SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 16 Agustus, 2022

Usaha yang Cocok Untuk Pemula di Pedesaan, Cukup Banyak Loh

Memang, zaman saat ini telah mengalami perubahan yang sangat signifikan untuk masyarakat Indonesia. Terlebih pada kecepatan penyebaran informasi yang saat ini tidak terhalang jarak dan juga waktu. Sehingga, anda pun dapat dengan mudah mendapatkan berbagai macam ide bisnis sekalinya anda tinggal pada wilayah pedesaan yang jauh dari pusat aktivitas. Akan tetapi, situasi anda yang jauh dari segala aktivitas kota ini bukan berarti anda tidak mempunyai usaha yang cocok untuk pemula pada pedesaan.

Melainkan, ada banyak sekali usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan yang dapat anda coba terapkan. Karena itulah, apabila anda saat ini sedang merasa minder karena lokasi tempat tinggal anda yang jauh dari pusat kota ini. Maka, beberapa contoh usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan ini merupakan sebuah panduan yang tepat untuk anda. Nah, apa saja peluang tersebut?

Bantu Perkembangan Digital Desa Dengan Peluang Usaha yang Cocok Untuk Pemula di Pedesaan!

Bantu Perkembangan Digital Desa Dengan Peluang Usaha yang Cocok Untuk Pemula di Pedesaan!

1. Bisnis Air Minum Mineral

Pertama, usaha yang cocok untuk pemula pada pedesaan adalah bisnis air minum mineral. Internet yang serba instan saat ini, ternyata juga memiliki dampak yang cukup luas juga terhadap perubahan hidup dari masyarakat Indonesia. Apabila dahulu masyarakat Indonesia masih senang memasak air untuk kebutuhan minum mereka sehari hari. Saat ini, mereka pastinya akan lebih memilih untuk membeli langsung dari penyedia air galon agar lebih cepat. Nah, pada wilayah desa sendiri, sumber air yang tersedia umumnya akan memiliki kualitas yang cukup baik juga untuk konsumsi. Sehingga, anda pun nantinya hanya perlu menyediakan alat pengolahan air saja untuk menjadikan air tersebut layak minum.

2. Agen Pulsa dan Pembayaran Online

Kedua, usaha yang cocok untuk pemula pada pedesaan adalah agen pulsa dan pembayaran online. Hampir seluruh masyarakat Indonesia saat ini pastinya memiliki smartphone mereka masing masing baik mereka masyarakat kota ataupun kabupaten. Sehingga, hal ini pun pastinya menghadirkan tingkat kebutuhan pulsa yang cukup tinggi juga pada kedua wilayah tersebut. Terlebih lagi ada beberapa orang juga yang mempunyai lebih dari satu smartphone untuk menunjang aktivitas mereka.

Sehingga, hal inipun menjadikan agen pulsa dan pembayaran online ini adalah peluang usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Terlebih lagi apabila anda mempunyai sebuah toko ataupun warung yang terkenal luas oleh tetangga dan masyarakat sekitar. Bahkan, anda pun juga dapat memanfaatkan peluang ini hingga membuka sebuah toko smartphone sederhana juga loh pada wilayah tempat anda tinggal tersebut.

3. Menjual Makanan Khas

Ketiga, usaha yang cocok untuk pemula pada pedesaan adalah menjual makanan khas desa. Faktanya, Indonesia sendiri merupakan sebuah negara yang kaya akan makanan dan minuman yang mempunyai beragam ciri khas dari masing masing suku. Sehingga, hal ini pun dapat anda jadikan sebagai sebuah peluang usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan dengan memanfaatkan keragaman budaya ini. Karena, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat pun pasti akan sangat berbeda beda dari daerah satu dengan daerah lainnya. Selain itu, bahan alami daerah pedesaan pun dapat mendukung peluang dari bisnis makanan khas anda tersebut.

Kemudian, setelah permasalahan terhadap bahan baku ini selesai karena pedesaan kaya akan bahan alami. Pastinya anda harus mempersiapkan proses pemasaran dan juga kemasan juga untuk bisnis makanan khas anda tersebut. Namun, anda tidak perlu khawatir juga karena teknik pemasaran maupun membuat kemasan produk sendiri. Saat ini dapat anda temukan banyak sekali beredar pada dunia internet. Yang selanjutnya dapat anda jadikan sebagai panduan belajar.

4. Usaha Potong Rambut dan Salon

Keempat, usaha yang cocok untuk pemula pada pedesaan adalah usaha potong rambut dan salon. Penampilan diri saat ini tidak hanya menjadi permasalahan dari masyarakat kota saja. Melainkan, masyarakat desa pun juga tidak ingin tertinggal juga dengan berbagai trend yang sedang terjadi melalui internet ini. Sehingga, usaha potong rambut dan salon sendiri pastinya memiliki potensi usaha yang sangat besar dalam wilayah pedesaan ini. Jadi, masyarakat sekitar tempat tinggal anda pun tidak perlu lagi melakukan perjalanan jauh dari desa ke kota. Hanya untuk mendapatkan perawatan rambut yang trendi.

5. Persewaan Alat Bertani

Kelima, usaha yang cocok untuk pemula pada pedesaan adalah persewaan alat bertani. Apabila anda mempunyai modal yang cukup dalam mendirikan sebuah usaha ini. Maka, usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan untuk anda mungkin adalah persewaan alat bertani. Sebab, kondisi lingkungan desa yang masih hijau dan rindang pun pastinya dapat mendorong masyarakat sekitar untuk menjalankan usaha pertanian ini. Sehingga, target pasar dari usaha persewaan anda pun nantinya akan lebih jelas dan tertarget lagi daripada bisnis lainnya.

6. Proses Bertani Hidroponik

Keenam, usaha yang cocok untuk pemula pada pedesaan adalah pertanian hidroponik. Umumnya, proses bertani hidroponik sendiri merupakan salah satu cara agar masyarakat kota mampu mempersiapkan diri mereka dengan bahan baku. Walaupun mereka terhalang dengan sempitnya lahan bangunan dari kota tersebut. Namun, bukan berarti teknik hidroponik ini tidak dapat anda manfaatkan juga ya dalam situasi lingkungan pedesaan.

Terlebih lagi dengan masyarakat desa yang sudah terbiasa dengan gaya hdup bertani. Maka, mempelajari teknik pertanian hidroponik ini pun bukanlah sebuah hal yang akan terasa sulit untuk mereka. Apalagi jika bahan pertanian hidroponik ini dapat ditemukan dengan mudah juga pada wilayah pedesaan ini. Lalu, saat ini pun sudah ada banyak sekali panduan dan tutorial yang mengajarkan cara melakukan pertanian hidroponik ini.

7. Menjual Kerajinan Tangan

Ketujuh, usaha yang cocok untuk pemula pada pedesaan adalah menjual kerajinan tangan. Umumnya, banyak sekali desa di Indonesia yang memiliki keranjinan tangan mereka masing masing. Sehingga, apabila mereka mempunyai sistem pengelolaan yang tepat, usaha ini pun pastinya akan sangat menguntungkan untuk anda. Terlebih lagi kerajinan tangan ini juga mempunyai berbagai macam variasi juga mulai dari ukiran kayu, kain, topi, patung, tas, gelang, dan lain sebagainya.

Sekilas, memang usaha kerajinan ini akan terlihat sebagai bisnis perkampungan biasa oleh masyarakat sekitar. Namun, apabila anda melihat peluang yang dapat muncul dari hasil kerajinan ini. Terlebih lagi jika anda memanfaatkan strategi pemasaran dari konsultan digital marketing. Pastinya anda akan langsung tertarik dengan usaha kerajinan tangan ini. Karena, bahkan warga mancanegara sendiri banyak loh yang tertarik dengan kerajinan tangan khas Indonesia. 

8. Budidaya Bibit Tanaman

DElapan, usaha yang cocok untuk pemula pada pedesaan budidaya bibit tanaman. Karena adanya kondisi lingkungan yang sangat mendukung. Maka, budidaya bibit tanman ini adalah salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan juga untuk para pelakunya. Terlebih lagi anda tinggal pada daerah yang jauh dari pencemaran polusi dengan kualitas air yang sangat baik juga. Kemudian, usaha ini pun juga terbilang mempunyai dukungan yang baik dengan adanya platform marketplace dan sosial media untuk menjalankan pemasaran skala kecil namun dapat mengincar seluruh masyarakat Indonesia.

9. Tempat Wisata Alam

Sembilan, membuka tempat wisata alam. Trend tempat wisata saat ini banyak sekali digemari oleh masyarakat kota yang Lelah akan kesibukan dari kondisi perkotaan ini. Sehingga, mereka pun akhirnya akan memilih berwisata ke desa untuk menikmati situasi yang nyaman dan alami. Nah, apabila anda mempunyai sebuah tempat tinggal dalam desa ini. 

Manfaatkanlah peluang usaha tersebut dengan mengubah tempat tinggal anda menjadi sebuah penginapan untuk masyarakat kota tersebut. Walaupun tidak ada teknologi yang canggih seperti halnya hotel bintang lima. Situasi desa yang nyaman dan tentram ini dapat anda jadikan sebagai nilai jual dari usaha wisata alam pedesaan ini.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang