SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 26 Agustus, 2022

Cara Memulai Bisnis Franchise Makanan Hingga Sukses Besar

Rasanya sudah hampir seluruh masyarakat Indonesia telah mengenal dengan baik apa itu jenis bisnis franchise yang saat ini sedang popular. Terlebih lagi jika melihat potensi kuliner Indonesia yang telah terakui oleh beberapa negara Internasional lainnya. Sehingga, cara memulai bisnis franchise makanan umumnya akan berjalan jauh lebih mudah lagi.

Memang, bergabung dan menjadi seorang mitra dari suatu franchise sendiri akan jauh lebih mudah daripada anda harus bersusah payah membangun sebuah brand. Akan tetapi, apakah anda tidak tertarik untuk membangun sebuah brand, terlebih lagi dengan membangun sebuah franchise sendiri? Jika pada umumnya kebanyakan orang akan menjual produk milik orang lain dalam bisnis franchise. Maka saat ini anda inilah yang akan menerima bantuan orang lain dalam menjual produk dagangan.

Nah, bisnis franchise sendiri kelihatan sebagai salah satu bisnis yang terasa mudah namun cukup menjanjikan. Akan tetapi, bagaimana kira kira dengan cara memulai bisnis franchise makanan ini? Apakah akan sangat sulit dan penuh akan rintangan? Nah, semua jawaban perihal pembangunan sebuah bisnis franchise akan anda temukan pada pembahasan berikut ini:

Cara Ampuh Memulai Bisnis Franchise Makanan, Berminat Mencobanya

Cara Ampuh Memulai Bisnis Franchise Makanan, Berminat Mencobanya?

Langkah Langkah dalam pembangunan bisnis franchise sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit. Akan tetapi, anda tentunya harus memperhatikan beberapa hal dengan sebaik mungkin jika anda ingin bisnis franchise tersebut sukses besar. Nah, apa saja kira kira Langkah yang harus anda terapkan ini?

1. Menentukan Konsep dan Bentuk Bisnis Franchise Anda

Pertama, cara memulai bisnis franchise makanan adalah menentukan konsep bisnis. Menentukan konsep bisnis menjadi Langkah awal yang harus anda persiapkan sebaik mungkin. Dalam kasus franchise ini, maka konsep bisnis yang menjadi pembahasan adalah dengan asset usaha, hak tempat, serta hak sewa.

Singkatnya, anda dapat memutuskan, apakah franchise ini sekedar menjual brand, atau anda dapat memberikan mitra. Dengan beberapa fasilitas penunjang yang dapat meringankan beban usaha mereka. Mulai dari bahan baku, peralatan produksi, strategi marketing, booth, dan lain lain. Karena makanan ini merupakan jenis kebutuhan pokok dari masyarakat Indonesia. Ada baiknya anda memberikan konsep franchise yang sederhana dan tidak rumit untuk calon mitra anda.

2. Evaluasi Kelayakan Usaha

Kedua, cara memulai bisnis franchise makanan yakni evaluasi kelayakan usaha. Evaluasi kelayakan usaha ini dapat anda perhitungkan dalam berbagai macam hal. Misalnya saja dengan memperhitungkan lamanya sebuah modal agar dapat Kembali setelah mitra franchise memulai kegiatan penjualan mereka. Jika pihak mitra dapat menerima modal pembelian paket usaha anda dengan waktu yang cukup cepat. Maka, bisnis franchise makanan ini terbilang memiliki daya Tarik yang cukup tinggi untuk mendapatkan investor.

Selain dengan perhitungan modal balik tadi, anda juga dapat memberikan beberapa perhitungan estimasi terhadap kekuatan produk anda. Karena, produk tersebut ternyata dapat berpengaruh langsung kepada masa depan bisnis pada masa yang akan datang. Ada baiknya, anda membuat sebuah daftar catatan tentang hal apa saja menjadi ancaman dan kelemahan dari bisnis anda nanitnya. Cobalah untuk terus menerus mengikuti perkembangan zaman dan trend untuk mempermudah cara memulai bisnis franchise makanan anda.

3. Standar Operasional Prosedur (SOP)

Ketiga, cara memulai bisnis franchise makanan yaitu membuat SOP. SOP atau Standar Operasional Prosedur ini menjadi salah satu aspek yang sangat penting dalam membangun sebuah bisnis. Terlebih lagi untuk anda yang ingin membangun sebuah franchise kuliner baik itu makanan atau minuman. Untuk membuat SOP yang optimal pada usaha franchise ini, anda dapat menyertakan beberapa hal.

Mulai dari pengelolaan bahan baku, menangani konsumen, menyajikan makanan dan minuman, mengelola keuangan, dan lain lain. Nantinya, mitra franchise anda pun akan jauh lebih mudah lagi dalam menjalankan franchise tersebut jika anda telah mempersiapkan SOP untuk mereka.

4. Daftarkan Brand Franchise

Keempat, cara memulai bisnis franchise makanan adalah mendaftarkan brand. Zaman teknologi yang semakin canggih ini bukannya mengurangi tindak plagiarisme, namun lebih memperkuat Tindakan ini dari waktu ke waktu. Sehingga, cara memulai bisnis franchise makanan selanjutnya adalah dengan mendaftarkan brand franchise. Karena bisa saja anda menjadi salah atu korban dari praktet plagiarisme ini.

5. Membentuk Kontrak Perjanjian Kerja Sama

Kelima, cara memulai bisnis franchise makanan yakni membentuk kontrak kerja sama. Franchsie sendiri umumnya sama saja dengan berbagai perjanjian kerja sama pada umumnya. Sehingga, anda pun harus mempersiapkan sebuah kontrak kerja sama dengan mitra bisnis, yang memuat berbagai hal. Seperti peran masing masing pihak serta kesepakatan anda.

Kontrak tersebut nantinya dapat bermanfaat untuk membagi bagi tanggung jawab serta hak dari kedua belah pihak. Nantinya, anda dapat menyertakan beberapa poin penting dalam kontrak tersebut. Mulai dari besar royalty fee, cara pembayaran paket, prosedur kerja sama, dan lain lain.

6. Membangun Sebuah Tim Manajemen

Selanjutnya, cara memulai bisnis franchise makanan yaitu membangun tim manajemen. Franchise sendiri lebih mengarah kepada pihak investor secara langsung. Artinya, seluruh tanggung jawab manajemen ini merupakan kewajiban dari pusat atau pihak franchisor. Karena itulah, peran franchisor ini sangatlah penting dalam fungsi manajemen.

Pastikan anda selalu memberikan berbagai macam dukungan manajemen kepada seluruh pihak franchisee atau mitra anda. Mulai dari strategi pemasaran online, foto produk, bahan baku, peralatan memasak, saran dan masukan, dan lain lain.

7. Selalu Libatkan Hukum Dalam Bisnis Franchise

Kemudian, cara memulai bisnis franchise makanan dengan melibatkan badan hukum. Franchise ini dapat anda bentuk dengan menggunakan CV ataupun PT Ketika anda ingin memasarakannya. Menurut peraturan undang undang sendiri, ada beberapa hal penting yang harus selalu anda perhatikan dalam bisnis franchise ini. Seperti:

Mengajukan prospectus pihak franchisor kepada Menteri perdagangan dengan menyertakan fotokopi:

  • Dokumen legalitas usaha;
  • Prospectus penawaran.

Mendaftarkan perjanjian franchise oleh pihak franchisee kepada Menteri perdagangan dengan menyertakan fotokopi:

  • KTP pemilik usaha;
  • Perjanjian franchise;
  • Dokumen legalitas usahal
  • Prospectus penawaran franchsie.

Penerbitan Surat Tanda Pendaftaran Franchise dari Menteri perdagangan untuk kurun waktu 5 tahun

Sesuai dengan peraturan perundang undangan sendiri, prospectus penawaran sebaiknya memuat beberapa hal penting. Seperti:

  • Legalitas usaha franchisor;
  • Data identitas diri franchisor;
  • Struktur organisasi pihak franchisor;
  • Jumlah tempat usaha;
  • Daftar pihak franchiseel
  • Laporan keuangan 2 tahun terakhir;
  • Kewajiban serta hak franchisor maupun franchisee.

8. Marketing

Setelah anda selesai menerapkan 7 cara memulai bisnis franchise makanan tadi, maka Langkah marketing dan launching ini dapat anda lakukan. Umumnya, franchise ini dapat anda lakukan kegiatan launching secara online, offline, ataupun keduanya.
Untuk launching online sendiri anda dapat menggunakan sosial media ataupun juga sebuah website yang lengkap dengan konten promosi. Cobalah untuk membangun sebuah konten sebaik mungkin agar banyak calon investor yang tertarik dengan bisnis anda.

9. Pengawasan

Terakhir, cara memulai bisnis franchise makanan yang tidak boleh anda lewatkan adalah pengawasan. Terlebih lagi jika anda memiliki banyak sekali franchisee. Dengan begitu, anda dapat mengetahui secara langsung bagaimana pihak franchisee ini menjalankan bisnis mereka dengan brand anda. Sehingga, anda nantinya dapat memberikan beberapa saran dan masukan. Jika sewaktu waktu ada mitra franchise yang mengalami masalah dan kendala tertentu pada bisnis tersebut.

Ingin Memiliki Sebuah Bisnis? Daftarkan Diri Anda Sebagai Mitra Franchise

Hubungi Sekarang