SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Strategi Bisnis Untuk Usaha Kecil di Masa Pandemi, Apa Saja?

Pandemi yang terjadi karena serangan virus covid 19 memang tidak dapat kita pungkiri lagi. Telah melumpuhkan banyak sekali bisnis yang ada pada wilayah Indonesia. Memang, saat ini pandemi sudah perlahan lahan mulai surut serangan dan ancamannya. Akan tetapi, banyak juga loh strategi bisnis untuk usaha kecil di masa pandemi yang ternyata saat ini pun masih saja berguna. Terlebih lagi masyarakat Indonesia sudah ‘ terbiasa ‘ dengan gaya hidup mereka pada saat pandemi ini.

Nah, walaupun pandemi sendiri sudah sedikit longgar dan masyarakat Indonesia sendiri sudah dapat melakukan beberapa aktivitas luar ruangan. Ternyata beberapa strategi bisnis untuk usaha kecil di masa pandemi berikut ini. Manfaatnya tidak hanya terasa saat pandemi saja. Melainkan, hingga saat ini pun strategi tersebut masih saja relavan untuk anda pelajari dalam membangun sebuah bisnis baru pada era new normal ini. Nah, apa saja kira kira strategi bisnis untuk usaha kecil di masa pandemi ini? Berikut jawabannya!

Inilah Strategi Bisnis Untuk Usaha Kecil di Masa Pandemi yang Dapat Menjaga Bisnis Anda!

Inilah Strategi Bisnis Untuk Usaha Kecil di Masa Pandemi yang Dapat Menjaga Bisnis Anda!

1. Memberikan Promosi yang Sesuai Dengan Kondisi

Pertama, strategi bisnis untuk usaha kecil di masa pandemi adalah memberi promosi. Maksudnya, dalam pandemi lalu. Banyak sekali perusahaan besar yang memberikan Teknik promosi yang mengandung petunjuk tentang cara melawan virus covid 19. Nah, hal ini pun pastinya dapat menunjukkan kepada para konsumen. Bahwa bisnis anda merupakan sebuah bisnis yang peka dengan perkembangan dari lingkungan sekitar. Sehingga, konsumen pun akan lebih menyukai bisnis anda karena dapat menyentuh kehidupan personal mereka.

Cara ini pun dapat anda manfaatkan juga walaupun pandemi sekarang ini sudah mengalami penurunan tingkat ancaman. Misalnya, dalam kehidupan era new normal ini. Anda dapat membagikan beberapa fakta mengenai alasan akan mengapa banyak masyarakat Indonesia harus segera melaksanakan vaksinasi. Atau, mungkin saja berikan beberapa tips strategi bisnis untuk usaha kecil di masa pandemi.

2. Kembangkan Sifat Positif Thinking Pada Konsumen Anda

Kedua, strategi bisnis untuk usaha kecil di masa pandemi dengan membuat konsumen positif thinking. Memang benar bahwa kita saat ini tidak perlu khawatir dari ancaman pandemi yang dapat menggugurkan banyak sekali bisnis. Akan tetapi, perlu kita perhatikan juga dengan seksama. Apakah saat ini adalah waktu yang sudah tepat untuk memulai pemasaran dari brand anda? Jika tidak, cobalah untuk membuat sebuah Teknik promosi yang lebih sesuai dengan keadaan konsumen anda.

Misalnya, anda dapat mencoba untuk memberikan sebuah bentuk postingan yang mengandung pesan positif. Yang membuat konsumen anda ini dapat mempunyai pemikiran yang positif walaupun saat ini kondisi perekonomian masih sulit. Tunjukkan bahwa bisnis anda sendiri saat ini peduli dan mendukung penuh keinginan masyarakat Indonesia untuk bangkit setelah hampir 2 tahun lamanya hidup dalam bayang bayang pandemi yang sangat mengancam ini.

Dengan begitu, anda pun nantinya akan berjasa untuk membangun Kembali semangat dari masyarakat Indonesia ini. Dengan memanfaatkan berbagai macam topik dan tema pembicaraan positif selama adanya pandemi ini. Misalnya, anda dapat membagikan cerita seseorang yang sukses membangun usaha mereka dengan menerapkan strategi tertentu. Lalu membagikannya kepada konsumen anda untuk menciptakan sebuah sifat positif thinking dalam kehidupan setelah pandemi ini.

3. Bisnis Tidak Selalu Mengharuskan Anda Dekat Dengan Konsumen

Ketiga, strategi bisnis untuk usaha kecil di masa pandemi yakni mempermudah komunikasi. Dalam strategi bisnis untuk usaha kecil di masa pandemi, salah satu larangan yang paling penting untuk mencegah penularan adalah minimnya kontak jarak dekat. Sehingga, hal ini pun menjadikan para pelaku bisnis memutar kepala mereka lagi untuk menciptkan sebuah suasana transaksi yang tidak mengharuskan konsumen untuk dekat dengan mereka. Karena itulah, akhirnya pun banyak bermunculan metode pembayaran online agar konsumen ini dapat membeli sebuah produk. Walaupun mereka tidak melakukan kontak jarak dekat.

Memang benar bahwa sekarang ini kita dapat melakukan kontak dengan jarak dekat asalkan menggunakan masker dan berada dalam konsisi sehat. Namun, bukankah transaksi online yang muncul karena pandemi ini terasa jauh lebih mudah dan efisien untuk anda terapkan pada bisnis? Selain itu, anda pun juga tidak perlu khawatir lagi terhadap jarak yang akan memisahkan bisnis anda dengan para konsumen ini.

4. Perhatikan Perekonomian Bisnis Anda

Keempat, strategi bisnis untuk usaha kecil di masa pandemi yaitu memperhatikan keuangan bisnis. Perekonomian dalam dunia bisnis sendiri sudah menjadi hal penting yang wajib anda perhatikan pengelolaannya. Walaupun pandemi sendiri sudah menurun ancamannya. Bukan berarti bahwa dunia bisnis sendiri tidak mengharuskan anda untuk lengah dan mengelola keuangan bisnis anda secara sembarangan saja. Terlebih lagi anggaran bisnis ini merupakan sumber kehidupan langsung dari bisnis anda. Yang dapat membantu untuk menentukan Langkah dan target selanjutnya dalam bisnis anda.

Karena itulah, tak hanya dalam situasi pandemi saja. Melainkan, pengelolaan keuangan pun sudah menjadi suatu hal penting yang harus anda perhatikan dengan baik. Ketika anda mengambil sebuah keputusan yang akan melibatkan penggunaan anggaran dari bisnis anda. Namun, memang benar bahwa pengelolaan keuangan dalam masa pandemi ini jauh lebih sulit. Bahkan, banyak sekali bisnis skala besar yang akhirnya gagal karena serangan pandemi.

Singkatnya, walaupun pandemi sendiri mengharuskan anda untuk menjaga dengan baik pengelolaan keuangan ini. Jangan sampai saat ini anda dapat lengah dan mengabaikan beberapa strategi bisnis untuk usaha kecil di masa pandemi hanya karena pandemi saat ini sudah hampir berakhir. Namun, tetaplah focus untuk menentukan keputusan bisnis anda tersebut. Terlebih lagi jika keputusan ini akan melibatkan dana bisnis anda.

5. Segera Manfaatkan Teknologi Online Untuk Bisnis Anda

Kelima, strategi bisnis untuk usaha kecil di masa pandemi adalah beralih ke teknologi canggih. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, pandemi sendiri mengharuskan masyarakat Indonesia agar selalu meminimalisir interaksi jarak dekat. Sehingga, banyak dari mereka yang akhirnya memutuskan untuk menggunakan sosial media ataupun marketplace ini. Sebagai Teknik berbelanja mereka selama pandemi berlangsung.

Namun, anda pun harus bertanya lagi kepada diri anda sendiri. Walaupun pandemi ini sudah hampir berakhir, apakah toko online saya juga ikut berakhir juga? Apakah konsumen anda benar benar akan Kembali lagi membeli produk melalui toko offline anda seperti sebelumnya? Nah, jawaban untuk pertanyaan tersebut pastinya tidak bukan? Terlebih lagi Teknik belanja online ini sudah menjadi sebuah kebiasaan dari masyarakat Indonesia saat ini.

6. Terus Menerus Berinovasi

Terakhir, strategi bisnis untuk usaha kecil di masa pandemi dengan terus berinovasi. Inovasi dan kreatifitas sendiri menjadi salah satu hal penting dalam dunia bisnis, dan sudah menjadi kunci sukses sejak zaman dahulu. Sehingga, pandemi ini hanya menunjukkan kepada kita semua bahwa inovasi dan kreatifitas ini adalah hal yang tidak boleh anda lewatkan sama sekali. Ketika anda ingin agar bisnis anda tersebut mampu bertahan hidup dalam perubahan zaman.

Selain itu, bentuk inovasi dalam dunia bisnis ini pun juga dapat anda sesuaikan juga dengan keadaan bisnis anda. Apakah anda ingin memulai inovasi pada produk maupun jasa yang anda tawarkan, pada strategi pemasaran, model bisnis, teknologi yang anda gunakan, dan lain lain. Untuk menentukan hal ini, anda dapat melakukan riset terlebih dahulu agar menemukan strategi bisnis untuk usaha kecil di masa pandemi yang lebih maksimal.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang