SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 16 Agustus, 2022

Berbagai Peluang Usaha yang Menjanjikan di Kampung Halaman

Sayangnya, hingga saat ini juga banyak sekali yang beranggapan bahwa tidak ada sama sekali peluang usaha yang menjanjikan di kampung. Terlebih karena kondisi pedesaan sendiri yang selalu terhalang dan terbatas apabila kita bandingkan secara langsung dengan kondisi perkotaan. Namun, ternyata anggapan tersebut ini salah besar loh. Karena, desa dan kota sendiri saat ini walaupun tantangan mereka berbeda. Adanya internet sendiri membuat wilayah pedesaan ini mempunyai peluang usaha yang cukup menjanjikan juga dan bahkan dapat menungguli wilayah kota. Apalagi wilayah pedesaan sendiri terkadang tidak memiliki kompetitor karena masyarakat Indonesia lebih memilih tinggal di area perkotaan.

Akan tetapi, sebelum anda membicarakan langsung peluang usaha yang menjanjikan di kampung ini. Pastinya anda juga harus menemukan terlebih dahulu peluang kebutuhan yang masyarakat sekitar ini butuhkan dalam kehidupan mereka. Selain itu, peluang usaha yang menjanjikan di kampung ini juga dapat anda temukan juga. Dengan memperhatikan keunggulan lokasi dari desa tempat tinggal anda tersebut. Dengan begitu, anda pun nantinya akan lebih mudah lagi untuk mengelompokkan peluang apa saja yang sekiranya akan bermanfaat dalam wilayah pedesaan tersebut. Nah, apa saja sih kira kira peluang usaha yang menjanjikan di kampung ini?

Tertarik Dengan Peluang Usaha Pedesaan Inilah Daftar Daftarnya!

Tertarik Dengan Peluang Usaha Pedesaan? Inilah Daftar Daftarnya!

1. Usaha Pupuk dan Alat Pertanian

Pertama, peluang usaha yang menjanjikan pada kampung berjualan pupuk dan alat tani. Bukanlah sebuah hal yang mengejutkan lagi apabila sebagian besar dari masyarakat desa sendiri memilih berprofesi langsun sebagai petani. Sehingga, hal ini pun pastinya dapat meningkatkan juga permintaan akan alat pertanian maupun pupuk tanaman ini dalam lingkungan desa tersebut. Karena itulah, membuka sebuah usaha yang menjual pupuk dan alat pertanian ini adalah peluang usaha yang menjanjikan di kampung.

Pastikan juga bahwa anda menemukan seorang supplier yang dapat membantu anda dengan harga produk yang dapat terjangkau oleh masyarakat sekitat juga. Sehingga, anda pun dapat lebih unggul lagi dalam persaingan pasar alat pertanian dan pupuk tersebut.

2. Warung Kelontong

Kedua, peluang usaha yang menjanjikan pada kampung warung kelontong. Warung kelontong sendiri merupakan sebuah usaha yang tidak hanya dapat berjalan pada area perkotaan saja. Melainkan warung kelontong ini merupakan suatu peluang usaha yang menjanjikan di kampung juga loh! Terlebih lagi apabila anda mempunyai produk sembako yang sangat lengkap dalam warung anda tersebut. Sehingga, anda pun hanya perlu mengkhawatirkan harga penjualan saja yang seringkali akan mempengaruhi pilihan dari masyarakat desa tersebut.

Karena itulah, anda pun nantiya harus bijak lagi untuk menemukan seorang supplier dengan variasi produk yang lengkap, serta harga barang yang sangat bersahabat juga. Memang benar bahwa keuntungan yang anda dapatkan dari warung kelontong sendiri terbilang cukup kecil. Akan tetapi, apabila anda berhasil mendapatkan penjualan yang sangat besar per harinya. Maka, keuntungan yang anda dapatkan pun nantinya akan mengalami peningkatan juga. Kemudian, jangan lupa untuk memberikan pelayanan terbaik anda juga agar masyarakat tetap merasa nyaman dalam berbelanja pada warung kelontong anda.

3. Ternak dan Budidaya Ikan Lele

Kemudian, ada profesi ternak dan budidaya ikan lele sebagai peluang usaha yang menjanjikan di kampung. Nah, apabila anda bertanya tanya mengapa harus ikan lele yang di budidayakan ini. Singkatnya, ikan lele sendiri memiliki daya tahan dan kemampuan adaptasi yang sangat baik daripada jenis ikan lainnya. Selain itu, pemeliharannya yang mudah dan jarang terserang penyakit sendiri. Menjadikan ternak dan budidaya ikan lele ini sebagai peluang usaha yang menjanjikan di kampung.

Nah, apabila anda ingin memulai peluang usaha yang menjanjikan pada kampung budidaya dan peternakan ikan ini. Maka, anda harus mempersiapkan terlebih dahulu sebuah kolam ikan khusus untuk perkembangan lele tersebut. Selain itu, pastikan juga bahwa kolam tersebut ini dapat memudahkan anda untuk melakukan pengawasan langsung terhadap ikan lele yang anda budidayakan ini nantinya.

4. Produksi Mebel dan Furnitur

Umumnya, peluang usaha yang menjanjikan di kampung ini akan berkisar antara produk pertanian, peternakan, dan juga perkebunan. Padahal, peluang usaha pada wilayah pedesaan ini masih memiliki berbagai macam varian lain juga loh untuk mengembangkan potensi usaha anda. Misalnya saja dengan produksi mebel dan furniture ini seperti pintu, kursi, meja, dan lain sebagainya.

Ternyata, para pelaku usaha mebel ini terbilang cukup sedikit juga loh dalam area pedesaan sekalipun. Sehingga, anda pun tidak perlu merasa takut dengan tingkat kompetisi yang ketat ini nanitnya. Selain itu, dalam usaha mebel sendiri anda tidak terlalu membutuhkan banyak tenaga kerja untuk memulai usaha anda. Melainkan, apabila anda telah memahami keahlian memotong, memahat, menghias, dan keahlian kayu lainnya.

Maka, satu satu nya batasan antara bisnis anda dan kesuksesan ini nantinya adalah kreativitas anda saja dalam membuat beragam produk mebel tersebut. Terlebih lagi jika anda menggunakan website yang teroptimasi oleh konsultan SEO sebagai senjata pemasaran.

5. Peternakan Ayam Kampung

Kelima, peluang usaha yang menjanjikan pada kampung peternakan ayam kampung. Perlu anda ketahui juga, ayam kampung sendiri terkenal dengan cita rasa khas nya yang enak dan cukup menggoda selera. Sehingga, hal inilah yang kemudian membuat ayam kampung ini mempunyai nilai jual yang sangat tinggi juga. Selain itu, karena perumahan pada wilayah desa sendiri umumnya memiliki lahan yang sangat luas untuk setiap rumahnya. Maka, anda pun nantinya akan lebih mudah lagi bukan dalam memulai peternakan ayam kampung ini?

Selain itu, pemeliharaan ayam kampung sendiri terbilang jauh lebih mudah juga loh apabila anda bandingkan langsung dengan proses pemeliharaan ayam broiler. Karena, mereka umumnya dapat mencari makan secara mandiri berbeda dengan ayam broiler. Selain itu, ayam kampung pun juga mempunyai imunitas yang jauh lebih tebal juga apabila dibandingkan dengan ayam broiler umumnya.

6. Pertanian Sayur Sayuran Segar

Keenam, peluang usaha yang menjanjikan pada kampung pertanian sayur sayuran. Apabila anda memiliki sebuah tempat tinggal pada wilayah pedesaan dengan halaman yang luas. Maka, selain dengan menjalani peternakan tadi, anda pun dapat memanfaatkannya untuk pertanian sayur sayuran segar juga. Terlebih lagi sayuran segar ini sangat diminati oleh masyarakat kota yang ingin hidup sehat. Penanganan sayuran segar ini ternyata tidak jauh berbeda dengan sayuran pada umumnya. Hanya saja, anda harus benar benar menghindari penggunaan bahan kimia baik itu pada pupuk, ataupun juga pada pestisida.

7. Bertani Jamur Tiram

Terakhir namun bukan akhir dalam peluang usaha yang menjanjikan di kampung ini adalah dengan Bertani jamur tiram. Apabila anda berminat untuk menjalankan budidaya ini. Maka, anda dapat mempersiapkan sebuah ruangan yang tidak terdapat sebuah cahaya matahari sedikit pun.

Kemudian, apabila anda telah mempersiapkan sebuauh ruangan ini. Maka, anda selanjutnya dapat mempersiapkan sebuah bibit jamur serta media penanaman juga seperti halnya kapur, dedak, ataupun juga serbuk potongan kayu. Setelahnya, anda pun nantinya dapat mempersiapkan berbagai macam perlengkapan tambahan lagi. Baik itu drum bekas, ataupun juga plastic untuk proses baglog. Selanjutnya, untuk melakukan perebusan loh ini anda dapat menggunakan berbagai kayu dan ranting yang berasal dari pohon langsung.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang