SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Manajemen Keuangan, Materi dan Prospek Kerja yang Menjanjikan

Manajemen keuangan sendiri termasuk dalam jurusan perkuliahan yang nanti akan membantu anda untuk mempelajari. Berbagai macam aspek dalam mengelola dan mengatasi permasalahan keuangan, terlebih dalam bidang bisnis. Jadi, anda yang mengambil jurusan manajemen keuangan, akan mempelajari tentang perencanaan, penggunaan keuangan, serta pengelolaan keuangan dari suatu perusahaan.

Untuk mengatur dan mengelola keuangan dari sebuah perusahaan, anda nantinya dapat menggunakan aspek keuangan serta moneter. Tak hanya itu, ada juga aspek Lembaga perbankan, kinerja perusahaan, serta organisasi lain yang dapat anda gunakan untuk mengelola keuangan ini. Kemudian, anda nantinya akan mempelajari berbagai macam informasi lain dalam juruan manajemen keuangan ini. Mulai dari instrument keuangan, anggaran, perencanaan modal, Analisa keuangan, akuntansi, manajemen hutang piutang perusahaan, dan lain lain.

Sehingga, apabila anda termasuk dalam orang yang ahli atau tertarik untuk mengelola suatu keuangan. Maka, manajemen keuangan ini akan sangat cocok untuk anda. Terlebih lagi manajemen keuangan mempelajari tentang hal hal yang lebih terperinci untuk membangun sebuah bisnis.

Mata Kulias Manajemen Keuangan

Mata Kuliah Manajemen Keuangan

Untuk membantu mahasiswa dalam memahami Teknik manajemen keuangan. Maka, jurusan manajemen keuangan mempelajari tentang beberapa hal yang penting. Seperti:

  • Ekonomi koperasi dan moneter;
  • Sistem informasi bisnis keuangan;
  • Etika bisnis;
  • Manajemen perkreditan;
  • Asuransi dan manajemen resiko;
  • Perpajakan;
  • Ekonomi uang dan bank;
  • Akutansi biaya;
  • Ekonomika;
  • Obligasi;
  • Dan masih banyak lagi.

Cukup Seimbang, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Manajemen Keuangan

Memilih jurusan manajemen keuangan sendiri dapat memberikan banyak sekali kentungan. Terlebih lagi dengan manajemen keuangan mempelajari tentang berbagai macam hal terperinci dalam dunia bisnis. Nah, apa saja kira kira kelebihan dari mengambil jurusan manajemen keuangan yang mempelajari tentang berbagai aspek bisnis ini?

Kelebihan
  • Membantu anda untuk melatih pemikiran rasional yang akan berguna untuk kehidupan bisnis ataupun kehidupan personal diri anda langsung;
  • Cabang ilmu yang tidak terlalu banyak yakni hanya mengarah pada ilmu manajemen serta masalah keuangan. Sehingga, anda dapat memasuki jurusan ini tidak peduli anda berasal dari jurusan IPA ataupun IPS dalam masa SMA;
  • Meningkatkan kemampuan anda untuk mengelola keuangan baik itu dalam perusahaan ataupun kehidupan pribadi diri anda. Karena, sampai saat ini masih ada banyak sekali orang yang bercita cita untuk sukses dalam mengelola dan menjaga keuangan mereka;
  • Meningkatkan kualitas Analisa anda karena manajemen keuangan akan menuntut anda untuk selalu teliti dalam menganalisa beragam hal. Yang menyangkut langsung dengan keuangan.
  • Hingga saat ini, banyak sekali perusahaan besar yang membutuhkan posisi sebagai manajemen keuangan. Baik itu perusahaan lokal ataupun juga internasional. Karena, pengelolaan keuangan sendiri menjadi sumber kehidupan yang sangat penting dalam dunia bisnis.
Kekurangan

Selain dari kelebihan, manajemen keuangan sendiri akan memiliki kekurangan mereka sendiri yang cukup terlihat jelas semakin lama anda mempelajari jurusan ini. Yakni, anda akan lebih mudah mendapatkan rasa jenuh karena mata kuliah anda yang hanya manajemen keuangan mempelajari tentang masalah keuangan saja setiap waktu. Karenanya, sebelum anda memilih untuk memasukan jurusan perkuliahan ini, pastikan bahwa anda memang memiliki ketertarik. Baik dalam itu dunia finansial ataupun juga dalam berbaagi macam hal yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan. Karena manajemen keuangan mempelajari tentang keuangan setiap hari. 

Mengapa Banyak yang Tertarik Dengan Jurusan Manajemen Keuangan?

Jika anda masuk dalam fakultas ekonomi. Maka, nantinya anda akan selalu berhadapan dengan jurusan manajemen dan salah satu bidang pembelajaran dalam fakultas ini adalah menajemen keuangan. Perlu anda ingat juga, jurusan ini nantinya akan terlihat sama jika anda bandingkan langsung dengan jurusan akuntansi serta ekonomi syariah.

Salah satu alasan yang menjadikan banyak orang tertaik dalam jurusan ini adalah. Selain dari manajemen keuangan mempelajari tentang hal mendalam dunia bisnis. Manajemen keuangan juga mempelajari tentang materi manajemen pada umumnya. Sehingga, hal ini dapat anda manfaatkan juga untuk mengembangkan bisnis anda secara langsung. Nah, ada beberapa alasan lain lagi yang menjadikan orang tertarik dengan jurusan manajemen keuangan yang mempelajari tentang ilmu manajemen tersebut. Seperti:

Sesuai Untuk Anda yang Senang Mengelola Keuangan

Alasan pertama yang menjadikan masyarakat Indonesia tertarik dalam manajemen keuangan ini adalah. Mereka benar benar menyukai hal hal yang berbau keuangan, termasuk dalam pengelolaan. Sehingga, apabila anda memiliki ketertarikan dalam mengelola dan berhitung masalah keuangan, namun tidak serumit jurusan akutansi. Jurusan manajemen keuangan yang mempelajari tentang keuangan adalah pilihan cocok untuk anda.

Peluang Kerja Menjanjikan

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, manajemen keuangan mempelajari tentang berbagai ilmu bisnis yang berkaitan dengan berbagai macam jurusan lain. Termasuk juga dalam peluang kerja yang cukup menjanjikan karena ilmu pengetahuan anda yang terbilang luas dalam dunia bisnis. Sehingga, anda nantinya dapat mengambil beberapa profesi. Seperti: manajemen bisnis analis keuangan, akuntan, auditor, analis riset operasional, dan lain lain.

Banyak Perusahaan yang Terarik

Alasan lain akan mengapa banyak mahasiswa yang ingin memasuki jurusan manajemen keuangan ini adalah. Karena sampai saat ini banyak sekali perusahaan yang tertarik untuk merekrut seseorang yang ahli dalam mengelola keuangan. Bahkan, anda juga mempunyai peluang yang cukup besar untuk bergabung dengan perusahaan luar negeri yang membutuhkan kemampuan pengelolaan keuangan ini. Karena, manajemen keuangan yang mempelajari tentang pengelolaan keuangan adalah hal yang sangat serius dan tidak boleh anda sepelekan begitu saja perannya.

Gaji yang Sangat Menjanjikan

Tak jarang juga kebanyakan calon mahasiswa akan memperhatikan prospek gaji yang akan mereka dapatkan. Jika mereka mengambi sebuah jurusan perkuliahan tertentu. Sehingga, mereka tidak akan sia sia saja mempelajari ilmu dalam jurusan tersebut. Nah, ternyata gaji yang akan anda dapatkan dalam jurusan manajemen keuangan ini sangat menjanjikan.

Terlebih lagi untuk anda yang sudah bergabung dalam perusahaan besar, atau mendapatkan posisi yang cukup tinggi dalam perusahaan. Seperti halnya konsultan dan manajer keuangan. Kemudian, apabila anda memilih jurusan kuliah berdasarkan gaji yang akan anda terima. Ada baiknya juga anda memperhatikan lagi kondisi perusahaan yang akan anda lamar nantinya.

Pekerjaan yang Terbilang Nyaman dan Santai

Manajemen keuangan sendiri pekerjaannya terbilang nyaman terlebih dalam perusahaan besar. Memang anda harus selalu teliti dalam mengelola keuangan dan harus selalu focus. Akan tetapi, anda akan memiliki ruangan yang nyaman lengkap dengan AC pendingin serta penampilan yang professional.

Banyak Universitas yang Menyediakan Jurusan Ini

Salah satu kemudahan jurusan manajemen keuangan sendiri tidak hanya terdapat pada peluang dan prospek kerja. Akan tetapi, anda akan jauh lebih mudah lagi karena banyak universitas yang menyediakan jurusan ini. Karena, manajemen keuangan mempelajari tentang hal yang cukup krusial dalam dunia bisnis. Sehingga hal ini mengakibatkan pihak universitas selalu berusaha untuk menyediakan jurusan manajemen keuangan yang mempelajari tentang hal penting dalam berbisnis ini.

Skill Bisnis Tinggi

Kemampuan dan pengetahuan manajemen keuangan yang mempelajari tentang pengelolaan keuangan ini tidak hanya berguna untuk mendapatkan pekerjaan. Akan tetapi, anda dapat dengan mudah menggunakannya untuk membangun sendiri bisnis dan usaha anda.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang