SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 16 Agustus, 2022

Cara Mempertahankan Usaha Dalam Menghadapi Persaingan

Dunia usaha memanglah sebuah dunia yang sangat menantang dan anda pun harus selalu siap dengan tantangan yang hadir dalam perjalanan anda. Baik itu tantangan langsung dari kompetitor, perubahan trend, strategi pasar, dan lain lain. Apapun itu, anda pastinya harus selalu bersiap juga agar usaha anda dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, pastikan juga bahwa anda telah mengetahui dan memiliki cara mempertahankan usaha dalam menghadapi persaingan.

Memang, persaingan dan kompetisi pasar yang terjadi ini akan sangat merugikan. Terutama bagi anda yang mempunyai cita cita untuk sukses dalam dunia usaha. Akan tetapi, ternyata persaingan dan kompetisi pasar ini juga memiliki peran juga loh untuk membentuk sifat pengusaha dalam diri kita. Karena itulah, jangan hanya menghindari persaingan saja dalam dunia bisnis ini. Melainkan, sambutlah persaingan tersebut dengan mempersiapkan cara mempertahankan usaha dalam menghadapi persaingan. Namun, apa saja kira kira cara menghadapi persaingan ini? Berikut pembahasannya!

Kalahkan Pesaing Dengan Cara Mempertahankan Usaha Dalam Menghadapi Persaingan

Kalahkan Pesaing Dengan Cara Mempertahankan Usaha Dalam Menghadapi Persaingan

1. Mengawali Diri Dengan Mengenal Kompetitor

Pertama, cara mempertahankan usaha dalam menghadapi persaingan adalah mengenali kompetitor. Anda dapat mencoba untuk mengenali kompetitor anda secara langsung, dengan memperhatikan beberapa hal penting yang ada dalam usaha mereka. Mulai dari Teknik pelayanan, strategi pemasaran mereka, Teknik operasional, produk dan jasa yang mereka tawarkan, dan lain lain. Dengan memperhatikan kompetitor sebagai cara mempertahankan usaha dalam menghadapi persaingan. Anda pun dapat lebih mudah lagi untuk menentukan harga jual anda serta meningkatkan kinerja pelayanan dan penjualan usaha anda tersebut.

2. Lalu, Jangan Lupa Untuk Bersahabat Dengan Konsumen

Kedua, cara mempertahankan usaha dalam menghadapi persaingan adalah bersahabat dengan konsumen. Faktanya, banyak juga loh usaha yang tidak benar benar mengetahui target pasar dan konsumen mereka. Padahal, mengetahui pasar dan target konsumen ini merupakan hal penting dalam menghadapi persaingan bisnis ini. Memang, beberapa usaha ini dapat mengetahui bagaimana cara konsumen ini membeli dan mengetahui usaha tersebut. Namun, ternyata masih banyak lagi informasi lain yang dapat anda peroleh dari target pasar dan konsumen ini.

Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan informasi tambahan ini adalah. Dengan membangun sebuah hubungan sahabat antara usaha dengan para konsumennya. Sehingga, konsumen pun nantinya akan merasa ragu jika ingin menggunakan produk kompetitor dari usaha anda. Selain itu, besar kemungkinannya jika pelanggan yang benar benar menyukai usaha anda. Akan merekomendasikan usaha anda tersebut kepada teman dan kenalan sekitar mereka juga.

3. Pelajari Arena Tempur Dalam Usaha Anda

Ketiga, cara mempertahankan usaha dalam menghadapi persaingan adalah mempelajari arena tempur usaha anda. Untuk mempelajari arena tempur ini, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menunjang kinerja penjualan usaha anda. Pertama, cobalah dengan mengetahui secara langsung apa yang saat ini sedang konsumen anda inginkan dalam usaha anda. Kedua, cobalah untuk memahami lagi bagaimana kompetitor anda bekerja, apakah mereka memiliki hubungan khusus dengan para konsumen. Atau strategi pemasaran mereka benar benar efektif untuk menarik perhatian mereka.

4. Pastikan Bahwa Konsumen Dapat Mengetahui Kelebihan Produk Anda

Keempat, cara mempertahankan usaha dalam menghadapi persaingan adalah memastikan konsumen paham dengan kelebihan produk anda. Kelebihan dan keunikan dapat menjadi pembeda utama pada saat konsumen memilih untuk menggunakan produk anda, atau produk kompetitor. Sehingga, anda pun harus selalu memberikan nilai tambah dari usaha anda yang hingga saat ini belum ada pada usaha kompetitor. Bahkan, anda pun dapat mencoba untuk memperhatikan para kompetitor juga loh untuk inspirasi dalam membangun sebuah keunikan ini!

5. Selalu Lakukan Analisa Terhadap Peluang yang Muncul

Kelima, cara mempertahankan usaha dalam menghadapi persaingan adalah dengan melakukan analisa. Rencana dalam sebuah usaha adalah salah satu hal penting yang tidak boleh anda lewatkan sama sekali. Sekalipun anda membangun sebuah usaha ini hanya sebagai usaha sampingan saja untuk meningkatkan penghasilan. Karena, dalam dunia usaha sendiri, anda pastinya akan berhadapan langsung dengan berbagai jalan bercabang yang mengharuskan anda mengambil sebuah keputusan.

Nah, jika anda mempunyai sebuah rencana dalam membangun usaha ini, pastinya pengambilan keputusan ini akan menjadi sebuah hal yang mudah. Namun, ada beberapa waktu juga yang membuat para pengusaha ini juga sulit untuk menemukan rencana usaha yang sesuai dengan kondisi mereka. Karenanya, kemampuan untuk menganalisa setiap peluang usaha yang muncul ini pun akan sangat penting untuk pengusaha ini miliki. Terlebih lagi dalam situasi pasar yang terus menerus berubah dalam waktu yang cepat.

6. Jangan Abaikan Konsumen Lama Anda

Keenam, cara mempertahankan usaha dalam menghadapi persaingan adalah dengan tidak mengabaikan konsumen lama. Memang benar bahwa konsumen baru akan mempunyai peluang yang cukup menjanjikan untuk sebuah usaha. Karena mereka sendiri berpotensi untuk membagikan sebuah usaha ini kepada kenalan, teman, kerabat, dan masyarakat sekitar mereka. Akan tetapi, tahukah anda bahwa konsumen lama pun juga tidak kalah pentingnya dengan konsumen baru ini? Terlebih lagi jika mereka sebelumnya mendapatkan kepuasan tersendiri pada usaha maupun produk anda.

Nah, sebagai cara mempertahankan usaha dalam menghadapi persaingan, peran dari konsumen lama ini tidak boleh anda abaikan begitu saja ya! Terlebih lagi anda dapat dengan mudah untuk mendapatkan kesetiaan mereka. Saat anda memberikan layanan terbaru yang lebih baik kepada konsumen lama tersebut. Dengan begitu, mereka pun tidak akan jatuh begitu saja kepada tangan kompetitor dari usaha anda.

7. Terkadang, Bekerja Sama Adalah Kuncinya

Ketujuh, cara mempertahankan usaha dalam menghadapi persaingan adalah dengan bekerja sama. Saat ini sudah banyak sekali pengusaha Indonesia yang berhasil sukses dengan menjalin kerja sama dengan pengusaha lainnya. Terlebih lagi manfaat kerja sama dalam cara mempertahankan usaha dalam menghadapi persaingan ini. Dapat menghadirkan sebuah pasar baru kepada usaha anda. Namun, pastikan juga bahwa anda dapat menjalin bentuk kerja sama yang akan menguntungkan kedua belah pihak juga ya! Sehingga, anda maupun partner pun akan sama sama memperoleh perkembangan yang bermanfaat dalam menjalin hubungan kerja sama ini.

8. Inovasi dan Kreatifitas

Delapan, cara mempertahankan usaha dalam menghadapi persaingan dengan meningkatkan inovasi dan kreatifitas. Saat ini, rasanya Teknik pemasaran secara tradisonal akan terasa kuno dan terlihat tidak menghasilkan apapun juga bukan? Namun, apakah Teknik pemasaran tradisional ini dapat anda tinggalkan begitu saja? Atau, apakah ada beberapa Teknik tradisional yang dapat anda manfaatkan lagi dengan menambahkan sedikit inovasi dan kreatifitas? Nah, itulah salah satu penggunaan inovasi dan kreatifitas ini dalam dunia bisnis. Selain itu, kreatifitas dan inovasi pun juga dapat anda berikan juga kepada produk maupun jasa anda. Karena, konsumen sendiri pasti akan bosan bukan jika menerima produk dan jasa yang sama saja dari usaha anda?

9. Digital Marketing Untuk Masa Depan yang Lebih Cerah

Perlu anda pahami juga bahwa dalam dunia usaha sendiri, tidak semua orang akan menjadi konsumen dari usaha anda tersebut. Karenanya, akan sia sia saja bukan Ketika anda tetap memaksakan untuk promosi dan beriklan kepada orang yang tidak membutuhkan produk atau jasa anda? Hal inilah yang menjadi salah satu dari daya Tarik digital marketing, dengan tingkat pemasaran yang lebih personal lagi untuk konsumen anda. Sehingga, anda pun tidak harus mengeluarkan uang berlebih, untuk mendapatkan perhatian dari orang yang dari awal sudah mengabaikan anda.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang