SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Peluang Bisnis Ibu Rumah Tangga Tersembunyi di Masa Pandemi

Ide untuk membangun sebuah bisnis dapat datang dari mana saja dan kapanpun itu juga. Sehingga, anda yang saat ini hanya menyandang status sebagai ibu rumah tangga pun juga dapat mendapatkan sebuah ide untuk membangun sebuah bisnis. Memang, awal kali membangun sebuah bisnis mungkin akan terasa berat sekali, terlebih lagi dengan ruang gerak yang sangat terbatas karena adanya pandemi. Sehingga, anda harus lebih cermat lagi dalam menentukan ide bisnis ibu rumah tangga di masa pandemi yang cocok dengan situasi dan kondisi anda.

Walaupun pandemi akhir akhir ini sudah berkurang jumlah dan penyebarannya. Dampak yang dirasakan masyarakat Indonesia masih saja besar dan membutuhkan waktu yang cukup lama agar bisa pulih Kembali. Karenanya, hal ini menjadikan banyak masyarakat Indonesia yang akhirnya takut dalam membangun sebuah bisnis, apalagi dengan bercita cita agar bisnis tersebut dapat sukses. Memang, masa perekonomian yang perlahan lahan pulih ini akan sedikit beresiko untuk membangun sebuah bisnis. Akan tetapi, jika anda pandai dalam melihat sebuah peluang, ada beberapa ide bisnis ibu rumah tangga di masa pandemi yang cukup menjanjikan. Seperti:

Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga Pada Saat Pandemi yang Berpotensi Besar Untuk Sukses

Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga Pada Masa Pandemi yang Berpotensi Besar Untuk Sukses

Conten Creator Dengan Tema Masak Masak

Pertama, bisnis ibu rumah tangga di masa pandemi adalah menjadi content creator masak masak. Rasa bosan merupakan salah satu yang sulit dihilangkan terlebih lagi pada saat adanya larangan aktivitas luar ruangan. Sehingga, banyak masyarakat Indonesia yang akhirnya menghilangkan rasa bosan mereka dengan membangun sebuah hobi baru. Nah, anda pastinya setuju jika hobi yang paling banyak digemari oleh ibu rumah tangga adalah dengan memasak sebuah hidangan. Apakah itu makanan utama, camilan, kue, dan lain lain. Dengan peluang ini, pernahkah anda berpikir untuk mendokumentasikan proses memasak tersebut dan mempublikasikannya ke internet?

Memasak mungkin terlihat sebagai hobi yang sepele karena ibu rumah tangga sudah pasti harus memiliki kemampuan tersebut untuk mengurus anak dan suami mereka. Akan tetapi, jika anda menjadikan hobi memasak ini sebagai sebuah konten yang kemudian anda publikasikan ke internet. Hasil yang anda terima pun akan sangat menjanjikan jika banyak orang yang tertarik dengan video tersebut. Hasil yang anda terima juga berasal dari berbagai macam sumber. Anda dapat menjual masakan yang anda buat, melalui iklan, ataupun juga kerja sama sponsor dengan brand tertentu.

Katering Makanan Sehat

Kedua, bisnis ibu rumah tangga di masa pandemi adalah katering makanan sehat. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, masak memasak menjadi sebuah hal yang wajar dan harus dikuasai oleh setiap ibu rumah tangga. Selain itu, memasak pun juga dapat anda jadikan sebagai sebuah hobi, yang cukup menajnjikan juga terlebih lagi pada masa pandemi. Karenanya, apabila anda ingin membangun sebuah bisnis makanan, ide catering makanan sehat mungkin cocok untuk anda terapkan sebagai ide bisnis ibu rumah tangga di masa pandemi.

Pandemi menjadikan beberapa orang sadar bahwa Kesehatan merupakan harta dan asset utama yang harus selalu mereka jaga. Sehingga, mereka yang awalnya hanya memperdulikan cita rasa saja dalam sebuah hidangan makanan. Saat ini sudah mulai berbenah dan memperhatikan juga bagaimana makanan tersebut dapat mempengaruhi Kesehatan mereka. Hal ini pun kemudian seringkali merujuk pada bisnis catering yang banyak dari menu mereka merupakan menu makanan berlemak yang kurang menyehatkan untuk tubuh.

Budidaya Tanaman Hias

Kemudian, salah satu ide bisnis ibu rumah tangga di masa pandemi yang cukup menjanjikan ini adalah, dengan membudidayakan tanaman hias. Memasak bukanlah satu satunya hobi dari ibu rumah tangga. Karena, banyak dari ibu ibu ini yang sangat mementingkan desain dan tampilan rumah mereka dengan memanfaatkan adanya tanaman hias.

Karenanya, anda yang hobi menghias interior ataupun eksterior rumah mungkin dapat menjadikan tanaman hias ini sebagai salah satu peluang bisnis menjanjikan. Cobalah untuk menanam tanaman hias yang baru baru ini sedang viral melalui sosial media. Sehingga, banyak dari tetangga sekitar yang tertarik untuk mendapatkan tanaman hias tersebut walaupun dengan harga yang cukup tinggi. Selain itu, anda juga dapat memanfaatkan peran sosial media untuk memperluas dan meningkatkan jangkauan pasar bisnis budidaya tanaman hias anda.

Dropshipper

Selain dari pergerakan masyarakat yang sangat terhambat karena adanya serangan pandemi. Keuangan juga menjadi salah satu alasan mengapa sampai saat ini banyak sekali pelaku bisnis yang gagal dalam membangun dan mengembangkan bisnis mereka. Karenanya, apabila anda memiliki permasalahan yang sama dengan kasus ini. Mungkin dropshipper merupakan pilihan yang tepat. Karena profesi ini tidak membutuhkan modal apapun jika ingin memulai.

Sebelum menjadi seorang dropshipper, tentukan terlebih dahulu produk apa yang ingin anda tawarkan kepada konsumen. Umumnya, seorang dropshipper sendiri akan menawarkan produk yang benar benar mereka kuasai. Sehingga mereka dapat dengan mudah menjawab pertanyaan konsumen. Selain itu, anda juga dapat menawarkan produk yang sifatnya lebih umum. Seperti peralatan tulis menulis, pakaian, obat p3k, kosmetik, peralatan mandi, dan lain lain. Dengan begitu, penjualan anda akan semakin mudah lagi karena memang masyarakat juga membutuhkan produk tersebut.

Kemudian, untuk menjadi seorang dropshipper sebagai ide bisnis ibu rumah tangga di masa pandemi adalah dengan menemukan supplier yang potensial. Cobalah untuk mencari seorang supplier yang telah bekerja sama dengan pelaku bisnis lainnya. Agar anda mendapatkan pelayanan yang optimal dan berpengalaman dari supplier tersebut. Usahakan juga agar harga produk dari supplier ini cukup rendah agar anda dapat memperoleh keuntungan sebanyak mungkin melalui komisi penjualan.

Menjual Suplemen Alami dan Produk Kesehatan

Selanjutnya, bisnis ibu rumah tangga di masa pandemi yakni menjual produk dan suplemen kesehatan. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, pandemi saat ini telah menyadarkan banyak sekali masyarakat Indonesia untuk kerap menjaga Kesehatan mereka. Nah, salah satunya adalah dengan memanfaatkan suplemen Kesehatan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh akan serangan virus COVID 19.

Nah, hal ini dapat anda jadikan sebagai ide bisnis ibu rumah tangga di masa pandemi dengan menjual beragam suplemen Kesehatan alami, maupun juga beragam peralatan Kesehatan. Masyarakat yang saat ini sudah kurang percaya dengan suplemen yang mengandung bahan bahan kimia. Akibatnya, banyak dari mereka yang ramai mencari cari suplemen Kesehatan alami yang tidak menyebabkan efek samping.

Jasa Laundry

Terakhir, bisnis ibu rumah tangga di masa pandemi adalah membuka jasa laundry. Pemerintah selain membatasi aktivitas luar ruangan, juga memberikan himbauan bahwa virus COVID 19 juga dapat menyebar melalui udara. Hal inilah yang menjadikan banyak dari ibu rumah tangga yang menyuruh keluarga mereka untuk segera mandi agar lingkungan rumah aman dari serangan virus tersebut. Sayangnya, hal ini kemudian menjadikan banyak sekai tumpukan pakaian kotor yang juga menyita waktu dan tenaga. Untuk itulah, anda dapat menawarkan jasa laundry pakaian untuk tetangga sekitar yang tidak memiliki waktu luang. Gunakanlah peralatan mencuci seadanya agar anda dapat menekan modal dari bisnis laundry tersebut.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang