SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Peluang Kerja Manajemen Bisnis Syariah yang Sangat Menjanjikan

Banyak sekali masyarakat Indonesia yang ingin masuk dalam jurusan ekonomi maupun bisnis Ketika menjadi seorang mahasiswa. Namun sayangnya tidak semua atau bahkan satu pun dari mereka yang tertarik dengan manajemen bisnis syariah. Padahal, peluang kerja manajemen bisnis syariah sendiri mempunyai tingkat sukses yang tinggi serta cukup menjanjikan. Namun, hal ini tetap saja tidak dihiraukan oleh kebanyakan masyarakat dan mereka menganggap sebelah mata saja juruan manajamen bisnis syariah ini.

Tak jarang juga banyak masyarakat Indonesia yang beranggapan karena mata kuliah ini focus pada bidang ekonomi syariah. Maka penggunaannya akan sangat jarang dalam dunia kerja. Faktanya, hal tersebut merupakan sebuah anggapan yang salah besar. Karena, lulusan dari jurusan bisnis syariah sendiri juga dapat memiliki karir dalam berbagai bagain pada bidang ekonomi. Apakah itu bagian pemasaran, pengelolaan SDM, manajemen bisnis, dan lain lain.

Peluang Kerja Manajemen Bisnis Syariah yang Jarang Diketahui

Peluang Kerja Manajemen Bisnis Syariah yang Jarang Diketahui

Sebelumnya, kita telah mengetahui sebuah fakta bahwa jurusan manajemen bisnis syariah merupakan salah satu jurusan. Yang masyarakat Indonesia anggap tidak terlalu penting dalam dunia bisnis. Padahal, saat ini sudah banyak sekali peluang kerja manajemen bisnis syariah yang cukup menjanjikan untuk para lulusannya.

Bahkan, jurusan manajemen bisnis syariah ternyata juga memiliki value tersendiri, terlebih lagi jika lulusan tersebut bekerja pada perusahaan dengan basic syariah. Nah, berikut ini adalah beberapa peluang kerja manajemen bisnis syariah lain yang mungkin dapat menarik perhatian anda. Seperti:

Manajer

Sama halnya dengan nama dari jurusan ini yang merupakan manajemen bisnis syariah. Pastinya peluang kerja pertama yang terbuka lebar untuk lulusan jurusan ini adalah manajer bisnis. Faktanya, lulusan manajemen bisnis syariah dan manajemen bisnis umum. Sama sama memiliki peluang yang tinggi untuk menempati posisi sebagai seorang manajer perusahaan.

Bahkan, beberapa orang sendiri berpendapat bahwa lulusan manajemen bisnis syariah memiliki peluang yang lebih besar daripada manajemen bisnis biasa. Jika perusahaan yang mereka lamar mendalami bisnis dengan bidang ekonomi syariah. Seperti badan amal, bank syariah, perniagaan, dan lain lain. Karena, dalam bisnis tersebut bukanlah kemampuan ekonomi saja yang penting. Melainkan, mereka juga membutuhkan orang orang yang dapat menerapkan nilai islam dalam kemampuan ekonomi tersebut.

Business Development

Kedua, peluang kerja manajemen bisnis syariah yang tidak kalah menjanjikan adalah seorang business development. Perlu anda ketahui, saat ini banyak sekali perusahaan besar yang menginginkan posisi sebagai business development ini. Peran dari business development sendiri ternyata cukup ringkas.

Anda akan membuat sebuah strategi dan business plan, yang dapat perusahaan gunakan dalam jangka waktu yang cukup Panjang. Nantinya, rencana dan strategi ini akan berguna untuk menjaga posisi dan penjualan dari perusahaan tersebut. Tak hanya itu, peran business development sendiri juga sangat penting untuk menjaga hubungan professional antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.

Konsultan Bank

Konsultan bank sendiri termasuk dalam salah satu peluang kerja manajemen bisnis syariah yang cukup menjanjikan untuk para lulusannya. Bahkan, adanya praktik bank syariah sendiri dapat mendukung besarnya peluang lulusan manajemen bisnis syariah untuk memperoleh sebuah pekerjaan. Selain itu, lulusan manajemen bisnis syariah juga dapat bekerja pada bank swasta. Sehingga peluang kerja dalam dunia perbankan lebih baik lagi, gaji yang cukup menjanjikan, serta ilmu manajemen syariah juga dapat anda gunakan juga.

Marketing Manager

Peluang kerja manajemen bisnis syariah dalam profesi marketing manager sendiri sudah terbuka sangat lebar. Ketika anda memutuskan untuk menjadi seorang marketing manager, anda nantinya bertugas untuk mempengaruhi konsumen dengan beragam strategi pemasaran. Perlu anda ingat, strategi pemasaran ini adalah senjata utama dari sebuah perusahaan untuk tetap bertahan hidup. Karena strategi ini akan langsung berdampak pada banyaknya penjualan dari sebuah perusahaan, yang secara otomatis juga mempengaruhi masa depan mereka.

Admin Staff Perusahaan Besar

Lulusan manajemen bisnis syariah akan memperoleh banyak sekali ilmu pengetahuan tentang pengelolaan sebuah perusahaan. Sehingga, hal ini menjadikan peluang kerja manajemen bisnis syariah sebagai admin staff perusahaan, terbuka cukup lebar untuk para lulusannya. Apalagi jika sebuah perusahaan ini menerapkan bidang ekonomi syariah.

Sehingga, lulusan manajemen bisnis syariah akan jauh lebih mudah untuk memperoleh posisi tersebut. Selain itu, admin staff sendiri ternyata dapat anda jadikan sebagai batu pijakan yang cukup baik. Terutama untuk mendapatkan dan menyerap beragam pengalaman pada dunia kerja. Dengan bekerja sebagai admin staff baik pada perusahaan biasa ataupun perusahaan syariah. Anda sebagai fresh graduate akan memiliki banyak sekali pengalaman kerja. Yang dapat anda manfaatkan untuk mengincar posisi yang jauh lebih tinggi.

Akuntan

Walaupun manajemen bisnis syariah tidak selalu membahas akutansi secara mendalam. Akan tetapi, akuntan ini termasuk salah satu peluang kerja manajemen bisnis syariah yang cukup menjanjikan. Terlebih lagi posisi ini merupakan salah satu posisi yang peminatnya cukup besar dalam berbagai perusahaan. Sehingga, anda akan lebih mudah lagi untuk mendapatkan lowongan kerja, yang membutuhkan posisi ini. Posisi akuntan ini nantinya akan mewajibkan anda untuk mencatat dan mengelola seluruh arus keuangan dari perusahaan.

Pegawai Lembaga Zakat

Selanjutnya, peluang kerja manajemen bisnis syariah lain adalah pegawai lembaga zakat. Indonesia merupakan salah satu negara dengan mayoritas penduduk beragama islam terbanyak di seluruh dunia. Sehingga, bukanlah sebuah hal yang mengejutkan apabila anda akan menemukan banyak sekali Lembaga zakat yang tersedia pada seluruh wilayah Indonesia. Tak hanya itu, anda juga pastinya mengetahui bahwa Lembaga zakat tidak akan menggunakan Teknik manajemen bisnis biasa pada Teknik pengelolaan bisnis mereka.

Melainkan, kebanyakan dari Lembaga zakat yang tersedia pada wilayah Indonesia ini akan mencari seorang manajer bisnis. Yang memiliki pengetahuan terhadap perekonomian syariah. Karena, Lembaga zakat ini tidak hanya sekedar berbisnis dan mendapatkan keuntungan saja. Ada banyak sekali nilai islam yang harus mereka terapkan pada bisnis tersebut.

Pengajar

Jika anda tidak tertarik dengan peluang kerja manajemen bisnis syariah yang telah kita bahas sebelumnya. Maka, mungkin saja menjadi seorang pengajar ini adalah pilihan yang tepat untuk anda. Karena, ternyata juruan manajemen bisnis syariah ini termasuk dalam jurusan baru yang terbilang kurang tenaga pengajarnya. Nah, hal inilah yang dapat anda manfaatkan sebagai salah satu lulusan manajemen bisnis syariah. Sehingga tidak hanya mendapatkan penghasilan, namun juga mendapatkan amalan ibadah dengan membagikan ilmu anda.

Seorang Pengusaha

Ada sebuah kalimat pada dunia bisnis yang mengatakan bahwa semua orang bisa menjadi seorang pengusaha. Nah, anda yang menjadi lulusan manajemen bisnis syariah pun pasti juga termasuk dalam orang orang yang berpeluang besar untuk menjadi seorang pengusaha. Karena, anda sudah memiliki sebuah bekal ilmu untuk menjalankan sebuah bisnis. Yang nantinya siap anda padukan dengan konsep ekonomi syariah yang telah anda dapatkan sebelumnya.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang