SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Strategi Ampuh Menghidupkan Kembali Bisnis yang Bangkrut

Tidak ada para pelaku bisnis yang ingin mengalami kebangkrutan dalam perjalanan karir mereka untuk membangun sebuah bisnis tersebut. Bahkan, banyak sekali para pelaku bisnis yang seringkali menghindari kebangkrutan ini melalui program kerja sama dengan perusahaan besar. Karena itulah, kebangkrutan sendiri sudah menjadi sebuah mimpi buruk seorang pelaku bisnis yang ingin mereka hindari sebaik mungkin dengan melakukan berbagai macam cara. Akan tetapi, walaupun mereka sudah menerapkan berbagai macam cara ini. Terkadang kebangkrutan sendiri masih saja datang menghampiri pelaku bisnis tersebut. Sehingga, banyak dari para pelaku bisnis yang harus memutar pikiran mereka. Untuk menemukan strategi menghidupkan bisnis yang bangkrut.

Faktanya, ada banyak sekali loh cerita mengenai para pelaku bisnis yang harus bangkrut berkali kali terlebih dahulu. Sebelum akhirnya mereka berhasil menemukan kesuksesan dalam membangun sebuah bisnis ini. Karena itulah, bangkrut sendiri walaupun banyak yang menganggapnya sebagai mimpi buruk dalam berbisnis. Juga dapat anda katakan sebagai guru yang paling bijak untuk membentuk karakter seorang pelaku bisnis ini.

Memang, bangkrut pada pertama kali ini akan sangat mengacaukan pemikiran dan keadaan diri kita dalam dunia bisnis ini. Akan tetapi, bukan berarti bahwa dengan bisnis bisnis yang bangkrut ini. Anda sudah tidak dapat menemukan strategi menghidupkan bisnis yang bangkrut lagi ya! Melainkan, ternyata banyak sekali loh hal yang dapat anda lakukan untuk menghidupkan Kembali bisnis yang telah bangkrut tersebut. Nah, apa saja kira kira strategi menghidupkan bisnis yang bangkrut ini? Berikut pembahasannya!

Strategi Menghidupkan Bisnis yang Bangkrut. Ingin Mencobanya

Strategi Menghidupkan Bisnis yang Bangkrut. Ingin Mencobanya?

Evaluasi Cara Membangun Bisnis Anda

Pertama, strategi menghidupkan bisnis yang bangkrut utama adalah evaluasi strategi bisnis. Setelah anda mengalami kebangkrutan dalam bisnis anda ini, janganlah melarutkan diri anda dalam pemikiran negative dan depresi saja. Melainkan, segeralah lakukan evaluasi terhadap strategi bisnis anda untuk mencegah efek berkepanjangan dari kebangkrutan bisnis tersebut. Cobalah untuk memulai dengan menggali terlebih dahulu sumber masalah yang menjadikan bisnis anda bangkrut tersebut.

Apakah itu strategi pemasaran yang kurang sesuai dengan bisnis anda, peneglolaan modal yang salah, reputasi bisnis yang hancur karena masalah tertentu, dan lain lain. Dengan mengetahui sumber masalah ini, anda pun akan lebih mudah lagi untuk menghindari masalah tersebut pada kemudian harinya. Selain itu, kinerja pembangunan bisnis anda pun akan lebih maksimal lagi loh dengan menghindari permasalah tersebut!

Optimalkan Lagi Pengelolaan Keuangan Bisnis Anda

Kedua, strategi menghidupkan bisnis yang bangkrut dengan mengoptimalkan keuangan. Faktanya, cukup banyak juga loh para pelaku bisnis yang mengalami kebangkrutan dalam bisnis mereka. Karena pengelolaan keuangan yang berantakan dan tidak teratur sama sekali. Akhirnya, banyak sekali pengeluaran yang terjadi dalam bisnis tersebut. Namun pemiliknya tidak menyadari adanya pengeluaran tersebut karena mereka hanya sibuk dengan pendapatan saja.

Karena itulah, sebagai salah satu strategi menghidupkan bisnis yang bangkrut. Pastikan bahwa anda akan selalu mencatat baik itu pengeluaran kecil, hingga pengeluaran besar yang terjadi pada bisnis anda. Dengan begitu, anda pun akan lebih mempersiapkan sebuah scenario, pada saat bisnis anda nantinya tidak akan mendapatkan penghasilan sama sekali pada waktu tertentu.

Selesaikan Permasalah Hutang Anda

Ketiga, strategi menghidupkan bisnis yang bangkrut melalui penyelesaian hutang piutang. Selain dengan pengelolaan keuangan yang tidak teratur, salah satu factor yang sering terjadi dalam kebangkrutan bisnis ini. Adalah dengan hutang bisnis yang sangat membebani perkembangan bisnis tersebut. Ternyata, cukup banyak juga loh para pelaku bisnis yang memulai karir mereka dengan menggunakan modal pinjaman dana. Karena itulah, ada baiknya juga Ketika anda memulai sebuah bisnis ini dengan menggunakan modal pinjaman.

Segeralah selesaikan permasalahan tersebut, atau mulailah bernegosiasi agar masalah hutang piutang ini dapat anda selesaikan dengan mudah dan cepat. Dengan begitu, beban membangun bisnis yang anda rasakan pun nantinya akan menjadi semakin ringan juga. Serta anda dapat menaruh focus anda lebih banyak dalam pengembangan bisnis ini lagi. Daripada dengan memikirkan bagaimana cara anda menyelesaikan masalah hutang tersebut.

Cobalah Mencari Modal Tambahan Dengan Jalur yang Lebih Mudah

Keempat, strategi menghidupkan bisnis yang bangkrut yakni mencari modal usaha dengan cara alternatif. Memang modal ini harus selalu ada untuk anda yang memutuskan untuk mengembangkan sebuah bisnis. Karenanya, Ketika anda kekurangan modal dalam membangun sebuah bisnis ini. Kebangkrutan pun akan menjadi semakin dekat lagi dalam menghampiri bisnis anda tersebut. Karena itulah, banyak dari pelaku bisnis yang akhirnya akan mencari modal tambahan untuk menutup ongkos pengeluaran dari bisnis mereka. Namun, jangan selalu mengandalkan hutang juga ya untuk mendapatkan modal tambahan ini. Terlebih lagi jika anda tidak memiliki kemampuan untuk mengembalikan hutang tersebut secara langsung.

Asuransikan Bisnis Anda

Kelima, strategi menghidupkan bisnis yang bangkrut dengan mengasuransikan bisnis. Mengasuraniskan property sudah menjadi salah satu hal yang seringkali para pelaku bisnis ini lakukan agar terhindar dari hal yang tidak mereka inginkan. Karena, kebangkrutan sendiri tidak hanya terjadi karena masalah internal yang terjadi dalam bisnis anda juga ya! Melainkan, sudah banyak sekali usaha produksi barang yang harus bangkrut karena musibah yang tidak terduga seperti gempa bumi, kebakaran, tsunami, dan lain lain. Sehingga, hal ini pun menjadikan kerugian yang pelaku bisnis ini alami menjadi sangat besar melebihi kapastias yang mampu mereka tamping.

Mulai dari Bisnis yang Jauh Lebih Sederhana

Keenam, strategi menghidupkan bisnis yang bangkrut yakni memulai dengan bisnis sederhana. Ketika anda mengalami kebangkrutan dalam dunia bisnis ini, bukan berarti bahwa bisnis anda tersebut akan berhenti begitu saja. Karenanya, janganlah langsung menyerah begitu saja dengan adnaya musibah kebangkrutan ini dalam bisnis anda. Akan tetapi, cobalah untuk membangun bisnis tersebut Kembali. Namun dengan menggunakan konsep bisnis yang jauh lebih sederhana daripada anda pertama kali mengembangkan bisnis tersebut.

Misalnya, Ketika anda memiliki sebuah pabrik kain yang sudah besar dan dengan alasan tertentu bisnis tersebut bangkrut. Anda pun dapat memulai Kembali dengan menjadi re seller kain yang dapat anda mulai dari rumah anda langsung. Banyak sekali loh para pelaku bisnis yang berhasil sukses kembali dengan memanfaatkan strategi menghidupkan bisnis yang bangkrut ini.

Selalu Sabar

Sabar, merupakan strategi menghidupkan bisnis yang bangkrut yang tak kalah penting. Ketika anda mengalami penurunan pengunjung dan penghasilan dalam bisnis anda. Bukan berarti hal tersebut menjadi pertanda bahwa bisnis anda mengalami kebangkrutan. Melainkan, bisa saja ada beberapa waktu juga bahwa konsumen ini sedang tidak benar benar membutuhkan produk maupun jasa anda. Karena itulah, ada baiknya juga apabila anda bersabar terlebih dahulu. Sembari mencoba untuk membaca trend terbaru dari pasar bisnis anda.

Gunakan Sudut Pandang yang Berbeda

Terakhir, gunakan sudut pandang berbeda.Ketika anda sudah menerapkan berbagai strategi menghidupkan bisnis yang bangkrut tadi namun bisnis anda tak kunjung juga bangkit dari kebangkrutan. Mungkin saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengubah sudut pandang anda dalam dunia bisnis tersebut. Misalnya, jika anda membuka sebuah bisnis supplier kain ataupun pakaian polos. Cobalah untuk mengubah sudut pandang bisnis anda. Lalu ciptakanlah beberapa produk baru yang berbeda. Mulai dari hijab, tas, aksesoris, selimut, dan lain lain.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang