SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 16 Agustus, 2022

Usaha Sampingan yang Mudah dan Menguntungkan Untuk Pemula

Faktanya, usaha sampingan sendiri sudah menjadi sebuah hal yang wajar untuk masyarakat Indonesia dalam menambah penghasilan mereka. Terlebih lagi Ketika mereka harus menanggung beban keluarga yang cukup besar. Pastinya mereka membutuhkan penghasilan yang tidak sedikit juga untuk berhasil memenuhi kebutuhan tersebut bukan? Sehingga, mereka pun akan mencari berbagai usaha sampingan yang mudah dan menguntungkan yang dapat mendatangkan mereka dengan penghasilan tambahan.

Nyatanya, walaupun seseorang sendiri memulai sebuah usaha sebagai bentuk sampingan saja. Dengan usaha yang besar dan tekun, hasil dari usaha sampingan ini bahkan bisa jauh melebihi pekerjaan mereka juga loh! Sehingga, hal ini pun akhirnya menjadikan banyak karyawan kantor yang akhirnya memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan utama mereka untuk membangun usaha sampingan. Yang akhirnya berubah menjadi sebuah usaha utama untuk penghasilan mereka.

Akan tetapi, hal yang tetap melekat dari masyarakat yang ingin memulai sebuah usaha sampingan ini adalah. Bagaimana cara memulai sebuah usaha sampingan ini? Sebenarnya, jawaban dari pertanyaan ini tidaklah pasti. Karena setiap orang sendiri pastinya tidak dapat menggunakan strategi dan peluang yang sama dua kali. Sehingga, Ketika seseorang sendiri sudah menemukan usaha sampingan yang mudah dan menguntungkan mereka. Bukan berarti orang lain pun akan sukses juga Ketika mereka memulai karir dalam usaha tersebut. Nah, apa saja sih kira kira usaha sampingan yang mudah dan menguntungkan ini? Berikut jawabannya!

Usaha Sampingan yang Mudah dan Menguntungkan, Cocok Buat Anda Gak Nih

Usaha Sampingan yang Mudah dan Menguntungkan, Cocok Buat Anda Gak Nih?

1. Kuliner

Pertama, usaha sampingan yang mudah dan menguntungkan adalah usaha kuliner. Berdagang kuliner sendiri merupakan salah satu ide bisnis yang banyak sekali masyarakat Indonesia lakukan untuk menambah penghasilan mereka. Awalnya, banyak yang mencoba kuliner ini sebagai salah sati usaha sampingan yang mudah dan menguntungkan. Akan tetapi, mereka pun kemudian berpindah dari usaha sampingan, menjadi usaha utama karena keuntungannya yang ternyata sangat menjanjikan. Karenanya, anda pun juga dapat memanfaatkan peluang ini sebagai pedagang kuliner untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Awalnya, jangan memulai dengan sesuatu yang besar seperti halnya restoran ataupun café.

Melainkan, cobalah untuk menawarkan makanan yang anda sukai terlebih dahulu kepada tetangga, kerabat, saudara, dan kenalan anda. Selain itu, apabila anda tidak memiliki latar belakang seorang koki sama sekali atau ini pertama kalinya anda menginjakkan kaki di dapur. Anda dapat mencoba untuk belajar cara membuat sebuah makanan dari beragam sumber. Bisa dari buku resep, majalah makanan, artikel, komunitas, ataupun video youtube. Sehingga, anda pun dapat memperoleh panduan yang lebih lengkap juga untuk beragam jenis makanan. Entah itu kue, nasi goreng, cake, sushi, olahan mie, dan lain lain. Jangan lupa, terus berlatih membuat makanan sendiri pastinya akan meningkatkan kemampuan anda dalam menciptakan sebuah makanan tersebut.

Nah, peluang usaha kuliner sudah, Teknik pembuatan juga sudah. Namun, bagaimana dengan Teknik penjualannya? Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, anda dapat memulai untuk menawarkan ini kepada kenalan terdekat anda. Mintalah review dan ulasan pedas mereka untuk inovasi anda dalam mengembangkan sebuah makanan yang lebih baik lagi kedepannya. Jika sudah, cobalah untuk menawarkan makanan ini melalui layanan pemasanan makanan seperti GoFood, ShopeeFood, serta GrabFood. Yang menjadi sumber informasi masyarakat Indonesia Ketika mereka ingin memesan sebuah produk makanan.

2. Warkop Malam Hari

Kedua, usaha sampingan yang mudah dan menguntungkan yang tidak kalah yakni warkop malam hari. Setuju tidak bahwa kopi sendiri merupakan salah satu minuman masyarakat Indonesia yang sampai kapanpun tidak akan pernah mati budayanya? Karenanya, manfaatkanlah budaya minuman kopi ini sebagai peluang usaha sampingan yang mudah dan menguntungkan anda dengan membuka usaha warkop. Untuk membangun warkop sendiri, anda pun tidak harus memiliki lahan yang luas dengan suasana yang tenang dan damai. Melainkan, teras rumah pun dapat anda manfaatkan sebagai warkop untuk masyarakat sekitar.

3. Laundry

Ketiga, ada juga peluang menjanjikan usaha sampingan yang mudah dan menguntungkan dari usaha laundry. Ketika anda memiliki sebuah mesin cuci namun pemakaiannya hanyalah sebulan 2 kali saja. Maka, cobalah untuk membangun sebuah usaha laundry skala kecil yang target pasarnya merupakan tetangga sekitar anda. Dengan begitu, anda pun tidak membutuhkan persiapan yang rumit dan berbelit belit juga. Cukup siapkan papan kayu kecil yang anda tempelkan pada pagar rumah. Untuk memberitahu tetangga sekitar bahwa anda menyediakan jasa laundry. Selain itu, anda pun dapat melibatkan anggota keluarga yang ada dalam rumah anda, misalnya saja dengan anak anak anda.

4. Fotografi

Keempat, usaha sampingan yang mudah dan menguntungkan yaitu fotografi. Jika anda mempunyai sebuah kamera, namun anda mempunyai sebuah pekerjaan yang tidak membutuhkan kamera tersebut. Pastinya kamera itu hanya akan diam berdebu saja bukan dalam rumah anda? Mungkin akan anda akan menggunakannya sesekali jika sedang berlibur ataupun ada acara besar. Akan tetapi, apakah anda akan berlibur setiap hari? Pastinya tidak bukan? Karena itulah, anda dapat memanfaatkan kamera ini dengan membuka sebuah jasa fotografi sebagai usaha sampingan yang mudah dan menguntungkan.

5. Percetakan dan Pengetikan

Kelima, usaha sampingan yang mudah dan menguntungkan yang cukup potensial lainnya adalah percetakan dan pengetikan. Saat anda memiliki sebuah mesin cetak dan komputer yang cukup memadahi. Anda pun dapat memanfaatkan peluang ini untuk menawarkan jasa pengetikan dan percetakan skala kecil untuk tetangga sekitar. Selain itu, percetakan ini pun dapat bervariasi juga baik itu dokumen, foto, poster, dan lain lain.

6. Pencucian Sepeda Motor

Anda ingin memanfaatkan halaman rumah anda yang luas sebagai ladang bisnis? Pernah bepikir untuk memulai usaha pencucian sepeda motor belum? Jika belum, pencucian motor ini termasuk dalam usaha sampingan yang mudah dan menguntungkan dengan modal yang tidak terlalu besar loh. Untuk memulai, anda pun dapat mencoba untuk mempersiapkan beberapa hal. Seperti selang air, sabun, pompa air, listrik, dan juga air.

7. Penjahitan

Apakah anda mempunyai kemampuan sekaligus mesin jahit yang tidak terlalu anda gunakan di rumah anda? Bisa juga loh anda manfaatkan sebagai usaha sampingan yang mudah dan menguntungkan. Mulailah untuk menerima tugas yang mudah seperti menjahit pakaian yang robek atau jahitan yang rusak. Kemudian, anda dapat berkembang hingga dapat membuat pakaian anda sendiri pada jasa penjahitan ini.

8. Agen

Agen sendiri mempunyai banyak sekali variasi layanan yang dapat anda manfaatkan sebagai usaha sampingan yang mudah dan menguntungkan. Baik itu agen pulsa, asuransi, property, pinjaman dana, dan lain sebagainya. Tak peduli anda berperan sebagai agen apapun, anda tetap akan membutuhkan modal yang kecil untuk memulai menjadi agen ini.

9. Driver

Terakhir, driver juga termasuk usaha sampingan yang mudah dan menguntungkan. Saat ini, banyak sekali perusahaan transportasi online yang membutuhkan jasa driver untuk meningkatkan daya saing mereka. Sehingga, anda pun dapat menawarkan diri sebagai seorang driver. Ketika anda mempunyai kendaraan transportasi yang tidak anda gunakan baik itu mobil ataupun sepeda motor. Memang, driver ini merupakan salah satu usaha sampingan yang mudah dan menguntungkan. Akan tetapi, tetap perhatikan Kesehatan anda ya karena driver sendiri akan membutuhkan banyak sekali tenaga anda.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang