SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 16 Agustus, 2022

Strategi Pengembangan dan Membangun Jaringan Dalam Bisnis

Sebuah strategi pengembangan bisnis dan membangun jaringan dalam bisnis, merupakan kedua hal yang sangat penting bagi para pebisnis. Karena, tanpa adanya kedua hal ini, perjalanan bisnis pun pastinya akan sangat terhambat dengan adanya beragam tantangan dan rintangan. Selain itu, strategi pengembangan bisnis dan membangun jaringan dalam bisnis pun juga dapat membantu dalam beberapa hal. Mulai dari strategi pemasaran, pembangunan brand, kerja sama, perluasan audiens, dan lain lain. Nah, penasaran dengan strategi pengembangan bisnis dan membangun jaringan dalam bisnis ini? Berikut pembahasannya!

Strategi Pengembangan Bisnis yang Dapat Anda Coba Sebagai Pemula

Strategi Pengembangan Bisnis yang Dapat Anda Coba Sebagai Pemula

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, Ketika sebuah bisnis tidak memiliki strategi pengembangan sendiri. Bisnis tersebut pun pastinya akan sulit sekali untuk mengalami perkembangan. Karena, seseorang yang memutuskan untuk memulai karir dalam dunia bisnis, pasti akan berhadapan dengan beragam pilihan. Yang mengharuskan mereka untuk selalu benar dalam pengambilan keputusan tersebut. Karenanya, anda pun harus benar benar memperhatikan juga beberapa strategi pengembangan bisnis jika ingin memulai karir dalam dunia ini. Nah, apa saja strategi pengembangan ini?

Ciptakan Sebuah Logo Brand yang Mudah Diingat dan Menarik

Pertama, strategi pengembangan bisnis dan membangun jaringan dalam bisnis adalah membuat logo brand. Logo merupakan Langkah awal yang harus anda perhatikan agar seseorang dapat selalu ingat dengan bisnis anda. Karena itulah, anda pun harus selalu memperhatikan desain logo dan pastikan bahwa konsumen dapat dengan mudah mengingat logo tersebut. Selain itu, pastikan juga bahwa logo anda mengandung sebuah pesan tersirat yang coba untuk anda sampaikan kepada konsumen anda. Baik itu kelebihan produk dan jasa, visi dan misi anda, tujuan berbisnis, dan lain lain.

Kuatkan Proses Branding Bisnis Anda

Kedua, strategi pengembangan bisnis dan membangun jaringan dalam bisnis adalah memperkuat branding. Tak peduli dalam bentuk apapun anda membangun sebuah bisnis, branding adalah salah satu strategi pengembangan yang tidak boleh anda lewatkan. Karena, dengan anda melakukan sebuah branding, konsumen pun akan lebih mudah mengingat bisnis anda. Lalu, Ketika konsumen sudah benar benar mengingat bisnis anda. Anda tidak perlu melakukan strategi pemasaran yang sangat rumit hanya untuk mendapatkan penjualan dalam bisnis tersebut. Untuk proses awalnya, cobalah untuk melakukan proses branding dengan memanfaatkan sosial media. Kemudian, jika anda sudah memiliki pengalaman yang cukup, mulailah untuk menginjakkan kaki pada ranah website ataupun juga marketplace dalam proses branding ini.

Konten Bermanfaat dan Informatif Untuk Konsumen Anda

Ketiga, strategi pengembangan bisnis dan membangun jaringan dalam bisnis adalah memberikan konsumen konten yang bermanfaat. Konsumen bukanlah objek jualan anda dan mereka sangat benci apabila anda menganggap mereka seperti itu. Karenanya, jangan selalu memberikan mereka konten iklan dan promosi terus menerus yang dapat membuat mereka bosan. Sebaliknya, cobalah untuk menciptakan sebuah konten bermanfaat dan informatif, yang dapat menghibur para konsumen ini. Konten ini pun juga dapat anda publikasikan pada beberapa media pemasaran. Mulai dari website, sosial media, blog, marketplace, dan lain lain.

Analisa Pasar dan Trend Terkini

Keempat, strategi pengembangan bisnis dan membangun jaringan dalam bisnis adalah menganalisa pasar dan trend. Permintaan konsumen, maupun trend yang sedang terjadi. Merupakan kedua hal yang sangat cepat mengalami perubahan. Sehingga, anda pun harus selalu memantau perkembangan ini agar bisnis anda tidak tertinggal dari para kompetitor lainnya. Kemudian, anda pun juga dapat memanfaatkan perubahan trend saat ini untuk memberikan produk ataupun jasa terbaru. Yang selama ini konsumen selalu inginkan dalam bisnis anda yang mungkin saja belum ada dalam layanan bisnis kompetitor.

Selalu Evaluasi Perjalanan Bisnis Anda

Kelima, strategi pengembangan bisnis dan membangun jaringan dalam bisnis adalah melakukan evaluasi bisnis. Strategi pengembangan bisnis anda tidak selalu tepat sasaran dan sesuai dengan ekspektasi anda. Sehingga, melakukan evaluasi secara berkala adalah hal penting yang harus selalu anda perhatikan dalam membangun sebuah bisnis ini. Selain itu, anda pun dapat menentukanapakah strategi pemasaran anda sudah optimal, butuh peningkatan, atau harus segera anda tinggalkan langsung.

Manfaatkan Sosial Media

Keenam, strategi pengembangan bisnis dan membangun jaringan dalam bisnis adalah memanfaatkan sosial media. Semua hal yang saat ini serba online, membuat anda sebagai pelaku bisnis untuk selalu update dan aktif dalam memanfaatkan sosial media untuk bisnis anda. Terlebih lagi saat ini juga banyak sekali masyarakat Indonesia yang ramai menggunakan sosial media ini untuk berbelanja secara online. Selain karena Teknik pembeliannya yang ringkas dan praktis. Mereka pun juga memiliki banyak sekali pilihan produk dengan harga yang cukup bervariasi juga jika menggunakan sosial media ini. Karenanya, sebagai seorang pelaku bisnis, manfaatkanlah peluang ini untuk mencapai penjualan sebanyak banyaknya dalam bisnis anda. Baik itu dengan memanfaatkan sosial media seperti IG, FB, Twitter, Tiktok, atau Youtube.

Kemudian, Terapkan Hal Ini Juga Dalam Membangun Jaringan Bisnis

Jika sebelumnya kita telah membahas strategi pengembangan bisnis, maka membangun jaringan dalam bisnis adalah hal yang tidak boleh anda lewatkan juga. Nah untuk melengkapi pengetahuan anda akan strategi pengembangan bisnis dan membangun jaringan dalam bisnis. Inilah beberapa cara yang dapat anda coba terapkan!

1. Menambah Teman dan Kenalan

Faktanya, teman dan kenalan sendiri menjadi salah satu kunci sukses dari beberapa tokoh pengusaha sukses Indonesia saat ini. Nah, bagaimana cara yang tepat untuk menambah teman dan kenalan ini? Jawabannya, anda dapat mengkuti beragam acara bisnis yang cukup popular pada kalangan pelaku bisnis ini. Entah itu seminar, webinar, workshop, business expo, dan lain lain.

2. Selalu Manfaatkan Kartu Nama Anda

Memang, kartu nama sendiri merupakan salah satu media pemasaran lama yang sudah ada sejak dari dulu. Nyatanya, kartu nama pun sampai saat ini tetap saja bermanfaat loh untuk menambah jaringan bisnis. Karena itulah, jika sebelumnya kita membahas bahwa anda dapat mengikuti beragam acara bisnis sebagai cara membangun jaringan ini. Cobalah untuk membagikan kartu nama anda langsung pada beberapa peserta lain yang hadir dalam acara tersebut.

3. Supportif dan Selalu Ramah Pada Teman dan Kenalan

Banyak orang yang bersifat tegas dalam dunia bisnis hanya karena mereka menganggap hal tersebut sebagai kunci profesionalitas. Padahal, sikap ramah tamah pun juga sangat penting juga perannya agar seseorang tertarik dengan diri anda. Selain itu, cobalah untuk selalu mendukung berbagai keputusan positif teman dan kenalan anda dalam dunia bisnis ini.

4. Tanggung Jawab yang Tinggi

Jika anda memulai sebuah hubungan partnership dengan seseorang dan anda menjanjikan mereka dengan sesuatu hal. Pastikan bahwa anda akan terus mengingat janji tersebut dan berusaha untuk selalu menepatinya. Namun, jika anda dalam suatu hal terhalang oleh situasi tertentu dan tidak dapat menepati janji tersebut. Segeralah untuk berkomunikasi agar hubungan professional anda tidak tercemar oleh hal tersebut.

5. Utamakan Hal Positif

Manusia akan memiliki sifat dan ciri khas mereka masing masing. Sehingga, Ketika anda berkenalan dengan berbagai macam orang dalam usaha membangun jaringan dalam bisnis ini. Anda pun nantinya akan mengetahui ciri khas mereka masing masing baik hal itu bersifat positif ataupun negative. Dalam hal ini, pastikan bahwa anda akan selalu mengambil sisi positif dari orang tersebut dan terus mengabaikan sisi negative mereka ya!

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang