SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Cara Sukses Jualan Online di Marketplace Tokopedia Tanpa Modal

Apabila kita melihat berbagai macam cerita sukses dari pelaku bisnis Indonesia yang menjual produk melalui beragam marketplace. Baik itu Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, ataupun platform marketplace lainnya. Mungkin kita akan merasa penasaran juga, bagaimana cara jualan online di tokopedia tanpa modal orang tersebut hingga menjadi sukses seperti sekarang ini. Karena, tak jarang juga banyak masyarakat Indonesia yang beranggapan bahwa kunci sukses untuk memulai online shop ini ada pada modal usaha yang sangat besar. Padahal, tak jarang juga masalah perekonomian ini seringkali menghantui kita saat ingin memulai sebuah bisnis online shop.

Faktanya, cara jualan online di tokopedia tanpa modal ini tidak sama seperti bayangan dari kebanyakan masyarakat Indonesia pada umumnya. Bahkan, ada beberapa penjual juga yang berhasil menempuh penghasilan jutaan rupiah perbulan hanya dengan bermodalkan tekat dan niat saja pada platform Tokopedia ini. Itulah mengapa, Tokopedia sendiri menjadi salah satu platform marketplace yang banyak sekali peminatnya pada negara Indonesia ini.

Terlebih lagi dengan banyaknya promosi melalui aplikasi Tokopedia ini. Banyak dari pengguna yang akhirnya tertarik untuk melakukan pembelian melalui marketplace ini. Karena itulah, untuk anda yang tidak ingin tertinggal peluang tersebut. Berikut adalah beberapa cara jualan online di tokopedia tanpa modal yang harus anda terapkan!

Cara Jualan Online di Tokopedia Tanpa Modal Agar Anda Cepat Sukses

Cara Jualan Online di Tokopedia Tanpa Modal Agar Anda Cepat Sukses

Cobalah Memenuhi Permintaan Pasar

Pertama, cara jualan online di tokopedia tanpa modal dengan memenuhi permintaan pasar. Menentukan produk sendiri tidak semudah seperti yang terlihat. Karena, untuk mendapatkan sebuah cara jualan online di tokopedia tanpa modal yang benar benar efektif. Anda pun harus menemukan sebuah produk yang benar benar sesuai dengan permintaan pasar. Dengan begitu, anda pun nantinya akan lebih mudah lagi untuk menarik perhatian pasar. Karena produk anda memang sudah menjadi kebutuhan penting dari konsumen.

Bekerja Sama Dengan Supplier yang Tepat

Kedua, cara jualan online di tokopedia tanpa modal yakni bekerja sama dengan supplier yang tepat. Apabila anda berhasil menemukan produk yang sesuai dengan permintaan pasar. Maka, cara jualan online di tokopedia tanpa modal adalah dengan memilih supplier yang tepat untuk bisnis anda. Nah, dalam hal ini anda dapat memperhatikan beberapa hal penting. Seperti:

  • Memiliki Kemampuan dan Pengetahuan Mendalam Terhadap Satu Produk

Pilihlah seorang supplier yang tidak hanya dapat menyediakan sebuah produk untuk bisnis anda. Namun juga mengetahui seluk beluk dari produk tersebut serta industri dari bisnis yang ingin anda jalankan nantinya. Dengan begitu, anda pun akan dapat yakin bahwa mereka adalah seorang supplier yang benar benar menyediakan produk terbaik untuk bisnis anda.

  • Komunikasi dan Jangkauan yang Mudah

Pastikan juga bahwa anda memilih seorang supplier yang baik itu lokasi, maupun komunikasinya mudah dan dapat anda jangkau setiap saat. Bahkan, cobalah untuk memilih seorang supplier yang letaknya berada tepat pada pusat kota agar mereka lebih mudah lagi untuk mengirimkan produk anda. Selain itu, pastikan juga mereka telah menggunakan Teknik komunikasi terkini. Seperti aplikasi chat, sosial media, email, dan lain lain.

  • Perdalam Pemahaman Anda Akan Suatu Produk

Memang, anda harus memilih seorang supplier yang benar benar paham akan produk yang mereka tawarkan. Akan tetapi, anda pun juga harus memperdalam pemahaman anda juga terhaap sebuah produk. Untuk mendapatkan sebuah cara jualan online di tokopedia tanpa modal yang benar benar efektif. Dengan begitu, apabila seorang konsumen ingin menanyakan beberapa hal tertentu dalam produk anda. Anda dapat dengan langsung memberikan jawaban akan pertanyaan tersebut.

  • Sesuaikan Tempat Promosi Anda

Setelah anda mengetahui produk, supplier, dan target audiens bisnis anda. Selanjutnya adalah memilih tempat pemasaran yang benar benar sesuai dengan bisnis online anda. Apakah anda ingin memasarkan akun Tokopedia anda melalui sosial media, TikTok, youtube, ataupun juga website.

Faktanya, cara jualan online di tokopedia tanpa modal terbilang cukup mudah, bahkan anda sendiri tidak harus menyediakan sebuah website sendiri. Melainkan, anda hanya perlu membuat akun, upload foto produk, dan anda pun telah memiliki sebuah bisnis yang siap menerima penjualan.

Tingkatkan Daya Tarik Foto Produk Anda

Ketiga, cara jualan online di tokopedia tanpa modal yaitu meningkatkan daya tarik foto. Umumnya, seorang supplier produk sendiri telah memiliki foto produk sendiri sehingga anda hanya perlu melakukan upload saja pada foto tersebut. Akan tetapi, anda yakin bahwa foto tersebut sebelumnya tidak pernah orang lain gunakan dalam bisnis mereka juga? Karena itulah, cobalah untuk membeli sebuah produk dari supplier langsung. Kemudian cobalah untuk mengambil beberapa foto akan produk tersebut. Dengan begitu, anda pun akan memiliki foto produk yang unik dan tentunya akan lebih menarik lagi untuk para konsumen.

Selalu Giat Dalam Mempromosikan Produk

Keempat, cara jualan online di tokopedia tanpa modal adalah giat mempromosikan produk. Anda boleh saja memiliki produk berkualitas tertinggi, tampilan yang sangat menarik, serta harga produk yang jauh lebih rendah dari para kompetitor bisnis anda. Akan tetapi, jika tidak ada orang yang mengetahui dan melihat produk tersebut sama sekali. Apa gunanya produk yang anda miliki tersebut? Karena itulah, cobalah untuk melakukan promosi yang mungkin awalnya anda terapkan dengan skala kecil. Seperti memberitahu produk anda pada tetangga sekitar dan meminta mereka untuk membagikan produk tersebut melalui sosial media, kepada teman dan keluarga, dan lain sebagainya.

Selalu Perbaiki Layanan Anda

Selanjutnya, dalam cara jualan online di tokopedia tanpa modal yaitu dengan memperbaiki pelayanan anda. Selain dengan melakukan promosi tadi. Anda pun juga harus selalu meningkatkan pelayan yang anda berikan kepada para konsumen. Misalnya saja dalam cara jualan online di tokopedia tanpa modal ini. Cobalah untuk membalas sesegera mungkin Ketika ada pembeli yang menghubungi anda. Dengan begitu, mereka pun tidak akan ragu ragu lagi untuk memilih dan membagikan toko anda tersebut.

Ketahui Tujuan Anda Menjual Produk Melalui Tokopedia

Apabila anda memutuskan untuk menggunakan Tokopedia dalam memulai karir bisnis online anda dan mendapatkan penghasilan sebanyak banyaknya. Maka anda pun akan termasuk dalam kategori pelaku bisnis yang salah besar strategi bisnsinya. Karena, Tokopedia sendiri juga pastinya akan memiliki rintangan yang pasti akan datang seiring berjalannya waktu. Misalnya saja dengan beberapa pelanggan yang ingin mengembalikan produk tertentu. Ataupun juga dengan supplier yang kehabisan produk untuk memenuhi pesanan anda.

Cobalah Untuk Melengkapi Variasi Produk Anda

Kemudian, jangan lupa untuk selalu menyediakan produk yang lengkap pada bisnis online anda. Akan tetapi, lengkap ini bukan berarti anda akan menjual seluruh produk yang tersedia juga. Melainkan, cobalah untuk menjual beberapa produk pendukung dari produk utama yang anda tawarkan. Misalnya Ketika anda menawarkan produk smartphone. Anda dapat menyediakan beragam produk tambahan seperti SD Card, anti gores, casing, dan lain lain.

Segera Berjualan

Terakhir, dalam cara jualan online di tokopedia tanpa modalini adalah dengan langsung berjualan. Setelah semua persiapan yang telah kita bahas tadi sudah anda lakukan. Saatnya anda mencoba untuk berjualan langsung pada platform marketplace Tokopedia ini. Karena, anda pun akan dengan segera mendapatkan pengalaman langsung bagaimana tingkat persaingan yang terjadi melalui Tokopedia sendiri.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang