SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Cara Ampuh Mempertahankan Bisnis di Tengah Ancaman Pandemi

Tak dapat kita pungkiri lagi bahwa pandemi yang datang dari adanya virus COVID 19 sejak 2 tahun lalu sangat mempengaruhi gaya hidup. Maupun juga kondisi ekonomi dari masyarakat Indonesia. Bahkan, sudah tercatat bahwa sebanyak 6 juta lebih masyarakat indonesia yang meninggal dunia karena adanya serangan wabah COVID 19 tersebut. Sehingga, hal ini pun secara langsung dapat mempengaruhi kegiatan ekonomi yang terjadi pada wilayah seluruh Indonesia. Banyak dari para pelaku bisnis yang belum memiliki cara mempertahankan bisnis di tengah pandemi ini. Terpaksa gugur karena adanya larangan interaksi secara langsung antara pelanggan dan juga penjual.

Sehingga, aturan protocol Kesehatan yang melarang adanya interaksi jarak dekat ini pun banyak sekali mengubah aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Mulai dari berbisnis, kegiatan ibadah, pembelajaran sekolah, pekerjaan, maupun juga dunia bisnis. Sehingga, banyak dari para pelaku bisnis ini yang kemudian memutar otak untuk mendapatkan cara mempertahankan bisnis di tengah pandemi ini. Memang, saat ini larangan akan interaksi jarak dekat ini sudah semakin longgar untuk masyarakat Indonesia. Akan tetapi, cara mempertahankan bisnis ini ternyata cukup bermanfaat juga loh walaupun pandemi COVID 19 sudah surut. Nah, apa saja kira kira cara yang dapat anda lakukan untuk mempertahankan bisnis ini?

Cara Ampuh Dalam Mempertahankan Bisnis Pada Kondisi Pandemi COVID 19

Cara Ampuh Mempertahankan Bisnis di Tengah Pandemi

1. Pelajari Kondisi Perekonomian Bisnis Anda

Pertama, cara mempertahankan bisnis di tengah pandemi adalah mempelajari perekonomian bisnis. Walaupun banyak yang berpendapat bahwa pandemi COVID 19 akan berakhir dalam waktu dekat. Bukan berarti anda dapat lengah begitu saja dengan strategi bisnis anda. Selain itu, berakhirnya pandemi pun bukan berarti kondisi perekonomian wilayah Indonesia akan pulih secara instan juga ya! Karena itulah, anda pun harus selalu mempelajari bagaimana kondisi perekonomian bisnis anda sebagai cara mempertahankan bisnis di tengah pandemi ini.

Misalnya saja, cobalah anda perhatikan apakah bisnis anda tersebut mempunyai supply dana darurat dalam situasi genting atau tidak. Karena, dana darurat ini merupakan salah satu hal penting yang wajib ada dalam setiap bisnis apapun. Terlebih lagi karena dunia bisnis yang trend pasarnya selalu saja berubah ubah dengan waktu yang sangat cepat. Bisnis anda mungkin akan terasa baik baik saja jika pendapatan yang anda terima menurun beberapa persen. Akan tetapi, jika tiba tiba tidak ada pemasukan sama sekali yang datang dalam bisnis anda tersebut. Berapa lama kira kira bisnis anda dapat bertahan dengan dana darurat tersebut? Nah, salah satu hal itulah yang dapat anda perhatikan untuk mempelajari kondisi keuangan bisnis anda.

2. Selalu Memperhitungkan Kondisi Terburuk Bisnis Anda

Kedua, cara mempertahankan bisnis di tengah pandemi dengan mempersiapkan skenario terburuk. Sudah bukanlah rahasia lagi bahwa pandemi COVID 19 ini tidak hanya menyerang para pelaku bisnis skala kecil saja. Melainkan, banyak juga loh raksasa perusahaan yang akhirnya tumbang karena kondisi ekonomi yang kurang stabil ini. Selain itu, pembatasan interaksi jarak dekat pun juga akhirnya dapat mempengaruhi kondisi supply bahan baku untuk proses produk bisnis anda juga. Sehingga, tidak hanya penjualan anda saja yang akan terganggu karena pandemi ini, kegiatan produksi anda pun juga ikut terpengaruh juga nantinya. Karena itulah, sebagai salah satu cara mempertahankan bisnis di tengah pandemi. Ada baiknya juga Ketika anda membuat sebuah scenario dimana bisnis anda dalam kondisi paling buruk. Lalu cobalah untuk menciptakan sebuah solusi dari scenario yang sudah anda ciptakan tersebut.

3. Sebisa Mungkin, Potonglah Pengeluaran Bisnis Anda

Ketiga, cara mempertahankan bisnis di tengah pandemi yakni menghemat pengeluaran. Dengan pandemi yang belum kunjung berakhir walaupun sudah berlangsung hingga beberapa tahun. Banyak dari para pelaku bisnis ini yang seringkali was was bahwa pandemi akan menghasilkan sebuah krisis ekonomi yang jauh lebih ekstrim dari sebelumnya. Sehingga, anda sebagai pelaku bisnis pun wajib menemukan cara lagi untuk mempersiapkan jika sewaktu waktu krisis perekonomian ini benar benar terjadi. Nah, salah satu hal yang dapat anda terapkan adalah dengan memotong pengeluaran dari bisnis anda. Baik itu biaya akomodasi, biaya operasional, tempat sewa, dan lain lain.

Misalnya saja Ketika anda mempunyai sebuah café ataupun juga coffee shop yang semua orang telah mengetahui. Adanya pembatasan interaksi jarak dekat ini membuat bidang usaha tersebut menjadi sepi sekali akan pengunjung. Nah, untuk memotong biaya pengeluaran bisnis anda, cobalah untuk bekerja sama dengan layanan pemesanan makanan. Sehingga tidak mengharuskan anda untuk banyak mengeluarkan biaya seperti listrik, akses internet, air, dan lain lain.

4. Edukasi Kembali Karyawan Bisnis Anda

Keempat, cara mempertahankan bisnis di tengah pandemi melalui edukasi ulang karyawan. Wabah pandemi COVID 19 merupakan masa masa sulit yang penuh akan perjuangan untuk bertahan hidup. Sehingga, jika pelaku bisnis ini tidak tepat dalam mengambil sebuah keputusan. Kegagalan pun akan langsung menyapa bisnis tersebut pada saat itu juga. Karena itulah, sebagai salah satu cara mempertahankan bisnis di tengah pandemi. Melakukan re education kepada karyawan ini adalah hal penting yang mungkin dapat anda coba terapkan.

Kembangkan semangat mereka untuk saling bekerja sama menemukan jalan keluar agar bisnis anda tersebut dapat bertahan hidup. Katakanlah pada mereka saat ini, tujuan utama dari seluruh anggota bisnis adalah memastikan bahwa bisnis tersebut dapat tetap hidup. Sehingga tidak akan terjadi pemutusan hubungan kerja yang cukup banyak.

5. Ubah Teknik Penjualan Anda Agar Sesuai Dengan Situasi dan Kondisi

Kelima, cara mempertahankan bisnis di tengah pandemi yaitu mengubah teknik penjualan. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, pemerintah telah mengeluarkan surat perintah agar kita sebagai masyarakat Indonesia. Turut menjaga dan menghentikan penularan virus COVID 19 ini dengan membatasi lingkup aktivitas pada luar ruangan. Sehingga, anda pun harus mencoba untuk mengubah cara penjualan pada bisnis anda supaya target dan goals anda masih bisa tercapai.

Seperti halnya, Ketika anda memiliki sebuah café & coffee shop tadi. Cobalah untuk memasarkannya dengan layanan pemesana pemesanan makanan. Ataupun juga dengan memanfaatkan sosial media. Sehingga, akan banyak orang yang tertarik untuk membeli menu makanan dan minuman anda. Tanpa harus repot repot datang kepada café dan coffee shop tersebut.

6. Tunjukkan Kelebihan Anda Kepada Para Audiens

Keenam, cara mempertahankan bisnis di tengah pandemi adalah menunjukkan kelebihan bisnis pada konsumen. Cobalah untuk menunjukkan lebih banyak lagi kelebihan serta nilai jual dari produk anda tersebut kepada para audiens bisnis anda. Misalnya, Ketika anda memiliki sebuah bisnis makanan dan minuman. Cobalah untuk memberikan beberapa fakta studi lapangan bahwa minuman maupun makanan anda tersebut mengandung bahan bahan. Yang dapat mencegah penularan dari virus COVID 19 tersebut.

7. Selalu Bersahabat Dengan Teknologi

Ketujuh, cara mempertahankan bisnis di tengah pandemi yaitu bersahabat dengan teknologi. Beruntungnya, selama pandemi ini berlangsung sudah banyak sekali teknologi canggih yang hadir untuk membantu masyarakat Indonesia. Sehingga, walaupun kegiatan perekonomian mereka harus mengalami perubahan. Adanya teknologi ini pun mampu mendukung cara mempertahankan bisnis di tengah pandemi. Misalnya saja dengan memanfaatkan sosial media sebagai alternatif penjualan produk. Ataupun juga penggunaan layanan video conference seperti Google Meet Ketika anda ingin menggelar meeting bisnis.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang