SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Apa Saja Kira Kira Bedanya Administrasi Bisnis dan Manajemen?

Memang, saat ini sudah banyak masyarakat Indonesia yang sudah mengenal baik antara istilah administrasi, maupun manajemen bisnis ini. Akan tetapi, ternyata tak jarang juga masyarakat Indonesia yang seringkali bingung juga dengan bedanya administrasi bisnis dan manajemen ini. Terlebih lagi, hal ini pun kerapkali menjadikan masyarakat Indonesia salah dalam menentukan peran mereka dalam sebuah bisnis.

Karena itulah, apabila anda mempunyai keinginan untuk mendapatkan pengetahuan dalam dunia bisnis ini dalam jenjang kuliah. Atau mungkin anda ingin mendirikan sebuah bisnis dalam dunia yang penuh persaingan ini. Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai bedanya administrasi bisnis dan manajemen. Agar anda tidak salah lagi dalam memberikan peran dan tugas terhadap kedua profesi yang cukup berbeda ini. Yuk simak baik baik penjelasannya!

Apa Kira Kira Pengertain Administrasi dan Manajemen Bisnis Ini?

Apa Kira Kira Pengertain Administrasi dan Manajemen Bisnis Ini?

Administrasi Bisnis

Sebelum kita beranjak pada penjelasan mengenai bedanya administrasi bisnis dan manajemen ini. Ada baiknya juga kita membahas profesi dari seorang administrasi bisnis terlebih dahulu. Singkatnya, adminsitrasi bisnis ini sebuah konsep yang nantinya akan membahas seluruh semua proses. Yang berkaitan dengan bagaimana kita menjalankan sebuah bisnis untuk memeperoleh kesuksesan secara maksimal. Untuk pengertian dari kata administrasi sendiri, adalah sebuah proses untuk mengelola sebuah bisnis.

Sehingga, anda yang berprofesi sebagai administrasi bisnis ini pun akan mempelajari berbagai macam ilmu dasar dalam bisnis. Mulai dari ekonomi, akutansi, manajemen, pemasaran, serta hukum dan etika bisnis. Tak hanya itu, seorang administrasi bisnis pun juga dapat mempelajari hal lain juga yang juga masih berhubungan dengan sebuah bisnis. Mulai dari perencanaan bisnis, teori wirausaha, serta penelitian bisnis. Akan tetapi, administrasi bisnis sendiri juga dapat mempelajari sesuatu yang lebih spesifik lagi. Misalnya saja kewirausahaan, ataupun juga manajemen sumber daya.

Manajemen Bisnis

Setelah membahas tentang administrasi dalam pembahasan bedanya administrasi bisnis dan manajemen ini. Selanjutnya mari kita membahas manajemen bisnis. Manajemen sendiri adalah sebuah konsep bisnis yang mempelajari beberapa hal dalam bisnis. Seperti kepemimpinan, manajemen sumber daya, operasional, ataupun juga manajemen. Ketika anda mempelajari manajemen bisnis ini. Anda pun akan berhadapan dengan beberapa hal yang membahas perencanaan, operasi bisnis, dan juga analisis. Kemudian, manajemen sendiri mempunyai sebuah arti yakni sebuah proses mengatur serta mengawasi suatu hal ataupun suatu orang.

Dalam program pembelajaran manajemen bisnis sendiri. Umumnya anda akan berhadap dengan beberapa hal dasar dalam keuangan, ekonomi, pemasaran, serta hukum dan etika. Akan tetapi, sama halnya dengan administrasi bisnis yang sebelumnya kita bahas. Anda pun juga dapat mempelajari beberapa hal yang lebih spesifik lagi seperti manajemen sumber daya ataupun perencanaan bisnis. Nah, berikutnya kita akan membahas mengenai bedanya administrasi bisnis dan manajemen.

Bedanya Adminsitrasi Bisnis dan Manajemen Itu Apa Sih? Inilah Jawabannya!

Apa Saja yang Akan Anda Pelajari?

Pertama, bedanya administrasi bisnis dan manajemen terletak pada hal yang akan anda pelajari. Umumnya, bedanya administrasi bisnis dan manajemen yang paling utama ini terletak pada materi pembelajaran yang akan anda pelajari dalam kedua bidang ini. Untuk administrasi bisnis sendiri akan lebih spesialis. Sedangkan manajemen bisnis lebih mengarah pada generalis. Artinya, jurusan administrasi bisnis sendiri akan menuntut anda untuk mempelajari beragam hal yang lebih spesifik lagi sesuai dengan minat dan ketertarikan anda.

Kemudian, untuk jurusan manajemen bisnis sendiri anda akan mempelajari ilmu yang lebih umum lagi dalam pembangunan sebuah bisnis ini. Sehingga, untuk anda yang mempelajari administrasi bisnis secara langsung. Maka, anda dapat mengambil mata kuliah yang sesuai dengan pilihan spesialis anda sebelumnya. Sebaliknya, untuk manajmene bisnis sendiri, akan menuntut anda untuk mempelajari mata kuliah. Yang jangkauan ilmu bisnisnya lebih luas lagi secara umum.

Bagaimana Dengan Prospek Kerjanya?

Kedua, bedanya administrasi bisnis dan manajemen ini juga terdapat pada prospek kerja masing masing. Untuk prospek kerja sendiri, bedanya administrasi bisnis dan manajemen pun juga dapat terlihat dengan cukup jelas. Akan tetapi, mungkin anda yang bekerja dalam lingkungan kantor skala kecil tidak terlalu melihat perbedaan dari kedua profesi ini. Sebaliknya, anda pun akan dapat melihat perbedaan kedua profesi ini lebih jelas lagi dalam lingkungan kantor yang lebih luas.

Seorang yang mengambil ilmu administrasi bisnis sendiri akan bekerja dalam sebuah bidang yang lebih spesifik saja. Baik itu dalam bidang bangunan, akutansi, keuangan, IT, komunikasi, dan lain lain. Sebaliknya, apabila anda mengambil mata kuliah manajer bisnis sendiri. anda akan memiliki tanggung jawab yang jauh lebih kompleks lagi. Sebagai contohnya, manajemen bisnis akan bertanggung jawab langsung terhadap beberapa hal penting. Seperti : kerja sama dengan perusahaan lain, produksi perusahaan, pengembangan bisnis, dan lain lain.

Kemudian, Mari Kita Bahas Lulusan dan Sarjana dari Kedua Profesi Ini

Ketiga, bedanya administrasi bisnis dan manajemen terdapat pada lulusan sarjana. Memang, mata kuliah jurusan bisnis ini termasuk dalam sebuah hal yang pembahasannya sangat umum. Sehingga, tak peduli anda mengambil jurusan administrasi ataupun manajemen bisnis pun. Anda masih mempunyia peluang yang cukup besar untuk memperoleh pekerjaan dan mengembangkan karir.

Faktanya, walaupun sarjana adminstrasi bisnis ini terlihat sebagai seseorang yang memiliki kemampuan yang lebih khusus. Bukan berarti juga mereka tidak dapat memperoleh pekerjaan langsung dari bidang manajemen bisnis. Sebaliknya, walaupun seorang manajemen bisnis lebih membahas sesuatu yang luas dalam bidang bisnis. Mereka pun juga memiliki peluang untuk mendapatkan peran sebagai administrasi bisnis. Karena itulah, dapat kita simpulkan bahwa perkembangan selanjutnya dalam diri seseorang ini tidak berdasarkan pada bedanya administrasi bisnis dan manajemen. Akan tetapi, berdasarkan langsung kepada performa, pengalaman, kemampuan, serta kontribusi mereka terhadap sebuah perusahaan.

Selanjutnya, Bagaimana Dengan Tugas Mereka?

Keempat, bedanya administrasi bisnis dan manajemen ini terletak pada tugas mereka. Dalam dunia kerja sendiri, umumnya orang yang mengambil mata kuliah administrasi ataupun juga administrasi ini. Pastinya akan memiliki peran dan tanggung jawab yang cukup berbeda antara satu dengan lainnya. Misalnya saja jika kita melihat karir yang menyambut lulusan administrasi bisnis ini. Mereka dapat memperoleh tanggung jawab. Seperti: manajer marketing, Analisa budget dan finansial, ataupun juga admin benefit.

Sebaliknya, untuk orang yang berasal dari mata kuliah manajemen bisnis sendiri. Mereka nantinya akan mempunyai beragam pilihan yang cukup beragam. Seperti: sales manager, analisis manajemen, purchasing manager, ataupun juga office manager. Singkatnya, seseorang yang berasal dari mata kuliah administrasi bisnis memiliki peran yang lebih spesifik. Dan seseorang yang berasal dari manajemen bisnis, memiliki tanggung jawab yang lebih tinggi dan luas.

Terakhir, Materi Pembelajaran

Terakhir namun bukan akhir, bedanya administrasi bisnis dan manajemen adalah pada materi pembelajaran mereka. Bukanlah sebuah rahasia lagi bahwa bedanya administrasi bisnis dan manajemen ini juga terletak pada materi pembelajaran. Memang, umumnya kedua mata kuliah ini akan membahas dasar dasar dalam dunia bisnis. Sehingga, mereka dapat memahami cara sebuah bisnis ini dapat berjalan hingga sukses.

Akan tetapi, untuk manajemen bisnis sendiri dapat mengambil mata kuliah lain yang berkaitan dengan dunia bisnis. Untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dunia bisnis secara umum. Sebaliknya, untuk administrasi bisnis sendiri, mereka dapat memilih bidang ilmu masing masing yang sesuai dengan pilihan mereka sebelumnya. Itulah penjelasan singkat mengenai bedanya administrasi bisnis dan manajemen pada materi pembelajaran. 

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang