SupportStartup

Jasa Konsultan Digital Marketing, Mengapa Pebisnis Membutuhkannya?

Dalam dunia bisnis, anda mungkin pernah mendengar sebuah istilah digital marketing ataupun jasa konsultan marketing. Akan tetapi, mungkin karena anda baru pertama kali mendengar istilah ini. Anda mungkin akan mempunyai sedikit salah paham tentang peran dan tugas jasa konsultan pemasaran ini. Hampir semua pebisnis pemula beranggapan bahwa jasa konsultan digital marketing ini merupakan sebuah profesi yang mempunyai peran dalam membagikan tips pasar dan juga beberapa strategi seperti contoh landing page jasa properti/property. Akan tetapi, seorang konsultan digital marketing tentunya akan memiliki tugas yang lebih mendalam lagi.

Karena itulah, artikel ini akan membahas tentang jasa konsultan digital marketing ini untuk menjawab segala pertanyaan anda. Akan ada beberapa hal dari jasa dan profesi ini yang dibahas. Seperti : penjelasan tentang jasa konsultan, cara kerja mereka, hingga membahas peran dan manfaat penting yang akan bisnis anda rasakan. Dengan begitu, anda pun tidak akan merasa ragu lagi apabila ingin menggunakan jasa konsultan pemasaran ataupun pakar pemasaran digital. Selain itu, karena anda telah memahami seluk beluk dari profesi ini. Anda pun juga dapat terhindar dari jasa abal abal yang justru akan sangat merugikan perkembangan bisnis anda.

Infografis Jasa Konsultan Digital Marketing

Sebelumnya, Mari Kita Bahas Perbedaan Konsultan dan Agency

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya. Jasa konsultan digital marketing ini adalah seseorang yang memiliki tugas untuk menangani penayangan iklan Google Ads digital marketing sebuah bisnis atau perusahaan dan juga website. Mereka akan mempunyai tujuan untuk meningkatkan jumlah traffic maupun penjualan sebuah bisnis dan perusahaan yang datang melalui website resmi mereka. Karena itulah, untuk mencapai tujuan tersebut, mereka pun akan menggunakan berbagai macam cara dan teknik dari digital marketing ini. Seperti : penggunaan email marketing, Analisa dan pembedahan website, pengoptimasian mesin pencari atau SEO, penggunaan layanan iklan online atau SEM, memperhatikan dan mengambil inspirasi dari contoh landing page jasa properti/property atau bidang bisnis lainnya, dan lain sebagainya.

Karena itulah, seorang yang berprofesi sebagai jasa konsultan digital marketing ataupun pembicara digital marketing ini seringkali dituntut untuk selalu update dan menjalin interaksi dengan berbagai macam hal. Baik itu dengan konten dari sebuah website, perkembangan teknologi pemasaran, perusahaan layanan iklan online, update terbaru tentang trend bisnis, contoh landing page jasa properti/property atau bidang bisnis lainnya, dan lain lain. Dengan begitu, tak heran jika profesi sebagai jasa konsultan ini akan sangat membutuhkan banyak waktu di depan komputer agar dapat mencapai target mereka.

Selanjutnya, banyaknya hal yang harus mereka pahami dan kuasai inilah yang menyebabkan bahwa tidak semua orang mampu menjadi seorang konsultan. Terutama saat mereka harus mencapai sebuah target yang sangat tinggi dengan waktu yang sangat singkat. Tentunya berbagai pengalaman dan kemampuan seorang konsultan yang profesional akan berperan penting dalam mencapai target tersebut. Karena itulah, seorang konsultan yang profesional ini tentunya akan mempunyai kemampuan utama digital marketing. Seperti :

  • Teknik penulisan atau copywriting.
  • Pengelolaan campaign iklan PPC yang cerdas.
  • Pemahaman menyeluruh tentang teknik optimasi SEO.
  • Kemampuan dalam menganalisa dan membedah tuntas sebuah website.
  • Mengikuti dan memahami perkembangan dari Google Ads dan email marketing.
  • Penggunaan software dasar komputer seperti Excel, Word, Power Point, Project, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, seringkali pemaham oleh pebisnis pemula ini menyamakan antara seorang konsultan digital marketing ini dengan agensi pemasaran. Padahal, mereka ini mempunyai beberapa ciri khas yang sangat berbeda antara satu dengan lainnya. Karena itulah, anda tentunya harus mengetahui dengan benar. Mana yang termasuk ciri khas dari seorang konsultan marketing, dan mana yang termasuk ciri khas dari agensi marketing.

Nah, untuk membantu anda memahami perbedaan kedua hal tersebut. Seorang konsultan pemasaran ini pada umumnya akan mempunyai sebuah gambaran umum tentang segala hal yang terjadi pada kegiatan pemasaran bidang tersebut. Perlu anda ketahui juga, pemasaran ini juga merupakan sebuah bidang yang sangat luas dan bercabang cabang. Ada beberapa hal yang harus benar benar diperhatikan untuk menghindari sebuah kegagalan. Baik itu untuk pemilihan produk, pemberian dan pengembangan layanan after sales, hingga menjaga hubungan erat dengan customer baru dan lama bisnis anda. Sedangkan, sebuah agensi marketing ini akan mempunyai sebuah tugas yang lebih umum lagi. Seperti menanggapi sebuah brief dan memberikan beberapa ide inovasi dan pilihan juga.

Kemudian, walaupun mereka mempunyai peran, tugas, dan ciri khas yang sangat berbeda. Seorang konsultan dan sebuah agensi pemasaran ini juga mempunyai satu kesamaan. Mereka tentunya tidak akan bekerja sendiri dalam mencapai target mereka. Akan ada beberapa pihak pihak lain yang ahli dalam sebuah bidang yang berhubungan dengan teknik digital marketing. Selanjutnya, untuk sebuah agensi marketing sendiri. Pada umumnya mereka akan terdiri dari tim multidisipliner. Secara singkatnya, apabila seorang agency marketing ini hanya menunjukkan anda beberapa contoh landing page jasa properti/property. Maka seorang konsultan ini juga akan menunjukkan anda beberapa contoh landing page jasa properti/property sekaligus memberikan cara yang tepat dalam pengelolaannya.

Ok, Mengapa Bisnis Saya Membutuhkan Jasa Konsultan Digital Marketing?

Beberapa dari anda mungkin tidak mengetahui hal ini. Tetapi, sekitar 32% masyarakat Indonesia yang aktif dalam memanfaatkan internet ini menggunakannya sebagai tempat untuk mencari jasa maupun produk. Sekitar 143 juta masyarakat ini sendiri mulai merasakan ketergantungan mereka pada internet untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari hari. Apakah itu untuk mencari informasi, mencari sebuah jasa, ataupun melihat lihat beberapa contoh landing page jasa properti/property. Karena itulah, dengan menggunakan dan memanfaatkan jasa konsultan digital marketing. Anda tentunya akan mempunyai peluang yang lebih besar lagi dalam memperoleh customer bisnis. Terutama saat anda menggunakan jasa konsultan yang profesional  ataupun pembicara digital marketing untuk membantu bisnis anda agar unggul dalam persaingan pasar internet.

Selain itu, mudahnya akses dan kecepatan pengiriman informasi ini juga menjadi sebuah faktor pendukung yang sangat bermanfaat. Dengan penggunaan internet ini, masyarakat Indonesia pun tidak perlu lagi menempuh pejalanan yang sangat jauh hanya untuk mendapatkan sebuah informasi tentang suatu jasa, ataupun contoh landing page jasa properti/property terbaru sebagai inspirasi desain mereka. Dengan begitu, apabila mereka tidak menemukan apa yang mereka inginkan. Mereka tidak akan merasa rugi karena kemudahan dalam berkomunikasi dengan bisnis anda dengan menggunakan media internet ini.

Beberapa Teknik Penting Dalam Jasa Konsultan Digital Marketing

Sebelumnya, perlu anda ketahui juga bahwa pemanfaatan teknik digital marketing ini bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Berbagai macam platform yang berbeda ini akan membutuhkan strategi yang berbeda pula agar jasa konsultan digital marketing ini mencapai target yang mereka inginkan. Karena itulah, apabila mereka sukses dalam sebuah hal atau bahkan berbagai macam hal. Bukan berarti mereka dapat langsung beristirahat dengan tenang. Para pelaku digital marketing seperti jasa konsultan dan pembicara digital marketing ini juga harus mengikuti berbagai macam perkembangan dan trend yang terjadi pada masing masing platform digital marketing.

Baik itu platform sosial media, SEO, maupun juga SEM. Dengan begitu, mereka pun dapat menjamin perkembangan bisnis anda dalam mengungguli kompetitor ataupun pasar. Akan tetapi, perbedaan strategi dan platform digital marketing ini juga tak jarang juga membuat seorang konsultan hanya fokus pada bidang tertentu saja. Artinya, apabila ia menguasai dengan benar teknik SEM atau layanan iklan, bukan berarti mereka dapat menerapkan hal yang sama pada teknik SEO. Begitu juga dengan sebaliknya. Karena itulah, berikut ini adalah beberapa contoh dari teknik dan platform digital marketing untuk membantu pemahaman anda.

1. Search Engine Optimization (SEO)

Pertama, adalah teknik digital marketing dengan layanan optimasi website. Perlu anda ketahui juga, SEO ini merupakan salah satu teknik yang paling populer pada dunia digital marketing. Seseorang yang mengaku sebagai seorang ahli digital marketing ataupun juga konsultan analisa website indonesia. Harus mempunyai pemahaman menyeluruh tentang apa itu SEO dan bagaimana teknik optimasi yang sesuai untuk bidang bisnis tertentu. Tak hanya itu juga, mereka pun juga harus selalu mengikuti perkembangan algoritma dari Google yang terus berubah ubah ini.

Apabila tidak, situs website yang mereka Kelola pun akan berpotensi untuk kalah dalam persaingan bahkan akan mendapatkan sebuah penalty langsung dari Google. Selanjutnya, selain berbagai macam hal tersebut. Seorang konsultan sendiri juga umumnya seringkali merumuskan sebuah strategi penerapan SEO dan melakukan pengawasan juga. Dengan begitu, mereka pun dapat mengetahui secara detail bagian website mana yang membutuhkan sebuah peningkatan. Kemudian, untuk mempermudah anda dalam memahami SEO ini.

Pekerjaan seorang konsultan digital marketing ini terbagi dari beberapa jenis. Seperti :

  • Penanganan secara langsung terhadap SEO On Page.
  • Perumusan strategi dalam memasarkan. sebuah konten.
  • Membangun backlink yang berkualitas.
  • Melakukan evaluasi terhadap hasil Analisa.
  • Meninjau secara langsung kegiatan pemasaran konten.
  • Melacak hasil dari optimasi SEO pada sebuah website.

2. Pay per Click (PPC)

Kedua, adalah teknik digital marketing dengan memanfaatkan salah satu layanan SEM yaitu PPC. Selanjutnya, PPC sendiri adalah sebuah teknik yang diserahkan oleh pebisnis pada konsultan digital marketing secara lansgung. Terutama saat pebisnis ini mempunyai banyak sekali landing page yang berasal dari jasa pembuatan landing page konsultan digital marketing tersebut. Namun, tak secara sembarangan juga, pebisnis ini tentunya akan menyerahkan pengelolaan PPC ini kepada seseorang yang mempunyai sebuah sertifikat dalam Google Ads dan juga pengalaman yang kuat dalam bidang Analisa iklan.

Dengan begitu, pengeluaran untuk anggaran iklan bisnis pun dapat terjaga dengan baik dan tidak terbuang dengan sembarangan untuk hal yang tidak mengeluarkan hasil. Kemudian, seorang jasa konsultan digital marketing yang profesional sendiri akan menerapkan berbagai macam hal untuk mendapatkan hasil PPC yang maksimal. Seperti :

  • Membuat dan mengoptimalkan landing page yang digunakan untuk PPC.
  • Merumuskan target pasar dan meninjau data pasar.
  • Memasangkan berbagai macam tools tracking untuk menganalisa performa PPC.
  • Memantau dan melakukan uji coba secara rutin pada performa iklan PPC.
  • Pembuatan sebuah strategi iklan yang optimal.
  • Memahami secara benar kata kunci dan target yang sesuai untuk bidang tertentu.
  • Meningkatkan kreatifitas dan copy iklan.

3. Platform Sosial Media

Terakhir namun bukan akhir, adalah pemanfaatan teknik digital marketing pada platform sosial media. Dengan membuat sebuah akun sosial media seperti Whatsapp, Instagram, Twitter, dan Facebook saja. Bukan berarti anda mempunyai sebuah publikasi dan kehadiran yang kuat dalam masing masing platform sosial media tersebut. Terlebih lagi, apabila bisnis anda ini hanya mempunyai dua atau bahkan satu akun sosial media saja.

Tentunya anda akan kehilangan banyak sekali peluang penting yang cukup besar untuk mendapatkan customer bisnis anda. Karena itulah, peran dari seorang jasa konsultan digital marketing ini sangat anda perlukan dalam menangani akun sosial media bisnis anda. Sama halnya dengan pembicara digital marketing yang dapat memberikan anda pengetahuan dasar dengan seminar. Dengan menggunakan jasa konsultan digital marketing ini, anda pun dapat terbantu dengan proses evaluasi strategi anda dalam sosial media. Dengan begitu, mereka pun dapat mengincar seorang pengguna sosial media yang mempunyai sebuah ketertarikan dengan bidang bisnis usaha anda.

Selanjutnya, bisnis anda pun dapat meraih brand awareness yang tinggi pada audiens yang menjadi target pasar anda. Kemudian, selain mengevaluasi dan mengelola strategi pemasaran sosial media anda. Jasa konsultan digital marketing ini juga dapat memberikan anda sebuah rekomendasi untuk meningkatkan kinerja dan performa akun sosial media anda. Baik itu dengan jenis konten yang akan anda post, ataupun dengan penggunaan iklan yang sesuai dengan tujuan bisnis anda.

Secara singkatnya, tugas dari jasa konsultan digital marketing pada platform sosial media ini adalah :
  • Membantu proses optimasi untuk website anda.
  • Merumuskan tujuan utama dalam pemasaran sosial media.
  • Meningkatkan kehadiran brand bisnis atau perusahaan anda.
  • Membangun sebuah komunitas untuk brand bisnis anda.
  • Melacak influencer, outlet media, dan customer potensial yang sesuai dengan bidang bisnis.
  • Memperkuat pengaruh dari brand suatu bisnis atau perusahaan.
Penjelasan tadi merupakan beberapa contoh dari sekian banyaknya teknik dan platform dari digital marketing ini. Mungkin anda akan mendapatkan sedikit keraguan dalam menggunakan jasa konsultan digital marketing ini. Karena itulah, berikut ini adalah berbagai macam manfaat penting yang akan anda dapatkan dari seorang jasa konsultan.

Peran Apa yang Akan DIberikan Oleh Jasa Konsultan Digital Marketing?

Penggunaan dari teknik digital marketing ini mau tidak mau mengharuskan anda untuk mempunyai sebuah sifat yang inovatif dan kreatif setiap saat. Selain itu, akan membutuhkan beberapa waktu lagi apabila anda mencoba untuk mempelajari semua teknik dari digital marketing ini dalam jasa konsultasi marketing plan. Karena itulah, menjalin sebuah hubungan kerja sama dengan jasa konsultan digital marketing ini dapat menjadi sebuah solusi yang bijak untuk masalah tersebut. Bukan hanya anda akan dibantu dalam perumusan sebuah strategi pemasaran saja. Namun ada banyak hal lain lagi yang akan anda dapatkan dari kerja sama tersebut. Seperti :

1. Meningkatkan Interaksi Bisnis Anda Dengan Customer dan Audiens Tertarget

Penggunaan digital marketing dalam sebuah strategi pemasaran ini pada umumnya adalah untuk mendapatkan sebuah interaksi dengan customer anda. Terutama lagi saat anda memutuskan untuk menggunakan sebuah platform sosial media untuk menjalin hubungan langsung dengan customer anda. Dengan begitu, customer maupun pengunjung pun dapat memberikan sebuah interaksi secara langsung. Baik itu memberikan like, komentar, membagikan postingan anda, hingga menghubungi anda secara langsung dengan fitur chat yang tersedia.

Tak hanya itu, jasa konsultan digital marketing ini juga dapat menunjukkan beberapa hal penting yang dapat anda lakukan untuk menarik perhatian customer. Karena memang, jasa konsultan ini pun juga seringkali menyediakan kursus online digital marketing juga untuk client mereka. Kemudian, hal yang dapat anda lakukan untuk menarik perhatian customer ini adalah seperti : mengadakan sebuah siaran langsung yang membuat pengunjung dan tim bisnis anda dapat mempunyai sebuah interaksi secara langsung satu sama lain. Selain itu, perubahan trend saat ini juga membuat bahwa konten saja bukanlah hal yang cukup untuk menarik interaksi customer. Anda harus benar benar mempunyai sebuah konten yang aktif dalam mendorong mereka untuk terlibat dalam sebuah interaksi dengan bisnis anda.

2. Mendukung Bisnis Anda Agar Tidak Kalah Dalam Persaingan

Digital marketing ini merupakan sebuah teknik pemasaran yang sangat membutuhkan perhatian khusus dalam penerapannya. Tak jarang juga anda akan menemukan pendiri bisnis yang terjun langsung dalam mengawasi jalannya kegiatan digital marketing ini. Sehingga, ia pun tidak dapat fokus dalam melakukan tugasnya secara maksimal. Hal tersebut sendiri menunjukkan seberapa kompetitifnya teknik digital marketing ini. Baik itu sosial media, SEO, ataupun pemasaran konten yang rutin. Terlebih lagi apabila pendiri bisnis tersebut tidak mengikuti kursus online murah seputar marketing sebelum terjun langsung dalam dunia digital marketing ini.

Tentunya hal tersebut akan memakan banyak waktu dan juga energi untuk mendapatkan sebuah hasil yang optimal. Terlebih lagi jika anda juga memiliki tugas untuk memikirkan masa depan perkembangan bisnis anda. Karena itulah, menjalin sebuah hubungan kerja sama ini tentunya akan sangat meringankan beban anda dalam mengembangkan sebuah bisnis. Padahal, anda ini menawarkan jasa pembuatan logo perusahaan & harusnya fokus kepada berkembangan desain grafis. Malahan, anda ikut memikirkan juga tentang perkembangan strategi pemasaran ini. Selain itu, seorang konsultan digital marketing yang profesional ini juga akan membantu anda dalam melakukan Analisa juga. Dengan begitu, anda pun dapat mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh kompetitor bisnis anda.

3. Mendapatkan Sudut Pandang Baru Dalam Dunia Pemasaran

Dalam menjalankan sebuah aktivitas untuk memasarkan konten ataupun memulai sebuah kampanye iklan sosial media. Anda tentunya sering kali berhenti secara mendadak. Tak jarang juga anda harus menjauhkan diri dari hal yang anda lakukan dan memperhatikan teknik pemasaran anda dengan sudut pandang yang berbeda pula. Selanjutnya, anda mungkin akan berpikir bahwa apa yang telah anda terapkan tersebut sudah benar.

Akan tetapi, orang lain sendiri terkadang tidak selalu setuju dengan pemikiran dan pendapat anda. Terlebih lagi, saat performa sosial media anda menurun, customer pun akan merasa tidak peduli pada bisnis anda. Bahkan, mereka pun dapat berpindah tangan pada kompetitor bisnis anda. Karena itulah, sebuah sudut pandang baru dari jasa konsultan digital marketing ini dapat memberitahu anda tentang kekurangan yang anda lewatkan dalam proses kampanye anda. Dengan begitu, anda pun akan terlepas dari kegegalan berulang yang terus terjadi pada bisnis anda.

4. Menjamin Reputasi Bisnis Anda Pada Sosial Media

Maraknya penggunaan internet saat ini mengakibatkan masyarakat Indonesia seringkali mengunjungi beragam sosial media. Seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya untuk membagikan pendapat mereka. Walaupun kedengarannya seperti sebuah hal yang bagus. Akan tetapi bisa saja seseorang ini tidak menyukai konten yang anda buat dan merasa tersinggung dengan konten tersebut. Dengan begitu, reputasi bisnis anda pun akan hancur ditangan mereka.

Tak hanya itu juga, kebanyakan pebisnis sendiri sering kali mengambil sebuah keuputusan yang salah dalam menghadapi seorang customer yang tidak puas. Akhirnya, daripada memperbaiki suasana tersebut. Mereka pun malah memperparah keadaan yang secara tidak langsung menghancurkan reputasi diri mereka sendiri. Karena itulah, untuk menjaga reputasi dan kredibilitas bisnis anda ini. Peran dari jasa konsultan digital marketing akan sangat membantu. Mereka dapat melakukan pemantauan terhadap sebuah pembicaraan yang berkaitan dengan bisnis anda.

5. Seorang Partner Bisnis yang Sangat Penting

Kebanyakan pebisnis sendiri akan merasakan susahnya berjuang secara sendirian dalam menghadapi sengitnya persaingan dalam bidang bisnis mereka. Karena itulah, dengan menggunakan jasa konsultan digital marketing. Anda akan seperti membawa seseorang untuk menanggung beban yang sama untuk bisnis anda. Dengan begitu, secara tidak langsung pun anda akan menjamin perkembangan dari bisnis anda. Terlebih lagi, adalah hal yang sangat memuaskan apabila anda dapat membahas tentang perkembangan bisnis anda di masa depan dengan seseorang yang profesional.

Akan tetapi, perlu anda ketahui juga bahwa setiap jasa konsultan digital marketing ini tentunya akan memiliki pengalaman dan pengetahuan yang berbeda juga dalam teknik digital marketing. Misalnya saja, ada beberapa konsultan yang baru saja memulai, dan ada juga yang telah bertahun tahun terjun dalam dunia digital marketing walaupun dengan profesi yang berbeda seperti pembicara digital marketing. Karena itulah, anda akan perlu melakukan sebuah penelitian terhadap riwayat kerja mereka dalam membantu seseorang dalam mengembangkan bisnis. Selanjutnya, seseorang yang benar benar profesional pun akan merasa senang dan bangga dalam menunjukkan hasil kerja mereka pada bidangnya.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang