SupportStartup

Kursus Membuat Website, Segera Digitalisasikan Bisnis & Usaha Anda

Setiap tahun atau bahkan hari, semakin banyak orang orang yang mulai memahami & menggunakan teknologi internet ini. Tak hanya itu, mereka pun juga seringkali memanfaatkan internet ini dengan menggunakan berbagai macam jenis perangkat. Mulai dari mobile, laptop, personal computer atau desktop, tablet, dan berbagai macam perangkat lainnya. Nah, dalam menggunakan perangkat ini untuk kehidupan sehari hari mereka. Salah satu hal yang sering mereka kunjungi untuk mendapatkan sebuah informasi adalah website. Karena itulah, banyak sekali perusahaan yang memulai untuk menggunakan website ini sebagai media dalam memasarkan produk, jasa seperti jasa maintenance social media, & juga brand bisnis mereka. Bahkan, untuk pelaku pengusaha yang tidak memiliki latar belakang programmer pun. Mereka sampai rela untuk mengikuti sebuah kursus membuat website agar bisnis mereka tidak kalah dalam persaingan.

Kemudian, penggunaan website ini sendiri juga tidak berfokus kepada 1 jenis website saja. Akan tetapi, beberapa pengguna internet ini seringkali mempunyai website favorit mereka masing masing. Misalnya saja, apabila mereka senang dalam berkomunikasi. Maka pengguna internet ini akan sering menghabiskan waktu mereka pada website seperti Facebook ataupun Twitter. Selanjutnya, untuk mereka yang ingin mengetahui berita terbaru yang sedang terjadi saat ini. Pengguna internet ini dapat mengunjungi website berita seperti Kompas, DetikNews, CNN, dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga beberapa website yang berfungsi sebagai media promosi untuk suatu bisnis ataupun perusahaan seperti marketplace ataupun e commerce, ataupun juga company profile konsultan marketing.

Karena itulah, melihat banyaknya jenis website ini, maka adalah hal yang wajar apabila anda merasa kebingungan untuk memulai sesuatu. Namun, anda tentunya tidak perlu khawatir karena kursus membuat website tentunya akan membantu anda menjawab berbagai pertanyaan yang anda miliki. Selanjutnya, untuk membantu pemahaman anda terhadap website ini sebelum mengikuti sebuah kursus membuat website. Artikel ini akan membahas berbagai macam manfaat dari website yang dapat berguna untuk perkembangan bisnis anda nantinya. Ingin mengetahui apa saja manfaatnya? Yuk simak baik baik!

Infografis Kursus Membuat Website

Sebelumnya, Mari Kita Bahas Terlebih Dahulu Apa Itu Sebuah Website?

Pada dasarnya, sebuah website sendiri merupakan berbagai macam kumpulan halaman yang terkumpul dalam sebuah domain yang dapat pelaku bisnis jadikan sebagai strategi marketing digital internet. Selanjutnya, website ini juga memuat berbagai macam informasi berupa konten yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Nah, untuk mengakses website ini sendiri, pengunjung dapat menemukannya melalui mesin pencari seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox. Kemudian, konten yang tersedia melalui suatu website sendiri tidak hanya terdiri melalui teks saja. Akan tetapi, pemilik website sendiri dapat menyantumkan berbagai macam hal. Seperti : gambar & foto, video, audio, formulir, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, seperti yang kita ketahui, website ini dapat diakses oleh pengguna internet melalui sebuah mesin pencari. Namun, pengguna internet harus mengetahui terlebih dahulu alamat url website tersebut sebelum mereka dapat mengunjunginya. Setelah itu, mereka pun akan dengan segera diarahkan oleh mesin pencari menuju halaman utama atau yang sering dikenal sebagai homepage. Nah, homepage inilah yang akan memuat berbagai macam halaman lain yang tersedia dalam website tersebut.

Dengan begitu, pengguna internet pun akan lebih mudah dalam mengakses berbagai macam informasi yang tersedia dalam website tersebut. Akan tetapi, sebuah desain website yang terlalu berantakan sendiri tentunya akan mempersulit pengguna internet untuk menemukan informasi yang tersedia dalam website tersebut. Karena itulah, dalam mengikuti kursus membuat website, mereka pun dapat membantu anda dalam membuat sebuah desain dan alur membaca yang baik untuk pengunjung website anda. Kemudian, apabila anda padukan dengan training & pelatihan bisnis online, maka anda pun akan lebih mudah lagi dalam menggunakan website tersebut sebagai senjata pemasaran anda layaknya seorang konsultan digital marketing handal.

Mengapa Bisnis Anda Sangat Membutuhkan Website Untuk Bersaing?

Anda mungkin seringkali bertanya, apakah website memiliki peran yang sangat penting sampai sebuah bisnis harus memilikinya? Sekarang kan sudah ada social media & juga marketplace, kenapa harus website juga? Nah, yang tidak anda ketahui adalah, website ini ternyata juga dapat mendatangkan berbagai macam manfaat yang tidak tersedia dalam marketplace ataupun social media itu sendiri. Terlebih lagi dengan banyaknya masyarakat Indonesia yang telah mengetahui dan memahami internet ini. Maka website ini pun akan menjadi hal yang sangat berguna sekali dalam mengembangkan sebuah bisnis. Karena itulah, konsultan marketing ataupun pembicara digital marketing expert ini sangat menganjurkan penggunaan sebuah website.

Terlebih lagi, saat ini banyak sekali loh pelaku bisnis atau pengusaha yang dapat membuat website mereka sendiri. Baik dari latar belakang mereka, ataupun juga karena bantuan kursus membuat website . Kemudian, mereka pun juga terkadang akan membutuhkan beberapa tenaga dalam mengelola website tersebut setiap harinya. Memang, pada jaman dulu mungkin banyak sekali pelaku bisnis kecil yang sering menganggap remeh tentang pembuatan & penggunaan website ini untuk bisnis mereka. Tak hanya itu, mereka pun seringkali menganggap bahwa pembuatan sebuah website ini hanyalah menambah ongkos untuk bisnis mereka saja dan bukannya sebuah investasi. Terlebih lagi dengan sedikitnya kursus membuat website jaman dulu yang membuat mereka tidak mengetahui secara betul apa itu sebuah website.

Tak hanya itu, pelaku bisnis sendiri yang seringkali menganggap remeh adanya sebuah website ini seringkali beralasan karena bisnis mereka tidak memanfaatkan internet ataupun komputer. Maka, mereka pun tidak terlalu menuntut akan adanya sebuah website ini. Padahal, hal ini adalah sebuah kesalahan besar yang dapat menghambat perkembangan bisnis mereka sendiri. Karena, website sendiri akan mendatangkan banyak sekali manfaat yang akan bisnis anda dapatkan. Baik anda membuatnya sendiri setelah mengikuti sebuah kursus membuat website, ataupun juga dengan menggunakan jasa pembuatan website. Terutama saat website ini berada pada tangan yang tepat seperti konsultan digital marketing. Kemudian, berbagai macam manfaat dari adanya sebuah website dalam sebuah bisnis ini adalah:

1. Meningkatkan Kepercayaan Pengguna Internet Terhadap Brand Bisnis Tersebut

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, pengguna internet ini sangat mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Tak hanya itu, mereka pun seringkali menggunakan internet ini untuk mencari sebuah produk atau jasa yang dapat membantu mereka untuk menyelesaikan sebuah masalah. Karena itulah, apabila mereka membutuhkan sebuah jasa ataupun produk & website dari usaha anda muncul pada hasil pencarian mereka. Maka, mereka pun tentunya akan mempercayai usaha & bisnis anda tersebut.

Apabila anda tidak memiliki sebuah website, maka pengguna internet ini pun akan memilih sebuah brand lain yang websitenya tersedia pada internet. Kemudian, apabila anda memiliki sebuah website namun dengan tampilan yang sederhana karena anda belum mengikuti kursus membuat website. Maka, adalah hal yang tepat apabila anda mencoba untuk melakukan re design terhadap tampilan website tersebut untuk meningkatkan profesionalitas bisnis anda. Dengan begitu, kepercayaan pengguna internet pun akan lebih meningkat lagi terhadap brand bisnis anda. Selanjutnya, untuk pelaku bisnis kecil sendiri seperti bisnis rumahan, maka anda pun tentunya akan sangat diuntungkan oleh website ini. Karena, anda tidak membutuhkan toko offline terlebih dahulu sebelum memulai untuk memasarkan brand bisnis anda.

2. Menghemat Ongkos Pengeluaran Bisnis Anda

Sebagai seorang pelaku bisnis & usaha kecil, seringkali mereka berpikir bahwa membuat sebuah website yang profesional adalah hal yang sangat sulit untuk mereka lakukan. Akan tetapi, yang mereka lewatkan dari hal ini adalah, mereka tidak membandingkan terlebih dahulu antara biaya iklan melalui koran. Lalu, coba bandingkan hal tersebut dengan potensi pasar yang dimiliki oleh sebuah website bisnis. Tentunya dalam kasus ini, website merupakan sebuah media yang sangat efektif dalam mempromosikan & memasarkan brand bisnis mereka. Bahkan, website sendiri merupakan salah satu cara meningkatkan omset penjualan anda.

Kemudian, biaya dari pembuatan sebuah website ini sendiri juga terdiri dari berbagai macam variasi. Apabila seorang pelaku bisnis kecil membutuhkan sebuah website, mereka mungkin akan membutuhkan sekitar 500 ribu rupiah per bulannya. Kemudian, apabila mereka membayar tagihan website tersebut dalam kurun waktu per tahun. Maka, mereka pun akan mendapatkan biaya yang jauh lebih murah dari sebelumnya.

3. Website Dapat Membantu Komunikasi Dengan Customer & Pasar

Maksudnya adalah, apabila anda menganalogikan website anda sebagai brosur atau katalog online dari suatu bisnis. Tentunya anda akan jauh lebih mudah dalam memberikan informasi terhadap customer anda dengan website tersebut. Tak hanya itu, anda pun juga dapat dengan mudah informasi yang tersedia terhadap website tersebut.

Sehingga, website ini pun akan menjadi sebuah media yang sangat mudah sekali untuk menjalin komunikasi dengan customer anda. Mulai dari memberitahu adanya produk & jasa baru, promo terbaru, acara yang akan datang, dan lain sebagainya. Selanjutnya, apabila kita menggunakan sebuah media cetak seperti brosur ini tadi. Maka, anda pun akan melalui proses yang sangat panjang terlebih dahulu untuk memberikan informasi terbaru terhadap customer. Karena itulah, copywriting yang profesional layaknya seorang konsultan digital marketing ini akan sangat berpengaruh dalam berkomunikasi melalui website ini.

4. Kemudahan Dalam Akses

Perkembangan internet yang sangat cepat saat ini membuat aksesbilitas terhadap website ini menjadi sangat mudah sekali. Tak hanya itu, karena website ini merupakan media pemasaran yang menggunakan internet. Pengguna internet pun dapat mengunjunginya selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu tanpa pernah tutup.

Dengan begitu, pengunjung pun akan merasa nyaman dalam mempelajari beragai macam informasi tentang produk ataupun jasa seperti pembicara digital marketing tanpa khawatir toko anda tutup. Nah, dengan kecepatan gaya hidup yang sangat cepat pada era kini, maka website ini pun akan sangat membantu anda dalam menyebarkan informasi terhadap target pasar anda.

5. Memperluas Jangkauan Pasar Bisnis Anda

Dalam mempromosikan sebuah produk, jasa, ataupun brand bisnis, website ini adalah media alternatif yang dapat membantu anda dalam melakukan hal tersebut. Apabila anda menawarkan beberapa produk dengan eceran. Maka, jenis website e commerce ini pun akan menjadi media yang sangat tepat sekali untuk memasarkan produk anda.

Tak hanya itu, dengan website e commerce ini pun, anda akan dapat menembus berbagai macam wilayah Indonesia dan menembus pasar global juga. Selain dengan menjual sebuah produk eceran, kekuatan website ini juga lebih besar lagi loh daripada hal tersebut. Bahkan, beberapa orang pun menggunakan website ini untuk menjual berbagai barang mewah. Mulai dari rumah, mobil, kapal pesiar, dan berbagai macam hal lain.

6. Memberikan Informasi Tentang Produk & Jasa yang Anda Tawarkan

Walaupun anda memulai jenis bisnis dan usaha apapun, situs web bisnis ini merupakan media yang sangat tepat untuk menunjukkan kepada pengguna internet. Barang serta jasa apa saja yang akan anda tawarkan kepada mereka. Maksudnya, dengan menggunakan sebuah website ini, anda dapat memasukkan sebuah halaman yang berisi tentang portofolo ataupun galeri tentang jasa & produk bisnis anda. Tak hanya itu, anda pun juga dapat menyertakan beberapa review & testimonial yang dapat membantu dalam meningkatkan kredibilitas bisnis anda.

7. Menghemat Waktu, Tenaga, & Sumber Daya Bisnis Anda

Anda mungkin saja setuju, bahwa memberikan berbagai macam informasi terhadap pasar & customer anda merupakan proses yang membutuhkan waktu & tenaga. Apakah itu melalui telpon, media cetak, email, ataupun juga secara langsung. Karena itulah, dengan menggunakan website ini, anda pun dapat memberikan penjelasan secara langsung terhadap jasa & produk anda. Selanjutnya, apabila website anda selesai dengan sepenuhnya, baik melalui tutorial internet, dengan bantuan konsultan atau pembicara digital marketing, ataupun dengan mengikuti kursus membuat website. Maka anda pun akan mendapatkan pengunjung yang sangat banyak. Dengan begitu, anda pun dapat menghemat waktu & tenaga anda untuk mengelola perkembangan bisnis anda.

8. Membantu Anda Dalam Melayani Customer

Contohnya, anda mungkin adalah seorang pelaku usaha yang menawarkan berbagai macam barang elektronik terhadap customer bisnis anda. Kemudian, anda pun memiliki sebuah keinginan untuk berbagi dengan customer anda tentang cara untuk menjaga perangkat elektronik tersebut agar tidak mudah rusak. Ataupun juga, anda ini adalah seorang pelaku bisnis yang menawarkan berbagai macam jasa desain grafis & juga fotografi. Sehingga, anda pun ingin berbagi pengetahuan anda tentang teknik menggambar & pengambilan gambar profesional terhadap customer anda.

Nah, apabila anda mempunyai sebuah website bisnis ini, anda hanya perlu untuk menambahkan sebuah halaman yang berisikan tentang formulir tanya jawab. Atau, anda juga dapat menyertakan sebuah halaman yang berisikan tentang berbagai macam artikel & blog tulisan anda untuk customer & pengunjung website. Dengan begitu, customer anda pun akan dapat mengikuti perkembangan yang terjadi dalam bidang bisnis yang anda lakukan tersebut. Tak hanya itu, pemberian konten ini pun juga dapat meningkatkan rasa cinta customer terhadap bisnis anda karena mereka merasa diperhatikan.

Apakah Mengikuti Kursus Membuat Website Sepenting Itu Untuk Perkembangan Bisnis?

Anda mungkin akan bertanya tentang hal apa saja yang akan anda dapatkan saat mengikuti sebuah kursus membuat website. Umumnya, dalam membuat sebuah website sendiri, kerangka dasar & beberapa teks & gambar saja tidaklah cukup. Untuk menarik perhatian pengguna internet dalam mengunjungi website tersebut. Akan tetapi, anda pun juga harus menggunakan berbagai macam cara lain yang akan membuat website anda ini terlihat lebih mencolok daripada berbagai macam website lain dari kompetitor bisnis anda.

Terlebih lagi, website ini pun juga terbilang merupakan sebuah investasi yang sangat besar untuk perkembangan bisnis anda. Karena itulah, beberapa pelaku bisnis ini rela untuk mengikuti sebuah kursus membuat website. Kemudian, sebelum mengikuti sebuah kursus membuat website sendiri. Tidak ada salahnya apabila anda mempelajari terlebih dahulu ilmu dasar dari sebuah website ini. Baik itu dengan pengertian, desain, ataupun berbagai macam hal lainnya. Tak hanya itu, anda pun juga dapat mencoba untuk mempelajari ilmu seperti copywiriting & SEO juga untuk website anda. Dengan bantuan dari konsultan ataupun pembicara digital marketing. Kemudian, berbagai macam manfaat dalam mengikuti kursus membuat website adalah :

1. Dapat Menonjolkan Keunikan dari Brand Anda

Dalam membuat sebuah website, baik itu tentang konten ataupun juga dengan tampilan desain website tersebut. Anda dapat terlebih dahulu membangun sebuah konsistensi terhadap keunikan brand anda. Singkatnya, dalam membuat website, website tersebut sendiri dapat menyatu dengan logo, kartu nama, konten, dan bidang bisnis anda.

Apabila semua hal tersebut dapat berhubungan antara satu dengan lainnya. Maka, customer anda pun akan lebih mudah lagi dalam mengingat dan mengenali brand bisnis anda. Hal inilah yang membuat sebuah kursus membuat website adalah investasi besar bagi seorang pelaku bisnis. 

2. Meningkatkan Jumlah Pengunjung Pada Halaman Website Anda

Apabila anda seorang pelaku bisnis yang ingin sekali meningkatkan jumlah pengunjung website anda agar mereka lebih mengenal produk maupun jasa yang anda tawarkan. Maka, anda pun harus bisa beradaptasi dengan perilaku pengguna internet jaman sekarang ini. Maksudnya, pengguna internet jaman sekarang ini sering kali membaca sekilas konten website tersebut. Setelah melihat suatu produk ataupun jasa yang tersedia dalam website itu. Karenanya, anda pun tentunya akan membutuhkan sebuah taktik tersendiri.

Dengan begitu, mereka rela untuk membaca berbagai konten yang anda sediakan dalam website tersebut. Karena itulah, dengan mengikuti sebuah kursus membuat website ataupun dengan menggunakan bantuan dari konsultan maupun pembicara digital marketing. Maka anda pun akan mempelajari cara yang tepat agar dapat menjaga waktu baca pengunjung tersebut. Apakah itu dengan desain menarik, copywriting, ataupun juga dengan ciri khas tersendiri dari website anda. Kemudian, apabila pengunjung data menghabiskan waktu yang sangat lama dalam sebuah website. Maka anda pun akan berpeluang besar untuk mendapatkan sebuah penjualan dari pengunjung tersebut.

3. Website Dapat Membedakan Anda Dengan Kompetitor Bisnis

Anda tentu saja telah mengetahui bahwa anda bukanlah satu satunya orang yang menjual produk atau jasa tersebut. Terlebih lagi, apabila kompetitor bisnis anda ini melakukan optimasi langsung bersama dengan konsultan digital marketing. Karena itulah, agar anda dapat lebih menonjolkan produk & jasa anda dari berbagai macam kompetitor bisnis. Anda pun akan membutuhkan sebuah strategi yang dapat membuat customer berpikir. Bahwa, produk dan jasa yang anda tawarkan pada mereka ini mempunyai kelebihan yang sangat baik daripada kompetitor lainnya.

Nah, hal inilah yang membuat website ini merupakan salah satu aset yang sangat penting dalam dunia bisnis itu sendiri. Dengan menggunakan sebuah strategi pemasaran produk & jasa yang unik & menarik. Serta dengan memanfaatkan tampilan website yang terdesain sebaik mungkin dengan bantuan kursus membuat website. Maka produk & jasa anda pun akan lebih mudah lagi untuk mendapatkan perhatian dari customer anda. Selanjutnya, pelaku bisnis ini pun akan mendapatkan peluang yang lebih baik lagi untuk memperoleh berbagai macam penjualan, baik produk ataupun jasa.

4. Memperluas Struktur & Tujuan Pembuatan Konten Website

Untuk anda yang mengikuti sebuah kursus membuat website. Pastinya anda akan belajar tentang cara yang dapat anda lakukan untuk menyampaikan pesan terhadap customer anda dengan menggunakan website tersebut. Misalnya saja, anda membuat sebuah copywriting untuk website anda dengan alur membaca yang mudah untuk pengunjung anda pahami.

Karena itulah, dengan mengikuti sebuah kursus membuat website. Maka, anda pun akan memperoleh sebuah bimbingan juga dalam pembuatan sebuah konten yang dapat dengan mudah pengunjung website anda pahami. Kemudian, proses pemasaran produk anda pun akan menjadi lebih mudah lagi dari waktu ke waktu.

5. Mengoptimalkan Setiap Sudut Website Anda

Singkatnya, dengan mengikuti sebuah kursus membuat website. Anda pun akan memperoleh berbagai macam informasi tentang pembuatan website yang optimal. Mulai dari pemilihan font, warna, copywriting, gambar, dan berbagai macam hal lainnya yang berguna untuk menunjang kinerja website anda. Hal ini tentunya sangatlah penting karena pengunjung website pun dapat dengan mudah menikmati website anda tersebut. Dengan pengunjung yang puas akan tampilan website anda, maka interaksi yang anda dapatkan pun juga akan semakin besar. Teknik itulah yang seringkali digunakan oleh konsultan digital marketing ahli.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang