand bisnis mereka mulai dari nol.

Keterampilan yang Harus Anda Miliki Dalam Menggunakan Social Media

Berkembangnya teknologi internet ini membuat peran social media sangatlah penting untuk mendirikan dan mengembangkan sebuah bisnis. Selain itu, adanya berbagai macam jasa pelatihan social media marketing ini juga membuktikan bahwa social media adalah hal yang sangat penting. Mulai dari membangun sebuah brand, meningkatkan interaksi dengan audiens bisnis, membentuk sebuah strategi pemasaran, dan lain sebagainya.

Semua hal tersebut dapat anda lakukan dengan menggunakan social media. Akan tetapi, untuk menggunakan social media ini secara maksimal, tentunya anda akan membutuhkan sebuah keterampilan dari sebuah jasa konsultan SEO dan jasa konsultan digital marketing. Baik itu dengan mempelajarinya melalui pebisnis yang telah sukses. Ataupun juga dengan mengikuti sebuah jasa pelatihan social media marketing. Kemudian, sebagai panduan anda dalam penggunaan social media ini. Beberapa keterampilan tersebut. Adalah :

Pengetahuan Terhadap Penggunaan Social Media

Tentunya akan menjadi sebuah hal yang sangat aneh apabila anda ingin menggunakan strategi social media marketing tanpa menegtahui dasar dasar dari social media ini. Tidak hanya itu, anda pun tentunya akan dapat dengan mudah dikalahkan oleh kompetitor bisnis apabila anda tidak mengetahui ilmu dasar dari social media ini. Karena itulah, tentunya anda harus mempelajari terlebih dahulu cara yang tepat dalam menggunakan social media ini. Baik itu pembelajaran mandiri ataupun juga mengikuti jasa pelatihan social media marketing atau jasa sosial media management. Tentunya anda juga dapat memperkirakan juga harga jasa social media management yang banyak beredar.

Pengetahuan Dalam Melakukan Proses Analisis

Melakukan sebuah Analisa tentunya akan menjadi sebuah hal yang sangat penting dalam membangun dan mengembangkan sebuah bisnis. Tak hanya itu, dalam dunia SEO sendiri, seorang konsultan SEO yang menyediakan layanan konsultasi SEO pun akan sangat ahli dalam proses analisisnya. Karena itulah, dalam menggunakan strategi social media marketing ini. Tentunya anda harus dapat melakukan Analisa ini terhadap data laporan ataupun kompetitor bisnis anda. Dengan begitu, anda pun akan lebih mudah lagi dalam membuat & menentukan strategi pemasaran atau bahkan menentukan harga jasa social media management.

Kembangkan Kreativitas Anda Sebagai Pebisnis

Anda sudah pasti menegtahui bahwa konten yang tidak terlalu menarik perhatian audiens ini tentunya akan mengurangi minat mereka terhadap brand anda. Karena itulah, unsur kretivitas ini akan mempunyai peran yang sangat penting sekali untuk perkembangan bisnis anda. Dengan menggunakan kreativitas ini, anda pun akan mempunyai sebuah gagasan yang dapat menarik perhatian audiens anda. Dengan begitu, masa depan bisnis anda pun akan dapat terjamin dengan baik.

Perkuat Skill Copywriting Anda Dalam Pembuatan Sebuah Konten

Dalam menggunakan strategi social media marketing. Maka anda pun harus bisa menyampaikan pesan bisnis anda kepada audiens. Dengan begitu, mereka pun akan dapat dengan mudah memahami apa yang coba anda sampaikan kepada mereka. Karena itulah, kemampuan anda untuk menceritakan pesan inilah yang sangat penting dalam mengunakan strategi social media marketing. Dengan sebuah tulisan yang dapat mempengaruhi emosi dari audiens anda. Mereka pun akan dapat mengenal brand anda lebih personal lagi. Tak hanya pada sosial media saja, kemampuan copywriting ini pun sangat penting juga dalam jasa SEO ekonomis untuk pembuatan sebuah konten yang SEO friendly.

Gunakan Sebuah Desain yang Baik Serta Profesional

Sebuah desain grafis memanglah salah satu cara efektif yang dapat anda gunakan untuk berkomunkasi dengan audiens bisnis. Karena itulah, dalam strategi social media marketing sendiri, kemampuan dalam copywriting & storytelling saja tidaklah cukup. Anda pun harus bisa mengola kata kata tersebut secara visual yang dapat menarik perhatian audiens anda. Akan tetapi, dalam pembuatan sebuah desain grafis ini. Anda tidak harus memahami secara lengkap tools dan alat dari seorang desainer profesional. Akan tetapi, anda pun dapat memanfaatkan berbagai macam tools pembuatan sebuah desain yang lebih sederhana lagi penggunaannya.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang