SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Pentingnya Mempelajari Manajemen Keuangan Untuk Bisnis Anda

Semua orang pastinya sudah sangat setuju dalam hal ini. Bahwa dalam dunia bisnis sendiri, uang dan modal adalah sumber kehidupan yang harus terus ada agar bisnis tersebut dapat bertahan hidup. Karena itulah, anda pun harus benar benar memperhatikan bagaimana anda mengelola sebuah keuangan ini dalam bisnis anda. Jika perlu, anda pun harus mencatat seluruh pemasukan dan pengeluaran anda termasuk dalam biaya parkir kendaraan yang umumnya hanya 2 ribu rupiah. Hal inilah yang menunjukkan seberapa pentingnya mempelajari manajemen keuangan dalam membangun sebuah bisnis.

Memang, anda mungkin tidak harus mencatat keuangan ini sampai se detail mungkin sampai sampai memasukkan pengeluaran 2 ribu tadi pada buku catatan anda. Akan tetapi, mengingat pentingnya mempelajari manajemen keuangan ini. Pastinya anda akan setuju bahwa pengelolaan keuangan sendiri bukanlah hal yang main main, terlebih dalam kehidupan berbisnis ini. Kemudian, untuk memperlihatkan kepada anda seberapa besar pentingnya pengelolaan keuangan ini. Berikut adalah beberapa alasan, terhadap pentingnya mempelajari manajemen keuangan dalam berbisnis. Seperti:

Seberapa Pentingnya Mempelajari Manajemen Keuangan Untuk Bisnis Ini

Seberapa Pentingnya Mempelajari Manajemen Keuangan Untuk Bisnis Ini?

Membantu Anda Menjalankan Kegiatan Operasional Bisnis

Pertama, pentingnya mempelajari manajemen keuangan adalah membantu kegiatan operasional. Siklus kegiatan dalam sebuah bisnis sendiri umumnya tidak terlalu sulit untuk anda pahami. Sebuah bisnis hanya akan memproduksi sebuah produk ataupun jasa, memasarkannya kepada para konsumen. Memperoleh penghasilan dari penjualan tersebut, lalu mengulanginya lagi dari awal. Akan tetapi, dengan memperhatikan pentingnya mempelajari manajemen keuangan. Anda nantinya dapat memiliki arus keuangan yang lebih efektif pada siklus yang terus berulang tersebut.

Jangan lupa juga bahwa setiap bisnis sendiri pastinya akan memiliki biaya operasional yang harus anda perhitungkan dalam mengelola keuangan ini. Jika anda tidak menyediakan dana yang memadahi untuk membayar biaya operasional tersebut. Bisnis anda pun secara langsung akan mengalami dampak yang cukup parah terhadap perkembangannya. Selain itu, dunia bisnis sendiri merupakan dunia yang cukup cepat berubah. Bisa saja ada kejadian yang tidak terduga dan mengharuskan anda untuk mengeluarkan biaya tertentu agar bisnis anda dapat bertahan hidup.

Menjamin Kehidupan Bisnis

Kedua, pentingnya mempelajari manajemen keuangan ini anda dapat menjamin kehidupan bisnis. Faktanya, banyak sekali perusahaan besar pada wilayah Indonesia ini yang terus menerus mengalami penuruan pada arus kas mereka. Karena itulah, pentingnya mempelajari manajemen keuangan ini adalah mempersiapkan anda sebagai pelaku bisnis. Untuk menemukan sebuah solusi dari permasalahan yang cukup mengganggu tersebut apabila tidak segera terselesaikan. Dengan begitu, anda pun dapat memastikan arus produksi pada bisnis anda tetap berjalan. Dengan selalu membayar bahan baku, ataupun juga tenaga kerja pada bisnis tersebut.

Cobalah untuk membuat sebuah scenario bisnis dimana bisnis anda tersebut terus menerus mengalami penurunan dalam arus kasnya. Dengan begitu, anda nantinya dapat memunculkan berbagai macam ide kreatif. Jika anda memperhitungkan berapa besar pengeluaran dari bisnis anda, setidaknya sampai arus kas bisnis tersebut Kembali seperti semula. Jangan lupa juga, semakin besar dan jauh bisnis anda berkembang. Semakin besar juga pengeluaran yang harus anda perhitungkan.

Mempermudah Dalam Perpajakan

Ketiga, pentingnya mempelajari manajemen keuangan ini dapat mempermudah anda dalam perpajakan. Setiap bisnis yang berdiri pada tanah Indonesia ini pasti harus selalu membayar pajak jika mereka ingin terus beroperasi. Nah, salah satu pentingnya mempelajari manajemen keuangan adalah, ilmu tersebut akan memudahkan anda dalam mengurus perpajakan ini. Baik itu dalam pembukuan, perencanaan, atau pun juga saat pembayaran pajak.

Pembuatan Laporan Kegiatan Bisnis Jauh Lebih Mudah

Keempat, pentingnya mempelajari manajemen keuangan yakni dapat membantu pembuatan laporan bisnis. Apabila anda melibatkan dana investor dalam pembangunan sebuah bisnis ini. Maka, anda pun harus selalu menyediakan mereka dengan berbagai macam laporan kegiatan pada bisnis tersebut. Laporan inilah yang mereka jadikan sebagai sebuah jaminan untuk memastikan bahwa mereka menanam modal pada bisnis yang tepat atau tidak.

Tak hanya itu, laporan kegiatan ini pun juga cukup bermanfaat juga untuk bagian internal pada bisnis anda. Misalnya saja Ketika anda ingin memantau arus pekerjaan dari setiap bagian divisi yang ada pada perusahaan tersebut. Pastinya laporan keuangan ini adalah hal yang akan anda perhatikan pertama kali bukan?

Monitor Perkembangan

Kelima, pentingnya mempelajari manajemen keuangan adalah anda dapat langsung monitoring perkembangan bisnis. Memonitor perkembangan sendiri merupakan salah satu alasan dari pentingnya mempelajari manajemen keuangan ini. Terlebih lagi jika anda memiliki cita cita dan tujuan untuk mulai mengembangkan bisnis anda melalui strategi ekspansi. Sehingga, proses monitoring ini pun menjadi sebuah hal yang harus anda perhatikan dengan baik. Agar cabang bisnis anda yang baru ini dapat bertahan hidup. Baik dengan aktivitas produksi, arus kas, pendapatan dan pengeluaran, serta berbagai macam hal lainnya.

Planning

Apabila anda mempunyai sebuah bisnis yang saat ini sudah dalam keadaan stabil penghasilannya. Maka, divisi managemen pada bisnis anda pun umumnya akan membuat sebuah business plan yang melibatkan seluruh divisi internal perusahaan. Yang membahas Langkah selanjutnya agar bisnis tersebut dapat terus berkembang.

Dalam business plan ini, divisi manajer umumnya telah melakukan pengukuran secara langsung terhadap keuangan perusahaan untuk memutuskan Langkah kedepannya. Misalnya saja jika anda ingin memperluas pasar, menambah tenaga kerja, memperbarui alat produksi, dan lain lain. Divisi manager pun akan sangat terbantu dengan adanya manajemen keuangan yang lancar pada bisnis anda tersebut.

Mengukur Tingkat Investasi Bisnis Anda

Memang, mendapatkan sebuah investor sendiri seringkali menjadi cita cita dari para pelaku bisnis. Akan tetapi, tak jarang juga investor ini terkadang akan memberikan penolakan. Terhadap sebuah bisnis yang manajemen keuangannya terbilang masih kacau balau. Sehingga, apabila anda ingin lebih mudah untuk menarik seorang investor dalam bisnis anda. Perbaikilah terlebih dahulu manajemen keuangan ini agar terlihat lebih layak pada mata investor.

Mengendalikan Arus Keuangan

Mengendalikan arus keuangan sendiri umumnya sudah menjadi tanggung jawab anda secara langsung, dengan bantuan beberapa manajer dari bisnis anda. Umumnya, pengendalian arus keuangan ini merupakan sebuah kegiatan dalam Menyusun prosedur dan kebijakan bisnis agar anda tidak salah Langkah. Dalam mengambil keputusan yang melibatkan keuangan bisnis ini.

Umumnya, akan banyak sekali aspek yang anda perhatikan pada kebijakan dalam mengendalikan arus keuangan tersebut. Mulai dari bagaimana perusahaan mengelola keuagan mereka, bentuk dokumentasi pemasukan dan pengeluaran. Serta bagaimana cara yang perusahaan anda terapkan dalam melaporkan keuangan ini.

Mengatur Modal Perusahaan

Modal perusahaan merupakan hal yang menjadi penentu akan kebangkrutan bisnis anda atau tidak. Sehingga, anda pun harus selalu mencatat pengelolaan modal ini dengan sedetail mungkin. Mulai dari asset bisnis, pemasukan yang datang, pengeluaran, arus kas, dan lain lain.

Memahami Pembiayaan Bisnis

Terakhir, pentingnya mempelajari manajemen keuangan ini anda dapat memahami pembiayaan bisnis. Sebelum sebuah bisnis mengeluarkan biaya tertentu untuk bisnis mereka. Umumnya, banyak dari divisi bisnis ini yang membuat rencana pembiayaan terlebih dahulu. Misalnya, apabila sebuah perusahaan ini ingin melakukan ekspansi pada wilayah baru. Perusahaan tersebut harus mengetahui bagaimana cara mereka mendapatkan modal tersebut. Apakah dengan kas, menggunakan uang pinjaman, menjual asset, dan lain lain.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang