SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Cara Berjualan di Online Shop Luar Negeri, Gak Sesulit Itu Loh!

Tak dapat kita pungkiri lagi bahwa saat ini persaingan dalam online shop sudah semakin ramai dengan banyaknya masyarakat Indonesia. Yang telah memahami penggunaan online shop ataupun juga sosial media untuk memasarkan produk mereka masing masing. Sehingga, beberapa masyarakat Indonesia lainnya pun memutar kepala dengan mencoba untuk menawarkan produk mereka melalui online shop luar negeri. Bahkan, tak jarang juga para pelaku ekspor barang ini mendapatkan keuntungan yang lebih banyak daripada pasar lokal. Tentu, mereka pun harus memahami juga cara berjualan di online shop luar negeri sebelum memulai.

Anda pastinya juga setuju bahwa peluang untuk bersaing dalam online shop lokal saat ini sudah semakin kecil untuk sukses. Bahkan, hal ini pun kerap menjadikan banyak pelaku online shop yang harus membanting harga produk mereka agar tetap laris pada pasar. Tak jarang juga banyak sekali produk yang unik dan kreatif sendiri yang peminatnya kurang karena persaingan pasar yang sangat ketat. Karena itulah, untuk mendapatkan peluang usaha yang cukup sukses ini, anda mungkin dapat mencoba untuk menjual produk melalui online shop luar negeri.

Saat ini mungkin kita sudah familiar tentang bagaimana cara membeli sebuah produk dari online shop luar negeri. Akan tetapi, sayangnya sedikit sekali masyarakat Indonesia yang mengetahui cara berjualan di online shop luar negeri ini. Padahal, internet yang semakin canggih saat ini sudah meruntuhkan tembok penghalang komunikasi antara anda dengan pembeli yang berasal dari luar negeri tersebut. Memang, cara yang paling cepat untuk menarik konsumen luar negeri ini adalah dengan memberikan produk unik dan menarik. Akan tetapi, ada beberapa cara berjualan di online shop luar negeri yang cukup mendetail untuk membantu bisnis online shop luar negeri anda. Seperti:

Cara Berjualan di Online Shop Luar Negeri yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Cara Berjualan di Online Shop Luar Negeri yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, teknologi yang semakin canggih ini sudah sangat membantu kita untuk memperluas peluang usaha. Asalkan para pelaku usaha ini mampu memanfaatkan secara maksimal penggunaan teknologi tersebut. Nah, salah satu usaha maksimal dalam penggunaan teknologi ini adalah dengan menjalankan bisnis online shop yang mengincar pasar luar negeri. Walaupun anda harus belajar cara berjualan di online shop luar negeri terlebih dahulu.

Hadirnya online shop sendiri sudah membuka peluang anda untuk menyasar seluruh pengguna internet, baik itu pada wilayah Indonesia, ataupun seluruh dunia. Memang, saat ini memulai bisnis online shop luar negeri bukanlah sebuah hal yang mustahil. Terlebih lagi jika kita melihat tingkat persaingan yang terjadi dalam pasar online shop lokal. Akan tetapi, anda pun pastinya harus memahami dulu beberapa cara berjualan di online shop luar negeri. Apalagi dengan banyaknya variasi layanan online shop luar negeri yang dapat anda manfaatkan.

Memang, saat ini cukup jarang juga masyarakat Indonesia yang memanfaatkan layanan online shop luar negeri ini. Akan tetapi, ternyata cukup banyak juga loh masyarakat luar sana yang tertarik dengan produk khas Indonesia. Karena itulah, untuk memperluas peluang sukses anda dalam memanfaatkan platform online shop luar negeri. Berikut adalah beberapa cara berjualan di online shop luar negeri yang harus anda pahami. Seperti :

Menawarkan Produk yang Belum Pernah Mereka Kenal

Pertama, cara berjualan di online shop luar negeri adalah menjual produk yang belum terlalu terkenal. Memang saat ini persaingan online shop dalam pasar lokal sudah sangat sempit dan ramai akan kompetitor. Akan tetapi, jangan lupa juga bahwa Ketika anda memasarkan produk melalui online shop luar negeri ini. Anda pastinya akan langsung berkompetisi dengan orang dari seluruh dunia. Karena itulah, pastikan bahwa produk yang anda jual pada platform online shop ini hanya tersedia pada wilayah Indonesia. serta tidak memiliki kesamaan apapun dari negara lainnya.

Misalnya saja dengan menjual berbagai macam batik khas Indonesia yang bahkan sudah terakui oleh Lembaga dunia seperti UNESCO. Nah, memanfaatkan keunikan dan eksotisme nagara Indonesia ini adalah salah satu cara berjualan di online shop luar negeri yang cukup efektif penerapannya. Pastikan juga bahwa anda menawarkan produk tersebut pada negara yang sebelumnya belum mengetahui sama sekali tentang produk tersebut. Sebagai peluang berjualan di online shop luar negeri.

Tingkatkan Komunikasi, Khususnya Bahasa Inggris

Kedua, cara berjualan di online shop luar negeri dengan memperkuat komunikasi anda, khususnya bahasa inggris. Jika anda berjualan pada online shop negara Indonesia, pastinya anda pun akan menggunakan Bahasa Indonesia dan bukan Bahasa daerah masing masing bukan? Nah, terapkanlah hal yang sama ini saat anda mencoba untuk menawarkan produk melalui online shop luar negeri. Jika kita lihat, kira kira Bahasa apa yang sudah menjadi Bahasa resmi dari seluruh dunia? Jawabannya pasti adalah Bahasa inggris bukan? Karena itulah, untuk memastikan anda lancar dalam berkomunikasi, cobalah untuk terus meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anda.

Memang, saat ini anda memanfaatkan berbagai macam aplikasi translate untuk membantu anda berkomunikasi langsung dengan masyarakat dunia. Akan tetapi, jangan pernah lupa juga bahwa terjemahan yang berasal dari aplikasi tersebut seringkali memberikan grammar yang salah kepada penggunanya. Karena itulah, sampai saat ini pun kemampuan dalam berbahasa Inggris menjadi sebuah hal yang sangat penting.

Pahami Juga Bagaimana Anda Mengirimkan Sebuah Barang

Ketiga, cara berjualan di online shop luar negeri yakni memahami cara ekspedisi internasional. Jika anda berada pada posisi konsumen, pastinya anda akan selalu menuntut pengiriman barang yang cepat dan bebas dari kendala apapun. Karena itulah, apabila anda mencoba untuk mengirimkan barang kepada masyarakat dunia. Pahami juga syarat dan ketentuan yang harus anda terima sebelum anda melakukan pengiriman tersebut.

Dengan begitu, masyarakat dunia yang berbelanja pada online shop anda pun akan menjadi lebih puas lagi tak hanya dengan produk. Namun juga pelayanan yang anda berikan kepada mereka. Selain itu, pastikan juga anda memiliki banyak sekali pilihan jasa ekspedisi luar negeri. Jikalau anda mengalami kendala dengan kurir yang biasanya anda gunakan. Anda dapat menggunakan jasa lainnya tanpa harus mencari cari terlebih dahulu.

Pelajari Juga Bagaimana Sistem Pembayaran dan Transaksi Online Shop Luar Negeri

Keempat, cara berjualan di online shop luar negeri adalah mempelajari sistem pembayaran internasional. Pembayaran dan transaksi yang terjadi dalam online shop luar negeri pastinya akan jauh berbeda dengan pembayaran yang terjadi pada online shop wilayah Indonesia. Sehingga, anda pun harus mempelajari lagi bagaimana anda akan menerima pembayaran pada online shop ini jika sewaktu waktu ada yang membeli produk anda. Namun semua modal anda masih tertahan pada platform online shop tersebut.

Mengenal Berbagai Macam Platform Online Shop Luar Negeri dan Sistem Kerja Mereka

Terakhir, cara berjualan di online shop luar negeri dengan mengenal beragam platform olshop luar negeri. Apabila kita mencari platform online shop luar negeri yang sangat popular pada saat ini. Mungkin perhatian kita akan langsung tertuju pada tiga platform utama seperti Ebay, Amazon, ataupun juga Alibaba. 

Sebelum anda mulai menggunakan platform online shop tersebut untuk menjual produk anda. Ada baiknya dulu jika anda mempelajari bagaimana sistem mereka bekerja. Karena, beberapa online shop sendiri terkadang tidak bisa mengirim produk baik itu dari, ataupun menuju ke negara Indonesia langsung.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang