SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 16 Agustus, 2022

Usaha yang Menjanjikan di Masa Pandemi, COVID 19 Bukan Akhir!

Membuka sebuah bisnis sendiri setelah hadirnya pandemi COVID 19 saat ini menjadi sebuah kesan yang cukup menegangkan untuk para pelakunya. Bahkan, pandemi sendiri mulai dari tahun 2020 hingga pada 2022 saat ini. Dapat dikatakan belum hilang secara total baik itu virus COVID 19, ataupun juga dampak mereka terhadap para pelaku bisnis. Sehingga, hal ini turut mengubah gaya hidup langsung dari masyarakat Indonesia. Terlebih lagi dengan berkurangnya usaha yang menjanjikan di masa pandemi ini.

Umumnya, gaya hidup yang berubah dalam bentuk kehidupan pribadi masyarakat mungkin masih terbilang wajar karena kita sendiri hidup dalam era internet. Sayangnya, gaya hidup baru ini juga ikut serta mengubah kehidupan berbisnis juga serta berbagai macam peluang usaha yang ada. Sehingga, hal ini pun menyebabkan para pelaku bisnis harus selalu siap siaga dan mengubah rutinitas bisnis mereka. Agar dapat bertahan dalam era pandemi saat ini. Kemudian, untuk mereka yang sudah mempunyai rencana dalam merintis sebuah usaha pada tahun 2020 ini. Mereka pun harus membuat sebuah perencanaan baru karena semakin berkurangnya usaha yang menjanjikan di masa pandemi ini.

Memang, hadirnya pandemi COVID 19 sendiri mempunyai dampak negatif yang sangat besar bagi para pelaku bisnis ini. Sehingga, hal ini kemudian menyebabkan banyaknya para pelaku bisnis yang kemudian terpaksa untuk mengakhiri karir bisnis mereka. Secara tidak langsung, hal ini pun juga berdampak pada karyawan bisnis tersebut yang harus rela kehilangan pekerjaan mereka karena pandemi ini. Karena itulah, dengan situasi yang sangat mendesak ini. Banyak masyarakat Indonesia yang kemudian memulai kreatifitas mereka dengan menemukan usaha yang menjanjikan di masa pandemi. Apa saja ya kira kira?

Apa Saja Sih Peluang Usaha yang Tetap Bisa Hidup Walaupun Pandemi Ini

Apa Saja Sih Peluang Usaha yang Tetap Bisa Hidup Walaupun Pandemi Ini?

Tentunya, menghadapi kehidupan baru karena adanya pandemi ini mengharuskan anda untuk memiliki jenis usaha baru yang sesuai dengan gaya hidup tersebut. Pada saat pandemi tahun 2020 lalu, pastinya kita tidak asing lagi bukan dengan istilah protokol Kesehatan ini? Nah, apabila kita memperhatikan lagi protokol Kesehatan ini. Maka, akan terdapat sebuah kesimpulan bahwa masih ada beberapa bidang usaha yang menjanjikan di masa pandemi ini. Seperti :

Seorang Tenaga Freelance

Pertama, usaha yang menjanjikan di masa pandemi seorang freelancer. Faktanya, freelance sendiri merupakan profesi yang dapat anda terapkan langsung dari rumah. Walaupun pandemi sendiri belum menyerang wilayah Indonesia. Umumnya, usaha freelance ini mempunyai beberapa cabang. Apakah itu penulis konten, copywriter, pengembang website dan aplikasi, desain grafis, dan lain sebagainya. Freelance sendiri terpilih menjadi usaha yang menjanjikan di masa pandemi karena banyaknya pelaku bisnis online sejak adanya pandemi ini. Sehingga, apabila pelaku bisnis ini ingin produk mereka laku. Maka, mereka pun pastinya membutuhkan sebuah strategi branding, maupun strategi pemasaran yang berkualitas juga.

Pada proses branding sendiri, freelance desain grafis pun akan sangat berguna dengan pembuatan sebuah pacakage yang unik untuk bisnis tersebut. Kemudian, dalam teknik pemasaran sendiri, pastinya jasa freelance pengembang website ataupun juga penulis konten dan copywriter ini akan sangat berpengaruh. Selain itu, usaha yang menjanjikan di masa pandemi freelance sendiri tidak mengharuskan anda mempunyai berbagai macam peralatan yang canggih loh!

Membangun Online Shop

Kemudian, salah satu peluang usaha yang menjanjikan di masa pandemi adalah dengan membangun sebuah online shop. Dengan menggunakan teknologi online sebagai toko ini, anda pun tidak harus repot lagi dengan biaya sewa dan akomodasi lainnya. Selain itu, online shop sendiri mempunyai banyak sekali variasi produk yang dapat anda tawarkan kepada para konsumen. Apakah itu perabotan rumah, pakaian, kuliner, alat kesehatan, dan lain sebagainya. Bahkan, strategi pemasaran online shop dari konsultan digital marketing sendiri juga gratis loh dengan memanfaatkan beragam sosial media yang tersedia saat ini.

Menjual Produk Kesehatan

Ketiga, usaha yang menjanjikan di masa pandemi menjual produk kesehatan. Pandemi, pastinya akan membuat masyarakat Indonesia agar selalu waspada dengan situasi dan kondisi Kesehatan mereka. Sehingga, produk Kesehatan ini pun dapat menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan di masa pandemi ini. Terlebih lagi apabila kita perhatikan lagi protokol Kesehatan pada saat pandemi ini. Banyak sekali masyarakat yang harus menggunakan masker untuk keluar rumah. Sehingga, masker pun nantinya akan mempunyai peluang yang sangat besar untuk sukses dalam ranah pasar ini.

Selain itu, salah satu peraturan dari protokol Kesehatan sendiri adalah untuk selalu mencuci tangan anda dengan menggunakan sabun dan hand sanitizer. Sehingga, anda pun juga dapat menawarkan produk tersebut juga dalam bentuk bundling dengan peralatan masker ini. Lalu, ada juga alat Kesehatan tambahan seperti halnya face shield yang dapat anda produk secara manual untuk menghemat biaya anda.

Usaha Masakan Rumah

Keempat, usaha yang menjanjikan di masa pandemi adalah usaha masakan rumah. Faktanya, usaha masakan rumah sendiri bukanlah sebuah hal baru dalam dunia bisnis saat ini. Akan tetapi, dengan adanya pandemi COVID 19 lalu, menyebabkan para pelaku bisnis ini untuk harus menghemat modal mereka. Karena itulah, masakan rumahan ini pun kemudian menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan di masa pandemi oleh ibu ibu rumah tangga. Terlebih lagi karena usaha masakan rumah ini tidak mengharuskan pelakunya untuk menyewa tempat jualan seperti halnya kios atau restoran.

Selain itu, dengan aktivitas luar rumah yang semakin terbatas dari hari ke hari ini. Menjadikan usaha masakan rumah ini sebuah alternatif untuk masyarakat Indonesia yang tidak bisa keluar rumah tersebut. Karena itulah, apabila anda adalah seorang ibu rumah tangga yang mempunyai sebuah kemampuan memasak yang cukup tinggi ini. Maka, usaha masakan rumah ini dapat anda jadikan sebagai usaha yang menjanjikan di masa pandemi.

Karenanya, jangan anda simpulkan secara langsung bahwa usaha kuliner sendiri hanya akan berjalan sukses pada restoran ternama saja. Melainkan, usaha yang menjanjikan di masa pandemi sendiri dapat menjadi sebuah alternatif lain yang tentunya tidak kalah menjanjikan juga untuk para ibu rumah tangga ini. Bahkan, produk yang dapat laku dalam usaha yang menjanjikan di masa pandemi ini juga mempunyai variasi yang cukup banyak juga loh. Mulai dari ayam goreng, telur dadar, sop, sambal, sayur sayuran, dan lain sebagainya. Perlu anda ketahui juga, usaha yang menjanjikan di masa pandemi ini akan selalu menuntut inovasi dan kreatifitas anda juga sebagai para pelakunya.

Jualan Peralatan Pribadi

Terakhir namun bukan akhir, salah satu usaha yang menjanjikan di masa pandemi lainnya adalah dengan peralatan pribadi. Umumnya, masyarakat Indonesia sendiri mungkin akan merasa biasa saja dengan menggunakan berbagai macam peralatan bersama. Apakah itu sendok, garpu, piring, dan lain sebagainya.

Namun, dengan adanya serangan pandemi COVID 19 ini. Mereka pun kemudian mulai sadar akan serangan Kesehatan yang cukup mengkhawatirkan juga dalam penggunaan alat bersama ini. Sehingga, apabila mereka makan diluar saat pandemi ini, banyak dari mereka yang kemudian menggunakan peralatan pribadi mereka sendiri. Baik itu botol minum, sendok garpu, sedotan, atau bahkan piring mereka sendiri. Yang menjadikan jualan alat pribadi ini sebagai salah satu usaha yang menjanjikan di masa pandemi. 

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang