SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Peluang Kerja Manajemen Bisnis Pariwisata yang Tersembunyi

Faktanya, peluang kerja manajemen bisnis pariwisata sendiri mempunyai masa depan yang cukup menjanjikan, baik itu dari segi gaji ataupun juga lapangan kerja. Bahkan, beberapa penilitan sendiri mengungkapkan bahwa industri pariwisata ini termasuk dalam bidang bisnis yang tidak akan pernah berhenti untuk berkembang. Tak hanya itu, Indonesia sendiri sudah lama sekali menjadikan industri pariwisata ini sebagai pemasukan devisa negara utama. Perlu anda ketahui juga, Indonesia pernah mendapatkan devisa negara sebesar 13,568 USD loh pada tahun 2016 lalu.

Memang, industri pariwisata sendiri sempat mengalami penurunan yang sangat besar dampaknya karena adanya pandemi, serta larangan pemerintah untuk aktivitas luar ruangan. Akan tetapi, setelah pandemi ini mengalami penurunan kasus dan pemerintah mulai melonggarkan aturan pembatasan tadi. Industri pariwisata mengalami kenaikan yang sangat fantastis loh pendapatannya! Karena itulah, hal ini pun menjadikan beberapa mahasiswa industri pariwisata akhirnya memiiki banyak sekali peluang kerja untuk mereka yang cukup menjanjikan. Nah, apa saja kira kira peluang kerja manajemen bisnis pariwisata ini? Berikut pembahasannya!

Cukup Fleksibel, Inilah Beberapa Peluang Kerja Manajemen Bisnis Pariwisata

Cukup Fleksibel, Inilah Beberapa Peluang Kerja Manajemen Bisnis Pariwisata

Travel Blogger

Untuk peluang kerja manajemen bisnis pariwisata sendiri adalah seorang travel blogger, sampai saat ini juga. Rasanya akan sangat aneh menemukan seseorang yang merasa keberatan dengan bekerja sekaligus berjalan jalan menuju sutau tempat wisata. Karena itulah, apabila anda mengambil jurusan pariwisata sebagai mata kuliah ini. Travel blogger merupakan salah satu peluang yang terbuka cukup lebar untuk anda terapkan. Terlebih lagi jika anda mempunyai hobi menulis dan membagikan cerita perjalanan ini kepada khalayak umum.

Pemilik Tempat Wisata

Selanjutnya, peluang kerja manajemen bisnis pariwisata adalah pemilik tempat wisata. Zaman dulu mungkin akan sangat sulit untuk mengembangkan industri pariwisata, karena keterbatasan kita untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Akan tetapi, karena saat ini teknologi sudah sangat canggih dan mampu merobohkan tembok penghalang seperti jarak dan waktu. Proses pemasaran industri pariwisata pun menjadi jauh lebih mudah untuk anda terapkan. Terlebih lagi jika anda memanfaatkan sosial media untuk memasarkan industri ini. Nah, jika anda termasuk dalam sarjana mata kuliah pariwisata. Tidak ada salahnya untuk mencoba membangun tempat wisata anda sendiri bukan?

Wedding & Event Organizer

Kemudian, peluang kerja manajemen bisnis pariwisata yakni wedding & event organizer. Apabila anda menempuh pendikan pariwisata, pastinya anda tidak akan asing lagi dengan perencanaan bukan? Sehingga, mungkin saja peluang sebagai wedding dan event organizer ini akan cocok untuk diri anda tersebut. Terlebih lagi untuk seseorang yang membutuhkan jasa organizer ini, pastinya mereka ingin membuat sebuah kesan tertentu dalam acara tersebut.

Karena itulah, jasa wedding dan organizer ini tidak dapat anda lakukan dengan sembarangan saja. Sayangnya, anda mungkin harus bekerja dengan cukup keras agar konsumen dapat mengetahui keberadaan bisnis anda tersebut. Selain itu, anda pun juga harus pandai pandai juga dalam membangun brand pada jasa organizer anda.

Pemandu Wisata

Selanjutnya, peluang kerja manajemen bisnis pariwisata yaitu pemandu wisata. Apabila anda bekerja dalam tempat wisata yang kebanyakan dari pengunjungnya adalah wisatawan asing dari luar negeri. Maka, peluang kerja manajemen bisnis pariwisata sebagai pemandu wisata ini mungkin akan sangat cocok untuk anda. Karena itulah, profesi sebagai pemandu wisata ini akan mengharuskan anda untuk terus menerus meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Akan tetapi, jika anda sudah dari awalnya memiliki kemampuan yang sangat besar dalam memahami Bahasa Inggris ataupun Bahasa asing lainnya. Maka, peluang sebagai pemandu wisata ini pun akan terbuka lebar untuk anda. Selain itu, profesi pemandu wisata ini pun juga akan menjadikan anda lebih cepat tanggap lagi dengan menjawab berbagai pertanyaan dari wisatawan. Nah, tertarik dengan mengambil profesi pemandu wisata ini?

Konsultan Wisata

Memang anda jarang mendengar profesi konsultan wisata. Akan tetapi, apabila anda memiliki pengalaman dan pengetahuan tertentu mengenai industri pariwisata Indonesia. Anda mungkin dapat mengambil profesi ini sebagai salah satu peluang kerja yang cukup menjanjikan.

Kuliner

Kuliner sendiri sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus terus ada pada kehidupan seluruh manusia. Sehingga, industri kuliner ini dapat menjadi salah satu peluang kerja manajemen bisnis pariwisata yang cukup menjanjikan untuk anda. Bahkan, peluang anda untuk menawarkan produk kuliner ini akan jauh lebih tinggi loh jika anda memiliki tempat usaha yang dekat dengan tempat wisata.

Dosen

Apabila anda telah menjadi seorang sarjana dalam mata kuliah pariwisata ini. Mungkin anda dapat mencoba untuk menjadi seorang dosen perkuliahan yang mengajar bidang yang sama dengan anda sebelumnya. Memang, anda mungkin akan harus menyelesaikan Pendidikan hingga S2 serta mendapatkan gaji yang kurang menjanjikan. Akan tetapi, mungkin saja anda memiliki ketertarikan untuk membagikan ilmu pengetahuan anda dalam industri pariwisata ini.

Penerbangan

Dari waktu ke waktu, telah banyak sekali maskapai penerbangan yang muncul dengan melayani berbagai macam rute penerbangan. Sehingga, anda pun mungkin dapat memanfaatkan peluang ini untuk ikut serta juga pada bidang industri yang terus mengalami pertumbuhan tersebut. Selain itu, jika saat ini Indonesia memiliki banyak sekali rute penerbangan dari negara luar. Pastinya sector pariwisata pun juga akan meningkat juga bukan?

Lembaga Pemerintahan

Selain dengan Lembaga swasta ataupun juga membangun usaha anda sendiri. Peluang kerja manajemen bisnis pariwisata pun terkadang juga terletak pada Lembaga pemerintahan. Misalnya saja pada posisi kementrian pariwisata indonesia. Tak hanya itu, anda pun juga memiliki sebuah peluang juga untuk menjadi seorang PNS yang bidang kerjanya memiliki keterkaitan dengan industri pariwisata.

Perhotelan

Saat ini hotel menjadi salah satu industri bisnis yang perkembangannya terlihat cukup menjanjikan pada wilayah Indonesia. Tak hanya itu, perhotelan sendiri umumnya juga memiliki keterkaitan juga bukan dengan pariwisata? Sehingga, hal ini pun dapat anda jadikan juga sebagai peluang kerja manajemen bisnis pariwisata yang cukup menjanjikan. Umumnya, pihak hotel sendiri akan bekerja sama dengan pihak pariwisata, untuk memberikan paket penginapan yang cukup menarik untuk konsumen. Hal inilah yang menjadikan industri perhotelan ini cukup dekat dengan industri pariwisata.

Pengusaha

Walaupun anda adalah seorang lulusan ilmu Pendidikan pariwisata dan tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman apapun dalam dunia bisnis. Bukan berarti anda tidak memiliki peluang juga untuk sukses sebagai seorang pengusaha bukan? Apalagi saat ini sudah banyak sekali teknologi canggih yang dapat membantu pekerjaan dari seorang pengusaha ini.

Youtuber

Youtuber sendiri mungkin dapat anda katakan sama dengan travel blogger yang telah kita bahas sebelumnya. Yakni, anda nantinya akan dapat bekerja secara langsung. Sembari menikmati pemandangan dan suasan dari tempat pariwisata yang anda jadikan sebagai video youtube.

Manajer Restoran

Agar restoran sendiri mampu menarik pengunjung yang cukup banyak. Umumnya restoran tersebut akan membutuhkan seseorang yang ahli dalam mengatur jalannya restoran tersebut. Nah, karena ilmu pariwisata ini umumnya mengharuskan anda untuk membuat perencanaan. Mungkin saja menjadi manajer restoran akan cocok untuk anda.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang