SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Pekerjaan Sampingan Online yang Cocok Untuk Mahasiswa

Faktanya, saat ini banyak sekali pemuda Indonesia yang ramai mendapatkan pengalaman penting dalam masa perkuliahan mereka. Baik itu dari kehidupan dan aktivitas harian mereka saat berada kampus, menjalankan pekerjaan sampingan online untuk mahasiswa, ataupun juga dengan mengikuti beragam kegiatan organisasi mahasiswa.

Terkadang, masa perkuliahan ini menjadikan mahasiswa semakin semangat untuk mendapatkan penghasilan selain dari kiriman orang tua. Terlebih lagi masa kuliah ini adalah masa masa saat mahasiswa senang membelajakan uang mereka untuk beberapa barang ataupun kegiatan tertentu. Bahkan, tak jarang juga banyak dari mahasiswa ini yang membantu orang tua mereka dengan mendapatkan penghasilan melalui pekerjaan sampingan online untuk mahasiswa.

Memang, biaya perkuliahan sendiri sudah menjadi tanggung jawab langsung dari pihak orang tua. Akan tetapi, bukankah akan menjadi sebuah kebanggaan apabila anda sebagai seorang mahasiswa mampu membayar secara mandiri biaya perkualiahan anda? Nah, untuk memperoleh penghasilan tambahan dalam membiayai kehidupan anda. Berikut adalah beberapa pekerjaan sampingan online untuk mahasiswa yang mungkin sesuai dengan anda. Seperti:

Maksimalkan Masa Kuliah Dengan Pekerjaan Sampingan Online Untuk Mahasiswa!

Maksimalkan Masa Kuliah Dengan Pekerjaan Sampingan Online Untuk Mahasiswa!

Translator

Pertama, pekerjaan sampingan online untuk mahasiswa adalah seorang translator. Apakah anda menguasai Bahasa asing tertentu? Atau bahkan anda memiliki beberapa buku bacaan yang menggunakan Bahasa asing? Nah, mungkin pekerjaan sampingan online untuk mahasiswa translator ini akan cocok untuk anda. Terlebih lagi jika jurusan yang anda ambil adalah sastra Bahasa asing. Sehingga, pekerjaan sebagai seorang translator ini pun akan lebih besar lagi peluangnya untuk anda dapatkan. Cobalah untuk mengartikan beberapa buku bacaan, literasi ilmiah, ataupun juga hasil penelitian dari Bahasa asing ke Bahasa Indonesia.

Selain itu, anda pun dapat menghubungi beberapa kontak dan kenalan anda untuk memulai pekerjaan sampingan sebagai translator ini. Baik itu kepada alumni, dosen, teman, ataupun juga keluarga anda secara langsung. Tak hanya itu, saat ini pun sudah banyak juga beragam platform freelance translator yang dapat anda coba sebagai kerja sampingan ini. Nah, tertarik untuk mencobanya?

Ilustrator

Kedua, pekerjaan sampingan online untuk mahasiswa dengan menjadi ilustrator. Jika anda mempunyai sebuah hobi dalam menggambar ataupun membuat sebuah ilustrasi. Maka, illustrator ini pun mungkin akan cocok untuk anda. Perlu anda ketahui juga, illustrator sendri merupakan pekerjaan yang berbeda dari artis ataupun juga seniman ya. Singkatnya, illustrator sendiri memiliki peran untuk memperjelas sebuah ide cerita melalui perantara gambar ilustrasi. Peluang illustrator sendiri juga cukup beragam dan bervariasi juga, mulai dari membuat novel, buku komik, ataupun juga ilustrasi langsung sesuai permintaan client.

Untuk meyakinkan client dengan jasa illustrator yang anda tawarkan tersebut. Cobalah untuk rutin membuat beragam maha karya ilustrasi yang nantinya dapat anda jadikan portofolio pribadi. Penghasilan yang akan anda dapatkan dalam profesi sebagai illustrator ini pun juga cukup menjanjikan. Mulai dari Rp 40 ribu untuk ilustrasi sederhana. Hingga mencapai Rp 300 ribu apabila anda menerima proyek dari sebuah bisnis. Bahkan, anda pun nantinya dapat mengincar client luar negeri juga dalam menawarkan jasa sebagai seorang illustrator ini.

Freelance Writer

Ketiga, pekerjaan sampingan online untuk mahasiswa sebagai freelance writer. Apabila anda mempunyai ketertarik langsung terhadap beragam rangkaian kata yang indah. Baik itu dalam bentuk puisi, sair, cerita pendek, ataupun juga esai. Anda pun dapat mencoba pekerjaan sampingan online untuk mahasiswa sebagai seorang freelance writer ini. Sehingga, anda pun tidak hanya memanfaatkan kemampuan penulisan anda dengan menghiasi laporan tugas kuliah saja. Bahkan, anda pun juga dapat menarik perhatian dari media massa juga dengan tulisan anda.

Beberapa media massa sendiri sudah menyediakan kolom dan bagian khusus untuk penulis lepas juga. Sehingga, anda pun akan mempunyai kesempatan untuk memperoleh sebuah keuntungan dengan menerbitkan artikel dalam media massa tersebut. Untuk penghasilan dalam media mass aini, anda dapat memperoleh hingga Rp 300 ribu untuk satu tulisan. Atau, anda dapat mencoba untuk menjadi seorang artikel dengan harga Rp 50 ribu setiap 500 katanya.

Data Entry

Keempat, salah satu pekerjaan sampingan online untuk mahasiswa lainnya adalah dengan menawarkan jasa entry. Terlebih lagi untuk anda yang hobi dalam menggunakan software excel dan gemar dalam mengolah sebuah angka. Maka, peluang data entry pun memiliki peluang yang cukup menjanjikan juga untuk anda. Untuk memulai karir sebagai data entry ini anda dapat menawarkan jasa melalui beragam platform freelance yang sudah banyak tersedia saat ini. Kemudian, anda nantinya akan mendapatkan sebuah data penting dari perusahaan. Lalu tugas anda adalah memasukkan data tersebut pada sebuah dokumen khusus.

Website Developer

Kelima, pekerjaan sampingan online untuk mahasiswa sebagai website developer. Website developer sendiri saat ini sudah semakin popular pada kalangan masyarakat Indonesia. Dengan adanya internet yang semakin canggih saat ini, sudah banyak sekali para pelaku bisnis yang tertarik untuk membuat website resmi mereka masing masing. Bahkan, website developer ini dapat anda terapkan sebagai pekerjaan part time loh untuk menambah penghasilan.

Faktanya, saat ini sudah banyak sekali perusahaan kecil yang menawarkan jasa web developer ini kepada mahasiswa yang mengambil jurusan Teknik informatika. Sehingga, anda pun dapat mengambil peluang ini saat sedang libur semester, ataupun juga Ketika ada beberapa waktu luang tertentu.

Jual Beli Akun Game Online

Keenam, pekerjaan sampingan online untuk mahasiswa dengan jual beli akun game online. Saat ini game sudah tidak berperan sebagai hiburan dan penghilang kebosanan saja. Akan tetapi, sudah banyak sekali mahasiswa yang memanfaatkan peluang dari game ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Yakni, mereka ramai ramai menjual berbagai macam akun game online yang saat ini sedang viral pada masyarakat Indonesia. Untuk meningkatkan nilai jual dari akun game online ini. Pastikan bahwa anda mempunyai akun dengan tingkat statistic yang sangat baik, serta waktu bermain yang cukup lama dalam akun tersebut.

Driver Online

Ketujuh, pekerjaan sampingan online untuk mahasiswa menjadi driver online. Popularitas dari transportasi online saat ini sudah banyak tersebar pada berbagai macam kota pada seluruh wilayah Indonesia. Sehingga, hal ini pun menjadikan banyak mahasiswa yang tertarik dengan peluang sebagai seorang driver online ini. Memang, anda mungkin akan terlihat sebagai seorang yang biasa saja dengan pekerjaan sampingan sebagai driver online ini. Akan tetapi, ternyata penghasilan yang anda dapatkan akan sangat menjanjikan. Sayangnya, anda harus memiliki sebuah kendaraan pribadi terlebih dahulu, baik itu sepeda motor ataupun juga mobil. Untuk memulai pekerjaan sampingan driver online ini.

Influencer

Terakhir, seorang influencer. Influencer mungkin terbilang sebagai salah satu pekerjaan sampingan online untuk mahasiswa yang cukup sulit untuk anda terapkan. Karena, anda sendiri harus memastikan bahwa akun sosial media anda memiliki banyak sekali followers untuk menawarkan jasa influencer ini. Namun, jika anda memang tertarik untuk bekerja sebagai seorang influencer ini. Cobalah untuk membagikan berbagai macam konten unik, kreatif, serta informatif. Sehingga banyak dari pengguna sosial media yang akhirnya tertarik untuk mengikuti akun anda. Jangan lupa juga untuk membagikan konten ini secara rutin untuk memaksimalkan akun sosial media anda.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang