SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 16 Agustus, 2022

Sistem Dropship Merupakan Strategi Pemasaran yang Sangat Unik

Usaha dan bisnis online saat ini sudah banyak penggemarnya dalam wilayah Indonesia ini. Mulai dari ibu ibu rumah tangga hingga anak sekolah dasar pun sudah ramai dalam membangun bisnis online mereka masing masing. Salah satunya ini adalah dengan memanfaatkan sistem dropship. Sebagai sistem dropship yang merupakan strategi pemasaran dengan cara unik. Selain karena resiko yang sangat minim dalam memulai bisnis online sistem dropship ini, anda pun juga tidak perlu mengeluarkan biaya apapun juga loh untuk memulainya. Tertarik dengan sistem dropship ini? Berikut pembahasannya!

Baru Pertama Mengenal Sistem Dropship

Baru Pertama Mengenal Sistem Dropship?

Seperti yang telah kita Bahas sebelumnya, sistem dropship yang merupakan strategi pemasaran dengan cara unik. Yakni, anda nantinya bertugas sebagai penghubung langsung antara produsen dan konsumen dari produk tersebut. Dengan memanfaatkan berbagai macam Teknik pemasaran online, bisa itu sosial media, ataupun juga marketplace hingga website. Namun, anda nantinya tidak harus membeli produk tersebut dari produsen langsung loh! Melainkan, produsen inilah yang nantinya akan mengurus penyimpanan, pemeliharaan, serta pengiriman produk langsung kepada konsumen yang berhasil anda dapatkan. Kemudian, dari penjualan itulah anda nantinya akan mendapatkan sebuah komisi beberapa persen dari produsen produk tersebut. Tapi, mengapa sistem dropship merupakan strategi pemasaran dengan cara unik? Berikut jawabannya!

Mengapa Banyak yang Tertarik Dengan Sistem Dropship?

1. Minim Atau Bahkan Tanpa Modal

Pertama, sistem dropship merupakan strategi pemasaran dengan cara yang bermanfaat karena minim modal. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, anda tidak membutuhkan modal sama sekali untuk memulai usaha dropship ini. Jika pun anda membutuhkan beberapa modal, hal itu pun hanya untuk persiapan saja baik itu gadget anda, biaya internet, dan pendaftaran sistem dropship. Selain itu, kerugian pun juga dapat anda minimalisir juga. Karena, penjualan sendiri akan terjadi jika ada seorang konsumen yang benar benar ingin membeli produk anda saja. Dan anda tidak harus membeli produk terlebih dahulu dari produsen.

2. Sangat Bersahabat Untuk Pelaku Bisnis Pemula

Kedua, sistem dropship merupakan strategi pemasaran dengan cara yang bermanfaat karena cocok untuk pemula. Selain karena minim modal atau tidak membutuhkan modal sama sekali. Anda pun juga tidak harus memiliki pengalaman yang tinggi untuk memulai bisnis dengan Teknik dropship ini. Yang menjadikan sistem dropship yang merupakan strategi pemasaran dengan cara unik. Namun, bukan berarti anda dapat sukses dengan tidak memiliki kemampuan apapun juga ya. Melainkan, anda pun juga harus memiliki kemampuan komunikasi dan Teknik pemasaran yang cukup baik untuk menarik konsumen agar membeli produk yang anda tawarkan ini.

3. Berjualan Sesuai Dengan Kemauan Anda

Ketiga, sistem dropship merupakan strategi pemasaran dengan cara yang bermanfaat karena anda bebas berjualan. Dropship sendiri dapat anda lakukan sesuai dengan kemauan dan kemampuan anda dalam menjual produk tersebut. Sehingga, apabila anda sedang tidak memiliki keinginan untuk menjual, anda pun dapat menunda Teknik pemasaran anda. Karena itulah, banyak sekali ibu rumah tangga dan generasi muda Indonesia yang akhirnya dengan fleksibilitas yang hadir dalam sistem dropship ini. Terlebih lagi banyak orang orang yang menjadikan dropship ini sebagai usaha sampingan mereka saja. Namun, anda pun ternyata juga dapat memanfaatkan dropship ini sebagai pekerjaan utama anda juga loh!

Walaupun Menarik, Dropship Juga Memiliki Kekurangannya Sendiri!

1. Penghasilan yang Anda Terima Tidak Terlalu Banyak

Pertama, sistem dropship merupakan strategi pemasaran dengan cara yang kurang karena penghasilan kecil. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, dropship sendiri merupakan salah satu sistem penjualan yang cukup popular pada kalangan masyarakat Indonesia. Sehingga, sistem dropship yang merupakan strategi pemasaran dengan cara unik ini pun nantinya akan memiliki banyak sekali persaingan pasar. Yang seringkali membuat anda harus membanting harga untuk tetap bertahan dalam persaingan tersebut.

2. Monitoring Supply Produk yang Cukup Rumit

Kedua, sistem dropship merupakan strategi pemasaran dengan cara yang kurang karena anda tidak dapat mengawasi stok. Karena anda tidak perlu membeli langsung produk ini dari produsen. Mereka pun nantinya akan mengurusi berbagai hal yang ada dalam produk tersebut termasuk dalam hal restocking. Sehingga, Ketika anda sedang memiliki pesanan yang sangat banyak namun supply produk dari produsen ini ternyata tinggal sedikit. Pastinya hal ini pun akan menimbulkan beberapa masalah juga.

3. Kompetitor Pada Setiap Sudut

Ketiga, sistem dropship merupakan strategi pemasaran dengan cara yang kurang karena sudah banyak kompetitor. Sesuatu yang menarik pasti akan memiliki banyak sekali peminat, hal ini pun sama dengan penggunaan dari sistem dropship ini. Sehingga, terkadang banyak dari masyarakat Indonesia yang mengurungkan niat mereka dalam memulai bisnis dropship ini. Hanya karena kompetitor yang sudah banyak hadir dalam bidang bisnis tersebut.

Tertarik Dengan Usaha Dropshipper? Inilah Cara Memulainya

1. Pilih Produk dan Produsen yang Tepat

Pertama, sistem dropship merupakan strategi pemasaran dengan cara yang efektif jika anda memilih produk & supplier yang tepat. Anda memang dapat mencoba untuk menjual apapun dalam sistem dropship ini. Akan tetapi, bukankah hal tersebut akan sia sia saja jika anda jarang menemukan seorang konsumen? Selain itu, bagaimana dengan tingkat kompetisinya? Apakah sudah ramai, atau belum banyak orang yang menjual produk yang sama dengan anda? Nah, beberapa hal tersebut patut anda perhatikan dengan baik sebelum anda memulai usaha dalam bentuk dropship ini. Jika anda sudah menyelesaikan beberapa pertanyaan tadi. Cobalah untuk mencari seorang produsen produk dengan harga yang terjangkau, namun kualitas barang mereka dapat anda andalkan.

2. Memberikan Value Pada Produk Jualan Anda

Kedua, sistem dropship merupakan strategi pemasaran dengan cara yang efektif jika anda memberikan value pada produk. Memang jika produk anda kompetisinya sudah sangat tinggi, membanting harga adalah salah satu alternatif yang cukup efektif. Namun, apakah itu satu satunya solusi yang anda punya saat ini? Karena itulah, cobalah untuk melakukan Analisa lagi baik pada produk jualan anda, pasar, atau bahkan kompetitor anda secara langsung. Dengan begitu, anda pun nantinya dapat menentukan harga yang pas. Serta berkesempatan untuk memberi sebuah value pada produk yang anda jual nantinya. Dengan begitu, bantig harga pun bukan menjadi satu satunya solusi untuk anda dalam bisnis yang kompetisi nya sangat ketat.

3. Tekun Membangun Brand Bisnis

Ketiga, sistem dropship merupakan strategi pemasaran dengan cara yang efektif jika anda tekun dalam branding. Branding yang kuat dapat memudahkan anda dalam menjual berbagai macam produk ataupun jasa. Sekalipun anda hanya melakukan strategi pemasaran yang sederhana dan tidak terlalu kompleks. Karena itulah, apabila anda ingin membangun bisnis dalam bentuk dropship ini. Pastikan bahwa anda tekun dalam membangun sebuah brand. Agar konsumen lebih tertarik membeli produk dari anda langsung dan bukan dari kompetitor anda.

4. Sudah Saatnya Anda Bermain Website

Keempat, sistem dropship merupakan strategi pemasaran dengan cara yang efektif jika anda memanfaatkan adanya sebuah website. Website merupakan salah satu media pemasaran penting yang wajib ada dalam setiap bisnis. Termasuk juga dalam sistem dropship yang merupakan strategi pemasaran dengan cara unik. Namun, website saja pastinya tidak cukup ya untuk bisnis anda tersebut. Melainkan, anda pun juga harus memastikan bahwa website tersebut dapat tampil dalam halaman pertama. Ketika seseorang mencari sebuah kata kunci yang sesuai dengan produk jualan anda tersebut.

5. Tunjukan Kepada Konsumen, Berbagai Kemudahan Dalam Bisnis Anda

Terakhir, sistem dropship merupakan strategi pemasaran dengan cara yang efektif jika anda dapat memudahkan konsumen dalam berbelanja. Seorang konsumen, pastinya tidak ingin proses pembelian mereka menjadi sangat rumit dengan Langkah yang sangat Panjang. Sehingga, berikanlah sebuah kemudahan tersebut kepada para konsumen anda sebagai salah satu nilai tambah untuk bisnis anda. Selain itu, anda pun dapat memberi mereka beberapa fitur notifikasi. Misalnya Ketika barang sedang perjalanan, pembayaran sudah anda terima, barang sedang proses pengemasan, dan lain lain.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang