SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Cara Memulai Bisnis Thrift Shop Online Agar Cepat Berkembang

Saat ini, terlebih lagi dengan adanya kegiatan CItayam Fashion Week yang sedang viral. Bisnis thrift shop menjadi salah satu jenis bisnis yang cukup popular pada kalangan remaja dan pemuda Indonesia. Selain dengan cara memulai bisnis thrift shop online yang cukup mudah, popularitas dari thrift shop juga muncul dari sudut pandang konsumen mereka. Yang bisa mendapatkan beragam produk fashion branded kualitas baru, namun dengan harga yang jauh lebih murah dari pasar.

Terlebih lagi saat ini sudah banyak sekali platform online yang dapat membantu dalam menjalankan bisnis thrift shop agar lebih efektif. Bahkan, pada platform sosial media Instagram saat ini sudah banyak sekali brand toko online yang menawarkan produk thrift shop. Karena itulah, dengan memadukan jenis usaha yang saat ini viral, bersamaan dengan cara memulai bisnis thrift shop online yang efektif. Anda pun akan menghasilkan banyak sekali keuntungan. Seperti apa caranya?

Cara Memulai Bisnis Thrift Shop Online yang Anti Ribet

Cara Memulai Bisnis Thrift Shop Online yang Anti Ribet!

Pilih Target Konsumen dan Produk yang Sesuai

Pertama, cara memulai bisnis thrift shop online adalah menyesuaikan produk dan konsumen. Thrfit store mempunyai banyak sekali variasi produk yang dapat anda berikan kepada konsumen, selain dari baju dan celana saja. Apakah itu jam tangan, topi, buku, tas, sepatu, kalung, atau bahkan gadget elektronik. Sehingga, cobalah untuk memiliih sebuah produk dan target konsumen terlebih dahulu. Sebelum anda membangun bisnis thrift shop ini. Misalnya saja Ketika anda ingin menjual produk pakaian dan aksesoris. Maka target konsumen dari bisnis anda nantinya adalah remaja dan pemuda Indonesia.

Dengan menentukan produk thrift shop, anda nantinya akan lebih mudah untuk mempersiapkan toko anda. Mulai dari membangun brand toko, menentukan target pasar, menentukan strategi pemasaran, pembuatan konten, dan lain lain. Contohnya saja dengan trend fashion casual yang lengkap akan beragam aksesoris. Nantinya, anda dapat mempersiapkan brand toko, kemasan produk, konten pemasaran, foto produk, dan lain lain.

Temukan Supplier yang Tepat

Kedua, cara memulai bisnis thrift shop online yang harus anda perhitungkan adalah dengan menemukan supplier untuk memenuhi stok toko anda. Mendapatkan sebuah stok produk mungkin dapat anda lakukan dengan membeli produk secara langsung melalui pasar tradisonal seperti Pasar Senen Jakarta, Pasar Kapasan Surabaya, dan pasar tradisional lainnya. Memang, cara mendapatkan stok produk ini akan terasa jauh lebih lama penerapannya.

Sehingga, anda juga dapat memilih opsi selanjutnya yakni dengan menemukan seorang supplier untuk thrift shop anda. Bahkan, anda bisa saja mencari seorang supplier ini pada pasar internasional juga. Cobalah untuk membandingkan antara satu supplier dengan berbagai supplier lainnya. Sehingga, anda dapat mengetahui perbedaan harga dan kualitas produk yang akan anda dapatkan dari supplier yang berbeda ini.

Ciptakan Sebuah Nama Brand Dengan Logo yang Menarik

Ketiga, cara memulai bisnis thrift shop online adalah membuat nama dan logo brand yang menarik. Memang, anda hanya berjualan barang bekas namun dengan kondisi yang masih terbilang baru. Akan tetapi, anda pun juga dapat menambahkan beberapa memento pada produk tersebut dengan nama brand anda. Apakah itu label, kartu ucapan, stiker brand, dan lain lain. Dengan begitu, konsumen anda akan merasa membeli sebuah produk baru. Serta, anda juga mempunyai peluang yang besar untuk memperkenalkan brand toko anda.

Pastikan Produk Anda Tetap Higienis

Keempat, cara memulai bisnis thrift shop online yakni menjaga produk agar higienis. Anda memang akan menjual beragam produk bekas dengan kualitas yang terasa seperti produk baru. Akan tetapi, jangan lupa untuk terus menerus menjaga kebersihan dari produk tersebut agar konsumen anda lebih nyaman dalam berbelanja. Tak hanya itu, anda yang memesan dari pasar internasional pun juga harus lebih baik lagi menjaga kebersihan. Karena produk tersebut melewati masa perjalanan yang sangat jauh jaraknya.

Itulah mengapa, setelah anda menerima produk anda dari jasa pengiriman. Sesegera mungkin lakukanlah pencucian penuh lalu keringkan dan setrika produk anda sebelum menjualnya kepada konsumen. Dengan begitu, konsumen dapat melihat anda sebagai seorang yang rajin merawat produk. Serta sangat menjunjung tinggi Kesehatan mereka dengan produk yang bersih ini.

Foto Produk yang Menarik

Kelima, cara memulai bisnis thrift shop online yaitu menggunakan foto menarik. Jika anda menawarkan produk thrift shop secara online, maka satu satunya cara konsumen mengetahui produk tersebut. Adalah dengan melihat foto yang anda berikan kepada mereka, atau melalui sosial media. Sehingga, selalu perhatikan foto produk, sebelum anda membagikannya melalui marketplace, sosial media, atau kepada konsumen langsung Ketika mereka menghubungi anda.

Teknik pengambilan foto juga tidak terlalu rumit dan dapat anda lakukan dengan peralatan seadanya. Misalnya saja dalam produk pakaian, anda dapat menggantu pakaian tersebut dengan hanger, lalu meletakannya pada latar belakang yang warnanya polos agar konsumen lebih focus pada pakaian tersebut. Jangan lupa juga untuk memberikan penerangan yang memadahi pada foto tersebut. Serta berikan beberapa hiasan tambahan agar konsumen lebih tertarik.

Pilih Harga Jual yang Bersahabat

Selanjutnya, cara memulai bisnis thrift shop online yaitu dengan memasang harga jual yang bersahabat. Harga jual memegang peranan yang penting dalam cara memulai bisnis thrift shop online yang efektif. Karenanya, pastikan bahwa anda benar benar memilih sebuah harga jual yang optimal untuk produk yang anda tawarkan kepada konsumen. Jika anda mematok harga yang terlalu murah, anda akan merasa sulit untuk mendapatkan keuntungan. Namun jika anda mematok harga yang terlalu tinggi, konsumen tidak akan membeli produk tersebut.

Itulah mengapa anda harus melakukan Analisa terhadap pasar produk terlebih dahulu. Sebelum anda memilih harga jual. Selain itu, anda juga dapat memperhitungkan beberapa hal penting dalam menentukan harga jual. Mulai dari kualitas produk, modal bisnis, biaya pengiriman, pajak, dan lain lain. Jangan sampai anda memilih harga jual yang minim, namun anda menawarkan produk dengan kualitas terbaik.

Segera Pasarkan Produk

Setelah anda mempersiapkan harga jual maupun foto produk. Maka, Langkah selanjutnya adalah memasarkan produk tersebut dengan menggunakan beragam media pemasaran. Apakah itu website, marketplace, sosial media, atau dengan pemasaran tradisional seperti spanduk dan poster.

Ada mungkin dapat memanfaatkan beragam platform pemasaran sekaligus dalam satu waktu. Akan tetapi, perhatikan juga bahwa platform pemasaran ini akan memiliki focus yang berbeda beda. Misalnya saja Instagram yang focus kepada foto dan video, TikTok yang hanya focus pada video, serta website yang focus kepada tulisan artikel yang SEO friendly.

Sesuaikan Strategi Pemasaran

Terakhir, cara memulai bisnis thrift shop online adalah menyesuaikan stratgei pemasaran. Seperti yang telah anda ketahui, semua bisnis dapat memperoleh banyak sekali keuntungan jika mereka menerapkan strategi pasar yang sesuai. Karenanya, apabila anda merasa bahwa penjualan dari thrift shop anda kurang. Ada baiknya lagi jika anda memperbaiki strategi pemasaran dari toko anda.

Misalnya saja Ketika anda menjual pakaian branded kekinian. Maka, target pasarnya adalah remaja dan pemuda sekitar 15 sampai 22 tahun. Serta platform pemasaran yang paling cocok adalah sosial media seperti Instagram dan TikTok dengan beragam foto dan video menarik karena mereka sering menggunakan sosial media tersebut.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang